Pages


Jumat, 25 September 2015

Mau berkebun tapi lahan sempit? No Problem gan!!!

Quote:





Spoiler for ht#1:

Setelah post ke3 akhirnya HT juga


Terimakasih buat kaskus beserta momod, mimin, dan seluruh warga kaskus yang telah meramaikan post ini

semoga kalian semua sehat selalu



Selamat datang di trit ane gan
sebagai anak pertanian mau share dikit nih gan
buat agan sista yang mau bertani tapi bingung karena gaada lahan

Quote:bukti dulu dah kalo no Repsol

Spoiler for Repost?:




apa sih Pertanian itu?
Spoiler for :
Pertanian itu ya proses bercocok tanam, tapi bukan semata2 kita jadi petani yang kerjaan nya nyangkul doang tiap hari, nyebar bibit, basmi hama dan lain2 loh gan.. secara pertanian itu luas gan ilmu nya

contoh nya kita ada kebun, pengen kita bikin indah dengan nambah bunga.. nah itu aja udah termasuk melakukan aktivitas di sektor pertanian loh gan

Quote: gambar Taman Bunga Nusantara gan.. bagus kann?



yah... ane suka banget nanem tapi gapunya lahan gan.. lahan sempit banget dirumah
Quote:
Spoiler for :
yahh gan.. kan ane bilang pertanian ga sesederhana itu
tapi ane akuin pertanian itu seru

lahan kecil jelas bukan masalah

nih ane kasih tips buat agan2 yang mau berkebun tapi gapunya lahan luas

Spoiler for 1:

HIDROPONIK



Quote:Sesuai dengan namanya yang berasal dari kata “hydro” yang berarti air, hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tanah, melainkan menggunakan air sebagai media tanam. Untuk menggantikan nutrisi dari tanah, air yang digunakan dalam budidaya tanaman diberi unsur hara yang berisi unsur-unsur penting yang dibutuhkan oleh tanaman.

Menerapkan sistem ini dengan sangat mudah menggunakan botol bekas. Pertama-tama potong botol menjadi 2 bagian dan lubangi bagian atas leher botol untuk pemasangan sumbu dan aliran udara. Kemudian pasang sumbu pada bagian atas botol dan masukkan bagian tersebut ke bagian bawah botol dengan cara dibalik. Setelah itu, isi bagian atas botol dengan media tanam seperti sekam, pecahan bata, dan sebagainya agar akar dan batang tanaman tidak mudah tumbang. Terakhir, masukkan bibit tanaman yang sudah disemai ke dalam media tanam dan siram dengan larutan nutrisi yang terbuat dari campuran air dan unsur hara.

Tanaman yang diproduksi dan dikembangkan dengan metode ini biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan tanaman yang dikembangkan menggunakan tanah, baik dalam hal rasa maupun kandungan gizinya. Tanaman yang bisa dibudidayakan di media tanam hidroponik adalah jenis tanaman hortikultura yang meliputi tanaman sayur, buah, obat-obatan hingga tanaman hias.




Spoiler for 2:
AEROPONIK


ngelondoy tuh gan semangka nya



Quote:Aeroponik berasal dari kata aero yang berarti udara dan ponus yang berarti daya. Jadi aeroponik merupakan cara bercocok tanam yang memanfaatkan udara sebagai media tanam utama dengan akar yang hanya menggantung di udara, tanpa menggunakan tanah seperti kebanyakan teknik lainnya. Nutrisi berupa air yang berisi larutan hara untuk perkembangan tanaman disemprotkan langsung pada akar tanaman. Akar tanaman yang dikembangan dengan metode ini akan menyerap nutrisi dari larutan hara dan mengalirkannya ke bagian tanaman lainnya seperti batang dan daun.

Pada dasarnya metode ini merupakan salah satu tipe dari metode hidroponik karena juga memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Teknik ini menghasilkan tanam yang tumbuh lebih cepat dah produksi yang tinggi.
Untuk membudidayakan tanaman dengan metode ini pun tidak memerlukan tenaga dan biaya yang tinggi, cukup menggunakan lembaran styrofoam atau gabus yang diberi banyak lubang. Kemudian dengan menggunakan busa, tancapkan bibit tanaman yang sudah disemai pada setiap lubang dan akar tanaman akan menggantung bebas. Letakkan sprinkler untuk menyemprotkan air yang telah dicampur dengan unsur hara guna memberi nutrisi ke akar. Pastikan sprinkler ini berjalan terus-menerus agar tanaman tetap mendapat nutrisi yang cukup.

Sayuran yang dibudidayakan dengan metode aeroponik terbukti memiliki kualitas yang baik, segar, memiliki aroma dan cita rasa yang tinggi. Biasanya sayuran yang dikembangkan menggunakan metode ini merupakan jenis sayuran yang berumur pendek seperti caisim, pakcoy, selada, kalian, kangkung dan sebagainya.



Spoiler for 3:
Tabulampot

yang ini pake pot biasa gan.. gausah dibahas ya pasti udah pada tau kan

pohon mangga gan.. gede juga yah mangga nya



Spoiler for 4:
Vertikultur

vertikultur yang paling ane taksir gan







Kreatif banget ya gan

Quote:Vertikultur merupakan metode bercocok tanam yang paling tepat bagi agan sista yang memiliki pekarangan rumah yang sangat sempit dan terbatas. Sesuai dengan namanya yang berasal dari kata dasar “vertikal”, budidaya tanaman dengan metode ini memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat becocok tanam yang dilakukan secara bertingkat.

Metode ini sangat cocok untuk diterapkan dalam membudidayakan tanaman yang berumur singkat seperti sayuran. Berbagai macam sayuran seperti sawi, kangkung, seledri, kalian, pakcoi hingga tomat bisa dikembangkan dengan cara vertikultur. Selain menghemat pengeluaran untuk membeli kebutuhan dapur seperti sayuran, tanaman vertikultur juga dapat menghijaukan dan menambah keindahan pekarangan rumah kamu yang sempit.

Vertikultur sendiri memiliki banyak model, mulai dari vertikultur gantung, tempel, tegak, hingga rak. Untuk memperoleh bahan-bahan yang dibutuhkan untuk bercocok tanam dengan metode ini pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, bahkan kamu bisa menggunakan bahan-bahan bekas seperti pipa paralon yang sudah tidak terpakai. Pipa paralon biasanya digunakan untuk model vertikultur tegak atau yang dikenal juga dengan metode vertikultur paralon PVC.

Cara budidaya tanaman dengan model ini pun tidak lah sulit. Pertama-tama, siapkan pipa paralon berdiameter kurang lebih 4 cm yang telah diberi beberapa lubang sebagai tempat untuk menaruh bibir tanaman yang sudah disemai sebelumnya. Agar dapat berdiri tegak, bagian bawah pipa paralon dapat diberi semen dengan wadah kaleng atau pot. Kemudian masukkan media tanam seperti tanam, kompos dan sekam hingga memenuhi pipa paralon dan letakkan bibit tanaman pada setiap lubang pada pipa paralon. Setelah itu, kamu cukup merawat tanaman tersebut dengan cara menyiramnya secara rutin dengan cara mengalirkan air dari bagian atas pipa paralon.



yang jadi pertanyaan TS, kenapa ya sektor pertanian di Indonesia masih stagnan terus menerus?
bahkan negara kita sempat men-impor gandum dari negara tetangga pada tahun 2012 dengan total volume impor sebesar 6,2 juta metric ton atau senilai US$ 2,2Milyar

padahal tanah Indonesia subur banget loh gan.. dan lebihnya lagi Indonesia masuk ke iklim Tropis (2 musim) yang memudahkan kita untuk melakukan proses bercocok tanam..
*ya jelas toh orang gaada musim dingin*

tapi TS berharap dengan TS ngeshare trit ini, masyarakat Indonesia bisa memulai membantu negara tercinta kita yang bernama
INDONESIA

Spoiler for ending:
TS ga berharap atau
TS cuma berharap dibantu rate dan share ajah
supaya info nya nyampe ke warga Kaskuser dan warga Indonesia






UPDATE KOMENG KASKUSER


Spoiler for HOT:


Yang udah coba nanem nih

Quote:Original Posted By revofit
Ane udah gan tiap pot ane tanam cabe, tomat, jeruk, pare sayur, sama tanaman obat gan biar alami..segar fresh



Quote:Original Posted By sigobezz
mudah kelihatannya gan tapi kalo diseriusi agak rumit. soalny ngatur ph juga dll

ane di rumah ada gan. project yg lagi dikerjakan hidroponik sistem nft



Quote:Original Posted By wargamalingping
ini saya juga berkebun di lahan sempit. karena memang rumah kai rss tdk ada lahan tetapi ingin berkebun.
Akhirnya menanam kangkung di atas batu bronjol di samping garasi mobil.
Lumayan setiap 10 sampai 15 hari sekali panen kangkung dan kami sdh 5x panen kangkung organik ini.

Dan foto ini adalah panen yang ke 5.






Quote:Original Posted By demajor
Ane dah nyoba asyik tuh.. Baru coba2..
Spoiler for nih gan:

Spoiler for 1 lagi:



Komengnya dhuaaar!!!


Quote:Original Posted By 3051881
Ane lulusan pertanian kadang malu sama diri sendiri, kenapa ga bisa andil dalam memajukan pertanian indonesia...

Untuk yg aeroponik itu kurang cocok gan di gunakan untuk rumah tangga, karena biayanya besar untuk nyemprot nya. Yg aeroponik itupun sebenernya lebih bagus bukan disemprot, tapi dikabutkan airnya.

Yg pasti bercocok tanam lahan sempit gini paling cocok buat rumah tangga di kota. Biar ga kalah sama yg di desa, ane yg tinggal di desa tinggal ambil dari halaman sendiri (atau halaman tetangga ). Istilah orang jawa "ngramban".

setiap mau makan tinggal ambil dari tanaman kita, buruh sayur tinggal petik, cabe tinggal petik, tonat tinggal petik dll.

Oh ya di kesimpulan terakhir, ga semua tanaman cocok ditanam di iklim tropis. Jadi ga semua harus swasembada ditanam di indonesia. Nanti malah tidak efisien, yg tepat kembangkan tanaman2 yg cocok di tanam di indonesia, bikin swasembada kalo bisa sampai di ekspor. Sedangkan tanaman yg emang ga cocok ga usah ditanam, kita impor aj. Toh nanti itung2anya kalo bisa ekspor tanaman kita walau kita impor tanaman lain, neraca perdagangan kita ga akan minus



Quote:Original Posted By sonn1c
jangan salah gan kalau kita iklim tropis memang tidak ada musim dingin, namun paparan sinar matahari tidak sebaik di negara sub tropik ketika musim panas mereka bisa full 12 jam, di indonesia tidak pernah lebih dari 10 jam.. sampai ada bibit tanaman tertentu tidak bisa berbuah karena syarat pemaparan sinar matahari tidak sampai 12 jam.. (dulu ane import bibit rumput)...

jadi kenapa indonesia import karena produktivitas tanaman tertentu tidak optimal.. contoh lain jagung di indonesia per hektar hanya 8 ton pipil kering, di negara paman sam bisa mencapai 10-12 ton pipil kering padahal disana, tidak ada gunung berapi.

alasan lain buah thailand lebih enak dari buah yang sama yang ditanam di indonesia, karena thailand terletak di sub tropik.



Quote:Original Posted By ric365
ane coba jawab pertanyaan ente ya gan
karena
1. pola hidup masyarakat yang cenderung konsumtif, lebih memilih menjadi konsumen daripada produsen
2. coba agan hitung2 dari proses pembibitan hingga panen berapa hasil yang didapat setelah dikurangi kemungkinan2 seperti gagal panen dll
3. peran serta pemerintah yang kurang dalam memberi subsidi, logistik dan ketersediaan pupuk ditambah alat penunjang pertanian masih tergolong mahal

pejwan kalau berkenan, gak nolak cendol juga hehe




nice gan....
dari dulu pengen membudidaya sayur dengan cara2 seperti di atas,,,tapi belum kesampean

ane rate5 gan
cendol sent
wow.. bagus gan
Ane udah gan tiap pot ane tanam cabe, tomat, jeruk, pare sayur, sama tanaman obat gan biar alami..segar fresh
Wih calon HT neh....
Kalau ane taunya metode polyponik ama monoponik doank gan
Quote:Original Posted By rendot792
nice gan....
dari dulu pengen membudidaya sayur dengan cara2 seperti di atas,,,tapi belum kesampean

ane rate5 gan
cendol sent


hahaha semoga kesampean gann.. Amin

Quote:Original Posted By dikisatrio
wow.. bagus gan


makasih gann

Quote:Original Posted By revofit
Ane udah gan tiap pot ane tanam cabe, tomat, jeruk, pare sayur, sama tanaman obat gan biar alami..segar fresh


wih mantapp teruskan gan!!
Nice thread gan.. jadi pengen nerapin cara yg terakhir tuh
Semangkanya bisa gitu ya
Klo misalnya durian, jadinya spt apa ya?
pengen bikin dari dulu blm kesampean .
msh bingung milih tanaman yg cocok apa aja
Jadi inget waktu sd di ajarin brkebun
buat kedepannya bisa berguna, apalagi diperkotaan yg lahan rumahnya dikit2 :thumbsup
mantaaĆ b trhead nya gan
knp tabulampot gak di bahas gan? lebih afdol dibahas juga biar yg blm tau jadi tau dan yg udah tau jd makin paham
alternatif lain untuk berkebun, tar ane coba dah di kebun ane
Kreatif gan. ternyata tembok juga bisa jadi lahan toh..
bermanfaat nih sewaktu2 bisa diterapin
patut di coba
Keren ya
Kapan2 dicoba deh
kreen nih gan, nanti ane coba ah
hampir rumah ane gk ada tempat gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar