Pages


Rabu, 23 September 2015

Inilah Tips Lengkap Bagaimana Cara Membuat Video 360 Derajat Yang lagi HOT!




Perkembangan teknologi smartphone semakin hari semakin canggih, buktinya sekarang ini kamera smartphone tak hanya untuk menjepret dan mendokumentasikan moment spesial dalam bentuk foto aja, tapi juga bisa merekam kejadian unik dalam bentuk video. Seperti sekarang yang lagi hangat-hangatnya neh gan, dunia persilatan jagad raya Internet dihebohkan dengan Video 360 derajat atau sering disebut Virtual Reality Video 360. Bagi agan yang belum pernah ngerasain ini, sebelum agan mencoba membuatnya, ada baiknya simak terlebih dahulu tips-nya di mari, karena melalui kesempatan kali ini ane bakal memberikan panduan gimana sih cara bikin video 360 agar hasilnya maksimal dan nggak malu-maluin ketika di share ke jejaring sosial.

Video 360 itu apa sih, Gan?

Bila agan yang selalu eksis di Youtube, biasanya agan cuma bisa melihat jangkauan video yang direkam oleh kamera. Nah, berkat sentuhan video 360 derajat youtube ini, bakal memungkinkan agan untuk menikmati dengan bagian samping kanan kiri atau atas dari video yang agan lihat. Pengalaman menonton video 360 derajat akan menyajikan sebuah pengalaman yang terasa lebih nyata dan berasa kayak aslinya, Gan! Kalau nggak percaya cobain aja deh gan!


Quote:Quote:
Gimana Cara Membuat Video 360’, Gan?

Sebelum agan melangkah bikin VR 360 Youtube, ada baiknya siapkan terlebih dahulu senjata pendukung demi kesuksesan proses pembuatan video, seperti :

. Tripod
· Smartphone yang memiliki kamera
· Tambahan aksesoris tripod agar bisa berputar (seperti Cam Lapse)
· Pengikat smartphone (misalnya Gilf)
Setelah perlengkapan sudah tersedia semua, kini saatnya agan untuk melangkah membuat Video 360 Derajat. Ada beberapa hal yang wajib agan perhatikan, nah ini dia tips yang bisa ane suguhkan untuk seluruh agan dan aganwati Kaskus, Cekidot Gan! :


1. Tentukan Object Video


Pastinya agan udah terpikirkan untuk membuat video time-lapse, tetapi time-lapse 360 derajat berbeda banget dan bakal ngebuat agan lebih kagum. Apa yang terlihat bagus oleh agan di time-lapse biasa, akan lebih keren ketika agan menggunakan metode 360 derajat ini gan. Sebelum agan memulai membuat video, ada baiknya agan tentukan object video terlebih dahulu yang menurut agan bakal menjadi object yang menarik, mungkin seperti pemandangan ataupun aktivity saat agan berolahraga di pantai.

2. Gunakan Aplikasi Yang Tepat


Karena ini proses pembuatannya memanfaatkan kamera yang ada pada smatphone, agan bisa gunakan aplikasi yang bisa agan download di Play Store atau dengan aplikasi bawaan smartphone agan, Agan bisa membuat time-lapse dengan menggunakan aplikasi bawaan smartphone.
 Buat smartphone agan dalam mode Video.
 Letakan smartphone agan di alat tambahan time-lapse yang bisa berputar, tapi kalau agan pake Camelapse, putar Camelapse dan tap record.
 Kemudian Ekspor /render hasil rekaman agan ke program editing seperti iMovie atau Quicktime. Naikkan kecepatan video biar nggak terlalu ngabisin waktu.

Bagi pengguna android seperti ane, ane cenderung untuk menggunakan Lapse It untuk memberikan agan bisa mengatur seperti jumlah frame, video play back frame rate dan panjang video agan. Tapi kalau agan ingin pengaturan yang lebih cepat, Lapse It bakal mengurangi fitur tersebut. Hanya butuh memilih interval, resolusi dan pengaturan exposure serta white balance aja.

3. Menentukan Interval


Jangan pernah anggap remeh dengan Interval, Interval ini harus agan tentukan adalah berapa lama selang waktu antara satu capture dengan capture yang lain. Agan wajib menentukan berdasarkan objek yang ingin agan abadikan. Meskipun Kebanyakan video berjalan pada frame 20 hingga 30 fps, dan semakin banyak jumlah framenya maka akan semakin mulus videonya gan! Untuk membuat hasil video yang mulus, agan pelu menghitung interval videonya dengan membagi panjang event (dalam detik) dengan berapa banyak frame yang kita butuhkan untuk membuat video 30 detik. Gitu Gan?
VR 360 Derajat agan sudah siap bungkus!



Kini Saatnya Untuk Upload dan Berbagi Ke Semua


Seteleah proses pembuatan video udah sampai di penghujung yang membuahkan hasil video yang udah di render, sekarang agan sudah bisa upload ke youtube agan dan bisa share link-nya ke berbagai jejaring sosial. Karena size video 360 biasanya gede banget, untuk upload atau download video emang butuh koneksi Internet yang kenceng, mulus, dan nggak putus nyambung biar agan nggak emosi karena gagal upload! Makanya ane pake modem wifi yang punya koneksi 4G LTE karena:

1. Koneksi cepet dan bisa dibawa kemana saja berkat jaringannya luas
Jadi ane bisa kemana saja untuk dapetin object video yang bagus dan keren trus bisa langsung upload Selain itu untuk cari inspirasi ane bisa streaming video 360 dimana aja juga
2. Mobile WiFi pas di kantong
Selain gampang karena tinggal dikantogin, harganya-pun pas di kantong jadi nggak bikin dompet bolong

Nah, Agan udah siap berkreasi Video 360?
Itulah tips yang bisa ane suguhkan untuk seluruh penghuni jagad raya kaskus, semoga bisa bermanfaat untuk agan semuanya. Mungkin agan ada tambahan tips lainnya gan? Boleh dong share dimari gan! Biar agan yang lain pada bisa berkreasi Video 360, sehingga bisa diupload untuk berbagi ke agan yang lain.

Ditunggu Sharenya yah gan!

Sumber Thread :
Pengalaman TS, Bolt, Google



oke gan .
ntar ane coba sarannya .
emang lagi hot sih video 360 derajat .

keren gan pasti hasilnya
ane gak punya tripod gan
monopod bisa?
kaya maps gitu yak street view tp video yak..

mantap gan thanks infonya yak
Walah ane gapunya tripod gan.. Mejeng Pejwan dulu
video 360 derajat lgi ngetrend ya gan...
kok gue gak tau yak....
ini baru trit bener, kasih tips berfaedah
makasih Bray atas ilmunya. btw ane ga punya tripod
Quote:Original Posted By hendrikidz
Walah ane gapunya tripod gan.. Mejeng Pejwan dulu


sama gan, ane juga ga ada tripod.
pake apa yah, biar bs muternya. ada masukan dari agan yg lain?
baca trhead ginian jadi pingin Ikutan Bikin
tar deh ane coba objeknya activities anak ane
nais share om,
kok ane kurang tau ya tentang video 360
apa ane kurang apdet
iye lagi pada booming.
coba search di YouTube keren keren kan hasilnya sumprit deh!
udah pernah gan nyobain gan
emang lebih real tp kamera smarpunnya jg kudu yg bagus biar lebih maknyus. ane pernah Bikin durasi 17 menit perjalanan dari rumah ke kantor. tp bingung uploadnya lumayan gede soalnya. koneksi ane kacrut soalnya
ilmu baru niih.. bookmark dolo gan . tanks
sayang ane nggak punya tripod
Sayang ane juga ga punya tripod .. kapan kapan nyoba dah , thx gan infonya

Numpang Mejeng di pejwan
ane jadi kepikiran terus ikutan bikin video 360
klo nggak usah pake tripod cuma pake smartphone gmn yah? hasil videonya gede nggak sih? klo gede bingung uploadnya juga gan.
maklum koneksi ane empot-empotan
Quote:Original Posted By finatoon


sama gan, ane juga ga ada tripod.
pake apa yah, biar bs muternya. ada masukan dari agan yg lain?


Sama berarti kita
Ane ptama kali liat video 360 di music videonya "Walk off the Earth - Rule the world". Kalo disitu kok kyknya beda ya.. mreka pake beberapa GoPro yg disusun gitu.. coba deh liat videonya..
waduhh keren sih, tp modalnya gede harus belanja tripod.
klo koneksi sama Bray ane pke bolot jd ga bingung. tripod Doang ane ga gablek gan!
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar