Pages


Sabtu, 26 September 2015

14 Seni Bela Diri Mengagumkan Yang (Mungkin) Belum Pernah Anda Dengar



Saat ini kita mengetahui banyak aliran bela diri yang berasal dari berbagai belahan dunia. Ilmu bela diri yang paling terkenal mungkin adalah Kung Fu Shaolin. Kung Fu Shaolin menjadi terkenal karena banyak film bertema ilmu bela diri khas dari daratan China ini. Di Indonesia sendiri, kita memiliki ilmu bela diri Pencak Silat. Ilmu bela diri sejatinya diciptakan untuk mempertahankan diri dari serangan dan ancaman dari luar. Terdapat banyak ilmu bela diri yang unik di berbagai belahan dunia sekarang ini. Keunikan tehnik seni bela diri tersebut ikut dipengaruni oleh budaya negara dan kearifan lokal. Berikut adalah 14 seni bela diri unik yang MUNGKIN belum pernah anda dengar.

14. Systema (Rusia)
Quote:Systema adalah salah satu seni bela diri aliran keras berasal dari Rusia. Systema adalah keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh kalangan atas pasukan elite Rusia yang bernama Spetnaz.
Spoiler for :

Jika dikatakan sebuah seni bela diri, mungkin Systema sangat jauh dari itu. Hal ini disebabkan karena keahlian ini dibutuhkan untuk melumpuhkan musuh dengan cepat dan tidak membuang-buang waktu. Serangan yang dipelajari dalam ilmu bela diri ini adalah fokus ke semua bagian vital tubuh. Jika anda mempelajari Systema, anda akan menemukan banyak tehnik untuk mengunci dan membanting lawan. Dibutuhkan badan yang besar dan stamina kuat untuk menguasai tehnik-tehnik Systema.


13. Wing Chun
Quote:Disebut-sebut sebagai salah satu seni bela diri paling berimbang (balanced). Wing Chun adalah seni bela diri yang diajarkan oleh Yip Man ke Bruce Lee. Karena sejarah dan keseimbangannya, seni bela diri ini sering digunakan sebagai dasar seni bela diri lain, yang juga merupakan salah satu dasar dari seni bela diri paling mematikan, yakni Krav Maga.
Spoiler for :

Menggabungkan keahlian menyerang dan gulat, serta berfokus pada perkelahian jarak dekat yang memperbolehkan praktisinya untuk menyerang dan bertahan secara bersamaan. Seni bela diri ini juga memperbolehkan si praktisi untuk mempersingkat jarak antara ia dan musuhnya secepat mungkin. Seni bela diri ini juga cocok digunakan untuk bertarung dnegan banyak musuh seperti pada film Ip Man.


12. Krav Maga (Israel)
Quote:Krav Maga dapat dikatakan sebagai ilmu bela diri gabungan dari beberapa ilmu bela diri populer di dunia. Tidak ada seni gerakan yang indah seperti terlihat di ilmu Kung Fu atau Wing Chun dari China.
Spoiler for :

Yang ada hanya serangan-serangan keras yang mematikan. Krav Maga adalah ilmu bela diri wajib para punggawa Kepresidenan Israel. Para praktisi Krav Maga berlatih ilmu ini dengan serius dan tidak main-main. Ini bukan ilmu bela diri untuk olahraga. Tehnik yang digunakan dalam Krav Maga difokuskan untuk menyerang daerah vital seperti selangkangan dan mata. Kepala pun diijinkan untuk menyerang lawan. Tiga langkah Krav Maga yang terkenal adalah: hadapi lawan, cegah lawan lakukan serangan kedua, lumpuhkan lawan.


11. Keysi Fighting Method
Quote:Jika Anda pernah menonton film Batman oleh Chris Nolan, Anda berarti pernah melihat seni bela diri ini. Seni bela diri yang dikembangkan oleh Justo Dieguez dan Andy Norman berdasar atas pengalaman perkelahian jalanan, seni bela diri ini dikatakan dapat melindungi diri dari 10-20 yang menyerang secara bersamaan.
Spoiler for :

Merupakan seni bela diri campuran yang menggabungkan elemen gulat dari Jiu Jitsu dan Aikido, serta Jiu Jitsu Brazil, pertahanan dan serangan jarak dekat Whing Chun dan beberapa teknik Jeet Kune Do. Keysi Method mengajarkan para praktisinya untuk mengawasi semua objek sekitar untuk kemungkinannya sebagai senjata dan memperbolehkan mereka untuk melindungi diri dari penyerang dalam jumlah banyak.
Keysi Method hampir tidak memiliki serangan menggunakan kaki karena bertujuan untuk berkelahi jarak dekat dengan menggunakan semua bagian tubuh sebagai senjata, khususnya siku. Bentuk dasarnya adalah tangan yang memegang kepala dan siku yang agak naik untuk melindungi kepala, leher dan dada. Lalu menggunakan sikunya untuk menyerang.


10. Jeet Kune Do (JKD)
Quote:Sering disandingkan dengan Krav Maga sebagai seni bela diri paling mematikan di dunia, diciptakan oleh Bruce Lee yang menginginkan sebuah bela diri yang benar-benar cepat, ia menyebutnya sebagai sebuah "bentuk tanpa bentuk" atau "seni bela diri tanpa bela diri."
Spoiler for :

Oleh karena itu, Jeet Kune Do menggunakan pergerakan seminimal mungkin dengan dampak dan kecepatan maksimum. Keunikan dari Jeet Kune Do adalah filosofinya yang memiliki konsep intersepsi dengan menyerang musuh selagi ia ingin menyerang. Orang-orang yang mendalami Krav Maga dan Jeet Kune Do mengatakan bahwa JKD lebih mengarah ke seni bela diri sedangkan Krav Maga tidak memiliki konsep itu dan benar-benar untuk perkehalian jalanan.


9. Okichitaw (Indian-Amerika)
Quote:Seni bela diri Okichitaw sangat populer di kalangan Indian-Amerika. Namun, ilmu ini tidak menutup kemungkinan mendapat pengaruh dari seni bela diri yang lain.
Spoiler for :

Tehnik-tehnik yang ditemukan dalam keahlian Okichitaw sangat khas dengan gerakan bela diri para pejuang suku Indian saat jaman pendudukan bangsa barat dulu kala. Namun seni bela diri ini juga mengikutsertakan beberapa senjata dalam gerakan-gerakannya, antara lain tomahawk (tombak), pisau, dan senapan.


8. Jujutsu (Jepang)
Quote:Seperti halnya dengan China, Jepang adalah Negara dengan berbagai macam jenis bela diri yang terkenal.
Spoiler for :

Mungkin anda pernah mendengar Karate (tangan kosong), Ninjutsu (bela diri khusus ninja), Judo, dan aikido; namun Jujutsu/ Ju Jitsu mungkin terdengar kurang familiar. Jujutsu adalah ibu dari olahraga Judo dan Aikido. Tehnik Jujutsu sangat fleksibel (Yawara-gi). Yang menarik dari tehnik bela diri ini adalah praktisi akan belajar bagaimana caranya untuk “mengakali” lawan. Mereka dapat menggunakan tenaga serangan dari lawan untuk digunakan mengalahkan si lawan kembali. Seni bela diri ini cukup unik mengingat bela diri Jepang yang awam memiliki banyak peraturan.


7. Kalari Payat/ Kalarippayattu (India)
Quote:Mungkin anda jarang melihat seni bela diri asli India bagian selatan ini di film-film Bollywood. Tetapi, Kalari Payat adalah ilmu bela diri asli Kerala, India. Bahkan, Kalari Payat dapat dikatakan sebagai seni bela diri tertua di Hindustan.
Spoiler for :

Legenda mengatakan bahwa sang Dewa Wisnu sendiri yang mengajari ilmu bela diri ini. Praktisi atau seorang Kalari belajar untuk menguasai tehnik kuncian dan bergulat. Namun mereka juga mempelajari kombinasi penggunaaan senjata untuk melumpuhkan lawan. Ada beberapa nilai spritualitas dan budaya terdapat dalam Kalari Payat sebab para praktisi juga mempelajari mantra Tantra Shastra ketika berlatih ilmu bela diri ini. Diharapkan selain mampu melawan musuh dengan tangan kosong dan senjata, praktisi juga memiliki tingkat spritualitas yang mumpuni.


6. Sambo (Rusia)
Quote:Satu lagi seni bela diri dari Rusia yang mungkin tidak begitu familiar di dunia. Tidak seperti Systema yang diwajibkan bagi pengawal Kepresidenan Rusia, Sambo bisa dipelajari siapa saja di Rusia.
Spoiler for :

Tehnik bela diri ini banyak dimiliki oleh bodyguard dan agen pemerintah. Tehnik bela diri yang dipelajari dalam Sambo adalah gulat yang brutal dan mematikan. Hal ini cocok sekali buat praktisi yang berprofesi sebagai bodyguard berbadan besar. Ketika masa-masa perang Rusia tahun 1917, ikatan bela diri Rusia memutuskan bahwa adanya senjata saja tidak cukup untuk melawan musuh. Maka diciptakanlah Sambo yang arti dalam bahasa Rusia adalah “seni pertahanan tangan kosong”. Ketika melawan musuh, praktisi diperbolehkan bergulat dengan brutal, mematahkan tulang, dan merobek sendi lawan.


5.Dambe (Mesir)
Quote:Mesir tidak hanya terkenal karena Cleopatra, Mumi dan Piramida saja. Ada sebuah bela diri unik bernama Dambe yang berasal dari daerah gurun pasir ini. Keahlian bela diri yang mematikan ini pertama kali disebarkan oleh kaum Hausa dari Afrika Barat. Mereka bermigrasi ke seluruh penjuru Afrika dan sampai di Mesir.
Spoiler for :

Para petarung Dambe berkelahi dengan 2 kemungkinan: menang dengan kerusakan hebat atau kalah dan mati. Hal ini disebabkan karena petarung meletakkan besi atau kayu di bagian kepalan dan dilapis dengan kain untuk bertarung. Bagian kaki juga dilapis logam kemudian dibalut kain kanvas. Entah mengapa mereka mau bertarung dengan cara ini. Bisa dibayangkan betapa kerasnya tinju dan tendangan yang dirasakan oleh lawan dalam pertarungan Dambe. Pastinya sebuah kerusakan tubuh yang hebat mewarnai perkelahian tersebut. Yang lebih uniknya lagi, petarung mungkin tidak terlalu merasakan sakit dari kepalan kayu dan tendangan besi dalam Dambe. Karena para praktisinya membiasakan diri dengan ritual hisap ganja sebelum mulai tanding.


4. Vovinam (Vietnam)
Quote:Tidak banyak yang tahu bahwa Vietnam memiliki seni bela diri khas bernama Vovinam. Mungkin hal ini dikarenakan Vovinam baru berkembang sekitar tahun 1960-an.
Spoiler for :

Dunia internasional baru mengenal Vovinam ketika orang-orang Vietnam yang menguasai ilmu ini hijrah ke Eropa atau Amerika. Seperti layaknya seni bela diri dari Negara-negara Asia lainnya, Vovinam mendapat pengaruh dari Karate, Wushu, dan taekwondo. Ilmu bela diri khas Vietnam ini baru masuk menjadi salah satu cabang olahraga di pertandingan internasional. Saat ini Vovinam telah berhasil menjadi salah satu cabang olahraga/bela diri yang dipertandingkan di Sea Games ke-26 tahun 2011.


3. Kali/Eskrima (Filipina)
Quote:Tidak seperti seni bela diri yang lain, Eskrima dari Filipina menggunakan beberapa senjata untuk mendukung gerakan melumpuhkan lawan.
Spoiler for :

Senjata yang digunakan dalam Eskrima antara lain adalah pedang, pisau, tongkat, dan dua kayu pendek. Dalam beberapa tehnik Eskrima dapat dilihat gerakan-gerakan gulat, tendangan dan serangan tangan kosong. Namun ada atau tidak adanya senjata tidak boleh menghalangi gerakan praktisi Eskrima (disebut Eskrimador) dalam melawan musuh.


2. Aikido
Quote:Merupakan seni bela diri yang unik karena memiliki filosofi atau prinsip bahwa jika seseorang menyerang maka itu berarti ia membuat pertahanannya melemah, tetapi jika Anda sebagai seseorang yang bertahan tidak menyerang, maka itu berarti pertahanan Anda tidak akan pernah melemah.
Spoiler for :

Menggabungkan seni bela diri pedang (kenjitsu), tombak (sojitsu) dan Jiu Jitsu, dan dipertimbangkan sebagai seni bela diri paling mematikan di dunia.
Ide dari seni bela diri ini adalah mengetahui pergerakan musuh dan menggunakan tenaga dari serangannya untuk dibalikkan kembali ke si musuh. Penyebab mengapa seni bela diri ini disebut sebagai salah satu seni bela diri paling mematikan adalah karena ia berusaha mengontrol persendian musuhnya yang berarti juga dapat mematahkan persendian tersebut.


1. Lerdrit (Thailand)
Quote:Kebanyakan orang akan mengira bahwa seni bela diri tradisional dari Thailand hanya Muay Thai saja.
Spoiler for :

Sebenarnya ada satu lagi seni bela diri bernama Lerdrit. Keahlian tinju asli Thailand ini sayangnya cukup spesial karena hanya diterapkan kepada anggota pertahanan elit kerajaan Thai. Tetapi jangan kuatir untuk anda yang berminat belajar, karena gerakan-gerakan Lerdrit hampir sama dengan Muay Boran dan Muay Thai. Bedanya Lerdrit digunakan untuk mematikan lawan, bukan hanya untuk melumpuhkan.


Keren khan?... Pastinya, tp kayaknya belajarnya sulit banget yach?...
Atau mungkin agan/sista ada yg udah belajar salah satu dr ilmu beladiri tersebut...

Sumur: 1 + 2 + 3

Quote:

Thread ane yg jd HT:
Sensasi Naik KRL Jadebotabek Yang Kini Gak Bisa Di Rasakan Lagi,,, ™
Foto-foto & Cerita Perbedaan STM dengan SMK,,, Gak Tauran Lagi... ™
20 Anime Jepang Yang Mengandung Unsur Indonesia
Alasan Kenapa Karyawan Indonesia Tidak Maju-Maju
Singapura Negeri Terbersih, Indonesia Bahkan Tidah Butuh Tempat Sampah
Gaya Mahasiswa Berpenampilan Berdasarkan Bidang Studinya
Karya Mencengangkan di Jalanan Berlubang
Perilaku Atasan Yang (Bakal) Membuat Pegawai Terbaiknya Sekalipun Resign
Motor Konsep Terbaik Dari Honda, Yamaha Dan Suzuki
10 Alasan Era 90-an Jadi Dekade Terbaik Sepak Bola
KEBIASAAN DI JEPANG YANG BIASANYA KITA ANGGAP TAK LAZIM
dan HT pertama yang kayaknya udah terhapus dari kaskus bersumber dari sini=
Kematian Beberapa Orang Ini Mirip Seperti Kisah Film Final Destination


Pertamax buat update TS...
15. berantem jambak-jambakan ala cewek
Quote:Original Posted By mi.ya.bi
15. berantem jambak-jambakan ala cewek


Nice info,,, tp kayaknya udah terlalu mainstream...
mungkin klo jambak yg lain sich mungkin bisa jg...
yg dari indo ada gak gan?..
jiujitsu ngga gan?
hantam gesper gak masuk ya gan ?
tarung drajat ga masuk gan? btw ane pejwan gan
Quote:Original Posted By adoel.piero


Nice info,,, tp kayaknya udah terlalu mainstream...
mungkin klo jambak yg lain sich mungkin bisa jg...


Jambak yg mane gan???
Bulu ketek????

ada wingcun. suka banget sma ip man
ada beberapa yang ane belum denger


makasih
Kok Thread TS yg satu ni selalu dirate rendah ya? padahal infonya lumayan menarik
debus & tawuran termasuk beladiri gak gan?
Kalau ilmu beladiri kantau yg dikalimantann gimana gan
Bukanya itu dipake saat 2 xxx melawan 10 Xxx(ga tau berapa) , yg 2 menang saat kerusuhan sampit.
Kayanya bahaya bahaya nih gan
beladiri pelajar bray, tekniknya cuma kudu ngelempar batu hbis itu lari. begitupun seterusnya
ada beberapa yg baru tau, btw pertarungan ala jalanan anak sekolah dan ormas diindonesia gak dimasukan?
ternyata bela diri alirannya banyak banget ya.
tapi paling nggak harus bisa minimal 1 jenis beladiri aja sebagai keterampilan, apalagi cowok.
yang penting belajar beladiri jangan buat gaya-gayaan aja
yg dr india unik tu..jd inget film jackie chan
krav maga itu

pekiwan di gembok!
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar