Pages


Kamis, 24 September 2015

Inilah Yang Terjadi (Pada La Liga dan Barcelona) Jika Katalunya Merdeka

Quote: SALAM OLAHRAGA

Quote:SEMOGA TRIT INI BISA MENAMBAH WAWASAN APRA PECINTA SEPAKBOLA

Quote:
Akhir-akhir ini, dunia sepakbola sedang ramai membicarakan kemerdekaan Katalunya. Tentu saja berita ini ada sangkut pautnya dengan nasib salah satu klub sepakbola terbesar di dunia, Barcelona FC.

Sebelum kita bahas nasib Barcelona FC, ane kasih sedikit gambaran tentang perseteruan Katalunya dengan Spanyol. cekibrot...


Quote:
Spoiler for "sejarah singkat":



Catalonia (Katalunya) adalah sebuah wilayah otonom di Spanyol. Catalonia beribu kota Barcelona yang merupakan kota terbesar kedua di Spanyol setelah Madrid.

Kota itu juga menjadi salah satu metropolitan terbesar di Eropa dan merupakan markas salahsatu klub sepakbola terbesar dan paling sukses di dunia saat ini Barcelona FC.

Bangsa Catalan tidak pernah merasa diri mereka sebagai bagian dari Spanyol. Kerajaan Spanyol menaklukkan wilayah Catalonia pada 1714. Sejak itu, selama tiga abad rakyat Catalan terus berjuang untuk memisahkan diri dan menjadi bangsa sendiri.



Upaya melepaskan diri dari Spanyol bahkan menjadi pemicu perang saudara pada 1930. Seusai perang saudara, diktator Jenderal Francisco Franco yang berkuasa melarang semua budaya dan bahasa Catalan. Mengucapkan bahasa dan budaya Catalan di tempat umum ditetapkan sebagai tindakan illegal. Singkat kata, nasionalisme di Catalan diberangus habis.

Nasib bangsa Catalan membaik sejak Spanyol menganut sistem demokrasi pada 1977 setelah kematian Franco. Catalonia pun memperoleh status otonomi pada 1979. Namun pemberian itu tidak serta-merta meredam gerakan-gerakan untuk memisahkan diri. Penyebabnya ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah terus berlangsung. Pemerintah Spanyol dinilai mengabaikan hak-hak bangsa Catalan.


Quote:KEMBALI KE TOPIK UTAMA: APA YANG AKAN TERJADI DENGAN SEPAKBOLA SPANYOL JIKA KATALUNYA BERAN2 MEMISAHKAN DIRI?

MUNGKIN INI YANG AKAN TERJADI


Quote:
Spoiler for "1":
BARCELONA DAN ESPANYOL DICORET, TIDAK ADA DERBY CATALAN DI LA LIGA



Andai dalam pemilihan umum Catalunya, banyak anggota dewan pro pemisahan dari Spanyol yang terpilih, bukan tidak mungkin wilayah otonom Spanyol itu memerdekakan diri. Akibatnya jelas. Presiden LFP, Javier Tebas menyatakan tidak akan ada tempat untuk Barca dan klub Catalan lain di Liga Spanyol. Aturan RFEF dan UU Keolahragaan Spanyol hanya mengizinkan tim dari negara sendiri yang berpartisipasi.

Adapun dua klub yang kini berkompetisi di La Liga yang berasal dari Katalunya adalah Barcelona dan Espanyol. Jika Katalunya merdeka, dan aturan RFEF berlaku, maka Barcelona dan Espanyol bakal dicoret dari ajang La Liga.


Spoiler for "2":
IKUT LIGA CATALAN, BARCELONA GAK PUNYA LAWAN



Barca akan kesulitan menemukan lawan sepadan. Kubu Camp Nou bakal mendominasi Liga Catalan, bahkan mungkin lebih ‘buruk’ daripada yang terjadi pada Glasgow Celtic di Liga Skotlandia.

Lalu siapa yang menjadi lawan Barcelona andai Liga Catalan dibentuk? Yang pertama adalah Espanyol, sesama klub di Primera Division. Espanyol akan menjadi lawan terkuat Barca. Selebihnya, terdiri dari tim-tim dari Segunda Division, Segunda Division B, dan Tercera Division.

Mereka adalah Girona, Llagostera, serta Gimnastic de Tarragona dari Segunda Division. Lalu, ada pula Olot, Badalona, Lleida, Sabadell, Pobla de Mafumet, Reus, L’Hospitalet, dan Cornelia dari Segunda Division B. Sisa tim, andai jumlahnya harus memenuhi kuota 20 peserta Liga Catalan di divisi teratas, akan diambil dari tim-tim Tercera Division. Mereka adalah Asco, Europa, Figueres, Vilafranca, Prat, dan Terrassa.


Spoiler for "3":
REKOR KEMENANGAN 100% DALAM SATU MUSIM



Jika benar Barcelona FC berkiprah di ajang Liga Catalan, maka bisa jadi Barcelona berpeluang menjadi tim pertama yang mencatatkan kemenangan 100% dalam satu musim. Hal itu karena (sekali lagi) perbedaan kekuatan yang terlalu jauh antara Barcelona dengan klub lainnya.

Espanyol yang merupakan pesaing "terkuat" pun nampaknya tidak akan bisa berkutik. Karena jika dilihat dari statistik, dari 20 pertemuan terakhir, Espanyol hanya mencatatkan dua kali kemenangan saja.


Spoiler for "4":
EKSODUS PEMAIN BINTAG BARCELONA



Hegemoni Barcelona di Liga Catalan bisa saja tidak terjadi, jika para pemain bintang seperti Trio MSN serta bintang Barcelona lainnya melakukan eksodus. Hal ini bisa dilakukan mengingat label pemain bintang akan nampak sia-sia jika hanya bermain di liga yang bisa dibilang tidak mentereng.

Pemain yang kemungkinan bertahan adalah Gerard Pique, Marc Bartra dan Sergio Roberto yang notabene adalah asli Katalunya. Sedangkan Xavi Hernandez dan Bojan yang pernah bermain untuk Barcelona juga mungkin bisa saja mudik.


Spoiler for "5":
EL CLASICO TINGGAL CERITA



Sebutkan beberapa kata yang menggambarkan Liga Spanyol! jawabannya sudah pasti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Real Madrid dan Barcelona.

Ya memang, La Liga identik dengan dua klub saja yaitu Barcelona dan Real Madrid. Panasnya persaingan musuh bebuyutan tersebut semakin terasa kala keduanya bertarung di pertandingan bertajuk El Clasico. Jutaan pasang mata senantiasa menantikan pertarungan sengit anatara Barcelona kontra Real madrid.

Apa yang ditunggu dari pertarungan tersebut? Tentunya persaingan individu antara Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo. kedua pemain mewakili persaingan masing-masing klub baik di dalam lapangan hijau maupun di luar, baik dari segi kemampuan olah bola, gol hingga prestasi dan piala.

Jika Katalunya merdeka dan Barcelona didepak dari La Liga, maka El Clasico hanyalah tinggal sejarah yang bisa kita ceritakan kepada anak cucu kita kelak.

Meskipun Lionel Messi hengkang dari Barcelona, jelas tidak mungkin ia akan memilih Real Madrid sebagai pelabuhan beerikutnya, kecuali ia ingin mendapatkan julukan pengkhianat.


Spoiler for "6":
HEGEMONI REAL MADRID DI LA LIGA



Tengok saja tabel daftar juara Liga Spanyol. Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir tercatat hanya ada 3 klub yang mampu memutus hegemoni Real Madrid dan barcelona. yaitu klub tetangga Atletico, Depotivo la Coruna dan Valencia.

Mungkin hanya Atletico Madrid yang menjadi ancaman serius El Real jika Barcelona terdepak dari La Liga.


Spoiler for "7":
KEKUATAN TIMNAS SPANYOL SEMAKIN REDUP



Banyak yang bilang era kejayaan timnas Spanyol dalam kurun waktu 10 tahun terakhir dikarenakan pengaruh dari tim Catalan. memang, klub Catalan seperti Barcelona dan Espanyol paling banyak menyumbangan pemain untuk Timnas Spanyol belakangan ini.


Quote:CMIIW ya gan. jika ada yang salah mohon dikoreksi, jika bermanfaat silakan dirate saja. jika ada tambahan silakan ditambahkan saja

Quote:SUMBER: BRAVOBOLA
emang kurang seru lah ntar
Liverpool is the best
"You never walk alone"
*edit
Moga2 pisah biar fans abal2 menangis gila wkwkwkwkw
kayane sekarang dah adem lagi wacana ini
tu mirdad bakal semakin superior di liga spanyol
gak ada el clasico, gak seru ah
Yah tim kesayangan ane, jangan sampe deh kejadian
Smakin kacau ntar spanyol...hahaha
Barca juara sepanjang masa kali ya
Barca bisa aja tetep masuk La Liga, tengok saja cardif dan swansea city bisa ikut EPL walaupun mereka dari negara Wales. Atau Monaco yg bisa ikut liga perancis.
Ya mungkin dgn catatan tertentu dan syarat ketentuan berlaku
oww... Jadi catalan itu kalo di Indonesia ibaratkan papua atau maluku ya gan??
betul ente gan, tergantung peraturan federasi masing2 negara

Catalan bukan spanyol

wah bener tuh pemaen bintang di barca bisa pada pindah semua
Ya bakal pindah klub semua gan para pemainnya. Gak bakal berkembang kalo bertahan.
Konsekuensi dri catalan yg pengen merdeka y harus keluar jga dri la liga.
Ntar jatohny malah sperti skotlandia cman 2 klub yg menguasai liga domestikny.
Ada barca aja La Liga kurang menarik. apalagi ga ada. bisa2 sepi
klub" di catalunia masuk liga prancis aja gan kayak fc monaco.
jika Barca dicoret dari la liga, dan messi masih di barca maka messi gak bakaln jadi pemain terbaik dunia gan...
"ask why"?
kan gak mungkin messi jadi pemain terbaik dunia gara-gara menang lawan team-team nubi

forza Madrid glory glory Madrid
Ternyata masih pekwan


well, pekwan kelosed

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar