Bismillah


Terima kasih mimin, momod, kaskuser udah jadiin thread ini HT. Alhamdulillah juga ini HT ke-7 ane ditanggal 7 Desember 2015. Semoga bermanfaat buat semuanya

Dunia transportasi darat Indonesia kembali berduka. Pada hari Minggu pagi pukul 08.48 WIB tgl 6 Desember 2015 setidaknya beberapa nyawa meregang sia-sia akibat kecelakaan antara Kereta Commuter Line dengan Bus Metro Mini di Angke, Jakarta.
Kita semua pasti gak mau kan kalo kejadian kayak gini terulang lagi, apalagi menimpa keluarga tercinta atau bahkan kita sendiri.
Dibawah ini ane coba mengulas sedikit tentang penyebab kecelakaan kereta dengan kendaraan lain yang selama ini terjadi di Indonesia serta beberapa tips buat para pengemudi kendaraan untuk menghindari kecelakaan ini terjadi.
Quote:
Penyebab
1. Pengemudi Menerobos Palang Pintu

Penyebab pertama yang sering terjadi di Indonesia adalah masih banyak pengemudi yang mengabaikan peringatan dan menerobos palang pintu dengan asumsi masih bisa lolos. Hallo? Come on guys, ini nyawa taruhannya, apalagi buat pengemudi angkutan umum, banyak nyawa yang bergantung pada anda wahai pengemudi hebat. Jadi, hilangkan sedikit ego anda demi keselamatan penumpang yang anda bawa. Kalo udah kecelakaan gini, banyak pihak yang merasa dirugikan kan?

Pada hari Minggu, 6 Desember 2015, terjadi kecelakaan yang melibatkan KRL 1528/JR 205 dengan Metro Mini nopol B 7760 FD di kawasan Angke, Tambora, Jakarta Barat, dekat stasiun Angke, dikarenakan Metro Mini menerobos perlintasan sebidang. Untuk sementara tiga belas orang penumpang Metro Mini tewas dalam kejadian tersebut, namun tidak ada korban jiwa dari penumpang Commuter Line.
2. Kelalaian Petugas Palang Pintu

Penyebab kedua yang pernah terjadi adalah murni human error. Entah petugas palang pintunya tertidur, lupa tidak memberikan peringatan / menutup palang, atau masih belum mengerti prosedur, intinya yang dapat disimpulkan adalah kelalaian dari sang petugas sehingga seolah-olah tidak ada kereta api yang bakal melintas dan kendaraan pun berlalu lalang di perlintasan, tapi nyatanya

Kecelakaan antara kereta api dengan angkutan kota yang terjadi di Medan 25 November 2015 murni akibat kelalaian petugas palang pintu yang terlambat menurunkan palang dan membunyikan sirine peringatan. 15 penumpang angkot terluka cukup parah, beruntung tidak ada korban jiwa.
3. Tidak Ada Palang Pintu

Masih banyak di Indonesia perlintasan kereta api yang tidak memiliki palang pintu. Terkadang memang ada petugas yang siap siaga menjaga, tetapi masih juga ada saja perlintasan tanpa palang yang tidak dijaga sama sekali. Bahaya banget kan? Kita yang lagi konsen berkendara mau lewat perlintasan eh trnyata dari arah kanan / kiri ada kereta api lewat karena gak ada peringatan sebelumnya. Jeduaarr, tabrakan pun gak terhindarkan guys :sedih
Terjadi pada 25 Maret 2007 pukul 10.00 WIB, Kereta api Rapih Dhoho jurusan Blitar-Surabaya menabrak truk gandeng bermuatan pupuk di desa Sumbergarum, kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, 1,5 km dari stasiun Garum. Di lokasi kecelakaan diketahui tidak memiliki pintu perlintasan kereta api. Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini tetapi mengakibatkan lumpuhnya lalu lintas kereta api di jalur setempat.
Quote:
Tips Menghindari Kecelakaan
1. Hindari Berasumsi Lolos

Jika kalian semua udah denger peringatan dan palang udah bergerak turun lebih baik segerakan berhenti dan menunggu. Hindari berasumsi, berjudi, berspekulasi, atau apapun itu untuk masuk / menerobos palang dan merasa masih sempet sebelum keretanya sampai di perlintasan. Kita gak tau apa yang akan terjadi berikutnya guys, kereta api itu kenceng banget dan seberapa kencengnya sih dibanding kendaraan kalian yang lewat.
2. Jangan Berharap Pada Keberuntungan

Ya bro sist, kenapa ane bilang gitu. Karena ane masih sering melihat para pengendara motor yang udah berhenti, eh tiba-tiba terobos palang langsung tancap karena kereta masih terlihat jauh. Ane selalu mikir orang ini pasti masih beruntung, coba gimana kalo tiba-tiba kendaraan ente mogok di tengah rel? Tamatlah sudah
3. Matikan Musik

Buat para pengendara mobil, jika udah deket ama perlintasan, selalu biasakan matikan atau setidaknya kecilin volume radio ente. Dengan cara itu kita bisa denger jika tiba-tiba ada bunyi peringatan kereta akan lewat dan kita bisa menghindari kecelakaan. Cara ini selalu ane pake dan terbukti ampuh.
Buat para pengendara motor jangan pernah sekali-kali ente pake headset saat berkendara, itu bener-bener berbahaya
4. Jangan Maju Ketika Macet

Terkadang kita terjebak macet di dekat perlintasan lalu tiba-tiba palang bergerak turun menandakan akan ada kereta yang lewat. Nah, lebih baik kita langsung berhenti aja ya bro sist. Jangan pernah ente sekalian mengambil celah ditengah-tengah keramaian. Kita gak bakal tau seberapa lama kemacetan menahan kita ditengah perlintasan
5. Selalu Perhatikan Kiri Kanan

Setiap melewati perlintasan kereta api, pastikan kita selalu melihat kiri dan kanan. Bukannya cari perhatian, tapi kita gak tau perlintasan yang kita lewatin itu mungkin tidak dilengkapi oleh rambu-rambu peringatan. Selain itu, ente sekalian harus siap tancap gas jika ternyata memang kereta api udah nampak.
6. Tanamkan Disiplin

Selalu tanamkan pada diri kita sendiri tentang kedisiplinan karena disiplin memang sangat diperlukan baik dalam berkendara maupun dalam kehidupan sehari-hari. Banyak manfaat yang kita peroleh jika kita terbiasa hidup disiplin
Mungkin itu dulu tips yang bisa ane bagi buat ente sekalian agar terhindar dari kecelakaan dengan kereta api. Ini semua bentuk keprihatinan ane terhadap kecelakaan antara kereta api dengan kendaraan yang masih sering terjadi di Indonesia.
Ane gak mau berkoar-koar menuntut terhadap pemerintah harus ini itu, tetapi ane cuma mengajak kepada para kaskuser semua untuk lebih menjadi defensive driver.
Hanya karena ulah kita yang sembrono tapi malah berdampak merugikan banyak orang kan?
Kalo ada kaskuser yang mau nambahin silahkan, nanti ane page one
Sesudah dibaca, kalo menurut agan menarik, bisa dibantu rekomennya ya
Ane gak berharap cendol kok gan, karena ane emang sedang berduka sekaligus pengen berbagi tips agar kejadian kayak gini gak terulang lagi. Btw, terima kasih yang udah cendolin ane
Silahkan mampir juga ke thread ane yang lainnya gan sist
Quote:Asal Penamaan Warna Dalam English (Hot Thread)
7 Barang Koleksi dengan Nilai yang Semakin Tinggi (Hot Thread #2)
Macam-Macam Klub Sepak Bola yang Bermarkas di London (Hot Thread #3)
Kumpulan Kisah Pengendara Motor yang Menyelamatkan Binatang (Hot Thread #4)
Solusi Mengatasi Kebosanan di Kereta Api (Hot Thread #5)
Mengenal Sejarah dan Arti Bendera Negara Skandinavia (Hot Thread #6)
Ternyata Bikin Area Parkir Gak Bisa Sembarangan Lho (Hot Thread #8)
Yuk Mengenal Cat yang Dapat Berubah Sendiri
Inilah Tempat Bersarang Kuman di Supermarket
Macam-Macam Negara di Dunia yang Tidak Memiliki Gunung
Murni dari pemikiran dan pengalaman ane sendiri
www.autonetmagz.com
www.detik.com
www.tribunnews.com
Images from www.google.co.id
Quote:Original Posted By kamujahat21 ►
Waspada gan
Hati hati ama relnya, karena medanya naik, ane aja pake sepeda pelan pelan malah nyuksruk
Quote:Original Posted By bona1707 ►
kita harus hati hati gan,,, gk cuma asal nyerobot mending nunggu 10 menitan,, daripada.....
Quote:Original Posted By approve.cc ►
ngeri ke sambet setan budek doang
Quote:Original Posted By abud.cutt ►
Menurut survey gw neh..
Dr 300 kl nerobos perlintasan KA/ lampu merah
1 x bakal lu bakal kecelakaan
Jd kl hari2 kemrin lu udah ngelanggar 299 kali..
Siap2 dah... u jng lupa bayar asuransi..


Quote:Original Posted By basyirlingga ►
Sabar
Quote:Original Posted By not.found.404 ►
Kalo ane sih mau saran 1 jangan nerobos pinte perlintasan kereta, kalo pintu perlintasannya gak ada palang pintunga tengok kanan kiri sebelum menyebrang,

PAPA JAHAT
Quote:Original Posted By tiadatara29 ►
ego tinggi dan kejar wktu bisa mnyebabkan kematian
Quote:Original Posted By DamonAbal ►
harus hati hati ama patuhi aturan gan
Quote:Original Posted By .ded. ►
kebanyakan karna gak sabaran ya gan
ingat aja gan, hidup cuma sekali, jangan sia-siain dengan ngelakuin hal-hal yg bikin rugi diri sendiri
Quote:Original Posted By thonyorz ►
terpenting kewaspadaan , disiplin, serta kesadaran
Quote:Original Posted By teengkuu ►
Bijak...
Dalam berkendara...
Walaupun...
Kita gak tau...
Kapan...
Maut menjemput...
Quote:Original Posted By jambanhanyutt ►
Kalo kata dodit , palang pintunya harus dibuat tajem n turun nya dibuat cepat, jd pas ada orang yg nyrobot langsung "jleng"
Quote:Original Posted By hortikulturis ►
nerobos palang pintu KA sama aja berjudi sama maut, dari puluhan kali kita selamat cuma butuh satu kali apes untuk kehilangan nyawa... kalo ane mah bakal berenti kalo udah ada sirine walau palang belum nutup sempurna
Quote:Original Posted By Badcouple ►
bener banget.. daripada kita koar2 pada pemerintah mending kita lebih hati2, waspada dan jangan ceroboh.. keselamatan kita bergantung pada diri kita sendiri..
Quote:Original Posted By elvaelisyadutha ►
itu karena pengemudinya supir tembak ya
nyawa2 orang tidak bersalah abis cuma karena perilaku supir yang seenak nyelonong
sudah sharusnya pmerintah dimana aja ngasih tamparan di tempat umum ama supir2 bginian
Quote:Original Posted By Yggdrasilmaniac ►
Buat no 3. Itu pake headset (naek motor) masih kedengaran jelas kok, bunyi sirine palang pintu rel itu kenceng banget soalnya. Makanya gue usahain nggak terlalu deket sama palang pintu kalo ada kereta mau lewat, bisa budeg gue
Quote:Original Posted By babelapak ►
kendaraan kecil kebanyakkan pada gak disiplin dan gak tertib , nggak sabaran..
emang semua maunya cepat tapi mereka gak nyadar mau setor nyawanya diri sendiri, apalagi sampai bawa2 nyawa orang lain...
semoga trit ini bisa menyadarkan semua pengendara kecil ini..aamiin..

Quote:Original Posted By samasamasama ►
kalo lagi naik kereta terus kita lihat masinisnya turun bentar terus naik lagi biasanya dia laporan kalau keretanya habis nabrak orang
Quote:Original Posted By HaroHaroTobi ►
jangan berhenti atau jalan terlalu pelan diatas rel
medan magnet yang dikeluarkan roda kereta api dan menyalur melalui relnya dapat mematikan kendaraan
Quote:Original Posted By Maradona ►
kedepannya pemerintah harus bikin jalan bawah tanah buat kendaraaan bermotor di persimpangan jalan kaya gini.....
jadi kereta tetap bisa lewat...kendaraan bermotor pun ngga harus berhenti.....lalu lintas lancar jaya.....
Quote:Original Posted By ciduh.com ►
Ane pernah gan hampir ketabrak sama kereta api di daerah cianjur arah ke tempat wisata gunung batu. Jadi ceritanya ane berempat gan pake mobil ane brio, secara teknis mobil ini pendek banget karena city car. Trus ada jalur kereta api yang terletak di tanjakan curam yang bikin mobil ane nyangkut di rel tersebut. Setelah ane dan temen ane coba buat mundurin mobil itu tiba-tiba ada petugas datang dan bilang kereta mau lewat. Ane heran kenapa gak sebelumnya palang di tutup, setelah diselidiki ternyata dia ketiduran gan dan bener sejauh mata memandang ada kereta api yang sedang menuju ke arah mobil ane. Untungnya setelah di dorong mobil ane bisa mundur dan kereta pun lewat. Lalu palang pintu di buka secara manual oleh si bapak itu. Gila gan, ketiduran loh gan. Gimana kalau saat itu dia gak bangun ane gak tau nasib ane sekarang gimana.
Quote:Original Posted By didikollo ►
Ane pernah dapet penjelesan tp lupa darimana, yg jelas gini. Kenapa rata2 kendaraan mati saat ditengah rel (pas kereta mau lewat). Kurang lebih gini. Jd gesekan roda kereta ke bantalan rel menimbulkan medan magnet yg kuat, dan berakibat ke beberapa meter didepan kereta. Otomatis kendaraan apapun akan macet karena tarikan magnet dari rel dan kl itu krl. Jelas ada aliran listrik ke relnya dan berakibat semua kelistrikan kendaraan ga bisa nyala. Mohon koreksi kl salah hehe
Quote:Original Posted By bryend ►
ego berkendara dijalan umum sangat tinggi,disipin gak ada,sok jagoan itu citra masyarakat indonesia ketika berada di jalan umum.
minimnya saling menghargai membuat pengendara lalai.
khususnya angkutan kota.buat pihak kepolisian monggo dirazia yg lebih ketat akan kelayakan kendaraan maupun sang Sopir.pengusaha angkutan umum maunya setoran capai target dan gak mau tahu menau seberapa layak kendaraan maupun si supirnya.banyak supir angkot bajakan yg baru bisa nyetir udah disuruh narik..
buat pak polisi jgn kerjaannya Raziain kendaraam pribadi yg menurut aku minim pelanggaran.banyak kendaraan umum(angkot) yg gak jelas nopol maupun lampu2x dikendaraannya.
Quote:Original Posted By frozenhanz ►
Jadi bgini gan penjelasanya. Kalo rel mau dilewatin sama kereta, maka rel akan mengalami getaran yang dihasilkan dari gesekan rel dan roda kereta, makin deket keretanya maka makin besar frekuensi getaran yang dialami oleh rel. rel memiliki muatan listrik, maka muatan-muatan listrik juga akan ikut bergetar akibat getaran yg dihasilkan oleh kereta dan akan membentuk medan magnetik di sekitar rel gan, makin deket keretanya maka medan magnetik yang dihasilkan makin kuat. Sebuah mobil memiliki komponen yang bernama starter dinamo, prinsip kerja dari starter dinamo yaitu menggunakan prinsip medan magnetik. kalo medan magnetik pada starter mobil tersebut terganggu sama medan magnetik dari rel kereta api yang kekuatannya lebih besar, maka dinamo pada starter mobil ngga bisa berputar. dampaknya mobil akan mogok dan sulit untuk di starter lagi
.
Quote:Original Posted By aresrfh ►
Yg ngeselin lg gan saat kita lewatin perlintasan kereta ada pertigaan dan mau belok tp mobil atau motor tdk ada yg mau ngalah dan akhirnya ketutup dan tdk bisa belok mau tdk mau kita hrs lurus yg tdnya hrs belok
Kesadaran berkendara yg baik,sabar,saling menghormati sesama pengguna jln dan mengetumakan keselamatan di negara kita masih 50% gan,50% nya lg berkendara asal berkendara mau mati atau tdk masa bodo! hadeeehh
Quote:Original Posted By dvsandhi ►
Jangan sekali2 mencoba menabrak KA, ga bakalan menang deh. Misal niy massa KA massanya 100 ton = 100000 kg, kecepatan 36 km/jam = 10 m/s. Momentum P yg diterima adalah
P = m v = 100000 * 10
1000000 Kg m/s
Nabrak motor massa 100 kg. Kecepatan 3,6 km/jam = 1 m/s
P = 100 * 1 = 100 kg m/s
artinya ga seimbang! Yg dibold inti pembahasan saya
Quote:Original Posted By manyun90 ►
Klo rel kereta deket rumah ane (stasiun kalibata) angkot ny yang nyari gara2. Udah tau dsitu palang ny cpet bgt nutup eh dia pake ngetem, pas sirine ny bunyi kndaraan d belakang ny panik krn kejebak d tengah...tolong ya pak polisi d bantu #curhat
Quote:Original Posted By anggilobes ►
untuk kesekian kalinya kecelakaan spt ini terjadi, haduh, semua intinya kembali ke para pengendara supaya sadar masing2 dengan keselamatannya.
ane pernah gan, beruntung Allah masih sayang sama ane. perlintasannya sama sekali gaada palang, tukang becak udh teriak2 dibelakang ane, untung abang ane buru2 ngerem, dan wuuuussshhh.... keretanya lewat didepan kami hanya jarak beberapa meter, bener2 kejutan yang mematikan, untung nyawa masih dipanjangin tuhan.
Quote:Original Posted By tilmidzun ►
Jangan sekali-kali menerobos perlintasan Kereta Api... Karena akan sangat menyakitkan ketika ruh anda melihat ada orang lain yang mengusap air mata kekasih anda saat hari pemakaman anda...
Quote:Original Posted By Prazcoro ►
tambahin gan
ati ati pas lewat rel pas hujan
rel yg dari besi itu licin, apalagi kalo rel nya lebih tinggi dari pada aspal
ane pernah kejadian soalnya
Quote:Original Posted By anrs99 ►
tamabahn dari ane.. setau ane, palang pintu dan petugas nya itu berkewajiban mengamankan perjalanan kereta bukan roda 4/2/lebih.. jadi kita mesti waspada kalau lewat perlintasan kereta.. mulai dari diri sendiri jgn mengandalkan petugas.. lebih baik terlambat beberapa menit karna sabar d perlintasan daripada tdk pernah sampai tujuan..
Quote:Original Posted By praditya.92 ►
boleh koreksi gan massa nya kurang tuh
hhehe..
untuk lokomotif diesel electric nya berkisar antara 80-120 TON untuk keluaran General Electric
tiap - tiap rangkaian kereta nya 30-40 TON/gerbong kereta
tinggal kalikan aja

Terima kasih mimin, momod, kaskuser udah jadiin thread ini HT. Alhamdulillah juga ini HT ke-7 ane ditanggal 7 Desember 2015. Semoga bermanfaat buat semuanya
Spoiler for Bukti:
Dunia transportasi darat Indonesia kembali berduka. Pada hari Minggu pagi pukul 08.48 WIB tgl 6 Desember 2015 setidaknya beberapa nyawa meregang sia-sia akibat kecelakaan antara Kereta Commuter Line dengan Bus Metro Mini di Angke, Jakarta.
Kita semua pasti gak mau kan kalo kejadian kayak gini terulang lagi, apalagi menimpa keluarga tercinta atau bahkan kita sendiri.
Dibawah ini ane coba mengulas sedikit tentang penyebab kecelakaan kereta dengan kendaraan lain yang selama ini terjadi di Indonesia serta beberapa tips buat para pengemudi kendaraan untuk menghindari kecelakaan ini terjadi.
Quote:
Penyebab
1. Pengemudi Menerobos Palang Pintu
Penyebab pertama yang sering terjadi di Indonesia adalah masih banyak pengemudi yang mengabaikan peringatan dan menerobos palang pintu dengan asumsi masih bisa lolos. Hallo? Come on guys, ini nyawa taruhannya, apalagi buat pengemudi angkutan umum, banyak nyawa yang bergantung pada anda wahai pengemudi hebat. Jadi, hilangkan sedikit ego anda demi keselamatan penumpang yang anda bawa. Kalo udah kecelakaan gini, banyak pihak yang merasa dirugikan kan?
Spoiler for Tragedi yang terjadi:
Pada hari Minggu, 6 Desember 2015, terjadi kecelakaan yang melibatkan KRL 1528/JR 205 dengan Metro Mini nopol B 7760 FD di kawasan Angke, Tambora, Jakarta Barat, dekat stasiun Angke, dikarenakan Metro Mini menerobos perlintasan sebidang. Untuk sementara tiga belas orang penumpang Metro Mini tewas dalam kejadian tersebut, namun tidak ada korban jiwa dari penumpang Commuter Line.
2. Kelalaian Petugas Palang Pintu
Penyebab kedua yang pernah terjadi adalah murni human error. Entah petugas palang pintunya tertidur, lupa tidak memberikan peringatan / menutup palang, atau masih belum mengerti prosedur, intinya yang dapat disimpulkan adalah kelalaian dari sang petugas sehingga seolah-olah tidak ada kereta api yang bakal melintas dan kendaraan pun berlalu lalang di perlintasan, tapi nyatanya
Spoiler for Tragedi yang terjadi:
Kecelakaan antara kereta api dengan angkutan kota yang terjadi di Medan 25 November 2015 murni akibat kelalaian petugas palang pintu yang terlambat menurunkan palang dan membunyikan sirine peringatan. 15 penumpang angkot terluka cukup parah, beruntung tidak ada korban jiwa.
3. Tidak Ada Palang Pintu
Masih banyak di Indonesia perlintasan kereta api yang tidak memiliki palang pintu. Terkadang memang ada petugas yang siap siaga menjaga, tetapi masih juga ada saja perlintasan tanpa palang yang tidak dijaga sama sekali. Bahaya banget kan? Kita yang lagi konsen berkendara mau lewat perlintasan eh trnyata dari arah kanan / kiri ada kereta api lewat karena gak ada peringatan sebelumnya. Jeduaarr, tabrakan pun gak terhindarkan guys :sedih
Spoiler for Tragedi yang terjadi:
Terjadi pada 25 Maret 2007 pukul 10.00 WIB, Kereta api Rapih Dhoho jurusan Blitar-Surabaya menabrak truk gandeng bermuatan pupuk di desa Sumbergarum, kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, 1,5 km dari stasiun Garum. Di lokasi kecelakaan diketahui tidak memiliki pintu perlintasan kereta api. Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini tetapi mengakibatkan lumpuhnya lalu lintas kereta api di jalur setempat.
Quote:
Tips Menghindari Kecelakaan
1. Hindari Berasumsi Lolos
Jika kalian semua udah denger peringatan dan palang udah bergerak turun lebih baik segerakan berhenti dan menunggu. Hindari berasumsi, berjudi, berspekulasi, atau apapun itu untuk masuk / menerobos palang dan merasa masih sempet sebelum keretanya sampai di perlintasan. Kita gak tau apa yang akan terjadi berikutnya guys, kereta api itu kenceng banget dan seberapa kencengnya sih dibanding kendaraan kalian yang lewat.
2. Jangan Berharap Pada Keberuntungan
Ya bro sist, kenapa ane bilang gitu. Karena ane masih sering melihat para pengendara motor yang udah berhenti, eh tiba-tiba terobos palang langsung tancap karena kereta masih terlihat jauh. Ane selalu mikir orang ini pasti masih beruntung, coba gimana kalo tiba-tiba kendaraan ente mogok di tengah rel? Tamatlah sudah
3. Matikan Musik
Buat para pengendara mobil, jika udah deket ama perlintasan, selalu biasakan matikan atau setidaknya kecilin volume radio ente. Dengan cara itu kita bisa denger jika tiba-tiba ada bunyi peringatan kereta akan lewat dan kita bisa menghindari kecelakaan. Cara ini selalu ane pake dan terbukti ampuh.
Buat para pengendara motor jangan pernah sekali-kali ente pake headset saat berkendara, itu bener-bener berbahaya
4. Jangan Maju Ketika Macet
Terkadang kita terjebak macet di dekat perlintasan lalu tiba-tiba palang bergerak turun menandakan akan ada kereta yang lewat. Nah, lebih baik kita langsung berhenti aja ya bro sist. Jangan pernah ente sekalian mengambil celah ditengah-tengah keramaian. Kita gak bakal tau seberapa lama kemacetan menahan kita ditengah perlintasan
5. Selalu Perhatikan Kiri Kanan
Setiap melewati perlintasan kereta api, pastikan kita selalu melihat kiri dan kanan. Bukannya cari perhatian, tapi kita gak tau perlintasan yang kita lewatin itu mungkin tidak dilengkapi oleh rambu-rambu peringatan. Selain itu, ente sekalian harus siap tancap gas jika ternyata memang kereta api udah nampak.
6. Tanamkan Disiplin
Selalu tanamkan pada diri kita sendiri tentang kedisiplinan karena disiplin memang sangat diperlukan baik dalam berkendara maupun dalam kehidupan sehari-hari. Banyak manfaat yang kita peroleh jika kita terbiasa hidup disiplin
Mungkin itu dulu tips yang bisa ane bagi buat ente sekalian agar terhindar dari kecelakaan dengan kereta api. Ini semua bentuk keprihatinan ane terhadap kecelakaan antara kereta api dengan kendaraan yang masih sering terjadi di Indonesia.
Ane gak mau berkoar-koar menuntut terhadap pemerintah harus ini itu, tetapi ane cuma mengajak kepada para kaskuser semua untuk lebih menjadi defensive driver.
Hanya karena ulah kita yang sembrono tapi malah berdampak merugikan banyak orang kan?
Kalo ada kaskuser yang mau nambahin silahkan, nanti ane page one
Sesudah dibaca, kalo menurut agan menarik, bisa dibantu rekomennya ya
Spoiler for Rekomen HT:
Ane gak berharap cendol kok gan, karena ane emang sedang berduka sekaligus pengen berbagi tips agar kejadian kayak gini gak terulang lagi. Btw, terima kasih yang udah cendolin ane
Silahkan mampir juga ke thread ane yang lainnya gan sist
Quote:Asal Penamaan Warna Dalam English (Hot Thread)
7 Barang Koleksi dengan Nilai yang Semakin Tinggi (Hot Thread #2)
Macam-Macam Klub Sepak Bola yang Bermarkas di London (Hot Thread #3)
Kumpulan Kisah Pengendara Motor yang Menyelamatkan Binatang (Hot Thread #4)
Solusi Mengatasi Kebosanan di Kereta Api (Hot Thread #5)
Mengenal Sejarah dan Arti Bendera Negara Skandinavia (Hot Thread #6)
Ternyata Bikin Area Parkir Gak Bisa Sembarangan Lho (Hot Thread #8)
Yuk Mengenal Cat yang Dapat Berubah Sendiri
Inilah Tempat Bersarang Kuman di Supermarket
Macam-Macam Negara di Dunia yang Tidak Memiliki Gunung
Spoiler for sumber:
Murni dari pemikiran dan pengalaman ane sendiri
www.autonetmagz.com
www.detik.com
www.tribunnews.com
Images from www.google.co.id
Spoiler for Tambahan Kaskuser:
Quote:Original Posted By kamujahat21 ►
Waspada gan
Hati hati ama relnya, karena medanya naik, ane aja pake sepeda pelan pelan malah nyuksruk
Quote:Original Posted By bona1707 ►
kita harus hati hati gan,,, gk cuma asal nyerobot mending nunggu 10 menitan,, daripada.....
Quote:Original Posted By approve.cc ►
ngeri ke sambet setan budek doang
Quote:Original Posted By abud.cutt ►
Menurut survey gw neh..
Dr 300 kl nerobos perlintasan KA/ lampu merah
1 x bakal lu bakal kecelakaan
Jd kl hari2 kemrin lu udah ngelanggar 299 kali..
Siap2 dah... u jng lupa bayar asuransi..
Quote:Original Posted By basyirlingga ►
Sabar
Quote:Original Posted By not.found.404 ►
Kalo ane sih mau saran 1 jangan nerobos pinte perlintasan kereta, kalo pintu perlintasannya gak ada palang pintunga tengok kanan kiri sebelum menyebrang,

PAPA JAHAT
Quote:Original Posted By tiadatara29 ►
ego tinggi dan kejar wktu bisa mnyebabkan kematian
Quote:Original Posted By DamonAbal ►
harus hati hati ama patuhi aturan gan
Quote:Original Posted By .ded. ►
kebanyakan karna gak sabaran ya gan
ingat aja gan, hidup cuma sekali, jangan sia-siain dengan ngelakuin hal-hal yg bikin rugi diri sendiri
Quote:Original Posted By thonyorz ►
terpenting kewaspadaan , disiplin, serta kesadaran
Quote:Original Posted By teengkuu ►
Bijak...
Dalam berkendara...
Walaupun...
Kita gak tau...
Kapan...
Maut menjemput...
Quote:Original Posted By jambanhanyutt ►
Kalo kata dodit , palang pintunya harus dibuat tajem n turun nya dibuat cepat, jd pas ada orang yg nyrobot langsung "jleng"
Quote:Original Posted By hortikulturis ►
nerobos palang pintu KA sama aja berjudi sama maut, dari puluhan kali kita selamat cuma butuh satu kali apes untuk kehilangan nyawa... kalo ane mah bakal berenti kalo udah ada sirine walau palang belum nutup sempurna
Quote:Original Posted By Badcouple ►
bener banget.. daripada kita koar2 pada pemerintah mending kita lebih hati2, waspada dan jangan ceroboh.. keselamatan kita bergantung pada diri kita sendiri..
Quote:Original Posted By elvaelisyadutha ►
itu karena pengemudinya supir tembak ya
Quote:Original Posted By Yggdrasilmaniac ►
Buat no 3. Itu pake headset (naek motor) masih kedengaran jelas kok, bunyi sirine palang pintu rel itu kenceng banget soalnya. Makanya gue usahain nggak terlalu deket sama palang pintu kalo ada kereta mau lewat, bisa budeg gue
Quote:Original Posted By babelapak ►
kendaraan kecil kebanyakkan pada gak disiplin dan gak tertib , nggak sabaran..
emang semua maunya cepat tapi mereka gak nyadar mau setor nyawanya diri sendiri, apalagi sampai bawa2 nyawa orang lain...
semoga trit ini bisa menyadarkan semua pengendara kecil ini..aamiin..
Quote:Original Posted By samasamasama ►
kalo lagi naik kereta terus kita lihat masinisnya turun bentar terus naik lagi biasanya dia laporan kalau keretanya habis nabrak orang
Quote:Original Posted By HaroHaroTobi ►
jangan berhenti atau jalan terlalu pelan diatas rel
medan magnet yang dikeluarkan roda kereta api dan menyalur melalui relnya dapat mematikan kendaraan
Quote:Original Posted By Maradona ►
kedepannya pemerintah harus bikin jalan bawah tanah buat kendaraaan bermotor di persimpangan jalan kaya gini.....
jadi kereta tetap bisa lewat...kendaraan bermotor pun ngga harus berhenti.....lalu lintas lancar jaya.....
Quote:Original Posted By ciduh.com ►
Ane pernah gan hampir ketabrak sama kereta api di daerah cianjur arah ke tempat wisata gunung batu. Jadi ceritanya ane berempat gan pake mobil ane brio, secara teknis mobil ini pendek banget karena city car. Trus ada jalur kereta api yang terletak di tanjakan curam yang bikin mobil ane nyangkut di rel tersebut. Setelah ane dan temen ane coba buat mundurin mobil itu tiba-tiba ada petugas datang dan bilang kereta mau lewat. Ane heran kenapa gak sebelumnya palang di tutup, setelah diselidiki ternyata dia ketiduran gan dan bener sejauh mata memandang ada kereta api yang sedang menuju ke arah mobil ane. Untungnya setelah di dorong mobil ane bisa mundur dan kereta pun lewat. Lalu palang pintu di buka secara manual oleh si bapak itu. Gila gan, ketiduran loh gan. Gimana kalau saat itu dia gak bangun ane gak tau nasib ane sekarang gimana.
Quote:Original Posted By didikollo ►
Ane pernah dapet penjelesan tp lupa darimana, yg jelas gini. Kenapa rata2 kendaraan mati saat ditengah rel (pas kereta mau lewat). Kurang lebih gini. Jd gesekan roda kereta ke bantalan rel menimbulkan medan magnet yg kuat, dan berakibat ke beberapa meter didepan kereta. Otomatis kendaraan apapun akan macet karena tarikan magnet dari rel dan kl itu krl. Jelas ada aliran listrik ke relnya dan berakibat semua kelistrikan kendaraan ga bisa nyala. Mohon koreksi kl salah hehe
Quote:Original Posted By bryend ►
ego berkendara dijalan umum sangat tinggi,disipin gak ada,sok jagoan itu citra masyarakat indonesia ketika berada di jalan umum.
minimnya saling menghargai membuat pengendara lalai.
khususnya angkutan kota.buat pihak kepolisian monggo dirazia yg lebih ketat akan kelayakan kendaraan maupun sang Sopir.pengusaha angkutan umum maunya setoran capai target dan gak mau tahu menau seberapa layak kendaraan maupun si supirnya.banyak supir angkot bajakan yg baru bisa nyetir udah disuruh narik..
buat pak polisi jgn kerjaannya Raziain kendaraam pribadi yg menurut aku minim pelanggaran.banyak kendaraan umum(angkot) yg gak jelas nopol maupun lampu2x dikendaraannya.
Quote:Original Posted By frozenhanz ►
Jadi bgini gan penjelasanya. Kalo rel mau dilewatin sama kereta, maka rel akan mengalami getaran yang dihasilkan dari gesekan rel dan roda kereta, makin deket keretanya maka makin besar frekuensi getaran yang dialami oleh rel. rel memiliki muatan listrik, maka muatan-muatan listrik juga akan ikut bergetar akibat getaran yg dihasilkan oleh kereta dan akan membentuk medan magnetik di sekitar rel gan, makin deket keretanya maka medan magnetik yang dihasilkan makin kuat. Sebuah mobil memiliki komponen yang bernama starter dinamo, prinsip kerja dari starter dinamo yaitu menggunakan prinsip medan magnetik. kalo medan magnetik pada starter mobil tersebut terganggu sama medan magnetik dari rel kereta api yang kekuatannya lebih besar, maka dinamo pada starter mobil ngga bisa berputar. dampaknya mobil akan mogok dan sulit untuk di starter lagi
Quote:Original Posted By aresrfh ►
Yg ngeselin lg gan saat kita lewatin perlintasan kereta ada pertigaan dan mau belok tp mobil atau motor tdk ada yg mau ngalah dan akhirnya ketutup dan tdk bisa belok mau tdk mau kita hrs lurus yg tdnya hrs belok
Kesadaran berkendara yg baik,sabar,saling menghormati sesama pengguna jln dan mengetumakan keselamatan di negara kita masih 50% gan,50% nya lg berkendara asal berkendara mau mati atau tdk masa bodo! hadeeehh
Quote:Original Posted By dvsandhi ►
Jangan sekali2 mencoba menabrak KA, ga bakalan menang deh. Misal niy massa KA massanya 100 ton = 100000 kg, kecepatan 36 km/jam = 10 m/s. Momentum P yg diterima adalah
P = m v = 100000 * 10
1000000 Kg m/s
Nabrak motor massa 100 kg. Kecepatan 3,6 km/jam = 1 m/s
P = 100 * 1 = 100 kg m/s
artinya ga seimbang! Yg dibold inti pembahasan saya
Quote:Original Posted By manyun90 ►
Klo rel kereta deket rumah ane (stasiun kalibata) angkot ny yang nyari gara2. Udah tau dsitu palang ny cpet bgt nutup eh dia pake ngetem, pas sirine ny bunyi kndaraan d belakang ny panik krn kejebak d tengah...tolong ya pak polisi d bantu #curhat
Quote:Original Posted By anggilobes ►
untuk kesekian kalinya kecelakaan spt ini terjadi, haduh, semua intinya kembali ke para pengendara supaya sadar masing2 dengan keselamatannya.
ane pernah gan, beruntung Allah masih sayang sama ane. perlintasannya sama sekali gaada palang, tukang becak udh teriak2 dibelakang ane, untung abang ane buru2 ngerem, dan wuuuussshhh.... keretanya lewat didepan kami hanya jarak beberapa meter, bener2 kejutan yang mematikan, untung nyawa masih dipanjangin tuhan.
Quote:Original Posted By tilmidzun ►
Jangan sekali-kali menerobos perlintasan Kereta Api... Karena akan sangat menyakitkan ketika ruh anda melihat ada orang lain yang mengusap air mata kekasih anda saat hari pemakaman anda...
Spoiler for :

Quote:Original Posted By Prazcoro ►
tambahin gan
ati ati pas lewat rel pas hujan
rel yg dari besi itu licin, apalagi kalo rel nya lebih tinggi dari pada aspal
ane pernah kejadian soalnya
Quote:Original Posted By anrs99 ►
tamabahn dari ane.. setau ane, palang pintu dan petugas nya itu berkewajiban mengamankan perjalanan kereta bukan roda 4/2/lebih.. jadi kita mesti waspada kalau lewat perlintasan kereta.. mulai dari diri sendiri jgn mengandalkan petugas.. lebih baik terlambat beberapa menit karna sabar d perlintasan daripada tdk pernah sampai tujuan..
Quote:Original Posted By praditya.92 ►
boleh koreksi gan massa nya kurang tuh
hhehe..
untuk lokomotif diesel electric nya berkisar antara 80-120 TON untuk keluaran General Electric
tiap - tiap rangkaian kereta nya 30-40 TON/gerbong kereta
tinggal kalikan aja
Waspada gan
Hati hati ama relnya, karena medanya naik, ane aja pake sepeda pelan pelan malah nyuksruk
Hati hati ama relnya, karena medanya naik, ane aja pake sepeda pelan pelan malah nyuksruk
kesadaran akan pentingnya disiplin berlalu lintas perlu ditingkatkan lagi
kita harus hati hati gan,,, gk cuma asal nyerobot mending nunggu 10 menitan,, daripada.....
ngeri ke sambet setan budek doang
Quote:Original Posted By approve.cc ►
ngeri ke sambet setan budek doang
Jadi kudu piye to
Dengerin musik salah
Pake hedset salah
Trus gimana biar gak diisengin setan budeg
ngeri ke sambet setan budek doang
Jadi kudu piye to
Dengerin musik salah
Pake hedset salah
Trus gimana biar gak diisengin setan budeg
Menurut survey gw neh..
Dr 300 kl nerobos perlintasan KA/ lampu merah
1 x bakal lu bakal kecelakaan
Jd kl hari2 kemrin lu udah ngelanggar 299 kali..
Siap2 dah... u jng lupa bayar asuransi..

Dr 300 kl nerobos perlintasan KA/ lampu merah
1 x bakal lu bakal kecelakaan
Jd kl hari2 kemrin lu udah ngelanggar 299 kali..
Siap2 dah... u jng lupa bayar asuransi..
Sabar
Quote:Original Posted By abud.cutt ►
Menurut survey gw neh..
Dr 300 kl nerobos perlintasan KA/ lampu merah
1 x bakal lu bakal kecelakaan
Jd kl hari2 kemrin lu udah ngelanggar 299 kali..
Siap2 dah... u jng lupa bayar asuransi..


dapat dipastikan akurat survey nya gan?
Menurut survey gw neh..
Dr 300 kl nerobos perlintasan KA/ lampu merah
1 x bakal lu bakal kecelakaan
Jd kl hari2 kemrin lu udah ngelanggar 299 kali..
Siap2 dah... u jng lupa bayar asuransi..
dapat dipastikan akurat survey nya gan?
ego tinggi dan kejar wktu bisa mnyebabkan kematian
harus hati hati ama patuhi aturan gan
kebanyakan karna gak sabaran ya gan
ingat aja gan, hidup cuma sekali, jangan sia-siain dengan ngelakuin hal-hal yg bikin rugi diri sendiri
ingat aja gan, hidup cuma sekali, jangan sia-siain dengan ngelakuin hal-hal yg bikin rugi diri sendiri
Kebanyakan pada ngak sabaran
y jd ptanyaan gw, knp mobil pas lewat d rel tu sering mati, susah d starter pula?
Quote:Original Posted By tiadatara29 ►
ego tinggi dan kejar wktu bisa mnyebabkan kematian
ane setuju bgt sama ente
Quote:Original Posted By .ded. ►
kebanyakan karna gak sabaran ya gan
ingat aja gan, hidup cuma sekali, jangan sia-siain dengan ngelakuin hal-hal yg bikin rugi diri sendiri
Quote:Original Posted By wahyusee ►
Kebanyakan pada ngak sabaran
iya gan nggak sabar hanya beberapa menit aja lho padahal tp akibatnya bs parah
ego tinggi dan kejar wktu bisa mnyebabkan kematian
ane setuju bgt sama ente
Quote:Original Posted By .ded. ►
kebanyakan karna gak sabaran ya gan
ingat aja gan, hidup cuma sekali, jangan sia-siain dengan ngelakuin hal-hal yg bikin rugi diri sendiri
Quote:Original Posted By wahyusee ►
Kebanyakan pada ngak sabaran
iya gan nggak sabar hanya beberapa menit aja lho padahal tp akibatnya bs parah
ngeri juga ya gan bahaya nya
terpenting kewaspadaan , disiplin, serta kesadaran
Bijak...
Dalam berkendara...
Walaupun...
Kita gak tau...
Kapan...
Maut menjemput...
Dalam berkendara...
Walaupun...
Kita gak tau...
Kapan...
Maut menjemput...
Intinya sabar dan hati", biasanya klo kondisi macet diperlintasan pd ga mau ngalah tuh apa lg sirine kereta mau lwt berbunyi langsung pd nyerobot. 
Terkadang wlw sudah dilarang melintas krn kreta sudah dkt ttp bnyk daredevilnya gan, diksh tau jg suka percuma krn blm tentu mau dgr.
Ane lbh baik nunggu dah drpd nyawa taruhannya, kasihan orang yg dirmh lg nungguin.
Terkadang wlw sudah dilarang melintas krn kreta sudah dkt ttp bnyk daredevilnya gan, diksh tau jg suka percuma krn blm tentu mau dgr.
Ane lbh baik nunggu dah drpd nyawa taruhannya, kasihan orang yg dirmh lg nungguin.
jangan lalay bahaya bgt tu
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar