Pages


Senin, 23 November 2015

Fakta Keren Tentang Sirkuit Sentul Kebanggaan Indonesia





Spoiler for Bukti No repost gan:




Quote:Dunia olahraga otomotif dalam negeri tampaknya sedang ramai. Beberapa waktu lalu publik ramai dengan perjuangan salah satu pembalap terbaik Indonesia, Rio Haryanto, untuk mewujudkan mimpi menjadi pembalap Formula 1 pertama dari Indonesia. Kini berita menggembirakan datang dari rencana pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tuan rumah berlangsungnya
pagelaran sirkus balap motor dunia, MotoGP.

LOI ( Letter Of Intent ) pun sudah ditanda tangani oleh pemerintah dan pihak DORNA selaku penyelenggara MotoGP dengan kemungkinan besar sirkuit yang akan digunakan adalah Sirkuit Internasional Sentul.

Terlepas dari kondisi nya sekarang, Sirkuit Sentul pada masa jayanya menjadi salah satu faktor mengapa Indonesia disegani di dunia, utamanya di Asia.
Mari kita simak fakta dan sejarah berdirinya Sirkuit Sentul.





Quote:1.Dibangun Sebagai Proyek Ambisius Untuk Menyaingi Jepang

Pembangunan Sirkuit Sentul pertama kali dicetuskan oleh Hutomo Mandala Putra atau yang akrab disapa Tommy Soeharto, merupakan anak presiden Indonesia saat itu, Soeharto. Sirkuit ini dibangun untuk menggantikan sirkuit Ancol yang dinilai terlalu ekstrim. Sirkuit ini juga dibangun sebagai upaya Indonesia untuk menyaingi Jepang yang pada saat itu menjadi negara Asia pertama dengan sirkuit balap bertaraf Internasional. Terletak di Babakan Madang, kota Bogor, pembangunan sirkuit ini dilakukan pertama kali pada akhir bulan Januari 1992 dimana desain dan pengerjaannya diawasi langsung oleh komite keselamatan FIA.



Sirkuit Internasional Sentul dibuka resmi pada bulan Agustus 1993, Menjadikan Indonesia sebagai negara kedua di Asia yang memiliki sirkuit berlevel Internasional setelah Jepang. Sirkuit ini memiliki panjang 4.12 km dan 11 tikungan. Sentul memiliki panjang trek lurus sekitar kurang lebih 900 meter. Meskipun terletak di daerah perbukitan dan relatif lebih sejuk di banding Jakarta, kondisi trek bisa sangat panas apabila terkena matahari langsung. Belum lagi udaranya yang terkadang lembab dan basah, yang tentunya ini membuat kesulitan para pembalap dari Eropa yang terbiasa dengan cuaca dingin.


Quote:2. Sirkuit Sentul Dibangun Untuk Menggelar Balapan Formula 1

Sebagai orang yang juga maniak otomotif serta anak kesayangan dari Presiden Soeharto, Tommy tidak main main dalam pembangunan Sirkuit Sentul. Selain berambisi untuk menyaingi Jepang, Sirkuit Sentul juga dibangun agar dapat menggelar balapan paling prestisius di muka bumi, Formula 1. Sirkuit nya pun didesain sebagai fast category circuit agar mobil mobil Formula 1 dapat melaju kencang tanpa hambatan disini. Fasilitas yang dimilikinya saat itu bahkan sudah lebih dari cukup untuk menggelar balapan Formula 1.



Ironisnya, panjang total lintasan yang terlalu pendek serta tikungannya yang terlalu sempit, menjadikan sirkuit Sentul ini malah tidak cocok untuk dilalui oleh mobil Formula 1. Usaha untuk merenovasi sirkuit agar memenuhi ambisinya untuk menjadi salah satu tuan rumah balapan Formula 1 semakin berat saat krisis moneter menghantam Indonesia pada tahun 1997. Sirkuit Sentul pun harus kehilangan asa untuk mengadakan balapan Formula 1 saat Malaysia selesai membangun Sepang International Circuit dengan track layout dan fasilitas yang jauh lebih baik.


Quote:3. Sirkuit Sentul Pernah Menjadi Tuan Rumah MotoGP

Sebenarnya Sirkuit Sentul pernah menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP, tepatnya pada tahun 1996 dan 1997. Hanya saja MotoGP saat itu masih bernama GP500. Publik Indonesia pun pernah menyaksikan langsung bagaimana legenda legenda MotoGP beraksi dan menjadi juara di sana, seperti Mick Doohan, Max Biaggi dan tentu saja sang legenda hidup MotoGP saat ini, Valentino Rossi.



Yang paling spesial adalah pada tahun 1997, Sirkuit Sentul menjadi salah satu bagian daripada keberhasilan Valentino Rossi untuk menjadi Juara Dunia yang pertama kali. Saat itu, Rossi yang masih berumur 18 tahun dan membela Tim Nastro Azzurro Aprilia berlaga di kelas 2 tak 125cc ( saat ini Moto3 ).



Rossi saat itu start dari posisi ke 4, dibelakang Jorge Martinez, Tomomi Manako dan Kazuto Sakata. Meskipun begitu, dia mampu tampil apik dan impresif sehingga mampu menjadi juara dengan total waktu 41 menit 14,511 detik.


Quote:4. Menjadi bukti banyaknya fans otomotif di Indonesia

Sirkuit Sentul pula menjadi salah satu bukti bahwa fans otomotif di tanah air itu tidaklah sedikit. Sering sekali tribun penonton di Sirkuit Sentul penuh sesak apabila ada pagelaran-pagelaran balap kelas dunia, baik itu untuk kategori motor maupun mobil.



Yang paling fenomenal tentu saja pada tahun 2006 lalu saat pagelaran balap A1 GP. Saat itu sentul penuh oleh penonton. Akses untuk menuju sirkuit pun macet hingga berpuluh puluh kilo, sampai-sampai presiden SBY saat itu harus turun dari mobil kepresidenan dan beralih naik motor untuk sampai di sirkuit.



Bukan hanya itu, hingga saat ini sirkuit sentul masih sering mengadakan event event balap lokal dan internasional, kecil maupun besar. Menandakan bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap dunia balap tersalurkan berkat adanya sirkuit ini.




Quote:Itulah sekelumit fakta dan sejarah Sirkuit Internasional Sentul. Semoga upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tuan rumah MotoGP dapat terealisasi, sehingga sirkuit yang menjadi kebanggaan Indonesia ini dapat bangkit dan menghidupkan geliat olahraga otomatif di tanah air. Kembali menatap dunia dan mendapatkan reputasinya kembali sebagai salah satu Sirkuit Balap terbaik di Asia.











* Klik cendol untuk memberi TS cendol


reserved
pengen liat lorenzo jatoh bungsrut di sentul
semoga bisa direnovasi lebih keren
ternyata ada fakta nya br tau ane,
semoga jadi di selengarain di Indo
Calon HT lagi dah ini. btw, cendolnya udah tak kirim gan
keren nih gan, ngemeng ngemeng 2017 motoGp disentul kan gan :
pengen juga nonton motogp tahun 2017 di sentul
mejeng di page one calon HT

resmi masuk kalender motogp 2017 nie sentul, mantabb
Kalo gak salah ini sirkuit pertama kali F1 dan Moto GP diselenggarakan di kawasan ASEAN gan.
Pengen liat para pembalap nyuksruk karena jalanya malah pada berlubang

Quote:

Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan hal mudah untuk mewujudkan niat Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP pada 2017 nanti. Direktur Sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto, mengklaim sirkuit yang resmi dibuka pada 1993 itu membutuhkan dana hingga Rp180 miliar untuk renovasi.

Jumlah itu terbilang masuk akal. Pasalnya, Sirkuit Sentul memang butuh perombakan cukup besar. Jika dibanding dengan Sirkuit Internasional Sepang (SIC), Sentul memang jauh tertinggal.

Masalah utama yang dimiliki Sentul saat ini untuk bisa menggelar MotoGP adalah kualitas sirkuit. Dengan situasi sirkuit saat ini, maka bisa dipastikan Sentul tidak memenuhi syarat Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) untuk menggelar MotoGP.

Untuk bisa menggelar MotoGP ada beberapa detail yang harus disesuaikan dengan balapan dua roda. Misalnya kerb atau pinggiran trek yang rata, rumput yang aman, pasir tidak boleh bertingkat-tingkat, dan juga gravel.

Selain itu kondisi tarmac atau permukaan trek harus menggunakan aspal terbaik. Semuanya disesuaikan dengan persyaratan FIM untuk menjaga keselamatan pebalap.

Fasilitas sirkuit juga harus fokus pada keselamatan penonton. Dengan mampu menampung sekitar 130 ribu penonton, SIC sangat ramah untuk penonton.

Hampir di setiap tribun penonton terdapat toilet dan tempat beribadah umat Muslim. SIC juga menerapkan regulasi ketat terhadap penonton yang merokok dengan menyediakan tempat khusus.

Petugas keamanan sirkuit tidak segan-segan untuk menegur dan bahkan mengancam dengan hukuman denda bagi penonton yang merokok di sembarang tempat.

sumber
Masuk motoGP 2017 gan, semoga banyak pembalap indo yang berkibar.
Quote:Original Posted By nokialumpia
Calon HT lagi dah ini. btw, cendolnya udah tak kirim gan


Sdh msk gan, mksh cendol nya
cek kulkas jg gan

Quote:Original Posted By arieffree
mejeng di page one calon HT

resmi masuk kalender motogp 2017 nie sentul, mantabb


ya gan, ane pngen nton live nya motogp
bantu gan
Fakta nya adalah sentul kalah dengan sepang..
keren gan
everyone tolong cendolin ane dong
Quote:Original Posted By lokerboy


Sdh msk gan, mksh cendol nya
cek kulkas jg gan



ya gan, ane pngen nton live nya motogp
bantu gan


Wuih, ty gan ty
Keren, moga jadi saluran passion anak balap
Quote:Original Posted By mhmdzyndyn
Fnrnrjrjrjdj


Apaan nih
Mayan lahane gembok gan, maho kebelakang aja
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar