Pages


Sabtu, 26 September 2015

Tanaman Mematikan di Indonesia Jika Salah Konsumsi

Halo Agan dan Aganwati Kaskuser Sekalian !

Quote:Selamat datang di thread ane gan

Quote:No Repost gan.


Quote:Di Indonesia ada banyak sekali spesies tumbuhan yang hidup beranekaragam. Dikarenakan setiap tumbuhan mempunyai manfaat yang berbeda-beda, maka tumbuhan tersebut biasa dikonsumsi oleh manusia untuk dijadikan sebagai makanan ataupun sebagai bahan obat-obatan tradisional.
Namun ternyata, kita harus berhati-hati dalam memilih tumbuhan yang akan kita konsumsi, karena di antara banyaknya jenis tumbuhan tersebut, ada yang memiliki zat beracun di dalamnya.Berikut ini daftar tumbuhan yang mematikan itu.


1. Tanaman Jarak
Quote:Tanaman jarak biasa tumbuh liar di hutan, tanah kosong, ataupun daerah pantai. Batangnya berbentuk bulat licin, berongga serta berbuku-buku. Biasanya, daunnya berwarna hijau muda pada permukaan bawah dan hijau tua pada permukaan atasnya. Buahnya sendiri berbentuk buat dan berkumpul pada tandannya.



Daun dan getah dari tanaman jarak biasa digunakan untuk pengobatan tradisional. Tapi hati-hati, jangan sampai mengkonsumsi biji atau buah dari pohon ini. Karena buah jarak dapat mendatangkan kematian, karena mengandung zat beracun yang bernama ‘ricin’.


2. Singkong Karet
Quote:Singkong memang makanan khas Indonesia yang sangat pas jika dinikmati bersama kopi atau teh hangat. Tapi jangan sembarangan memilih jenis singkong ya. Karena tidak semua jenis singkong dapat dikonsumsi. Beberapa jenis singkong, seperti Singkong Karet itu mengandung racun.



Singkong karet mengandung zat cyanogenik glycoside yang akan diubah menjadi asam sianida oleh enzim linamarse saat di dalam tubuh. Sianida sendiri dikenal sebagai pembunuh yang paling populer. Namun racun ini bisa hilang jika dipanaskan atau dimasak dengan benar. Perhatikan juga umbi singkongnya, jika terdapat warna keunguan jangan dikonsumsi.


3. Kecubung atau Datura Metel
Quote:Tanaman yang satu ini termasuk ke tanaman hias. Pada tumbuhan ini terdapat bunga yang berbentuk seperti terompet dan warna bunga itu biasanya putih atau ungu. Tanaman yang satu ini tumbuh di tempat yang memiliki iklim panas dan hampir seluruh dunia mencoba untuk membudidayakannya.



Sejak abad ke-10, daun dari tanaman kecubung digunakan sebagai obat-obatan herbal. Tapi biji kecubung tidak layak di konsumsi karena mengandung zat beracun, yakni alkaloid dan halusinogen. Jika dikonsumsi bisa terjadi mual, sesak nafas, denyut nadi berjalan cepat, iritasi kulit, halusinasi serta berujung kematian.


4. Gympie-Gympie
Quote:Selanjutnya ada tanaman yang bernama ‘Gympie-Gympie’. Biasanya kita dapat menemukannya di daerah Maluku. Daunnya berbentuk hati dan berwarna hijau, buahnya berwarna ungu dan tinggi, tanaman Gympie-Gympie ini bisa mencapai 2 meter.



Hati-hati bila bertemu dengan tanaman Gympie-Gympie. Karena jika kita berada di dekatnya, kita nanti bisa bersin, gatal berbulan-bulan bahkan juga mimisan. Fatalnya, racun yang terkandung di dalam tanaman ini juga dapat mengundang kematian.


5. Pohon Upas
Quote:Pohon upas sudah terkenal akan getahnya yang sangat beracun. Pada zaman dahulu, getah dari pohon ini biasa digunakan untuk meracuni mata panah. Jika kita terkena getah tersebut, maka tubuh bisa kejang-kejang dan akhirnya meninggal hanya dalam waktu 2 menit saja.



Tinggi dari Pohon upas bisa mencapai 60 meter. Selain getahnya, bagian lain dari tumbuhan ini juga dimanfaatkan. Namun bukan sebagai racun, tetapi untuk bahan obat-obatan tradisional. Seperti contohnya biji upas, digunakan sebagai anti-disentri atau radang usus.


6. Bunga Terompet
Quote:Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini memiliki bunga yang bentuknya mirip seperti terompet. Bunga ini terdapat berbagai warna seperti putih, kuning, jingga dan pink. Meski bentuknya indah, akan tetapi tanaman ini mengandung racun yang mematikan.



Bunga terompet mempunyai tingkatan racun yang beragam, tergantung lokasi tanaman. Biasanya tanaman ini dijadikan teh dan dicerna sebagai obat halusinogen. Jangan coba-coba untuk mengkonsumsi tanaman ini, karena bisa menyebabkan overdosis dan meninggal.


7. Kacang Racun
Quote:Kacang racun dapat ditemui dengan mudah di daerah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di pohon ini terdapat buah yang bentuknya serupa dengan jeruk dan mengandung zat beracun, yakni alkaloid. Tanaman yang satu ini juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi.



Racun yang ada pada tanaman kacang racun atau Strychnine ini sangatlah berbahaya. Jika sampai ke tubuh kita, walau dalam jumlah yang sedikit saja dapat membuat kejang-kejang akibat adanya stimulasi simultan dari sensoris tulang belakang kita. Fatalnya, hal ini dapat berujung pada kematian.


Quote:, ternyata banyak juga yaa tumbuhan yang memiliki zat beracun dan mematikan. Mungkin masih banyak lagi tumbuhan atau tanaman yang memiliki zat beracun yang tersebar di sekitar kita. Sudah seharusnya kita sangat berhati-hati jika bertemu dengan tumbuhan yang baru pertama kali kita lihat. Jangan coba-coba menyentuhnya apalagi mengkonsumsinya.

Quote:Sekian thread dari ane gan,ane gak nolak kalo di kasih dan tapi ane nolak kalo dikasih .

THREAD ANE YANG LAIN
SUMUR
Reservet

*UPDATE

Pengalaman Kaskuser
Quote:Original Posted By kuskus.kaskus
ane pernah makan tuh buah kecubung gan, sekaligus 4 buah, pertama sih enak dimulut manis gan, pas udah ditenggorokan serasa pengen minum terus, seret banget gan, udah ngabisin 3L air mineral tetep ga ilang tuh seretnya, terus abis itu bakalan mulai ngerasa ngantuk yang luar biasa gan, abis ngantuk nah disini mulai reaksinya, seolah kita tidur tapi mata kita terbuka, kita ngelakuin apa yang kita liat sebelum "jadi gila" gan, misalkan ente ngeliat orang gila telanjang kemaren, nah kita bakalan ngikutin orang telanjang kemaren yang kita liat gan
ane ajah ga nyadar tidur selama seminggu, tapi kata keluarga ane, ane ngelakuin hal hal yang engga-engga gan, ane pas sadar kaget gan, kemaren padahal ga make baju ini, eh pas sadar ane ditanya "kamu udah seminggu kaya orang gila", yang punya nyali bolehlah ngerasain tuh kecubung
baru tau ada kacang bentuknya kayak jeruk
Untung di daerah ane jarang ada tumbuhan kayak begitu.
ane pernah makan tuh buah kecubung gan, sekaligus 4 buah, pertama sih enak dimulut manis gan, pas udah ditenggorokan serasa pengen minum terus, seret banget gan, udah ngabisin 3L air mineral tetep ga ilang tuh seretnya, terus abis itu bakalan mulai ngerasa ngantuk yang luar biasa gan, abis ngantuk nah disini mulai reaksinya, seolah kita tidur tapi mata kita terbuka, kita ngelakuin apa yang kita liat sebelum "jadi gila" gan, misalkan ente ngeliat orang gila telanjang kemaren, nah kita bakalan ngikutin orang telanjang kemaren yang kita liat gan
ane ajah ga nyadar tidur selama seminggu, tapi kata keluarga ane, ane ngelakuin hal hal yang engga-engga gan, ane pas sadar kaget gan, kemaren padahal ga make baju ini, eh pas sadar ane ditanya "kamu udah seminggu kaya orang gila", yang punya nyali bolehlah ngerasain tuh kecubung
lebih beracun mana gan kacang racun atau keong racun

kalo kecubung dikasih ke orang gila aja gan...
Quote:Original Posted By kuskus.kaskus
ane pernah makan tuh buah kecubung gan, sekaligus 4 buah, pertama sih enak dimulut manis gan, pas udah ditenggorokan serasa pengen minum terus, seret banget gan, udah ngabisin 3L air mineral tetep ga ilang tuh seretnya, terus abis itu bakalan mulai ngerasa ngantuk yang luar biasa gan, abis ngantuk nah disini mulai reaksinya, seolah kita tidur tapi mata kita terbuka, kita ngelakuin apa yang kita liat sebelum "jadi gila" gan, misalkan ente ngeliat orang gila telanjang kemaren, nah kita bakalan ngikutin orang telanjang kemaren yang kita liat gan
ane ajah ga nyadar tidur selama seminggu, tapi kata keluarga ane, ane ngelakuin hal hal yang engga-engga gan, ane pas sadar kaget gan, kemaren padahal ga make baju ini, eh pas sadar ane ditanya "kamu udah seminggu kaya orang gila", yang punya nyali bolehlah ngerasain tuh kecubung

untung aja ente selamet gan

Quote:Original Posted By thebhe86
lebih beracun mana gan kacang racun atau keong racun


keong racung mungkin gan

Quote:Original Posted By ndemun99
kalo kecubung dikasih ke orang gila aja gan...

coba agan makan dulu baru kasih ke orang gila
Quote:Original Posted By thebhe86
lebih beracun mana gan kacang racun atau keong racun



toket racun gan
waah..keren infonya
yang biji jarak ngeri amat gan
Baru liat gw kacang racun
Ada yang beberapa yang baru ane tau gan
ada lagi gan di kampung ane makanan yang bentuknya kayak singkong atau talas gan tapi di olah jadi kripik , itu kalo sebelom di masak harus di kasih abu hasil bakaran dulu gan.

kata engkong ane sih getahnye bisa bikin orang langsung mati gan wkwkwk
ane cuma pernah liat pohon jarak ama singkong doank gan
Quote:Original Posted By kazekagea7xn
yang biji jarak ngeri amat gan

iya gan bisa sampe mati malah

Quote:Original Posted By fachrulrezya
ada lagi gan di kampung ane makanan yang bentuknya kayak singkong atau talas gan tapi di olah jadi kripik , itu kalo sebelom di masak harus di kasih abu hasil bakaran dulu gan.

kata engkong ane sih getahnye bisa bikin orang langsung mati gan wkwkwk

keladi hiaskah ?
iya gan bener banget gan , sebagian ane tau gan itu pohon ..
tapi ane heran sama yang terakhir gan , katanya kacang tapi kyak jeruk ...
Quote:Original Posted By afgannistan
iya gan bener banget gan , sebagian ane tau gan itu pohon ..
tapi ane heran sama yang terakhir gan , katanya kacang tapi kyak jeruk ...

memang gitu bentuknya gan.
kecubung ternyata bisa buat nge fly yee gan tapi bisa bikin koit juga
sering ni ane dulu pas kecil maenan buahnye buat lempar2ran untung aje ane dulu gak penasran ama rasanya
Kecubung itu yg buat ngefly, bisa jalan2 ke bulan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar