Pages


Senin, 21 Desember 2015

Inilah 5 Kota Paling Unik yang ada di Indonesia.

Quote:

SELAMAT DATANG
DI THREAD ANE YANG SEDERHANA INI.



Quote:

Indonesia memiliki keaneragaman yang tak akan pernah habis untuk dibahas. Keaneragaman budaya, tradisi, menjadikan sebuah kota mempunyai ciri khusus di bandingkan kota-kota lain dari segi sosial budaya dan kehidupan masyarakat. Di kota-kota tersebut terkadang memiliki keunikan yang sudah turun-temurun mereka jalani. Nah berikut ini adalah beberapa kota unik yang ada di Indonesia, kota apa sajakah itu :



Quote:

1. Kota Gili Trawangan - Kota tanpa kendaraan



Kota Gili Trawangan terletak di pulau Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Gili trawangan merupakan lokasi wisata terutama wisata lautnya, yang sudah banyak pengunjungnya. Di Gili ada berbagai pilihan penginapan, dari kelas hotel berbintang, hingga homestay. Keunikan Gili Trawangan yaitu tidak terdapat satupun kendaraan bermotor karena tidak diizinkan oleh aturan daerah. Masyarakat setempat melarang kendaraan bermotor beroperasi di pulau-pulau kecil itu sehingga tempat ini bebas dari polusi udara. Gili Trawangan merupakan salah satu tempat di indonesia yang sudah dikenal wisatawan dunia. Daya tarik utama wisata di pulau ini adalah pesona lautnya. Keindahan alam bawah laut tempat ini telah di akui wisatawan mancanegara.




Quote:

2. Kota Kuala Kencana - Kota di tengah hutan



Kota Kuala Kencana merupakan sebuah kawasan Freeport yang terletak di Timika, Papua. Kota ini dibangun di tengah hutan oleh PT Freeport. Kota ini dibangun untuk tujuan menunjang kegiatan pertambangan di Freeport. Keunikan kota ini yaitu berada tepat di tengah hutan. Kota ini seluruhnya hutan, dimana batas- batas jalan dan pusat-pusat perbelanjaan maupun kantor kota adalah pepohonan lebat. Namun fasilitas di kota ini sudah cukup lengkap dengan adanya perkantoran, pemukiman, pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah dan lain lain.




Quote:

3. Kota Bunga Cipanas - Kota Wisata yang indah dan unik



Kota Bunga ini merupakan kota wisata yang terletak didataran tinggi Puncak Cipanas, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya Kota Bunga ini memang kawasan yang luas dan hijau, dengan bunga-bunga bermekaran di taman-tamannya. Menariknya di Kota Bunga Cipanas ini juga merupakan komplek Villa dengan berbagai tipe Villa dari belahan dunia.

Hingga saat ini jumlah villa yang dibangun mencapai sekitar 2.500 rumah. Rumah-rumah di kota ini memiliki bentuk yang unik karena arsitekturnya mengikuti bentuk rumah dari berbagai negara dunia. Di kawasan ini juga terdapat danau yang dibuat mirip dengan danau Venecia Italia yang dinamakan Little Venice. Disni juga menampilkan sentuhan budaya Asia dengan adanya bangunan mirip Tembok Raksasa yang terdapat di China dan Patung Merlion yang terdapat di Singapura. Untuk masuk ke kawasan villa ini gratis. Tiket baru akan dikenakan kepada pengunjung yang akan menggunakan fasilitas wisata. Kota dengan udara yang sejuk ini bisa jadi tempat liburan yang sangat menarik.

(NOTE : ABG-ABG Labil jangan Selfie di Taman ya, nanti bunganya rusak. )






Quote:

4. Kota Pontianak - Kota garis khatulistiwa



Kota Pontianak merupakan Ibukota Kalimantan Barat. Kota ini terletak tepat di lintasan garis khatulistiwa sehingga dikenal sebagai Kota Khatulistiwa atau Kota Equator. Kota ini tepatnya berada di letak geografis 0°02’24” LU - 0°01’37” LS dan 109°16’25” BT - 109°23’04” BT.

Hal unik dari Kota Pontianak adalah satu- satunya kota di dunia yang di lintasi persis oleh garis khatulistiwa. Titik nol derajat yang ada di Pontianak merupakan salah satu keistimewaan kota ini dibandingkan negara-negara lain yang dilalui garis Khatulistiwa. Di kota ini berdiri monumen tugu khatulistiwa, tugu yang memisahkan belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan. Ada juga fenomena unik di kota ini, karena pada waktu tertentu kita tidak bisa melihat bayangan sendiri karna matahari tepat di atas kita.




Quote:

5. Kota Agats - Kota di atas papan



Kota Agats ini terletak di Kabupaten Asmat, Papua. Kota ini sangatlah unik karena semua bangunannya dan fasilitasnya berdiri di atas papan termasuk jalan-jalan di kota ini. Agats, didirikan di atas ribuan papan dengan tiang penyangga dari kayu yang kuat. Semua infrastruktur kota baik perumahan, perkantoran dan jalan raya di Kota Agats ini terbuat dari kayu dengan konstruksi panggung.

Aktifitas sehari-hari warganya pun dilakukan di atas papan seperti bersekolah, bekerja dan lain sebagainya. Kendaraan di kota ini hanya ada motor listrik dan sepeda, karena hanya kedua jenis kendaraan itu yang dibolehkan digunakan di Agats. Alasan dibuatnya panggung ini dikarenakan Tanah di Agats seluruhnya berupa rawa-rawa berlumpur yang tidak cukup kuat dijadikan landasan bangunan ditanah.




Tambahan dari Kaskuser :


Quote:Original Posted By hymunk



Kota Banjarmasin

Propinsi Kalimantan Selatan Ibukotanya Kota Banjarmasin dan wilayah ini banyak dilalui sungai besar dan sungai kecil (kanal). Banyak sekali kegiatan masyarakat yang dilakukan di sungai termasuk kegiatan perdagangan yang dikenal dengan pasar terapung. Penduduk kota Banjarmasin masih banyak yang tinggal di atas air. Rumah-rumah penduduk dibangun diatas tiang atau diatas rakit dipinggir sungai.

Budaya sungai terus berkembang, memberikan corak budaya tersendiri dan menarik. Salah satu kegiatan wisata paling menarik di kota Banjarmasin adalah berjalan-jalan menyusuri sungai dan kanal. Daerah pinggiran kota pemandangan alam sungainya masih asli dan wisatawan dapat menyusuri sepanjang sungai Martapura dan sungai Barito dengan menggunakan perahu Klotok dan Speedboat. Pusat Kota Banjarmasin terletak di sepanjang jalan Pasar Baru, sementara kawasan perkantoran khususnya Bank terdapat di jalan Lambung Mangkurat. Sungai Barito berada di sebelah Baratnya dari pusat kota.

Sebagian besar kegiatan masyarakat di Banjarmasin terjadi sungai atau disekitar sungai. Oleh karena itu sangatlah menarik menyaksikan kehidupan Kota dari tengah sungai. Wisatawan dapat menyewakan perahu motor yang mangkal di tepi sungai dengan tarif sekitar Rp. 75.000 per jam guna memulai perjalanan menyusuri sungai melewati sejumlah lokasi penarikan dengan waktu tempuh dua hingga tiga jam.

Perjalanan di mulai dengan melewati Mesjid Raya Sabilal Muhtadin menuju kepasar kuin dimana air sungai Kuin mengalir menuju sungai Barito. Wisatawan dapat juga singgah di Pulau Kembang dan kemudian melanjutkan perjalanan melalui penggergajian kayu di sungai Alalak dan kembali ke Pusat Kota melalui Sungai Andai.

Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang sudah ada sejak dulu dan merupakan refleksi budaya sungai orang Banjar. Pasar yang khas lagi unik ini tempat melakukan transaksi di atas air dengan menggunakan perahu besar maupun kecil yang berdatangan dari berbagai pelosok. Pasar Terapung hanya berlangsung pada pagi hari sekitar jam 05.00 hingga 09.00 setiap hari. Dan dengan perahu Klotok dari Kota Banjarmasin dapat dicapai sekitar 30 menit.

Wisatawan harus datang pagi-pagi untuk dapat melihat kesibukan Pasar Terapung ini. Salah satu Pasar Terapung di Banjarmasin adalah Pasar Kuin yang terletak di persimpangan antara Sungai Kuin dan Sungai Barito.

Sejak dahulu Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan terkenal dengan hasil kayu dan rotan. Pada masa lalu kayu yang ditebang langsung dikirim keluar Kalimantan, tetapi saat ini sebelum dikirim keluar daerah terlebih dahulu diolah menjadi bahan setengah jadi, demikian juga untuk industri rotan.

Sasirangan adalah batik khas Kalimantan Selatan yang pada jaman dahulu digunakan untuk mengusir roh jahat dan hanya dipakai oleh kalangan orang-orang terdahulu seperti keturunan raja dan bangsawan. Proses pembuatan masih dikerjakan secara tradisional. Lokasi penjualannya di kecamatan Banjar Timur, 20 menit dari pusat Kota Banjarmasin.

Salah satu Landmark Kota Banjarmaisn adalah Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang berada dijalan Jendral Sudirman. Mesjid Raya Sabilal Muhtadin berdiri megah dijantung kota Banjarmasin menghadap Sungai Martapura. Bangunan Masjid arsitektur modern dengan di kelilingi lima menara yang menjulang tinggi serta taman masjid yang luas dan indah. Masjid Raya Sabilal Muhtadin berlantai dua mempunyai kapasitas tempat sholat untuk 15.000 jemaah dan merupakan masjid kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan dan pusat pengkajian agama Islam.



Quote:Original Posted By aska1234


Ane baru dari tama bunga gan...
Keren tempatnya...rekomendasi buat liburan pelepas stress ok banget tempatnya...


Quote:

Itulah kota-kota unik yang ada di indonesia, mungkin dari sebagian daftar sudah ada yang kalian tau mungkin ada juga yang belum. Semoga dapat menambah wawasan dan tentunya bermanfaat??


Quote:TERIMA KASIH SUDAH SUDI MAMPIR DI THREAD ANE.




unik2 ya gan
wah kota kuala kencana keren tuh
pgen kesana
Quote:saya amakan dulu dari :
Pabrik Susu
Orang Jahat
Sales Kartu Kredit





EDIT :

Batal ane amanain, kalah cepet
wehh unik2 gan tapi baru pernah ke kota bunga doank
ane belum pernah kesana semuanya
Gili trawangan keren
yang digili ane rasa blum sepenuhnya jadi kota gan....karna baru bbrp meter saja yang rame..... selebihnya masih sepi. tp gk tau sekarang..karna tahun lalu lagi perbaikan jalan stapak disono....
Quote:Original Posted By untukkloningan


EDIT :

Batal ane amanain, kalah cepet


hehehehe
Quote:Original Posted By pendekarkopi
yang digili ane rasa blum sepenuhnya jadi kota gan....karna baru bbrp meter saja yang rame..... selebihnya masih sepi. tp gk tau sekarang..karna tahun lalu lagi perbaikan jalan stapak disono....


Udah kota kayaknya gan, kemarin mama ane Maia Estianty liburan kesana gan.
kota Gili pasti gak ada polusinya tuh
Kapan ya gua bisa keliling indonesia?
keren smua tmpt nya,sayang ane blom prnah ksana
Nice info gan
yng freport itu keren, bokapnya mantan pernah kerja difreeport dan tinggal dikomplek yg dbangun oleh freeport itu
Quote:Original Posted By untukkloningan


Udah kota kayaknya gan, kemarin mama ane Maia Estianty liburan kesana gan.


ane rasa si blum..secara akses jalannya cuman yang didepan doank yg rame,masih agak sepi di belakang2nya.....
kota kuala kencana itu keren gan
pengen kesana ane gan
keren tuh yang ga ada kendaraan



makasih
Yg ga ada kendaraan mengurangi polusi udara
..
masing2 kota punya keunikan sendiri2 gan
gembok dlu ndan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar