Pages


Jumat, 20 November 2015

Hello Community bersama OANC; Komunitas Outdoor paling Outdoor se-Kaskus

Ketemu lagi nih di Hello Community.

Kali ini kita bakal kenalan sama satu komunitas yang berbau petualangan nih. Kaya kaya quotes satu ini nih, katanya kan berpetualang itu adalah salah satu hal terbaik dalam hidup manusia, Gan

Komunitas ini sih denger-denger suka segala sesuatu yang berbau alam dan outdoor gitu. Siapa sih? Coba dikepoin dulu lambang komunitasnya nih


Udah tau belom komunitas apa yang bakalan kita ajakin ngobrol kali ini? Udah pada ada bayangan dong ya tentang siapa dan apa yang dilakukan sama komunitas ini. Daripada kelamaan mah cekidot di bawah ini, Gan

Quote:1. Halo OANC KASKUS apa kabar? Salam kenal ya!
Kabar baik Gan... Salken juga...


2. Boleh diceritain gak bagaimana sih awal terbentuknya OANC KASKUS?
Awal mulanya sih dulu sekitar tahun 2003 rekan-rekan kaskuser yang punya minat dan hobi di kegiatan alam bebas mau ada sebuah forum khusus di Kaskus untuk diskusi seputar kegiatan alam bebas semisal hiking, mountaineering, caving, dll. So rikues lah sama mimin, akhirnya dibuatin juga forum baru bernama Outdoor Adventure and Nature Clubs a.k.a OANC dan terus berkembang sampai sekarang.
OANC sekarang jadi salah satu forum outdoor online terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu referensi terbaik tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan alam bebas di Indonesia.


3. Terus sekarang anggotanya ada berapa banyak? Mayoritas dari kota mana Gan?
Karena kita sistemnya komunitas terbuka, jadi secara khusus gak ada sistem keanggotaan. Tapi kalo misal mau dihitung, yang member online aja berdasar thread buku tamu di forum OANC udah 1500 orang lebih. Kalo member yang aktif di offline juga ada sekitar 300 orang lebih.
Kalo lokasinya tersebar di beberapa daerah di Indonesia sampai luar negeri juga ada. Tapi kalo mayoritas yang suka kumpul-kumpul ada di Jabodetabek, Bandung, Jogja, Surabaya.

waktu gathering di Sumedang nih

Nah kalo yang ini, pas gathering pertama di Bandung

4. Rata-rata anggota OANC berprofesi sebagai apa sih Gan?
Macem-macem, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan sampai wiraswasta. Mulai dari anak kecil sampai yang udah beruban


Penampakan anggota OANC yang cukup lintas generasi juga yah

5. Wah gimana tuh cara membagi waktu antara kegiatan OANC dan pekerjaan kalian?
Ada sebuah pepatah "pekerjaan jangan sampai mengganggu hobi"... wekawekaweka
Yang jelas sih mayoritas meluangkan waktu di akhir pekan. Kecuali buat trip yang destinasinya jauh dan atau butuh waktu beberapa hari perjalanan (transportasi) plus jalan kaki di lokasi, kalo yang karyawan pasti jauh-jauh hari udah nandain buat ambil cuti.


6. Bagaimana sih kalian menentukan destinasi untuk adventure kalian?
Kalo berdasarkan durasi waktu, misal cuma bisa pas weekend aja, destinasinya biasanya gak terlalu jauh dan waktu tempuh pergi-pulang bisa dalam 2 hari. Contoh yang di Jakarta, bisa naik gunung sekitaran wilayah Bogor atau Garut.

Salah satu contoh kegiatan OACN waktu gathering di Malang
Kalo berdasarkan tempat, ini tergantung selera juga. Ada yang lebih mengutamakan nyari tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi, ada yang nyari tempat dengan tantangan jalur ekstrim, tapi ada juga yang gak bosen-bosen bolak-balik ke tempat yang sama.
Ada juga yang berdasarkan situasional aja. Misal, di forum OANC kan ada subforum Catatan Perjalanan, nah disitu isinya selain thread catatan-catatan hasil perjalanan, ada juga thread ajakan/invitation buat ngetrip bareng. Jadi misal ada yang berminat, bisa ikutan gabung di tripnya.


7. Apa sih yang wajib kalian persiapkan sebelum berpetualang?
Dalam kegiatan alam bebas, ada ilmu manajemen perjalanan sebagai dasar yang wajib dipahami terlebih dahulu dan selanjutnya diterapkan. Dalam manajemen perjalanan terdapat segala sesuatu tentang persiapan-ketika-setelah perjalanan, mulai dari ilmu dasar, peralatan standar, faktor keamanan, persiapan fisik, sampai etika-etika berkegiatan dialam bebas.

keseruan gathering OANC di Bandung
Quote:Kita ambil contoh kegiatan alam bebas yang sekarang lagi rame yaitu mendaki gunung. Dari foto-foto yang beredar, sekarang di gunung macam pasar malam saja, penuh sesak oleh pendaki, bahkan untuk naik/turun saja harus antri di jalur pendakian. Banyak sekali diantaranya yang melakukan kegiatan pendakian gunung atas dasar ikut-ikutan tanpa bekal manajemen perjalanan yang cukup bahkan mengabaikan faktor keselamatan. Bisa dilihat dari persiapan yang kurang seperti peralatan yang tidak standar, perbekalan yang sangat minim dan etika-etika yang terabaikan misal sampah ditinggal tidak dibawa turun.
Berkegiatan di alam bebas bukanlah berwisata dan bukan hanya untuk ambil foto buat profile picture, setiap penggiatnya diwajibkan membekali diri dengan dasar ilmu manajemen perjalanan yang baik dilengkapi dengan perlengkapan standar dan mengutamakan faktor keselamatan serta etika yang baik.


8. Pengalaman seru apa sih yang pernah OANC dapatkan ketika ber-adventure?
Kalo pengalaman seru masing-masing personal sih banyak. Tapi dari setiap perjalanan yang kita lakukan, yang paling kita nikmati adalah prosesnya, mulai dari bertemu rekan-rekan seperjalanan yang baru, menikmati keindahan alam bebas, menahan lelah dan rasa sakit, mengenal kearifan lokal dan budaya masyarakat sekitar, sampai menikmati pegal-pegal setelah kembali ke rumah

Yang rame-rame emang lebih asik
Walaupun tempat destinasinya sama dan pernah kita kunjungi, pasti pengalamannya berbeda dan ada sesuatu hal baru yang kita temui.


9. Boleh gak sih nubie kayak Ane pingin ikutan kegiatan OANC? Apakah Ane harus punya syarat khusus sebagai pecinta alam?
Oh tentu saja, OANC terbuka untuk siapa saja karena kami komunitas umum, bukan organisasi. Berkegiatan di alam bebas boleh dilakukan dan dinikmati oleh siapa saja dan tidak diwajibkan ikut suatu organisasi resmi, tapi yang paling wajib adalah membekali diri dengan ilmu-ilmu dasar yang terdapat dalam manajemen perjalanan seperti yang kami sampaikan sebelumnya.

Tapi kalo tertarik ikut jadi anggota pecinta alam melalui sebuah organisasi tentu saja ada syarat2 khusus tergantung organisasinya dan harus melalui beberapa tahapan dan mengikuti pendidikan dasar terlebih dahulu sampai dilakukan pelantikan.

Kalo mau gabung kegiatan OANC, silahkan nimbrung aja dulu di forumnya dan pantengin terus. Kalo ada kegiatan offline pasti ada invitationnya.

Poster gathering beberapa tahun lalu nih, Gan

Kalo mau gabung kegiatan OANC, silahkan nimbrung aja dulu di forumnya dan pantengin terus. Kalo ada kegiatan offline pasti ada invitationnya.


10. Terakhir nih Gan, ada rencana seru apa nih dari OANC untuk kedepannya? (Misalnya : Destinasi yang belum pernah dituju)
Kalo destinasi buat official trip dari OANC kita belum ada rencana. Tapi kegiatan besar yang lagi kita siapin yaitu Gathering Nasional OANC ke 6 buat pertengahan tahun depan. Yang mau ikutan ayok... pasti rame dan banjir doorprize

Asik kan ikutan gathering OANC

Quote:Oiya, OANC juga lagi ada program baru yaitu Talksweet #lokalOANC alias talkshow sambil ngetweet. Sekilas infonya cekidot di mari. Program ini khusus buat mengenalkan merk produk outdoor lokal karya anak bangsa yang masih baru atau merintis.
Jadi OANC ngadain sesi wawancara khusus via twitter @KaskusOANC sama merk-merk produk outdoor tersebut. Tujuan utama program ini untuk mensupport merk produk outdoor lokal supaya bisa lebih dikenal luas dan bisa mengembangkan produknya lebih baik. Jadi buat rekan-rekan kaskuser yang punya usaha produk outdoor baru, boleh kontak ke kita.


11. Mantab Gan, terima kasih ya OANC buat sharingnya. Semoga semakin kompak dan selalu seru!
Sama-sama Gan... Hatur tengkyu...



Bonus video Gathering Nasional mereka nih, Gan

Wah asik banget ya. Selain bisa nambah kenalan dari berbagai daerah, komunitas ini juga mengajarkan banyak hal; terutama cara-cara survival di alam dan kecintaan terhadap alam
Nah, gimana, Gan? Tertarik nggak buat gabung? Kalo pengen kepo ama komunitas satu ini, boleh banget segera dikepoin aja forum mereka di sini.
Kalo agan punya komunitas kece yang pengen dikepoin dan diulik, boleh juga daftar Hello Community di sini nih
.
.
Sampai jumpa di Hello Community selanjutnya, Gan
makin eksis aja komunitas kaskus

Quote:Original Posted By KASKUS.HQ






Njirr... Mau naik gunung bawa In-line skate...
kayaknya seru tu rame2
Mejeng pejwan ditrit opicer

Cabe2annya banyak ga btw?
asik banget ni komunitas outdoor menikmati alam disetiap kegiatannya
Mantep nih komunitas
Quote:Original Posted By mtfrisianflag
makin eksis aja komunitas kaskus


Musti itu gan biar kaskus rame lagi
Quote:Original Posted By kamujahat21

Musti itu gan biar kaskus rame lagi


komunitas kaskus kgak di liput???

situ kan regional leadernya
Quote:Original Posted By mtfrisianflag


komunitas kaskus kgak di liput???

situ kan regional leadernya


Ane leadernya vakum dulu,
Diterusin ama leader sub komunitas ama agan gatel_kebangetan aka gatel banget atau juha LGBT enthusiast

Sebagai leader yg masih kurang ane musti semedi dulu bray
seru nih
1500 anggota dari dalam dan luar negeri dan 300 anggota aktif
Cocok nih buat yang suka berpetualang
Keren gan asik nih buat yg suka berpetualang
Widih,,, anggotanye banyak bued,

Jadi kepengen gabung nih ane.

Enak y bsa mnikmati alam rame2...
mau dong ikutan
muantep makin rame aja komunitas kaskus, mejeng pejwan


kerja kerja kerjaaaaaa
weh keren keren
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar