Pages


Senin, 28 September 2015

[KOMBAT]sistem anti maling


Quote:
Dalam event yang sedang diadakan kaskus yaitu KOMBAT dan temanya "You're The Inventor" ane mencoba untuk memberikan ide yang mungkin bisa dicoba agan dan aganwati sekalian



Spoiler for PEMBUKA:

Dijaman ini teknologi sudah berkembang jauh,hampir semua alat yang dipakai sehari-hari seperti pintu, jendela dan lain-lain sudah digerakan secara otomatis dengan mengunakan sensor entah itu sensor tepuk,gerak,cahaya dan masih banyak lagi
DI thread ini ane akan bahas tentang sistem anti maling sederhana,jadi mungkin bisa dibuat dan dipakai dirumah buat cegah maling masuk


Spoiler for Cara Kerja:
Quote:

hal yang diutamakan adalah darurat berbentuk sebuah peringatan kepada si penghuni rumah bahwa ada orang asing yang memasuki rumah jadi si penghuni bisa bersiap untuk menghadapi si orang asing

Quote:
jadi kita pasang sensor di sisi pintu buat mendeteksi orang asing ,jadi kalo ada orang asing yang lewat,tuh sensor akan ngasih sinyal ke speker dan membuat si speaker bunyi
i

Quote:terus giamana kalo rumahnya besar?nanti spekernya gak kedengaran buat yang kamarnya jauh
Quote:
nah kita buat lagi speaker kecil buat dikamar + lampu tanda darurat

Quote:terus speker yg di ruang utama buat apa kalo di tiap kamar dipasang speaker mini?
-itu speker yang diruang utama bisa ganti, dihilangkan atau dipindahkan
diganti dengan apa?dipindahkan kemana?
-bisa diganti ke lampu depan rumah biar orang sekitar jadi penasaran atau bisa juga dipandahkan keluar rumah agar tetangga rumah pada tau

Quote:
nah si sensor ini juga bisa ngasih sinyal ke lampu biar kedap kedip merah putih gitu biar tetangga pada makin penasaran,semoga aja tetangga tau itu artinya darurat bukan mikir ajeb ajeb


nah gan seperti itu cara kerja sistem anti maling ,sederhana banget kan cuma pake sensor gerak udah aman rumah kita

nah kebetulan ane udah nyoba bikin alat sederhana yang bisa sebagai sensor pada sistem ini ,gak terlalu susah kok bikinya dan alatnya juga gak terlalu gede jadi bisa disembunyiin

yok gan ane bahas



Spoiler for alat:
Quote:skema

pertama kita bahas tentang skema,untuk alat ini ane menggunakan :
-infra merah
-photodioda
2buah komponen ini sebagai sensor gerak dan untuk infra merah harus ditutupi pake cubing
-ic op amp LM741
-buzzer(ane make buzzer dulu sebagai speaker)
-2 buah led hijau dan merah(ane masih make led buat ganti lampu)
-potensio 10k(buat ngatur sensivitas sensor)
-relay 12v
-transistor npn
-dioda 4001 atau 4002
-resistor 3.3k
-resistor 10k
-resistor 220 (2buah)
-resistor 470
-resistor 100k

cara kerja:
saat dinyalakan led hijau menyala yang artinya stand byjika ada benda yang melawati sensor ini maka buzeer akan bunyi sebagai peringatan dan led sebagai lampu darurat

Quote:alat

kira-kira begini pas dicoba,untuk dayanya ane make adaptor 12v2amp
lampu hijau di box itu sebagai peringatan,sensor ane taro luar box ,uang kertas itu ane anggep sebagai maling

Quote:video

kerjanya kurang lebih begini gan sensornya,nah output dari alat sensor ini bisa kemana aja gan bisa speker,lampu dan sebagainya,sekreatifnya agan dan aganwati sekalian(untuk bagian terakhir video jgn dipedulikan


sekian penjelasan dari ane tentang sistem ini, semoga dengan thread ane ini keamanan rumah agan-aganwati sekalian bisa terjaga dan terhindar dari tangan maling
dan jangan lupa dengan atau kalo agan baik bisa kasih ane
Pake photo sensor kyak d pintu lift gan...
canggih gan
Quote:Original Posted By yoshiagil
Pake photo sensor kyak d pintu lift gan...


iya gan mirip kerjanya sama kayak lift cuma ini nae gunain buat sensor anti maling
Apa ga lebih simpel pake relay, photosensor, lampu, sama buzzer gan??
Quote:Original Posted By agan1313
canggih gan


masih sederhana kok gan kalo canggih lebih mahal biayanya nanti malah gak dipake di rumah
kalo lagi mati lampu gimana gan.
Quote:Original Posted By yoshiagil
Apa ga lebih simpel pake relay, photosensor, lampu, sama buzzer gan??

coba diliat lagi skemanya
oke juga gan moga menang
Quote:Original Posted By akunku.dibanned
oke juga gan moga menang


amiin
manteb nih om .
moga tembus dah
jadi kaya di film
Wowwww.... jam 1 malam bikin thread nya ye gan...
Semoga aja ente bisa menang gan...
Dan bisa bawa pulang hadiha nya gan...
ayo sundul threadnya

mantaap gan sistemnya

bisa2 ebte jd juara kombat nih
Quote:Original Posted By radith.yoga
mantaap gan sistemnya

bisa2 ebte jd juara kombat nih


semoga aja gan
gan, kasih desain buat rumah ane dong gan, bayar ga?
wih mantabz juga pake sensor gerak....semoga bisa menang gan:
Quote:Original Posted By drybagmildew
gan, kasih desain buat rumah ane dong gan, bayar ga?


waduh ane juga masih belajar gan
Quote:Original Posted By langkaes


semoga aja gan


semangat yah gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar