Pages


Senin, 21 Desember 2015

Mulai 2016 Anak-anak Akan Punya KTP


Quote:Jakarta - Pemerintah mulai tahun 2016 akan memberlakukan kartu tanda penduduk (KTP) untuk semua anak Indonesia. Semua warga negara Indonesia sejak lahir dan sudah tercantum dalam kartu keluarga akan memiliki KTP.

"Seluruh penduduk Indonesia punya Nomor Induk Kependudukan, bukan cuma 17 tahun ke atas. Setelah diterbitkan KK, mulai 2016, akan terbit KTP anak," kata Direktur Jenderal Pendudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah di Gedung Serbaguna Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2015). Zudan berada di Kominfo untuk mengumumkan kerja sama antara Kemendagri, Kominfo dan provider telekomunikasi.

Pada tahap pertama KTP anak akan diberlakukan di wilayah Yogyakarta, Solo, Bantul, Malang dan Balikpapan. "Jadi nanti mulai Januari 2016 pemerintah pusat akan menstandarkan KTP anak se-Indonesia," kata Zudan.

Menurut Zudan, nantinya akan ada perbedaan antara KTP anak dengan yang sudah dewasa. Di KTP anak nantinya akan ada keterangan kepala keluarga. "Walaupun elemen datanya sama tapi bedanya di KTP anak ada keterangan kepala keluarga karena masih di bawah 17 tahun," kata dia.

Sekretaris Jenderal Kemendagri Yuswandi A Tumenggung mengatakan pemberian NIK dan KTP sejak anak ini salah satunya dalam rangka menerapkan sistem single identity. "Pemerintah berkeinginan tertib administrasi kependudukan dan penggunaan administrasi kependudukan semakin baik," paparnya.

Pemerintah juga berencana memberlakukan NIK sebagai instrumen dalam registrasi SIM Card telepon seluler prabayar. Hal itu sesuai amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Penggunaan NIK sebagai syarat registrasi SIM Card telepon seluler prabayar diharap bisa mencegah terjadinya kejahatan yang memanfaatkan teknologi komunikasi.
DETIK


Mulai 2016, Bayi dan Anak Akan Punya "KTP"
Quote:JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan segera menerbitkan kartu identitas anak (KIA) mulai tahun 2016. Kartu itu akan dimiliki bayi yang baru lahir hingga remaja berusia 17 tahun.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, kartu identitas itu digunakan untuk mengurus berbagai keperluan administrasi, misalnya pemeriksaan kesehatan dan pembuatan rekening bank.

"Masa anak usia SMP mau ke puskesmas buat tambal gigi saja harus ditemani orangtua. Kalau ada KIA, mereka bisa lebih mandiri," kata Zudan seusai agenda diskusi bersama wartawan terkait program KIA di Kantor Kemendagri, Selasa (10/11/2015), seperti dikutip dari situs Kemendagri.

Menurut dia, identitas itu akan melengkapi kekurangan yang ada pada akta kelahiran. Akta kelahiran dianggap tidak mencantumkan alamat sang anak.

Selain itu, rata-rata kepemilikan akta kelahiran saat ini baru sampai 50 persen. (Baca: 56 Juta Anak Indonesia Tak Punya Akta Kelahiran)

Identitas itu, sebut Zudan, juga bisa memberikan perlindungan kepada anak, terutama saat hilang di keramaian.

Selain itu, kartu itu bisa dimanfaatkan pula untuk persyaratan pendaftaran sekolah di suatu kabupaten/kota, melakukan transaksi keuangan di dunia perbankan dan PT Pos Indonesia, hingga pelayanan kesehatan di puskesmas atau di rumah sakit.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pada tahun 2016 akan ada 50 pemerintah kabupaten/kota yang akan menerapkan program KIA.

Pemerintah pusat menargetkan, tahun berikutnya, KIA bisa menyeluruh ke daerah lain di Indonesia.

Untuk melaksanakan program ini, Kemendagri akan mengeluarkan biaya sebesar Rp 8,79 miliar. Adapun harga per lembar KIA sebesar Rp 1.400.

Biaya tersebut dinilai murah karena pemerintah belum menanamkan chip di dalamnya.

"Kalau pakai chip, mahal. Bertahap saja. Untuk sementara, KIA ini cukup seperti KTP sebelum versi elektronik," ungkap Zudan.
KOMPAS


Semoga sukses Program ini
"Selain itu, kartu itu bisa dimanfaatkan pula untuk persyaratan pendaftaran sekolah di suatu kabupaten/kota, melakukan transaksi keuangan di dunia perbankan dan PT Pos Indonesia, hingga pelayanan kesehatan di puskesmas atau di rumah sakit."

melakukan transaksi keuangan di dunia perbankan? ni maksudnya gmn sih? bikin rekening atas KIA itu atau anak2 usia under 17 benar2 diizinkan utk transaksi2 perbankan?
Buat mendulang suara dipilkada / pemilu
sepanjang itu baek untuk masyarakat ...
tambah proyek gak jelas trussss
Quote:Masa anak usia SMP mau ke puskesmas buat tambal gigi saja harus ditemani orangtua. Kalau ada KIA, mereka bisa lebih mandiri," kata Zudan seusai agenda diskusi bersama wartawan terkait program KIA di Kantor Kemendagri, Selasa (10/11/2015), seperti dikutip dari situs Kemendagri.

kalo punya BPJS sih, ga perlu dianter juga


setelah e-ktp berlaku seumur hidup, jd ga ada proyek yaaa
udah ada ktp anak2 udah bisa buat sim dong ?
Alesan2nya kok lucu banget,yang buat transaksi perbankan lah,biar mandiri lah..
Bisa aja nih cari proyeknya....
Dan jangan kaget aja klo nanti bakal ada anak2 yg masuk Daftar Pemilih Pemilu....
kartu tanda pelajar?
bagus itu, biar valid data penduduk, identitas jelas, terutama klo ada operasi kimcil,,,,,, jelas umurnya,,,,,,, siapa bapaknya,,,,, alamatnya mana,,,,
buat apa bocah megang ktp
ada2 aja ktp kis kip
gak sekalian tar program sunat nasional?

tayangan tv juga tolong disensor keras

dan juga proyek sempax besi juga sangat dibutuhkan oleh negeri ini
biar generasi muda lebih konsentrasi belajar daripada esex2
dan generasi tua wajib pakai kalo keluar rumah biar gak main L*nte/gigi lo

lanjutken jok
proyek maning cukk
asuuuw tenan
e ktp ae ga jelas
E-KTP aja benerin dulu, jangan nambah proyek lagi

from 0 to E-KTP, how useless are you?

proyek yg punya potensi penyelewengan...
bisa bikin sim
tar smp sekolah bawa prime mover
Quote:Original Posted By maximilian23
tambah proyek gak jelas trussss


Nah percis!
Untuk e ktp aja masih belum lancar udah ada program baru lagi
Benahi dulu e ktp baru mikir program baru
kasihan nih anak indonesia
Quote:Original Posted By keranjang.baju7
Untuk e ktp aja masih belum lancar udah ada program baru lagi
Benahi dulu e ktp baru mikir program baru


kmaren aj bloom beres
iya nih
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar