Pages


Rabu, 30 September 2015

[KOMBAT] - Kaskus Real Life Project

Quote:Quote:
Quote:Kaskus Real Life Project

Quote:Quote:Halo juragan sekalian, selagi ada event KOMBAT, ane mau ikut meramaikan . Mungkin agan agan agak bingung dengan judul trit ane maksudnya apa, berikut bakal ane jelasin ttg ide ane ttg apa itu Kaskus Real Life Project.

Seperti yang udah agan agan tau, Kaskus adalah salah satu Forum Online terbesar di Indonesia. Tapi tahukah agan, sebenarnya forum itu asal muasalnya dari mana ?

Quote:What is Forum ?
Forum adalah sebutan untuk area terbuka pada jaman Romawi Kuno, tempat terbuka ini kurang lebih semacam alun alun gitu gan, tempat masyarakat untuk berkumpul, berinteraksi, dan juga biasa dijadikan pasar untuk berjualan. Forum juga menjadi sesuatu yang penting di tengah kota, sampe sampe sekitar forum itu dikelilingi oleh bangunan bangunan penting seperti bangunan pemerintahan.
Spoiler for forum:

Dari penjelasan singkat tadi, ane rasa agan agan udah bisa membayangkan bahwa forum pada jaman dahulu dan Kaskus kita ini sebenarnya gak beda jauh, cuma yg satu bener2 bertemu dan berkumpul secara langsung, yang satunya lagi lebh berupa komunikasi digital.

Kemudian ane berpikir , gimana kalo Kaskus dibuat dalam versi nyata sebuah forum seperti forum pada jaman romawi ? Ane melihat ini sebagai potensi buat jadi Event Kaskus, misalnya buat Event tahunan pas Kaskus ulang tahun . Lalu apa aja yang kira kira seperti apa sih Kaskus Real Life Project menurut TS ?


Quote:Quote:Quote:Kaskus for EveryoneQuote:
Spoiler for 1:
Kaskus adalah forum dengan member yang banyak, tapi gak menutup kemungkinan buat sebuah forum untuk benar benar menjadi tempat berkumpul bagi seluruh masyarakat Indonesia. Beda dengan acara acara sebelumnya yang terkesan hanya untuk member Kaskus, ane rasa acara tahunan Kaskus harusnya lebih besar skalanya dengan target pengunjung dari banyak kalangan, gak cuma kaskuser aja


Quote:Quote:Theme and LocationQuote:Karena acaranya dibuat tahunan, maka enggak menutup kemungkinan buat ada tema khusus acara di tiap tahunnya, adanya tema juga bisa mempengaruhi tampilan si acara, misalnya dekorasi yang berbeda beda tiap tahunnya. Karena member kaskus itu banyak dan tersebar di seluruh indonesia, acaranya menurut ane harusnya dibuat berbeda lokasi tiap tahunnya, misal tahun pertama di Jakarta, tahun berikutnya di Makassar, dll, sehingga pengalaman ngaskus yang real life ini bisa dirasain semerata mungkin di seluruh indonesia

Quote:Quote:Spacious VenueQuote:
Spoiler for 3:
Untuk melakukan sebuah acara, pasti dibutuhkan tempat alias venue. Menurut ane venue nya harusnya berupa tampat yang besar dan luas untuk skala manusia, sehingga bisa jadi tempat berkumpul yang nyaman, yang ada di kepala ane adalah tempat seperti GBK, lapangan yg cukup luas buat nampung banyak orang, tempatnya yang semi outdoor juga bisa munculin atmosfer sendiri seperti sebuah forum aslinya yang emang tempat terbuka, bukan tempat tertutup macam di dalam ruangan.


Quote:Quote:InstallationQuote:
Spoiler for 4:
Kalo venuenya udah jumbo macam GBK dan target pengunjungnya adalah masyarakat luas, ane rasa seru juga kalo kaskus buat instalasi di area area awal masuk ke venue. Tujuannya apa bikin instalasi ? tujuan ane jadi instalasi pada entrance bisa menjadi ciri khas suasana masuk dalam acara ini. Dalam instalasi ini juga bisa disampaiin materi materi tertentu kepada pengunjung, misalnya materi etika berinternet, peraturan kaskus, sejarah kaskus, success story, atau bahkan materi yang bisa menjadi kontribusi kaskus buat masyarakat luas, seperti pentingnya area trotoar kota, pentingnya kebersihan kota, budaya berkendara yang baik dan benar, dll. BTW, foto instalasi di atas itu adalah instalasi entrance dari salah satu acara kampus ane


Quote:Quote:Real Life Subforum Quote:
Spoiler for 5:
Nah, dalam Kaskus ada banyak Subforum, dan ane yakin ada banyak SF yang potensial buat mendukung acara ini. Caranya adalah dengan membuat stand stand SF tertentu, sama seperti pada forum romawi, dimana pada sebuah forum, ada orang orang yang secara bebas bisa berbicara di depan publik gan. Stand SF ini bisa menjadi ajang berkumpul dan bertemu secara langsung para penghuni SF itu, bisa menjadi sarana promosi di SF itu, dan menjadi sarana diskusi dan menyebarkan informasi dari trit trit pilihan yang udah ada di SF tersebut.


Quote:Quote:Real Life FJBQuote:
Spoiler for 6:
Dalam forum yang asli juga biasa dijadikan marketplace alias pasar, Kaskus punya FJB sehingga dalam acara ini, memungkinkan buat ada stand stand FJB dari seller seller terpilih buat jualan di acara ini. Ane rasa dengan adanya acara seperti ini, bisa muncul hubungan antara kaskus dengan seller seller di dalamnya, mungkin aja malah seller seller yang terpilih dan rajin ikut acara nyata gini bisa dinaikkin jadi verified seller


Quote:Quote:Real Life Customer CareQuote:Ane yakin, banyak Kaskuser yang punya unek unek buat Kaskus, forum pada jaman dulu juga jadi sarana warga untuk menyampaikan aspirasinya, terutama karena memang di sekeliling forum itu adalah bangunan bangunan pemerintahan. Ide ane adalah menerapkan hal tersebut, dimana ada customer care yang bisa didatengin, bisa buat sampein unek unek dan nyelesaiin masalah masalah terkait akun Kaskus agan, sehingga Kaskus bisa terasa care dan makin dekat dengan membernya.

Quote:Quote:Roaming Mimin, Momod, Officer, Hansip. EtcQuote:
Spoiler for 7:
Ane membayangkan, gimana rasanya kalo ada di GBK dengan yang dipenuhi pengunjung, tau tau ada orang orang penting Kaskus seperti mimin yang roaming mondar mandir ngalor ngidur nyamperin Kaskuser, bisa juga momod, atau officer, atau bahkan para hansip. Ntah gmn rasanya tapi ane yakin hal itu bisa jadi pengalaman sendiri buat para kaskuser untuk berinteraksi secara langsung sama mereka mereka ini . Maafkan gambarnya ya min mod, om hansip,


Quote:Quote:Gathering PointQuote:Karena venuenya berupa area terbuka, jadi perlu disediakan beberapa buah instalasi kecil misalnya meja untuk menjadi spot berkumpul para pengunjung gan, misalnya kalo ada yang beli makan trus capek nentengin makanannya, diharapkan adanya spot gini bisa memicu interaksi sosial antar pengunjung, terutama kaskuser

Quote:Quote:Talkshow, Music, Stand Up Comedy, and other performancesQuote:
Spoiler for 8:
Di Kaskus juga ada banyak komunitas, hal ini bisa jadi potensi buat komunitas komunitas ini untuk perform dan ngisi acara. Misalnya stand up comedy, ato ngelakuin talkshow sama mimin ato momod ato officer ato hansip, kan lumayan buat membangun hubungan yg lebih baik antara kaskuser dan pihak menejemen . Bisa juga mengundang band band tertentu buat jadi penarik massa buat ngeramein acara ini.


Quote:Quote:Photo booth and Badge ClaimingQuote:
Spoiler for 9:
Photo booth buat tempat para pengunjung berfoto, bentuknya bisa berupa ikon ikon kaskus, ato bisa berupa logo2 tertentu terkait tema acara per tahunnya. Manatau aja dengan adanya photospot ini, lebih banyak orang yg ngupload ke media sosialnya sehingga acara ini bisa makin diketahui masyarakat luas .

Badge Claiming ? kalo di Kaskus adanya badge digital, ane pikir kenapa gak sekalian tiap acara Kaskus Real Life Project ini punya badgenya sendiri sendiri dan tiap pengunjung bisa dapetin badge beneran kalo dateng ke acara tersebut, jadi hitung hitung mirip kayak pokemon gitu kali ya ngumpul2in badge . Badge yang udah didapetin di dunia nyata juga ntar bisa diclaim ke akun kaskus agan, misalnya dengan ngupload foto agan di depan photobooth sambil megang badge, kemudian dibuat trit khusus di kaskus buat claim badge tsb ke akun agan.


Quote:Kurang lebih wujud venue Kaskus Real Life Project menurut ane kayak gini secara sederhananya sih :
Spoiler for 10:

Dari semua point point di atas, intinya ide ane adalah sebuah acara tahunan oleh Kaskus dengan skala yang cukup gede di hari yang penting, seperti hari ulang tahun Kaskus. Konsep awalnya adalah menyusun ulang apa itu forum pada jaman romawi dan apa itu forum kaskus sehingga menghasilkan suatu kegiatan yang nyata seperti pada forum romawi, namun tetap memiliki ciri khas Kaskus dan tetap terbuka bagi siapa saja.

akhir kata mohon maaf kalo trit ini kepanjangan dan agak alakadarnya, maklum lagi dikejar deadline tugas akhir


Quote:Sumber : gagasan dari kepala TS, dan gambar dari google.
Semua gambar hanyalah ilustrasi semata, hanya untuk menggambarkan suasana yang ingin dicapai TS


Quote:TS secara terbuka menerima segala macam masukan terhadap trit ini
TS juga ikhlas menerima maupun jika berkenan


Quote: Trit ane yang lain :

[UNIK] Semut semut yang mempunyai SKILL khusus
PALSU sih, tapi gak kalah KEREN sama yang ASLI
The Writer - Si AUTOMATON dari tahun 1774
KEMAMPUAN SUPER yang tertanam pada badan IKAN HIU
Aptenodytes forsteri - Sang "Emperor" dari Kutub Selatan
"Not on App Store" - karena nggak semua KESENANGAN bisa didownload
Seberapa bersihkah Spons Cuci Piring di rumah Juragan ?
Hewan - Hewan dengan "Skill" Unik untuk Berburu di Air
benda benda TOPMARKOTOP yang diciptakan oleh PEREMPUAN
Seperti Inikah VELOCIRAPTOR yang Agan Bayangkan ?
Eco Cycle - tempat parkir SEPEDA bawah tanah di Jepang
Rumah Adem Hemat Energi dengan Fisika Bangunan
semoga terealisasikan gan :
wah
keren projectnya gan



makasih
gud lak gan... semoga lancar projectnya
Biaya untuk merealisasikannya banyak entu gan
ane cuma bisa berdoa semoga terrealisasi ya gan

bantu
asek
keren nih thread ente
semoga menang
Acara buat gathering kaskuser tahunan...hmm..
Menarik jg idenya..
Yah semoga para BOD kaskus mempertimbangkan. Mengingat largest forum ini blm prnah kyk nya ngadain acara gathering all forum secara nasional.

Tp klo buat kaskuser yg jauh2 sih berat di ongkos gan...😀
semoga sukses projectnya n sehat selalu
Keren idenya cuma bisa bantu rate 5
momod, hansip ntar pake baju satpam semua dong gan kayak di SS
kalo kaskus dah punya tempat tongkrongan yang asik di RL, seru juga
Dijamin seru abis wkwk...
Ane jadi apa gan
wah seru nie
nyimak gan
Waw gan belum pernah terjadi ni yg kayak gini, ya jadi keliatan deh wajah kaskusernya haha
Semoga menang gan
halah tsnya penghayal berat neh kebanyakan makan mashrom neh
Quote:Original Posted By .zs.
Biaya untuk merealisasikannya banyak entu gan


iyasih gan, tapi menurut ane kalo buat yg sekelas kaskus gini, kayaknya gak gede gede amat

Quote:Original Posted By weekwood
ane cuma bisa berdoa semoga terrealisasi ya gan

bantu


Quote:Original Posted By lekdsater
asek
keren nih thread ente
semoga menang


amin2 thankyou gan

Quote:Original Posted By SunnyIsMine
Acara buat gathering kaskuser tahunan...hmm..
Menarik jg idenya..
Yah semoga para BOD kaskus mempertimbangkan. Mengingat largest forum ini blm prnah kyk nya ngadain acara gathering all forum secara nasional.

Tp klo buat kaskuser yg jauh2 sih berat di ongkos gan...😀


bener gan, ane jg selama ngaskus kayaknya belom pernah denger ada event tahunan kaskus yg bener2 terbuka, makanya itu jadi kepikiran ginian. iya gan, mungkin acaranya bisa dibuat di kota2 yg berbeda tiap tahunnya, jadi kaskusnya yg berat di ongkos
bata dan cendolnya gimana gan?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar