Pages


Kamis, 24 September 2015

Jika Lautan Diibaratkan Sebuah Negara




ALHAMDULILLAH HT #8
DI MALAM TAKBIRAN

Spoiler for Skrinsyut:


Assalamualaikum dan selamat pagi siang malam subuh bagi para warga kaskus yang sedang baca trit ane.

Mohon ratenya dulu ya gan , biar trit ini ga cepet tenggelam. makasihh

Quote:Di kesempatan yang berbahagia kali ini, ane sempatin sekali lagi bikin trit permisalan. Kali ini yang ane bahas tentang laut gan. Keindahan alam yang banyak mengandung keajaiban ini memang bisa bikin makhluk bumi yang namanya manusia speechless sampe ngowoh2. Termasuk ane.

Sambil ngowoh gitu ide bikin artikel ini muncul. Melihat laut yang luas dengan segala keindahannya, gimana kalau misalnya lautan dan isinya di ibaratkan sebuah negara. Permisalan di sini hanya untuk having fun ya gan dan tidak bakal kompleks sampai membahas sistem pemerintahan atau bahkan polemik perseteruan Posseidon dan Neptunus dalam kampanye Pemilu Raja Laut

Quote:
Spoiler for Laut:


Selamat menyimak, cekidot

Quote:
Spoiler for Pertama:
Negara Paling Luas
Spoiler for Ilus:

Quote:Kalo masalah luas, ane yakin semua pada tau dan setuju. Seperti yang disebutin sini, luas lautan di dunia adalah 70,8% dari total luas dunia. Ini berarti bahwa lautan ukurannya 2/3 dari total luas permukaan bumi. Dari luas lautan yang 361.132.000 km2 itu, laut punya Indonesia cuma 1,6% aja loh.

Kalo kayak gini Benua Asia yang luasnya seabrek itu ga bakal ada apaanya kalo dibandingin sama lautan karena luas lautan 8 kali luas benua ini. Ya kira-kira lapangan futsal ukuran 40x20 diparkirin 56 motor gan (@ 0,9 x 2 m). Padahal ini perbandingan negara dengan benua loh gan


Spoiler for Kedua:
Kaya Raya
Spoiler for Ilus:

Quote:Kaya raya kayaknya terlalu luas ya gan. Ane batasin untuk emas yang terkandung di dalamnya aja ya (bukan emas harta karun perompak,tapi emas yang larut dalam air laut). Kita ke sampingkan dulu minyak bumi, garam dan sumber daya lain yang memiliki nilai ekonomis.

Air laut mengandung hampir semua unsur termasuk emas. Berapa sih kandungan emas yang terkandung dalam air laut? Menurut para ahli sih, konsentrasi emas air laut adalah 0,00005 bpj (bagian per juta). Satu bpj (bagian per juta) di sini adalah 1 miligram benda padat yang larut dalam 1 liter air. Dikit banget ya gan . Tapi coba kalo kita lihat dalam satu Km3 air laut.

Satu kilometer kubik sama dengan 1.000.000.000.000 liter atau 10 pangkat 12 liter, jadi di dalam satu kilometer kubik air laut terdapat:
= 50.000 gram emas atau 50 kg emas!

Jikalau harga emas sekarang kira-kira adalah Rp 530.000,- per gram (kurs dollar September 2015) maka 50 kilogram emas adalah 26,5 milyar rupiah. Baru satu Km kubik aja loh gan. Padahal total air laut di dunia jumlahnya sekitar 1,3 milyar km kubik. Menurut website ini sih kira-kira ada sekitar 20 juta ton emas yang terkandung dalam air laut. Tinggal di kali sendiri aja yaa. Kalkulator ane out of range. .hehe

Kalo sebanyak itu kenapa orang ga rame-rame ekstrak emas? Ya karena teknologi sekarang belum ekonomis, artinya biaya produksi lebih mahal dari pada hasil produksinya. Dapat emas 50 Kg dari air laut, tapi biaya dapatinnya 50 milyar misalnya, siapa yang mau. Kita tunggu aja nanti kalo ada kabar gembira untuk kita semua ya gan, siapa tau emas laut kini ada ekstraknya...


Spoiler for Ketiga:
Penduduknya sangat banyak dan Heterogen
Spoiler for Ilus:

Quote:Iya gan, bener banget. Penduduk laut jumlahnya lebih banyak dari pada penduduk darat. Menurut website ini 94% kehidupan di bumi merupakan makhluk air (tawar maupun asin), mulai dari klan mikro (bakteri dkk) sampai klan titan (paus dkk) . dan 84% makhluk tersebut belum tereksplorasi atau punya nama ilmiah. Jadi makhluk darat cuma minoritas ya gan. . hehe

Dari banyak makhluk laut tersebut, penelitian abad ini sudah mengungkap kalau di dasar laut yang paling dalam (Mariana Trench) ada banyak kehidupan kompleksnya. Simak penjelasannya di trit khusus dari agan ini.

Siapa sangka di dasar laut yang gelap abadi tanpa cahaya matahari dan bertekanan sekitar 3 ton per centimeter persegi ini banyak makhluk hidup menakjubkan pada berseliweran. Ekspedisi bawah laut ini di dokumentasikan sama Nat Geo. Sedikit teasernya bisa di lihat di video berikut.



Sekalian juga ane pasang video beberapa penghuni laut lain yang unik dan aneh di sini.





Spoiler for Keempat:
Memberi sumbangsih besar bagi dunia
Spoiler for Ilus:

Quote:Sering kita mendengar berbagai negara di dunia ikut andil dalam misi kemanusiaan. Terutama negara-negara maju yang membantu negara-negara dunia ketiga. Terus bagaimana dengan negara laut gan?

Memang sih laut ga punya misi kemanusiaan. Tapi kontribusinya bagi dunia sungguh besar. Di antaranya mungkin yang agan belum tau bahwa lautan menyerap 80% emisi co2 yang dihasilkan oleh manusia, menunda dan mengurangi dampak iklim, radiator suhu bumi, dan masih banyak yang lain.

Banyak manfaatnya kan gan? udah tau gitu, hutan sudah banyak habis, eh ini laut juga banyak di cemarin. Akankah manusia hanya tinggal kenangan?? Nyanyi dulu..



Spoiler for Kelima:
Lebih misterius dari Korut
Spoiler for Ilus:

Quote:Enggak nyama-nyamain sih gan. Cuma kita kan semua tahu, Korea Utara sangat menutup diri dari luar yang bikin banyak manusia curiga dan suudzon terus sama ini negara. Gimana engga coba gan, mungkin trit agan ini bisa jadi sedikit gambaran.

Kembali ke subpoin. Kenapa ane bilang laut itu misterius, karena kurang sekali pengetahuan tentang dasar laut yang ada di dalamnya. Bahkan kita lebih tau banyak daratan Mars daripada dasar lautan. Belum lagi peristiwa-peristiwa fisik yang masih di kaji dan di pelajari oleh para ilmuwan penjelasan ilmiahnya.

Website ini bilang kalo 90% seafloors are still unknown. Bahkan mungkin selamanya bakal ga bakal terpetakan semua. Bayangin aja 2/3 luas bumi adalah lautan yang 90% dasarnya belum terpetakan dan kita masih ga tau apa yang ada di dalamnya. Mungkin aja makhluk kayak putri duyung, Kraken, Spongebob, Flying Dutchman sampai Istana Nyai Roro Kidul emang bener-bener ada. .hehe *ngaco

Spoiler for Ini apa?:

Ada juga misteri-misteri lain di laut yang masih menjadi perdebatan para ahli. Beberapa memang “katanya” udah ada penjelasan ilmiahnya, tapi tetep aja masih ada yang ragu dan didebatin lagi. Misalnya misteri tentang Kapal Ourang Medan yang ilang, Atlantis, Segitiga Bermuda, suara bloop di laut, fenomena Milksea, dan lain-lain.


Spoiler for Keenam:
Senjata pemusnah massal
Quote:Iya gan. Laut tenang yang polos ini menyimpan banyak bahaya di dalamnya. Kematian manusia secara personal di laut ini kebanyakan ya disebabkan karena tenggelam atau jadi korban keganasan predator. Tapi kalo kematian manusia secara massal yang disebabkan oleh laut kira-kira apa gan?
Spoiler for Doom:

Pasti beberapa dari agan bakal bilang gelombang yang menerjang akibat dari gempa bawah laut. Iya gan, Tsunami memang mengerikan. Beberapa musibah yang melanda di berbagai belahan dunia sudah menjadi bukti keganasan dari laut ini. Seperti yang terjadi di Indonesia dan di Jepang. Tapi masih ada satu lagi senjata ampuh lain yang karena ulah manusia sedang dipersiapkan untuk di aktifkan. Film ini mungkin bisa jadi clue dunia bakal jadi seperti apa.

Yap, ketika es di kutub mencair, kemungkinan besar banyak dari spesies makhluk darat bakal raib dari muka bumi. Sedikit penjelasan dari sini, seumpama seluruh gletser dan lapisan es mencair, permukaan laut akan akan bertambah ketinggiannya sekitar 70 meter gan. Kira-kira tingginya sama dengan bangunan yang memiliki tinggi 26 lantai.

Memang sih tidak seluruh daratan bakal terendam air. Tapi ini bakal bikin pesisir daratan dunia bakal berubah drastis. Video berikut bisa menjadi gambaran peta dunia bakal berubah seperti apa.


Kenapa ane yakin banget kalo ini bisa jadi bencana besar? Karena dunia bakal semakin sempit sementara populasi manusia terus bertambah. Kurangnya lahan bakal membuat krisis di berbagai bidang. Terutama soal tempat tinggal dan makanan yang tersedia. Belum lagi perubahan iklim karena komposisi geografi juga berubah.

Iya sih, sumber makanan bisa aja ngandelin hasil laut, tapi seberapa yang mampu kita hasilkan dan sampai kapan kita bisa mendapatkannya pas kondisi ini terjadi? Kita masih belum tau. Yang kita tau, untuk mendapatkan ikan di laut, banyak variabel yang menjadi tolak ukurnya.

Berikut video tentang kutub yang mencair. Ketika es di kutub mulai mencair dengan konstan, inilah masa di mana ekspansi negara laut di mulai.



Spoiler for Ketujuh:
Spionase yang sudah dilakukan oleh manusia

Spoiler for Ilus:

Quote:Seringkali kita lihat di film-film action tentang organisasi rahasia yang menyelidiki aktivitas dan konspirasi yang terjadi di dunia, misalnya FBI dan CIA. Hal-hal seperti memata-matai menjadi hal lumrah untuk mendapatkan data demi kedamaian dunia. Ternyata hal seperti ini bukan di film aja gan. Beberapa waktu yang lalu heboh spionase yang dilakukan Australia terhadap Indonesia. Bagi agan yang ketinggalan beritanya, bisa searching mandiri forum berita dan politik ya.

Seperti yang ane sampaikan di muka postingan bila lautan adalah sebuah negara, manusia ternyata sudah memata-matai laut untuk mendapatkan manfaat darinya. Instrumen satelit di luar angkasa yang berada ratusan kilometer di atas kita bisa mengukur banyak hal tentang laut meski kulitnya aja seperti: angin laut, suhu permukaan laut, warna air, tinggi gelombang dan ketinggian permukaan laut. Sumbernya di sini.

Spoiler for ICT untuk mencari ikan:

Satelit tersebut bisa memberi informasi kepada kita tentang lautan secara menyeluruh dalam beberapa hari atau minggu. Khusus untuk teknologi infra merahnya, satelit bisa mengukur permukaan air laut sekitar satu km2 dengan suhu minimal kurang lebih ½ derajat celcius. Teknologi yang sama biasa di pakai helikopter polisi di luar negeri sana untuk menangkap buronan yang sembunyi di semak-semak.

Karena ikan banyak mencari makanan di zona bertemunya arus air dingin dan air hangat, manusia bisa menggunakan data satelit untuk menemukan daerah di laut yang kemungkinan memiliki potensi banyak ikan. Di Sri Lanka sudah diterapkan fishing with ICT. jadi nelayan bisa dapat data satellite untuk mencari letak posisi ikan, Kalo pas ane cek di websitenya sih, ane ada lihat lokasi buat Ikan Tuna. Kalo untuk Indonesia sistem ini gimana? ane jujur belum tau gan. Yang ane pikir saat Raja Laut tau kejadian kek ini terjadi, doi bakal pidato kenegaraan dan bilang, "kekayaan negara kita bocor, bocoooorrr"




Sekian yang dapat ane kira-kira gan. Ane maaf banget kalo trit ini banyak berandai-andai, hehe . Namanya juga ngarang dan sebagian perhitungan dan fakta yang ane lampirkan berasal dari sumber orang lain dan perhitungan kasar ane aja. Belum akurat dan teruji di ITB dan IPB tentunya . Beberapa referensi sumber ane cantumin dari luar sono, karena ane akui susah nyari yang Indonesian bahasanya gan.

Terakhir, ane yakin agan yang baca-orangnya pada baik hati dan tidak sombong, oleh karena itu ane harap rate , komeng dan cendolnya . Bagi agan yang ada info lain silakan disampaikan, ntar ane pejwanin

Bagi agan yang lagi nganggur, mungkin artikel pendukung di blog ane tentang laut ini bisa jadi bacaan selanjutnya. :Iloveindonesia


sumber : blog ane

Spoiler for Bonus:


Trit ane yang lain:
Beberapa Trik PC/Internet yang Gak Pernah Diajarkan ke Agan Sebelumnya HT7
Kalo Aja Ini Diajarkan Pas Sekolah Dulu HT6
Ini yang Terjadi Jika Serangga Sebesar Kucing HT5
[UPDATE] Psychological Hack di Kehidupan Agan (Bagian II) HT4
Dah Tau Porn Effect Belum Gan? Cek Di mari HT3
Blow Your Mind Gan! Nyadar Ga Ente Hidup di Ruang Kayak Gini? HT2
16 Psychology Hack, Agan yang Belum Tau Masuk] HT1

Just Funny Games Glitches! Masup Gan
Gif Kocak Gan, Masuppp | Ngakak Inside!
Mewarnai Gambar yang Anti Mainstream, Anak Siapa Sih yang Bikin Ini ??
ANE PEJWANIN NIHH

Quote:Original Posted By Perishtorn
setuju ama ente, TS.

thats why, sangat penting bagi indonesia utk bisa menguasai ilmu utk "menaklukkan" laut (air).

banyak jurusan kuliah yg menawarkan kesempatan utk itu

agan yg berminat dengan teori kosnpirasi dari TS, bisa daftar kuliah di :

jurusan teknik kelautan, teknik pantai dan pelabuhan, teknik hidrolika, teknik pengairan, dan teknik2 lain yg berunsur mekanika fluida dan hidrologi.

KABAR BAIKNYA :
jurusan2 tsb sampai saat ini, setau ane, passing grade-nya masih belum setinggi jur kedokteran dan teknik elektro. so, kesempatannya sangat terbuka lebar

KABAR BURUKNYA :
negara2 luar yg gak ingin indonesia jadi raja lautan,
mereka selalu mengganggu indonesia dengan hal-hal remeh
yg menjauhkan pemuda-pemudanya dari minat studi dan riset di bidang keairan


Quote:Original Posted By PaladinBlake
Menurut teori evolusi, nenek moyang kita berasal dari negara laut ini....

Btw, mengenai emas yang di ekstrak dari laut pernah ada yang mencoba menggagas, merancang alat dan mempersentase kan ide ini dalam acara shark tank untuk mencari investor...si pengangas ide ini langsung dianggap kurang waras oleh para investor dari shark tank.....
serem kali gan imajinasinya
nanti kata nya manusia akan berovolusi jadi ikan karna semakin kemari air laut makin naek
Serem gan kalo kutub mencair, florida di mamarika ilang tapi indonesianya gak keliatan
Nanti manusia bisa berevolusi jadi putri duyung
Keren trit nya gan. Luas bgt klo jadi negara
kalau diibaratkan jadi negara lautan akan menjadi negara super power ya gan..
trit keren kalau gak HT kebangetan..
Quote:Original Posted By lekdsater
serem kali gan imajinasinya

Seremnya di mana gan
Quote:Original Posted By approve.cc
nanti kata nya manusia akan berovolusi jadi ikan karna semakin kemari air laut makin naek

Mungkin nanti ada sinetronnya gan, GGI

Quote:Original Posted By bukanmalingayam
Serem gan kalo kutub mencair, florida di mamarika ilang tapi indonesianya gak keliatan


Tinggal gunungnya aja kali ya gan
Quote:Original Posted By mamakeee
Nanti manusia bisa berevolusi jadi putri duyung

Mau dong gan kalo putri duyungnya kayak ini

Spoiler for Awas:
Pasti luas banget tuh gan tuh
Itu ikan kyk mertua aje
Quote:Original Posted By nashiru
kalau diibaratkan jadi negara lautan akan menjadi negara super power ya gan..
trit keren kalau gak HT kebangetan..


Amin gan, semoga yaa
bantu rate dong gan
indonesia launya luas bgt tuh....

tapi seperti kata ts kekayaan laut kita bocor, bocorrrrr.....
Quote:Original Posted By kuda.unta
Itu ikan kyk mertua aje

kenape gan
Quote:Original Posted By jolong2
indonesia launya luas bgt tuh....

tapi seperti kata ts kekayaan laut kita bocor, bocorrrrr.....


Sssstttt, jangan di kaitkan ama politik ya gann
Quote:Original Posted By Danzrray

kenape gan

Gpp gan

Quote:Original Posted By kuda.unta

Gpp gan



Mungkin agan belum rate makanya gitu
Makanya jangan suka nyampah di laut gan. Termasuk yg suka larung2 apaan aje di laut.
Apalagi kapal2 pukat, kan kasian penghuninya, blm lg kita pada suka bikin polusi, akibatnya bumi makin panas, es di kutub pada cair gan, ujung2nya berabe bgt tuh
Quote:Original Posted By Danzrray


Mungkin agan belum rate makanya gitu
rate 5 mbah ya

wah keren juga lautan kalo dibahas, kyk gk ada habisnya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar