Pages


Jumat, 13 November 2015

Obral Ilmu Gratis: Mengungkap Apa dan Fungsi dari Valuta Asing. Masuk Gan!




Ngomongin tentang produk bank, seperti yang agan tau sendiri dong di Indonesia sendiri udah ada sederet Bank yang udah lama eksis di bumi nusantara, mulai dari Bank yang dikelola oleh swasta sampai Bank yang dikelola oleh negara. Setiap agan tentu memanfaatkan produk Bank untuk berbagai kepentingan, mulai dari cuma untuk menyimpan duit gaji, atau agan yang memiliki rekening selalu khusus untuk transaksi jual beli barang, sampai untuk pembayaran kepentingan ekspor impor barang. Dan melalui thread ini, yuk gan mari kita obrolin mengungkap apa sih Valuta Asing dan fungsinya buat apa yah? Dari pada agan pada pusing tujuh keliling, mendingan agan langsung lanjut cek pencerahannya di mari gan!

Apa Sih Valuta Asing itu, Gan?


image via economyarka9bungtomo.blogspot.co.id

Bagi agan yang emang udah berkecimpung di dunia persilatan bisnis dengan melakukan transaksi pembayarannya menggunakan kurs mata uang asing sehingga udah nggak asing dengan yang namanya Valas. Ngomongin tentang Valuta Asing atau yang sering disebut dengan valas itu merupakan mata uang yang digunakan dan mudah diterima dalam dunia persilatan perdagangan international. Selain urusan perdagangan, agan juga bisa memanfaatkan untuk pembayaran biaya kuliah bagi agan yang emang kuliah nan jauh di luar negeri sana. .


Quote:Fungsi Valas Buat Apa Sih, Gan?
Valuta asing atau valas sendiri emang memiliki peran yang cukup besar apa lagi hubungan dengan luar negeri, terutama perdagangan internasional dalam suatu negara. Nah, ini dia neh segelontor fungsi dari Valuta Asing itu sendiri gan, Cekidot :

Sebagai Alat Tukar Internasional

image via republika.co.id

Valuta asing bisa digunakan sebagai alat perantara untuk ngadain tukar-menukar barang ataupun jasa dengan negara lain. Sebagai contoh Indonesia mengimpor mobil dari Amerika, maka pembayarannya menggunakan valuta asing misal dengan Dollar Amerika Serikat ($).

Bisa jadi Alat Pembayaran internasional

image via supplychainindonesia.com

Jika pemerintah kita punya utang dari Negara lain makan bayar cicilan utang beserta bunga utang harus dilakukan pakai mata uang Negara lain itu atau istilahnya valuta asing. Makanya Valas berfungsi jadi alat untuk melakukan pembayaran dengan negara lain.

Mengendalikan Kurs

image via tribunnews.com

Berdasarkan dari sumber yang ane baca di Artikelsiana.com, Kurs sendiri bisa agan artikan sebagai nilai mata uang suatu negara terhadap nilai mata uang negara lain, seperti yang agan sering denger atau baca di berita dimana kurs mata uang suatu negara bisa menguat ataupun melemah.

Memperlancar Proses Perdagangan Internasional

image via bangkusekolah.com

Dengan adanya valuta asing pastinya bakal mempermudah dan memperlancar suatu negara dalam melangsungkan transaksi perdagangan dengan negara lain. Kebayang dong,. kalau nggak ada valuta asing maka perdagangan antarnegara bakal ngalamin kesulitan, karena perdagangan hanya dapat dilakukan dengan cara tukar-menukar barang dengan barang ataupun barter. Udah kebayang kan gan betapa pentingnya Valas.
Gimana Sih Cara Dapetin Informasi Kurs Valas, Gan?


Catatan :
Kurs e-Rate digunakan untuk transaksi melalui e-Banking

image via bca.co.id

Kemajuan teknologi yang semakin canggih sehingga memudahkan dalam mengakses informasi, terlebih lagi sekarang ini valas tak hanya sebatas untuk dunia perdagangan saja, agan sistah sebagai mahasiswa yang notabennya kuliah diluar negeri-pun bisa memanfaatkan valas dalam kirim dan bayar-bayar uang kuliah.
Untuk dapetin info seputar tentang kurs valas saat ini sangatlah mudah, sebagai contoh salah satu bank swasta yaitu Bank BCA yang memiliki fasilitas e-Rate yang merupakan kurs real time yang bisa aga ngunakan untuk bertransaksi. Informasi mengenai nilai kurs ini bisa agan cek langsung melalui ATM BCA, KlikBCA, dan BCA mobile. Dengan begitu, agan bisa langsung melakukan transaksi di e-Banking dengan nilai kurs yang tertera. Untuk info lengkapnya klik di sini aja gan.


Nah itu dia informasi yang bisa ane suguhkan dalam mengungkap apa dan bagaimana sih fungsi dari valas. Dari segelontor fakta yang ane suguhkan di atas, mungkin ada agan yang berkenan mau nambahin? Atau mungkin agan bisa sharing pengalaman agan pakai valas? Boleh dong gan share di mari biar bakal jadi obrolan yang tambah menarik.
Ditunggu Sharenya Yah, Gan ..

Sumber Thread :
Pemikiran TS, Googling, BCA

Reserved
Mata uang cina kok bisa yah sama kuatnya kayak us dollar ?
ane mau nitip komeng ke 100 saja


Ntar ane baca dilu yak, keren kayaknya....
jaman dulu ane kuliah di ausi blom ada ginian gan.
nyokap ane transfer manual masih ngintip rate ke bank langsung
Quote:Original Posted By Jow3
Mata uang cina kok bisa yah sama kuatnya kayak us dollar ?

tidak untuk invest jangka panjang
Kalo kita beli barang dari jepang misal..itu duit rupiah dituker jadi dollar dulu, atau langsung dituker jd yen?
Buat keren gan, dikira org suka jalan2
bisa buat invest juga

mayan kan dolar naek 4rb
hmmm jadi gitu to fungsinya
mantap gan
ga begitu ngerti ane gan masalah bginian
kalo ada dlm bentuk pdf, boleh juga di share gan,
buat dibaca offline
maih belum paham....

eh udah jd HT aja nih... yg ngeview pasti bnyak
bisa dipake buat invest juga ya gan
jadi bgitu gunanya
Quote:Original Posted By smiliz
bisa dipake buat invest juga ya gan


Apalagi investnya pakek Dinar Kuwait
Ayo masukin kurs valuta asing dari bank lain gan, biar gak dianggep pesan sponsor
valas buat investasi jangka pendek...kalau buat investasi panjang lebih tertarik sama emas, tanah....
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar