Pages


Rabu, 09 Desember 2015

Catatan Peristiwa di Bulan Desember



Spoiler for No Repost:


Sudah di penghujung tahun, pasti sebagian agan/sistha berpikiran yang sama. Cepat yah akhirnya akan berganti tahun lagi, dan hanya dalam hitungan hari akan berganti ke tahun yang baru.
Apa yang sudah dilakukan selama 11 bulan belakangan ini? Banyak suka dan duka kah? Atau malah lupa apa yang terlewati saking sibuknya dengan pekerjaan kantor dan rutinitas sehari – hari? Jangan dong yah. Setidaknya gue juga selalu mencoba mengingat tiga per empat kejadian yang terjadi selama 11 bulan kemarin, dan bisa jadi bahan intropeksi diri untuk tahun – tahun ke depan.
Nah, sambil mikir kemarin – kemarin ngapain aja, yuk kita baca dulu apa aja sih kejadian atau peristiwa besar yang ada di dunia pada bulan Desember ini.


Quote:Quote:Quote:5 Desember 1891
"James Naismith menciptakan permainan yang kemudian dikenal dengan olah raga bola basket."

James Naismith lahir di Almonte, Canada West (kini bagian dari Ontario) pada 6 November 1861 adalah penemu olahraga bola basket dan orang pertama yang memperkenalkan pemakaian helm dalam olahraga American football.

Saat bekerja sebagai guru Pendidikan Jasmani (physical education) di YMCA International Training School di Springfield, Massachusetts pada tahun 1891, ia diajak untuk mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasikan sebuah permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. Pada awalnya, setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah tangan melalui pass (lemparan).

JAMES NAISMITH

Beberapa catatan penting dalam perkembangan bola basket :

1. Tahun 1891 : Prof. Dr. James A. Naismith menemukan permainan Bola Basket
2. Tahun 1892 : Untuk pertama kali Naismith memperkenalkan permainan Bola Basket kepada masyarakat (Amerika)
3. Tahun 1894 : Prof. Dr. James A. Naismith dan Dr. Luther Gullick untuk pertama kali mengeluarkan peraturan permainan resmi.
4. Tahun 1895 : Kata Basketball secara resmi diterima dan dimasukkan ke dalam perbendaharaan bahasa Inggris.
5. Tahun 1913 : Untuk pertama kali diadakan Kejuaraan Bola Basket Far Eastern. Pada kesempatan tersebut regu Phillipina mengalahkan Cina.
6. Tahun 1918 : Tentara pendudukan Amerika dan anggota YMCA memperkenalkan permainan Bola Basket di banyak negara Eropa.
7. Tahun 1919 : Dalam Olympiade Militer di Joinville, permainan Bola Basket termasuk salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.
8. Tahun 1932 : Untuk pertama kali diadakan Kongres Bola Basket bertempat di Jenewa Swiss. Para peserta yang hadir adalah : Argentina, Cekoslowakia, Yunani, Italia, Portugal, Rumania dan Swiss. Keputusan penting yang dihasilkan adalah terbentuknya Federasi Bola Basket Internasional – Federation International de Basketball (FIBA)
9. Tahun 1933 : Untuk pertama kali diselnggarakan kejuaraan Dunia Bola Basket Mahasiswa di kota Turin – Italia.
10. Tahun 1935 : Dalam Kongres Komite Olympiade Internasional, Bola Basket diterima sebagai salah satu nomor pertandingan Olympiade.
11. Tahun 1936 : Untuk pertama kali Bola Basket dipertandingkan dalam Olympiade Berlin. Dua puluh dua negara ikut serta. Juaranya adalah USA, Kanada dan Meksiko.
12. Tahun 1939 : Prof. Dr. James A. Naismith meninggal dunia.


Quote:Quote:16 Desember 1910"Henri Marie Coanda, Melakukan Penerbangan Jarak Pendek pertamanya menggunakan pesawat bermesin jet."
Henri Marie Coanda, lahir di Bucharest, Coandă adalah anak kedua dari keluarga besar. Ayahnya adalah General Constantin Coandă, seorang profesor matematika di Sekolah Nasional Jembatan dan Jalan. Ibunya, Aida Danet, adalah putri dari dokter Prancis Gustave Danet, dan lahir di Brittany. Dia kemudian ingat bahwa bahkan sebagai seorang anak ia terpesona oleh keajaiban angin.

Coandă menghadiri sekolah dasar di Petrache Poenaru Komunal Sekolah di Bucharest, kemudian (1896) Memulai karir sekolah menengah di Liceu Sf. Sava (Saint Sava National College). Setelah tiga tahun (1899), ayahnya, yang diinginkan karir militer untuk dia, dia telah dipindahkan ke Militer High School di Iaşi mana ia diperlukan empat tahun tambahan untuk menyelesaikan sekolah tinggi. Dia lulus pada tahun 1903 dengan pangkat sersan mayor, dan ia melanjutkan studinya di Sekolah Artileri, Militer, dan Teknik Angkatan Laut di Bucharest. Mengirim dengan resimen artileri ke Jerman (1904), ia terdaftar di Technische Hochschule di Charlottenburg, Berlin.

Coandă lulus sebagai perwira artileri, tapi ia lebih tertarik pada masalah teknis penerbangan. Pada tahun 1905, ia membangun sebuah rudal pesawat untuk Angkatan Darat Rumania. Ia melanjutkan studinya (1907-1908) di Montefiore Institute di Liège, Belgia, di mana ia bertemu Gianni Caproni. Pada tahun 1908 Coandă kembali ke Rumania untuk melayani sebagai perwira aktif dalam Artileri Kedua Resimen. Semangat penemu nya tidak membawakan dengan baik dengan disiplin militer dan ia memperoleh izin untuk meninggalkan tentara, setelah itu ia mengambil keuntungan dari kebebasan baru untuk melakukan perjalanan yang panjang ke Isfahan, Teheran, dan Tibet.

Pesawat Coandă-1910
Pada tahun 1910, di bengkel Gianni Caproni, dia mendesain dan membangun sebuah pesawat yang dikenal sebagai Coandă-1910, yang ditampilkan secara terbuka di kedua International Aeronautika Salon di Paris tahun itu. Pesawat yang digunakan mesin piston 4-silinder untuk daya kompresor rotary yang dimaksudkan untuk mendorong kerajinan dengan kombinasi hisap di depan dan aliran udara keluar belakang daripada menggunakan baling-baling.

Menurut Charles Gibbs - Smith : ". Tidak pernah ada ide menyuntikkan bahan bakar, mesin tidak pernah terbang; itu tidak pernah hancur pada uji; dan Penerbangan mencatat bahwa itu dijual ke Monsieur Weyman" Gibbs - Smith melanjutkan, "kata Klaim bahwa setelah kecelakaan bencana (yang tidak pernah terjadi) Coandă ingin memulai pesawat kedua, tapi dananya tidak mencukupi. Dalam waktu satu tahun pada bulan Oktober 1911 ia menunjukkan mesin baling baru merek Driven di Reims Concours Militaire penulis penerbangan lainnya diterima oleh Coandă tentang tes penerbangannya dengan Coandă - 1910.

Rekan Coandă di Huyck Corporation, G. Harry Stine adalah seorang ilmuwan roket, serta penulis "The Father of American Model Rocketry" dalam bukunya "The Hopeful Future" itu menuliskan bahwa ada beberapa pesawat jet yang ada pada awal waktu Coandă 1910 jet dan 1938 Caproni Campini N.1, penerbangan pesawat jet murni dibuat di Jerman pada tahun 1938 ". Rolf Sonnemann dan Klaus Krug dari Universitas Teknologi Dresden, disebutkan secara sepintas dalam buku 1987 mereka Technik und Technikwissenschaften in der Geschichte (Teknologi dan Ilmu Teknis dalam Sejarah) bahwa Coandă-1910 adalah jet pertama di dunia.

Pada tahun 1934 ia diberi kepercayaan oleh pemerintah Perancis terkait dengan Coandă Effect. Selama awal 1930 ia menggunakan prinsip yang sama sebagai dasar untuk desain pesawat berbentuk piringan yang disebut Aerodina Lenticulară (Aerodyne lensa berbentuk), sebuah "piring terbang" berbentuk pesawat yang digunakan sumber yang tidak ditentukan gas tekanan tinggi mengalir melalui Sistem ventilasi berbentuk cincin. Pada tahun 1936 Coandă mengajukan permohonan paten untuk desain nya. Tidak ada versi skala penuh praktis dibangun.

Perang Dunia II
Coanda menghabiskan Perang Dunia II di wilayah pendudukan Perancis di mana ia bekerja untuk Nazi untuk membantu upaya perang mereka dengan mengembangkan turbopropulseur (turbopropeller) sistem berkendara dari 1910 biplan ke dalam sistem propulsi untuk sleds salju. Kontrak Jerman menyimpulkan setelah satu tahun , menghasilkan rencana untuk produksi.

Pada tahun 1969, selama tahun - tahun awal era Ceauşescu, ia kembali untuk menghabiskan hari - hari terakhirnya di tanah kelahirannya Rumania, di mana ia menjabat sebagai direktur Institute for Scientific dan Technical Creation (Increst) dan pada tahun 1971 direorganisasi, bersama dengan profesor Elie Carafoli , Departemen Aeronautical Engineering dari Universitas Politeknik Bucharest, berputar off dari Departemen Teknik Mesin.

Coandă meninggal di Bucharest pada tanggal 25 November 1972 di usia 86. Dia dimakamkan di pemakaman Bellu.


Quote:Quote:21 Desember 1913
"Arthur Wynne menerbitkan permainan teka-teki silang temuannya di surat kabar New York World"

Arthur Wynne lahir pada tanggal 22 Juni 1871, di Liverpool - Inggris. Ia beremigrasi ke Amerika Serikat pada 6 Juni 1891. Pada usia 19 ia menetap di Pittsburgh, Pennsylvania.

Karier
Rekreasi dari teka - teki silang Arthur Wynne dari 21 Desember 1913
di Pittsburgh, Wynne bekerja di surat kabar Pittsburgh Press. dan bermain biola di Pittsburgh Symphony Orchestra. Ia kemudian pindah ke New York City dan bekerja di koran New York World. Ia terkenal untuk penemuan teka-teki silang pada tahun 1913, ketika ia menjadi penduduk Cedar Grove, New Jersey.


Wynne menciptakan halaman teka-teki untuk "Fun" bagian dari edisi Minggu New York World. Pada edisi 21 Desember 1913, ia memperkenalkan puzzle dengan bentuk berlian dan pusat berongga, huruf FUN sudah diisi. Dia menyebutnya sebagai "Firman - Cross Puzzle."

Meskipun penemuan Wynne itu didasarkan pada bentuk puzzle sebelumnya seperti berlian kata, dia memperkenalkan sejumlah inovasi (misalnya penggunaan garis horizontal dan vertikal untuk membuat kotak untuk pemecah untuk memasukkan huruf). Ia kemudian mempelopori penggunaan kotak hitam dalam susunan simetris untuk memisahkan kata - kata dalam baris dan kolom. Dengan pengecualian dari skema penomoran, bentuk Wynne "Kata Cross" teka - teki adalah bahwa digunakan untuk teka - teki silang modern.

Beberapa minggu setelah "Word - Cross" muncul, nama teka - teki diubah menjadi "Cross - Word" sebagai peganti dari kesalahan kata. Sejak itu teka - teki Wynne ini telah dikenal sebagai "teka - teki silang".

Arthur Wynne menjadi warga negara AS naturalisasi di 1920s. Ia meninggal di Clearwater, Florida, pada 14 Januari, 1945.

Pada tanggal 20 Desember 2013 ia dihormati dengan Google Doodle interaktif memperingati "peringatan 100 tahun pertama teka - teki silang" oleh Merl Reagle. Banyak konstruktor lain juga membuat upeti kepada Wynne untuk memperingati ulang tahunnya.


Quote:Quote:17 Desember 1989
"Kerusuhan Besar Melanda Rumania dan Berakhir dengan Runtuhnya Rezim Komunis Nicolae Ceausescu."

Tanggal 21 Desember 1989 di Bukarest. Nicolae Ceausescu berpidato untuk terakhir kalinya. Rakyat Rumania menyuitinya dan Ceausescu mencoba menenangkan massa tetapi tidak berhasil. Rezim Ceausescu hancur di hari berikutnya. Dan ini juga merupakan awal dari berbagai peristiwa yang sampai sekarang tidak bisa dijelaskan sepenuhnya.

Setelah 22 Desember 1989, diktatur sudah runtuh tetapi selama berhari-hari masih ada pertikaian antara tentara dan para pejuang elit dari dinas rahasia Securitate yang setia kepada Ceausescu. Mereka sering disebut sebagai teroris. Keadaannya kacau. Tentara menembak rakyat sipil dan saling membunuh. Sekitar seribu orang tewas dalam peristiwa ini. Banyak warga Rumania menganggap aksi kerusuhan ini adalah rekayasa untuk mengesahkan kekuasaan presiden selanjutnya, Ion Iliescu. Sampai sekarang kejadian ini masih menggerakkan hati masyarakat Rumania, karena kebanyakan orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan tidak diidentifikasi atau tidak dihukum. Ini dibantah Iliescu, menurutnya ini hanyalah sebuah omong kosong dan ketidaknormalan sengketa politik.
Ion Iliescu awalnya adalah anak kesayangan Ceausescu. Lalu ia tidak disukai lagi dan setelah 1989 ia tiga kali terpilih menjadi presiden di era baru Rumania. Selain mengatakan, bahwa dirinya adalah korban dari kekacauan berkarakter teroris itu, Iliescu juga membela proses pengadilan Nicolae dan Elena Ceausescu yang dijalankan secara rahasia di sebuah tribunal militer. Tanggal 25 Desember 1989, setelah sidang selama dua jam, pasangan diktatur ini dijatuhi hukuman mati dan langsung dieksekusi. Tindakan ini merupakan lelucon yuridis. Namun menurut Iliescu, pemerintahannya bertindak sesuai dengan undang-undang yang dibuat Ceausescu.


Rumania telah meraih sasaran-sasaran terpentingnya. Yaitu menjadi anggota NATO dan Uni Eropa.
Tetapi korban persitiwa akhir Desember 1989 tidak bisa puas. Salah satunya Anghel Cioran, seorang ahli fisika berusia 82 tahun. Anak satu-satunya tewas ditembak prajurit militer di hari Natal 1989. Anghel Cioran dan istrinya tidak akan pernah tahu keadaan sebenarnya saat itu. Kejadian ini hanya dimasukkan ke dalam arsip dan prajuritnya tidak pernah dihukum. Pasangan Cioran masih sedih sampai sekarang. Namun mereka tidak ingin balas dendam. Yang mereka inginkan hanyalah pengakuan Ion Iliescu, bahwa dirinya telah berbuat kesalahan.


Quote:Quote:18 Desember 1990
"Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Mengesahkan Konvensi Perlindungan Buruh Migran dan Anggota Keluarganya."

Perserikatan Bangsa-Bangsa kemarin mengeluarkan resolusi perlindungan buruh migran perempuan. Keluarnya resolusi ini atas inisiatif Indonesia dan Filipina. Kedua negara ini mengirimkan buruh migrannya setiap tahun dalam jumlah besar.

Dalam dokumen resolusi yang dikirim ke sejumlah media oleh Perwakilan Tetap Indonesia di New York, Amerika Serikat, Kamis, 24 November 2011 itu tercantum bahwa resolusi itu diputuskan pada Sidang Majelis PBB ke-66 tanggal 17 November 2011.

Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, yang menghadiri finalisasi draf resolusi di New York pada 4 November lalu menjelaskan kepada Tempo, resolusi ini merupakan seruan moral dan tidak mengikat secara hukum.


Adapun hal penting yang ditekankan dalam resolusi adalah akses untuk mendapatkan keadilan bagi para buruh migran perempuan. “Karena selama ini dari seluruh buruh migran perempuan yang mengalami tindak kekerasan, tak sampai satu persen yang mendapatkan keadilan,” kata Anis.

Menurutnya, perlu adanya dorongan bagi terbentuknya sistem guna mengakses keadilan bagi buruh migran perempuan. Seperti buruh migran perempuan di Arab Saudi yang mengalami tindakan kekerasan, menurut Anis, sulit mendapatkan akses keadilan karena ketertutupan pemerintah Arab. “Selama ini desakan dari manapun, termasuk UN, tidak berpengaruh di Arab,” ujarnya.

Oleh karena itu, dengan keluarnya resolusi ini, PBB diminta memfasilitasi dialog produktif dengan pemerintah Arab sehingga akses keadilan dapat diperoleh buruh migran perempuan.

Adapun Indonesia dan Filipina, Anis melanjutkan, sebagai inisiator, memiliki tanggung jawab untuk menjalankan resolusi ini.



Quote:Quote:19 Desember 1997
"Pesawat Boeing 737-300 milik maskapai penerbangan Singapura Silk Air Jatuh di Sungai Musi, Palembang."

SilkAir Penerbangan 185 adalah layanan penerbangan komersial rutin maskapai penerbangan SilkAir dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Indonesia ke Bandara Changi, Singapura.


Pada tanggal 19 Desember 1997, sekitar pukul 16:13 WIB, pesawat Boeing 737-300 yang melayani rute ini mengalami kecelakaan jatuh di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Seluruh 104 orang yang ada di dalamnya (97 penumpang dan 7 awak kabin) tewas, termasuk pilot Tsu Way Ming dari Singapura dan kopilot Duncan Ward dari Selandia Baru.


Quote:Quote:20 Desember 1999
Portugal Secara Resmi menyerahkan Makau kepada Republik Rakyat China

MAKAU semula bernama A Ma Gao, tempat A Ma, kuil untuk persembahan para pelaut China. Nama lain pulau yang berada di delta Sungai Pearl ini adalah Ou Mun yang berarti gerbang perdagangan. Nama terakhir ini diberikan para petani Guangdong dan pelaut Fujian yang menjadikan Makau sebagai lokasi berdagang. Makau terletak pada 70 km sebelah barat daya Hong Kong dan 145 km dari Guangzhou. Ia adalah koloni Eropa tertua di Tiongkok, sejak abad ke-16.

Sekitar tahun 1927, banyak pelarian Portugis, Cina, Inggris, serta Rusia (berkulit putih) mencari selamat ke sana tatkala Jepang menduduki Cina. Di kemudian hari, Makau pula yang dipilih Romo Fernandes dan ribuan pelarian Tim-Tim, setelah Revolusi Bunga pecah di Portugal pada 1974—disusul perang saudara—dan invasi Indonesia ke Tim-Tim pada 1975.


Pada Juni 1986, RRC dan Portugal mulai berunding tentang nasib Makau. Lalu pada 13 April 1987, sebuah kata sepakat lahir di meja-meja perundingan di Beijing, yakni Makau akan menjadi wilayah administrasi khusus RRC pada 20 Desember 1999.
Pada tahun 1999 Portugis mengembalikan Makau ke Republik Rakyat China dengan status daerah administrasi khusus. Sekitar 500.000 penduduk Makau saat ini mendiami lahan seluas 27 kilometer persegi, yang sebagian di antaranya hasil reklamasi laut.

Pemerintahan Portugal menyerahkan kedaulatan terhadap Makau kepada Republik Rakyat Cina (RRT) pada 1999, dan Makau kini merupakan sebuah Daerah Administratif Khusus Tiongkok.
Penduduk Makau kebanyakan bertutur dalam bahasa Kantonis; selain itu, bahasa Mandarin, bahasa Portugis dan bahasa Inggris juga digunakan.
Makau adalah satu-satunya kota di Tiongkok yang diperbolehkan mempunyai kasino. Kasino di Makau merupakan atraksi wisata yang mengundang kedatangan para pejudi dari Hong Kong dan negara Asia lainnya.


Spoiler for Sumur:
Bantuan mbah google dan yang lainnya.




Untuk yang ingin belikan bunga buat pasangannya, bulan Desember ini diwakilkan oleh bunga cantik bernama Latin : Narcissus. Sejenis bunga Lily, berwarna putih nan cantik.
Atau, ada yang pengen kasih batu cantik untuk pasangannya? Batu jenis Turquoise, Zircon dan Tanzanite cocok banget untuk bulan ini.

So, Happy Birthday buat yang berasi bintang Sagitarius dan Capricorn ya,,,
Dan 1 hal lagi,,,, Did your resolution done this month? And Have you make your next year resolution? Let’s,,,,!!!


sejarah ini..
baca dulu ya gan sambil rate
di bulan ini juga ane ulang tahun gan
Bapak tts
Tsunami aceh ga masuk gan?
yang paling ane inget di bulan desember itu doang soalnya
Quote:Original Posted By Okutet
sejarah ini..
baca dulu ya gan sambil rate


Siap gan.. Jangan lupa bintang sama yang ijo2nya, kalau berkenan..hihihi....
Desember ya..
nyokap ane ultah gan tgll 18 besok tgl 22 nya hari ibu
kalo di indonesia kecelakaan kereta 2x di tahun 2012 dan 2015 , dan tanggal nya yang berdekatan
Quote:Original Posted By approve.cc
di bulan ini juga ane ulang tahun gan


Selamat gan, semoga panjang
anu gan metromini vs KRL
Quote:Original Posted By approve.cc
di bulan ini juga ane ulang tahun gan


Wadduuhh.. Selamat yah gan.. Semoga sukses lg kedepannya..
Quote:Original Posted By sapson


Selamat gan, semoga panjang


panjang apa nya
kaya nya metromini vs KRL juga bakal banyak di kenang nih gan oleh para supir angkutan umum soal nya denger di berita pak ahok cabut 1400 trayek bus angkutan umum di jakarta tuh



Quote:Original Posted By gpfnewrockz


Wadduuhh.. Selamat yah gan.. Semoga sukses lg kedepannya..


amin makasih gan
Quote:Original Posted By ularpiton
Tsunami aceh ga masuk gan?
yang paling ane inget di bulan desember itu doang soalnya


Iyah tsunami juga termasuk gan.. Maaf nggak kebawa.. Thanks udah ingetin gan..
Quote:Original Posted By dadang9111
kaya nya metromini vs KRL juga bakal banyak di kenang nih gan oleh para supir angkutan umum soal nya denger di berita pak ahok cabut 1400 trayek bus angkutan umum di jakarta tuh





Yap gan.. Itu bakal dikenang juga sama warga Indonesia..
Quote:Original Posted By approve.cc


amin makasih gan


Siiiaappp gan..
wih menarik nih mengenal kejadian bersejarah yang terjadi dibulan desember.. mayan nambah pengetahuan
Quote:Original Posted By Rizkydai
anu gan metromini vs KRL


Iyah bener gan.. Sok mangga di tambahin gan..
Quote:Original Posted By approve.cc


panjang apa nya


Panjang anunya

Ente ultah, timpuk seger2 dong

Maaf ts oot
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar