Pages


Minggu, 27 September 2015

Tanda-Tanda Orang yang Tidak Terlalu Pintar Tapi Bersikap Sok Pintar

sebelum masuk ke thread cek repost dulu ah..!!
Spoiler for cek repost:


gak nyangka thread ane jadi HT
Spoiler for HT:



Berhentilah sejenak dari apapun aktivitas yang sedang kamu kerjakan. Lalu pikirkan tentang dirimu, tentang sifatmu. Apakah kamu sering merasa bahwa kamu adalah orang yang pintar dan bisa melakukan banyak hal dengan mudah? Apakah kamu pernah merasa lebih pintar dan serba tahu dibandingkan orang-orang di sekitarmu? Jika ya, berhentilah sebentar. Pikirkan sesuatu.

Apakah kamu benar-benar orang pintar, atau sebenarnya kamu tidak sepintar yang kamu bayangkan? Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan itu, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal berikut ini. Tentang tanda-tanda orang yang merasa pintar, tapi sebenarnya tidak terlalu pintar. Em, mungkin dia hanya orang yang sok pintar.

Tidak suka mendengarkan, lebih banyak bicara dan ingin selalu didengarkan
Spoiler for buka gan:


Orang yang pintar adalah orang yang banyak pengetahuan. Tapi uniknya, semakin banyak dia tahu, semakin banyak pula dia merasa tidak tahu. Sehingga dia punya rasa penasaran dan keingintahuan yang mendorongnya untuk selalu mencari tahu. Dalam kehidupan sehari-hari, orang pintar akan lebih banyak mendengarkan. Karena dia merasa, dengan mendengarkan, akan ada hal baru yang bisa ia dapatkan. Dia sadar bahwa setiap orang memiliki pengetahuan masing-masing yang barangkali tidak ia ketahui. Itulah sebabnya orang pintar senang mendengarkan dan menggali pengetahuan dari orang lain.

Sedangkan orang yang sok pintar akan merasa sebaliknya. Dia tidak terlalu suka mendengarkan namun justru ingin selalu didengarkan. Orang sok pintar cenderung terlalu banyak bicara agar orang lain mengakui kepintarannya. Dia risih ketika mendengarkan penjelasan orang lain, karena itu membuatnya merasa seperti digurui dan terlihat bodoh. Maka, dia akan berusaha mengambil alih pembicaraan dan membuat orang lain beralih mendengarkannya.


Banyak membual demi mendapatkan citra baik
Spoiler for buka gan:


Orang yang pintar akan berbicara atas dasar fakta atau pengalaman empirik. Bukan hanya ngarang atau berbicara tentang “katanya, katanya”. Dia tidak suka membicarakan sesuatu yang belum tentu kebenarannya. Sehingga, ketika mendengar sesuatu dari orang lain, dia akan berusaha melakukan crosscheck untuk memastikan kesahihannya. Sebaliknya, orang yang sok pintar akan berpikir, dia harus terlihat pintar. Harus bisa berbicara di depan orang, meskipun belum memastikan apakah yang ia bicarakan itu adalah kebenaran atau tidak. Maka dia akan cenderung mengatakan apapun yang bisa dia katakan. Menyebar luaskankan kabar burung yang belum dia pastikan benar atau tidaknya. Mengatakan hal-hal yang tidak dia alami sendiri tapi seolah-olah benar-benar dia alami.


Tidak mau mengakui ketidaktahuan
Spoiler for buka gan:


Orang sok pintar tidak mau mengakui bahwa dia bukanlah Tuhan yang tahu segalanya. Dia hanyalah manusia yang memiliki kapasitas otak sangat terbatas. Sehingga, dia akan sangat gengsi untuk mengakui ketika dia tidak mengetahui sesuatu. Dia punya cara untuk ngeles agar orang lain mengira dia paham tentang hal tersebut. Sedangkan orang yang memang pintar, akan bersikap sebaliknya. Dia suka bertanya dan mendengarkan jawaban orang lain. Dia tidak malu, bahkan akan blak-blakan menunjukkan ketidaktahuannya terhadap sesuatu. Karena baginya, jujur untuk mengatakan ketidaktahuan justru akan membantunya menemukan jawaban sehingga dia menjadi tahu.


Banyak menjiplak kata-kata orang
Spoiler for buka gan:


Orang sok pintar biasanya tidak memiliki pandangan sendiri. Tidak punya pendirian. Sehingga, dia banyak mengutip kata-kata yang dibuat orang lain. Entah itu dari apa yang ia dengar, ataupun apa yang ia baca. Sayangnya, dia menyampaikan kata-kata orang lain itu seolah-olah bersumber dari pemikirannya. Seolah-olah jawaban yang ia katakan murni ia buat sendiri. Semacam plagiat, dia suka memplagiasi perkataan orang lain yang dirasa keren.


Selalu ingin dipuji dan anti kritik

Spoiler for buka gan:


Orang sok pintar biasanya sangat gila pujian. Dia merasa sangat senang ketika orang lain memujinya. Merasa ingin berhubungan atau berteman baik dengan siapapun orang yang suka memujinya. Mengembangkan senyum semalaman ketika mengingat pujian yang ia dapatkan. Sebaliknya, dia akan naik pitam ketika mendengar orang mengkritiknya. Atau menyampaikan kelamahannya. Dia akan sangat geram, tidak terima dan merasa ingin mengumpati si Pemberi kritik. Selalu memberikan jawaban atas apapun kritikan yang disampaikan orang lain. Dia lupa dan tidak peduli bahwa kritikan justru dapat membuatnya tahu tentang kelemahan dan jalan untuk memperbaiki diri.

Meremehkan orang lain, secara tampak ataupun tidak tampak
Spoiler for buka gan:


Sadar atau tidak sadar, orang yang sok pintar akan seringkali merendahkan orang lain. Baik itu secara spontan ataupun terencana. Baik secara tersembunyi ataupun terang-terangan. Dia merasa orang lain memiliki kemampuan di bawahnya. Itulah yang membuatnya teramat sering meremehkan orang.


Ingin terlihat sibuk, alias sok sibuk

Spoiler for buka gan:


Orang sok pintar akan suka mengerjakan sesuatu yang membuatnya terlihat sibuk. Dia merasa ada banyak urusan yang harus dia selesaikan dan hanya dia yang bisa menyelesaikan. Dia tidak belajar tentang membagikan tugas karena dia tidak percaya dengan orang lain. Itulah sebabnya, dia akan berperan sebagai single fighter sehingga orang-orang akan melihatnya paling menonjol diantara yang lain.


nah di antara agan semua ada yang ngerasa ga nih?

sumber: www.isigood.com
Ngga tuh gan. Ilmu padi aja ane mah. Gatau klo bawah ane.
ane ga ngerasa gan
mungkin bawah ane nih

makasih
ane gak tuh gan, meski ada satu poin yg sedikit identik dgn ane
atas ane orang pintar
bawah ane super pintar
agak identik sama ane gan
kok sifatnya mirip para pemimpin negara kita
paling nyebelin point pertama gan, orang spt itu dimana2 ada dan ane jauhin orang macem gitu
yang pasti orang yang bener2 pinyer ga bakal berkoar2 buat buktiin kalo dia emang pinter. orang pinter beneran ga butuh pembuktian.
orang pinter Silent Reader bray
kalo ane malah ke kepo gan, kalo yg gatau mau nya nanya mulu, sampe kadang org yg ditanya jadi males ngomong ma ane fufufufu
orang pintar minum tol*k angin.
bener bgt nih apalagi yg meremehkan orang lain n gk mau ngehargai pekerjaan org lain !!
berarti silent reader di kaskus sebenernya orang pinter, karena lebih banyak menyimak (membaca / mendengar) daripada bicara / posting.
point kedua paling ngeselin gan
lebih baik merunduk daripada ikut ikutan sok pintar,
lebih baik "ngaca" sebelum ngatain orang.
nih yg lagi rame di netizen



ane pinter gan
Tipe "pengen terlihat sibuk" banyak ane temui di tempat kerja ane -_-
waaah ternyata ane kagak termasuk semua itu gan
cocoknya sama temen2 ane di kampus yg sering menjilat pantat dosen sama omongan2nya yg sok tau+sok pinter
tp kalo ujian nyontek juga ujung2nya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar