Pages


Selasa, 08 Desember 2015

Ternyata Membuat Area Parkir Gak Bisa Sembarangan Lho

Bismillah



Terima kasih mimin, momod, kaskuser udah jadiin ini HT dan ini HT ke-8 ane (7 Desember 2015)
Spoiler for bukti:




Bangunan untuk kantor, pertokoan, pusat kuliner, apartemen, pasti memerlukan lahan parkir bagi para pengunjungnya yang menggunakan kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor.



Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dan kendaraannya, maka membuat lahan parkir tersebut tidak bisa sembarangan. Terdapat beberapa aturan yang harus dipenuhi sang pemilik bangunan.
Mau tau gimana? Langsung aja cekidot ya!


Quote:
Pengertian



Parkir adalah suatu kondisi kendaraan yang berhenti atau tidak bergerak pada tempat tertentu yang telah ditentukan dan bersifat sementara, serta tidak digunakan untuk kepentingan menurunkan penumpang/orang dan barang.

Quote:
Kriteria peletakan fasilitas parkir diantaranya:

1. Tempat parkir diusahakan di permukaan yang datar agar kendaraan tidak menggelinding. Jika tanah miring lakukan grading dengan sistem cut and fill.
2. Tempat parkir dengan bangunan (tempat kegiatan) diusahakan tak jauh. Jika cukup jauh, buat arah yang jelas baik menuju area parkir dan menuju bangunan.

Quote:
Cara Parkir

Terdapat 3 cara parkir yang umum digunakan di semua tempat di dunia ini. Terdiri dari Parkir Tegak Lurus, Parkir Paralel, dan Parkir Serong
1. Parkir Tegak Lurus



Suatu cara parkir dengan memarkir kendaraan membentuk sudut 90 derajat. Dengan cara ini mobil diparkir tegak lurus, kendaraan satu berdampingan dengan kendaraan yang lainnya, kendaraan menghadap tegak lurus ke lorong, jalan, trotoar, atau dinding. Kendaraan jika diparkir tegak lurus lebih banyak jumlahnya daripada parkir paralel dan karena itu biasanya digunakan di pelataran parkir atau gedung parkir.

2. Parkir Paralel



Adalah suatu cara parkir kendaraan (umumnya mobil) dengan membentuk formasi berbaris dimana bumper depan mobil bertemu dengan bumper belakang mobil. Biasanya cara ini digunakan di ruas jalan yang sempit dan tidak memungkinkan untuk menggunakan cara tegak lurus.
Melakukan parkir paralel merupakan keahlian yang paling sulit dalam memarkirkan kendaraan sehingga dijadikan sebagai salah satu aspek yang diujikan pada saat ujian praktek untuk mendapatkan SIM, dan juga menjadi salah satu pelajaran yang diberikan dalam sekolah mengemudikan kendaraan.

3. Parkir Serong



merupakan cara parkir kendaraan yang membentuk sudut dengan pinggir jalan atau tempat parkir. Parkir serong merupakan salah satu cara termudah dalam memarkir kendaraan.
Dalam membuat parkir serong, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1. Parkir serong harus memiliki standar sudut 30 derajat, 45 derajat, atau 60 derajat. Tidak boleh kurang atau lebih dari sudut tersebut. Sudut parkir yang berbeda dapat diterapkan guna menyesuaikan dengan luasan yang diperuntukkan untuk pelataran parkir, demikian juga halnya dengan dimensi ruang parkir.
2. Luasan area parkir juga harus dipertimbangkan, tidak boleh terlalu sempit karena menyulitkan pengemudi untuk manuver kendaraannya.

Quote:
Ukuran Parkir

Di dalam suatu parkir, membuat ukuran untuk satu kendaraan tidak bisa diukur secara sembarangan, semua sudah ada standarnya karena berfungsi untuk kenyamanan sang pengemudi, penumpang dalam akses keluar masuk kendaraan, dan juga untuk keamanan kendaraan agar tidak terjadi benturan dengan kendaraan lain. Hal ini dikenal dengan nama Satuan Ruang Parkir.
Satuan Ruang Parkir (SRP) adalah ukuran luas efektif untuk meletakkan kendaraan dalam hal ini mobil penumpang, bus/truk, atau sepeda motor, baik parkir paralel dipinggir jalan,pelataran parkir ataupun gedung parkir. SRP harus mempertimbangkan ruang bebas dan lebar bukaan pintu.
Dimensi SRP
Dimensi dasar untuk SRP berdasarkan Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir tergantung kepada bukaan pintu dan golongan kendaraan. Lebar bukaan pintu akan mempengaruhi kenyamanan penumpang keluar masuk kendaraan, maka dibuatlah standar seperti ditunjukkan berikut ini:


Sementara berdasarkan golongan kendaraan, dibuatlah standar ukuran parkir untuk 1 kendaraannya sebagai berikut :


perhitungan yang digunakan dalam menentukan dimensi diatas menggunakan rumus berikut :


Dimana,
B = Lebar Kendaraan
L = Panjang Kendaraan
a1 & a2 = Ruang Bebas arah Longitudinal
O = Lebar Bukaan Pintu
R = Ruang Bebas arah Lateral

Maka,


Sementara untuk dimensi ruang parkir paralel, terdapat standar ukurannya yaitu :


Begitu juga dimensi ruang parkir serong memiliki standar tersendiri, yaitu :


satuan dalam meter


Bila digunakan dimensi yang lebih kecil dari standar sebagaimana dalam tabel tersebut di atas, akan mempersulit manuver kendaraan yang keluar atau masuk ke ruang parkir, dan sering mengakibatkan kendaraan yang bersenggolan pada saat keluar atau masuk ruang parkir serta waktu yang dibutuhkan untuk memarkirkan kendaraan makin lama.

Quote:
Kriteria Area Parkir

Di dalam membuat tempat parkir, terhadap beberapa kriteria yang harus dapat dipenuhi oleh sang pemilik bangunan. Hal ini semata-mata untuk mempernyaman pemilik kendaraan.
Berikut adalah kriteria yang harus dipenuhi dari suatu tempat parkir :
1. Jumlah kendaraan yang akan ditampung sehingga diketahui perkiraan luas yang dibutuhkan.
2. Ukuran dan jenis kendaraan yang akan ditampung. Perhatikan standarnya.
3. Terdapat penerangan yang cukup untuk malam hari. Bisa menggunakan lampu tiang setinggi 2 meter atau lampu mercury.
4. Terlindung dari panas matahari. Dapat diberikan kanopi atau pilih tanaman berbentuk pohon atau perdu, cukup kuat, tidak mudah patah, tidak mengeluarkan getah yang merusak cat kendaraan, mempunyai tajuk yang cukup padat dan lebar, mempunyai sistem perakaran yang tidak merusak perkerasan ( pelataran parkir ) dan tidak menggugurkan dahan dan ranting.
5. Terdapat ruang tunggu pengemudi/sopir dan tempat sampah. Untuk area tertentu seperti mall diberikan pengeras suara untuk memanggil sopir.
6. Terdapat pos penjagaan dan petugas jaga yang berkeliling.
7. Arah masuk dan keluar parkir harus jelas, tidak membingungkan pengemudi, dan tidak menyebabkan kecelakaan kendaraan.

Quote:
Perlengkapan

Dalam membuat area parkir terdapat beberapa perlengkapan yang harus dipenuhi untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan bagi para pengendara dan kendaraannya.
Perlengkapan untuk area parkir diantaranya adalah :
1. Marka parkir berupa garis utuh mengelilingi ruang parkir, bisa berwarna kuning, garis putih, atau warna yang terang.



Khusus untuk parkir disabilitas harus dilengkapi dengan marka simbol difabel dan dilengkapi dengan rambu yang menunjukkan bahwa ruang parkir tersebut khusus untuk difabel.

2. Stopper. Berfungsi untuk menahan roda mobil agar tidak kebablasan maju atau mundur karena keterbatasan pandangan pengemudi.



Stopper sangat diperlukan untuk area parkir yang berada dilantai atas gedung agar mobil tidak menabrak dinding dan menghindari terjunnya mobil ke bawah

Quote:
Parkir Khusus

1. Parkir Untuk Disabilitas


Jenis parkir ini diperuntukan untuk pengemudi yang memiliki keterbatasan fisik. Parkir ini wajib dekat dengan akses pintu masuk bangunan. Biasa banyak kita jumpai di area parkir mall, kantor, bahkan di luar negeri area olahraga seperti stadion juga sudah menyediakan parkir ini.
Diperlukan standar khusus untuk ukuran parkirnya karena membutuhkan akses lebih dibandingkan dengan parkir biasa. Dibawah ini adalah standar ukuran untuk parkir disabilitas :




2. Parkir Khusus Wanita


Biasa kita kenal dengan Ladies Parking, memiliki corak warna yang lebih menarik dibandingkan parkir umum lainnya. Parkir ini diperuntukan khusus untuk pengemudi wanita dan biasanya terletak dekat dengan pintu masuk bangunan pula. Tidak ada standar ukuran khusus untuk ladies parking ini.


Gimana gan sist? Ternyata ada standar yang harus dipenuhi untuk membuat suatu lahan parkir ya, jadi kita gak bisa sembarangan dalam membuat suatu area parkir
Maka dari itu kita sebagai pengendara kendaraan bermotor wajib secara displin mengikuti aturan aturan parkir yang sudah disediakan. Kasihan kan para pemilik area parkir/bangunan sudah mikir dan hitung khusus untuk parkirnya tapi kita malah seenaknya sendiri parkir kendaraan.
Contohnya kayak gini nih
Spoiler for ngeselin:



Selain merugikan pemilik bangunan / gedung yang sudah hitung susah-susah buat parkir, perilaku tidak disiplin ini juga merugikan kita sebagai pengendara karena menghabiskan 2 lahan parkir hanya untuk 1 mobil. Hehehe


Sesudah dibaca, kalo menurut agan menarik, bisa dibantu rekomennya ya hehe
Spoiler for Rekomen HT:


Indahnya kalo kita saling berbagi yang seger-seger gan
Atau juga boleh kok


Silahkan mampir juga ke thread ane yang lainnya gan sist

Quote:Asal Penamaan Warna Dalam English (Hot Thread)

7 Barang Koleksi dengan Nilai yang Semakin Tinggi (Hot Thread #2)

Macam-Macam Klub Sepak Bola yang Bermarkas di London (Hot Thread #3)

Kumpulan Kisah Pengendara Motor yang Menyelamatkan Binatang (Hot Thread #4)

Solusi Mengatasi Kebosanan di Kereta Api (Hot Thread #5)

Mengenal Sejarah dan Arti Bendera Negara Skandinavia (Hot Thread #6)

Kecelakaan Kereta Api vs Kendaraan Lain : Penyebab dan Tips Menghindarinya (Hot Thread #7)

Yuk Mengenal Cat yang Dapat Berubah Sendiri

Inilah Tempat Bersarang Kuman di Supermarket

Macam-Macam Negara di Dunia yang Tidak Memiliki Gunung

Keindahan Seni Dekorasi dari Kabel Dinding


Spoiler for sumber:

Pengetahuan ane sendiri
Ditjen Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Republik Indonesia
WEB 1
WEB 2
WEB 3
dan beberapa dari makalah dosen dan skripsi mahasiswa
Images from www.google.co.id

Spoiler for Tambahan Kaskuser:

Quote:Original Posted By kamujahat21
Lengkap bener
Tambahin

MUSTI GAK ADA TUKANG PARKIR DADAKAN

cuma mejeng aja kena 2000, dikasih gak mau. Malah minta 5000


Kasian tuh ,pasti kaskuser pernah


Quote:Original Posted By lekazald
penempatannya juga gan, biar akses jadi mudah, kagak muter-muter


Quote:Original Posted By vincent060498
ni gan ane tmbahin dkit buat yg parkirnya kurang rapi


Quote:Original Posted By rusco
Jadi inget pengalaman ane pas parkir di ITC Kuningan (basement), buset tuh spacenya cuma jarak sejengkal kali antar body mobil. Pada maksa banget tukang parkirnya..

Ada lagi pas mau cari parkir di Mall Taman Anggrek, ada ibu2 yang markirin mobilnya langsung makan 2 slot parkir, sambil entengnya melengos pergi.

Klo pas di Surabaya, itu pas parkir mobil di Tunjunhan Plasa hari weekend (jam 11 siang ke atas). Pengalaman jaman kuliah dulu, pernah muter2 sampe lantai parkiran atas, ga dapet parkiran juga..

Mall2 di jakarta yang (menurut gue) "lumayan" bagus area & pengaturan tempat parkirnya adalah:
- Mall Senayan City (basement)
- Mall PIM 2 (basement) & PIM 1
- Mall Gandaria City (basement)
- Lotte Shopping Avenue
- Mall Kota Kasablanka
- Mall Alam Sutra
- IKEA
- Aeon Mall BSD City
- Central Park
- Mall Kepala Gading

Untuk mall2 yang tempat parkirnya "agak" ruwet:
- ITC Kuningan
- Mall Ambassador
- Pejaten Village
- Kemang Village
- Taman Anggrek
- Blok M Plasa
- Blok M Square
- Plasa Semanggi
- Mall Cinere

Ini cuma pendapat ane ya, Gan. Bisa beda, ada mungkin yang sama..


Quote:Original Posted By madjoe23
manteb trid nya TS

oya just for Information ya gan,
masalah parkiran ini terutama di Jakarta bener2 pelik gan, soalnya hampir tiap keluarga punya 1 mobil ato lebih, inget ya gan ane ngomong konteks nya di jakarta.
makanya agan bisa liat di bangunan-bangunan tinggi ato istilah nya "Highrise" lantai bawah nya bisa dibilang abis buat dijadiin parkir bisa 5 lantai lebih kayak di CP (mall Central Park JakBar) contohnya. ato kalo ga bikin basement ke bawah tanah lebih banyak. masalah kayak gini berpengaruh banget ke area yang bisa dijual sama pemilik gedung, karena makin banyak fasilitas parkir berarti area yang bisa dijual buat hasilin duit untuk pemilik gedung jadi berkurang. akhirnya bisa kita lihat pemilik gedung milih buat nyediain jumlah parkir yang sesuai standard tapi ukuran nya sempit2 ato gampang nya dikecilin ukuran nya, contohnya parkiran UNTAR yang di kampus 1 (area parkir nya pas tapi gang di depan supaya bisa keluarin mobil nya kecil banget) yang dirugikan akhirnya pengguna parkiran nya. atopun kalo ga jumlah nya dibawah standard yang akhirnya mobil pada ngantri parkir dan bikin macet jalan di depan-depan-nya

info aja yah gan, soalnya kebetulan ane arsitek, pernah ditanya sama temen ane "ngapain lu parkiran aja dipikirin?", ane darisitu sadar kalo ternyata orang awam mungkin ga gitu ngerti betapa sulitnya kita ngerancang parkiran yang sesuai baik dalam ukuran maupun kenyamanan-nya.
jadi ane stuju sama TS, kalo parkir ayo sadar-sadar liat garis nya, kalo situ parkir diatas nya berarti situ ngilangin hak 1 mobil lain buat parkir. kalo agan-agan ada yang liat orang kek gini, jangan ragu gan buat omelin.

salam


Quote:Original Posted By la.boujuq
Ane pernah ngobrol ama petugas parkir di m*rgo c*ty depok, katanya kalo ladies parking it luasnya beda gan... Kata abangnya "ya beda mas, kalo ladies park it biasanya ada yg standby buat ngatur, dan lebih lebar..kalo buka pintu ga mentok, krna sering bgt kejadian mobil baret krna buka pintu ga hati2"
Ukuran pastinya ane ga tau...
Krna ladies parking it biasanya kosong dan dket ama lobi, ane biasanya mnta ce ane bwa biar dpt parkir di ladies parking...wkwkwkwk


berani emang dah di perhitungkan banget yah

keren gan ulasannya

jadi begitu yah gan
susah juga yakk
Oh gitu ya gan, semuanya harus ada aturannya biar lebih tertata.
Ane kira tinggal buat aja .. Asal ada lahan kosong
Lengkap bener
Tambahin

MUSTI GAK ADA TUKANG PARKIR DADAKAN

cuma mejeng aja kena 2000, dikasih gak mau. Malah minta 5000


Kasian tuh ,pasti kaskuser pernah
Ohh gitu to ternyata kalo buat lahan parkir
ribet bener gan
Wahh! Ane pernah kena macet didalem
Parkiran bray..
Yang penting sesuai syariat aja
Quote:Original Posted By kamujahat21
Lengkap bener
Tambahin

MUSTI GAK ADA TUKANG PARKIR DADAKAN

cuma mejeng aja kena 2000, dikasih gak mau. Malah minta 5000


Kasian tuh ,pasti kaskuser pernah


Itu sih, parkir liar gan..! Biasanya di kelola oleh ormas dan sejenisnya..
wah baru tau ane gan,trnyata ada aturannya
banyak yang nempatin tempat disabilitas padahal bukan buat dia masih banyak juga yang parkirnya ga tau aturan

untung ane kalo parkir mobil pro
penempatannya juga gan, biar akses jadi mudah, kagak muter-muter
tukang parkir nya gk keren gan,nonggol pas mintak duit aja
semua sudah ada perhitungannya gan
kalo parkiran kaya di minimarket gitu pake perhitungan kaya gini ga ya






Quote:Original Posted By crimehunter
Oh gitu ya gan, semuanya harus ada aturannya biar lebih tertata.


iya betul gan, biar gak tabrakan juga hehe

Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Wahh! Ane pernah kena macet didalem
Parkiran bray..


parkiran mana tuh gan?

Quote:Original Posted By reynaldwebber
banyak yang nempatin tempat disabilitas padahal bukan buat dia masih banyak juga yang parkirnya ga tau aturan

untung ane kalo parkir mobil pro


iya gan masih banyak yang asal parkir aja di tempat situ, mereka gak ngrasain gimana kalo jadi pengemudi disabilitas trus lahan parkirnya dipake orang lain
ane gembok ya gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar