Pages


Kamis, 24 September 2015

Miris ato barangkali unik gan?? inilah wartel di pedalaman Papua

tengkyu bwt kaskuser, mimin & momod sekalian..

HOT THREAD PERTAMAX ANE




semoga ga

salam hangat buat kaskuser semuanya

newbie mohon ijin share sesuatu ye gan

miris ato barangkali unik ni gan, penampakan wartel ( warung telekomunikasi ) di pedalaman Papua

Spoiler for berita dari detikcom:

Yahukimo - Distrik Kurima di Yakuhimo, adalah tempat yang sangat terpencil di pedalaman Papua. Untuk berkomunikasi dengan dunia luar, mereka punya wartel yang unik bentuknya.

Minimnya sinyal dan akses listrik adalah apa yang dirasakan oleh masyarakat Kampung Kurima di Yahukimo, Papua. Setidaknya hal itulah yang detikTravel rasakan ketika trekking dari Desa Sogokmo ke Kampung Kurima bersama rombongan Mahakarya Indonesia pada Selasa pekan lalu (15/9/2015).

Selain dibutuhkan waktu minimal tiga jam untuk trekking menuju Kampung Kurima dari pinggir jalan utama, tentunya traveler tidak usah berharap akan menemukan sinyal handphone, apalagi internet. Untuk sumber listrik saja, masyarakat sekitar hanya mengandalkan panel tenaga matahari saja.

Namun ketika sampai di Kampung Kurima, saya dan rombongan dibuat terpana akan kehadiran sebuah kotak kecil yang ternyata merupakan sebuah wartel. Bentuknya memang lebih mirip seperti pos ronda, namun wartel tersebut berfungsi sebagai tempat komunikasi para anggota TNI yang bermarkas tepat di sampingnya.

Saat saya melewati wartel tersebut, tampak seorang pemuda bernama Markus yang sedang berjaga layaknya operator wartel. Matanya tidak henti menatap ke arah handphone yang ditempel di sebuah tempat khusus layaknya remote pendingin udara. Sesekali ia menyentuh tombol di layar handphone.

"Ini fungsinya seperti wartel, handphone ditempelkan saja di sini dan pesan masuk semua sudah," cerita Markus yang sedang berjaga.
Entah bagaimana penjelasannya, tapi kelihatannya spot wartel tersebut merupakan lokasi andalan di Kampung Kurima untuk urusan sinyal. Ibaratnya traveler mencari sinyal WiFi, wartel tersebut adalah salah satu lokasi sinyal di Kampung Kurima.

"Ya, kalau yang mau SMS-an atau terima pesan tinggal tempel saja handphonenya di tempat," ujar Markus.

Agaknya wartel darurat tersebut lebih berfungsi sebagai sarana komunikasi khusus para TNI yang berjaga di Kampung Kurima. Masalahnya, daerah Yahukimo yang menaungi Kampung Kurima merupakan salah satu daerah operasi Organisasi Papua Merdeka atau OPM.

Walau terkesan kurang aman, nyatanya saya dan rombongan malah dibuat kagum akan alam indah dan keramahtamahan penduduk sekitar. Belum lagi kelucuan anak-anak Papua yang ekspresif dan murah senyum.

Sungguh unik dan indahnya Bumi Papua. Kini tinggal tugas besar pemerintah untuk terus membangun Papua agar tidak tertinggal dengan daerah lainnya di Indonesia. Sampai kapan warga Kurima mengandalkan komunikasi dengan wartel ajaib seperti itu?













sumur http://goo.gl/orDLgo

sekian trit ane gan, newbie mohon maaf klo berantakan


Komeng menarik dr para kaskuser

Quote:Original Posted By giovialle
TNI aja sulit komunikasi... padahal di biayai negara... buat apa ada ahli tehnonlogi se indonesia klo buat sinyal aja gak mampu... efek pemikiran kaum kapitalis.... klo secara ekonomi gak menguntungkan.. gak usah di urus... mendingan di bikin aturan setiap operator harus menyediakan menara sinyal minimal 1 tower setiap satu desa... klo gak ijin usahanya di cabut... ... gak ada yang gak mungkin...



Quote:Original Posted By Dhekazama
Tau sendiri kalo dah diplosok negeri....
Temen ane yg militer dapet tugas di natuna aja, mau nelpon harus pergi dlu ke kota yg berjarak kurang lebih 1km....



Quote:Original Posted By rajatanpagelar
Pemerintah emangnya gk kasih fasilitas telepon satelitkah??

Miris liatnya,, :sedih seharusnya papua lebih maju drpada jakarta yg gk punya kekayaan Sumber daya alam apapun .. mungkin karena struktur geografisnya yg banyak bukit2..



Quote:Original Posted By kenny87andi
Miris lihat keadaan papua... Padahal dengan semua kekayaan alamnya papua seharusnya bisa jauh lebih baik n maju daripada jawa... #Saveourpapua


Quote:Original Posted By toko...obat
udah lah, buruan memerdekan diri aja deh
hidup kok kayak gitu sih, sampe di tempel tempelin hape nya ke situ, emang bedanya apa dtempelin di situ sama di tempelin ke bokong dalam kantong celana pemilik nya
ane gak nyalahin papua kalo minta merdeka, kehidupannya miris abis, serendah2xnya manusia, ane ogah diperlakukan pemerintah kek gitu



Quote:Original Posted By JoshPram
Papua luas gan... itu didaerah pedalaman... kalau papua di Jayapura uda majulah gan... lawong PS4 aja uda jadi banyak yang punya;... sipp!! thanks untuk kepeduliiannya gan..sipp!!


Quote:Original Posted By b_gijem
Mereka adalah orang-orang yang sungguh berbahagia.. hidupnya nggak tergantung sama sinyal handphone.. kalo butuh sesuatu ya berinteraksi sama sekitarnya, komunikasi yang dekat keluarga dan tetangga.. ane sih jujur malah iri, ada sinyal handphone malah sedikit-sedikit buka handphone, entah urusan kerjaan ato cuma iseng buka chat group yang isinya juga ga penting-penting banget.. ane malah suka kalo liburan di tempat yang sama sekali ga ada sinyal, karena disitulah baru bener-bener kerasa esensinya berlibur!


Quote:Original Posted By shonitri
Ga usah sok prihatin kalo nyatanya yang berkoar juga orang yang hanya simpati dengan dunia luar.
Coba sih yang udah berkoar itu pandang dulu selokan depan rumah, ada sampah enggak.
Kepedulian itu sederhana tapi bukan untuk gila hormat



Quote:Original Posted By weekwood
preeepot keuntungnya buat apa ya, padahal waktu pimpinan mereka ke jakarta aksesoris full emas 24karatan udah kayak penyanyi hip hop, batu mulia yg rat ratusan juta


Quote:Original Posted By streetdamn
Mau jadi serikat???

pikir dulu, Papua udah di beri otonomi khusus kaya aceh, Utah 11-12 ama negara bagian di amerika

Tapi rakyat di sana lah yg gak mau maju, alias males, Udah berapa Banyak duit pemerintah di bawa ke Papua, tapi Malah di korupsi ama penjabat2 disana, padahal udah di beri kewenangan sendiri untuk mengatur2 daerah disana?



Quote:Original Posted By streetdamn
Suka miris liat Komen2 yang nyalahin pemerintah


Sadar woy, Papua udah di beri otonomi kusus, alias udah bisa ngatur wilayahnya sendiri,


pemerintah gak ngasi duit buat pembangunan???

bitch, udah berapa duit habis buat di kasih ke papua, tapi malah di korup ama pemerintah di sana

padahal Pemerintah di sanalah yang berkewenangan memajukan papua krn sudah di beri otonomi kusus



Quote:Original Posted By streetdamn


Setidaknya Pemerintah sudah bisa membantu, sekarang terserah mereka mau kaga di ajak maju? , Jangan bisanya Mabuk2an mulu, jangan koar2 mereka tidak di perhatikan, jangan juga mau kena Hasut OPM


Quote:Original Posted By specialibnu
Miris? orang disana aja yg malas,
Perasaan Papua itu udah diberi otonomi sendiri kalau ane ga salah, Pemerintah sudah bantu Tinggal orang sananya yang mau maju atau engga..



Quote:Original Posted By vicipto
unik & kreatip .tinggal tempel langsung connect ....
teknologi masa depan nihhhh ???? penerus generasi 5G



Quote:Original Posted By Borneo2013
Ane kira wajar2 aja klo pd nyalahin pemerintah. Klo dulu emang sumber daya daerah itu dibawa ke Jawa semua,trus sekarang udah ada otonomi tapi pemerintahnya emang pd belum bener,korup di mana2. Yg pusat pd korup yang daerah ya ikut2an juga,sama2 bagian dr pemerintah koq. Hukumnya gak beres soalnya.

Soal wartel itu klo gak pake telp satelit kenapa gak pasang repeater/penangkap sinyal aja? Emang sih repeater itu ada hukumya tp buat daerah kaya gt kan bs atur ama operatornya/telkom klo emang gak mau bikin tower yg mahal2. Klo gak salah di mal2 kan ada pasang barang kaya gt biar sinyalnya bs masuk merata ke gedungnya. Bukan cm disana gan yg kondisinya gt,di Kalimantan jg banyak daerah2 yg nasibnya kaya gt koq. Penduduk klo mau sms ato telp tu mesti ke tempat tertentu yg ada sinyalnya,
itupun dikit2 dapatnya biasanya tu diatas gunung or tempat yg tinggi gt.


Quote:Original Posted By streetdamn
Ya tuh , tapi sejak berakhirnya orde baru papua udah di beri otonomi khusus, Udah 14 tahun kayaknya dari 2001

Emang Orang2 di pemerintahan di sana emang kaga beres, korupsi di mana2 , Kalo Korupsi Di negara ini bisa di hapus, ane yakin Papua bisa maju, Bahkan bener kata agan, Emang di papua aja negeri ini ketinggalan, di jawa aja masih ada Yang jauh terpelosok



Quote:Original Posted By goengrafi
Ane pernah kkn disini gan th 2006 n pe sekarang kok masih sama ya sinyalny, kl ane dl ane gantung dpan rumah 🏠 biar bs sma.
Inget dl anggota tni yg jaga di hukum ma komandanya gara2 meninggalakan pos jaga naek kebukit tuk cari sinyal.
Kondisi sekolah smp n sma negeri yahokkma apa masih sama gan, guru tak pernah ada, murid bikin honai dibelakang sekolah n muridnya sering ke wamena tu narik becak tu beli tembakau



Quote:Original Posted By bangjeks..
hari gini pemerintah bikin gratisan??
hal2 yg ga nguntungin penguasa pasti lgsg di buang... lihat tuh si Gobel.. gr2 bikin aturan miras ga boleh di jual di minimarket dia di lengserin!!


Quote:Original Posted By Borneo2013
Pemerintah gak sempat gan klo Ngaskus,mrk tu sibuk banget. Jangankan ngaskus,kabut asap di mana2 aja gak ada yg bisa liat/perduli.



Quote:Original Posted By asagisora
yang lebih ngeselinnya lagi itu Telkoms*el make beda2in tarif bin mahal bet terutama di papua sana. apa2 mahal.



Quote:Original Posted By evocative
TNI punya jalur komunikasi via radio dan satelit, TAPI para anggotanya khan butuh bersosialisasi dengan keluarga juga..
Memang miris di papua itu, daerahnya bergunung2, jd butuh banyak sekali BTS utk mengcover area yg tak terlalu lebar...
beda dengan di jawa.

ane pernah tugas di papua setahun, udah ngerasain namanya ga ada listrik, ga ada sinyal... mandi pun di danau



Quote:Original Posted By galihskm
kesenjanagn pembangunan sist kayak pidatonya pak Jokowi dulu tuh harga semen per sak di jawa paling 50-70rb begitu nyampe Papua bisa nyampe 1jt


Quote:Original Posted By shyarmizi
kalo kena bom sms bakal parah tuh



Quote:Original Posted By wongs32
indonesia kan jawa bro, tempat laen selaen jawa ga usah diperhatikan,yang penting kekayaannya bisa diambil negara..mungkinkah kata itu yang ada di benak pejabat kita???



Quote:Original Posted By mooniequeenie
hmmm sebenernya kenapa harus dibilang miris sih gan? Bukannya ane engga mendukung kemajuan, cuma jangan sampe kita melihat semua yang belum modern itu miris.

ane udah beberapa kali ke pedalaman, justru orangtua di sana merasa miris sejak ada kemajuan, anak2 sekarang males belajar, males ikut ke ladang, males ikut ke hutan, maunya bergadget ria, atau nonton. Kalaupun belum ada sinyal dan listrik terbatas, HP digunain buat dengerin lagu, ane yakin, agan akan merasa lebih miris kalo tau lagu apa yang didengerin dan kalo pada nonton video di HP nonton apa.

menurut ane, mumpung belum terlambat, daerah2 yang baru mau dimasukin sinyal dan listrik baiknya sekalian diberi pengarahan. Jangan sampai kemajuan malah bikin rusak, apalagi engga ada orangtua yang bisa mendampingi karena orangtua mereka engga paham teknologi


Quote:Original Posted By 7minute
Pakai HP Wartelnya, ini All in One.
Mau SMS bisa, Telpon bisa, Internet bisa, MMS bisa.

Mau SMS sambil denger musik bisa.



Harusnya kan TNI pakai Telpon satelit, atau bikin Tower sendiri lah.
Misal di kasih Telpon Satelit, pakai Satelit siapa coba? kan Satelitnya udah di jual sama mbokde.



Quote:Original Posted By whuzza
innalillahiwainnaillahirajiun
semoga tenang di alam sana pak
namamu akan selalu terkenang


kreatif gan



salut ya buat orang di sana kalo saya blm bisa
mirip jamban
pantesan disitu sinyalnya mantap
memang TNI tidak dibekali alat komunikasi yang canggih apa dari pemerintah,

kok sampai pake wartel tsb
Quote:Original Posted By funk
memang TNI tidak dibekali alat komunikasi yang canggih apa dari pemerintah,

kok sampai pake wartel tsb


Alat komuninasi yg canggih kaya apa contohnya bray?
TNI aja sulit komunikasi... padahal di biayai negara... buat apa ada ahli tehnonlogi se indonesia klo buat sinyal aja gak mampu... efek pemikiran kaum kapitalis.... klo secara ekonomi gak menguntungkan.. gak usah di urus... mendingan di bikin aturan setiap operator harus menyediakan menara sinyal minimal 1 tower setiap satu desa... klo gak ijin usahanya di cabut... ... gak ada yang gak mungkin...
beh unik juga ntuh ya harus di tempel disitu
tempat opm, serem cuy
miris itu,dah kayak pos ronda.ane kirain td bentuk rumah/toko kecil gt
Tau sendiri kalo dah diplosok negeri....
Temen ane yg militer dapet tugas di natuna aja, mau nelpon harus pergi dlu ke kota yg berjarak kurang lebih 1km....
buat listrik aja udah ngandelin panel surya saking susahnya, mudah-mudahan pembangunan papua cepet terealisasi aja, dah
Quote:Original Posted By anatawa


Alat komuninasi yg canggih kaya apa contohnya bray?


telepon satelit
sppechless ane gan
waduh miris banget gan
hmmm....ane sih YA
Majukan papua, agar semua wilayah Indonesia sejahtera merata.
yah
emang miris gan kalo dipikir2


makasih
Pemerintah emangnya gk kasih fasilitas telepon satelitkah??

Miris liatnya,, :sedih seharusnya papua lebih maju drpada jakarta yg gk punya kekayaan Sumber daya alam apapun .. mungkin karena struktur geografisnya yg banyak bukit2..
ane kira wortel gan
Miris lihat keadaan papua... Padahal dengan semua kekayaan alamnya papua seharusnya bisa jauh lebih baik n maju daripada jawa... #Saveourpapua
unik gan, dan sedikit miris gan. smoga pmerintah ada yg lihat ini supaya d buatkan fasilitas yg lebih memadai lagi.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar