Pages


Sabtu, 12 September 2015

18+ Only. The Legend of .....




WARNING !!!



Trit ini adalah trit yg di dedikasikan khusus untuk usia 18+,mohon pengertian bagi yg berusia dibawah itu.
Segala hal yg terjadi karena setelah membaca trit ini adalah bukan tanggung jawab TS, minta tanggung jawabnya ke Momod dan Mimin Kaskus aja
Bersiaplah Brud....


Spoiler for Awas 18+ yak..:

Spoiler for Jiah,...masih ngeyel yg belom cukup umur ente brud...:


Spoiler for Okedeh,...terserah ente, siapin mental lu aja:



Yup....Its The Legend Of Kapal Othok Othok Brud,...
Sorry yg udah kadung mupeng, ente kudu bersabar sejenak kisanak..


Kapal Otok Otok, mainan jaman koneksi internet masih belom lahir sampe jaman sekarang dimana orok baru lahir udah pada pegang gadget...

Spoiler for Asal Muasal The Legend...:




Ente akan diam terpesona dengan bunyi nya yg khas, othok,...othok,....othok.... Sampai2 terdiam sambil melihat laju kapal, seharian ember Nyokap ente, Baskom tetangga ente, sampai nampan milik nenek ente masih ente sandera demi menuntaskan hasrat bermain Kapal Othok Othok ini,.

Kadang ngajak temen sebaya balapan kapal canggih ini di kali yg masih lumayan jernih, bebas dari lalu lalang Pampe*s yg terhanyut, "kapal kuning" yg tiba2 berseliweran...Ah, sudahlah !!!!

Ngaku aja ente brud...

Semua berawal sekitar sebulanan yg lalu brud,..saat ane ajak anak dan eztri jalan2 di salah satu Expo daerah di kota ane..
Begitu masuk gerbang expo, ane di sodorin penjual mainan Legend ini tepat di dekat pintu masuk. Jujur ane brud..
Speechless...
Haru....
Senang...
Sampe2 eztri dan anak ane udah jalan ane masih diem didepan lapak Othok Othok.. .
Mungkin itu perasaan ente semua saat pertama kali ketemu this is great stuff...

Mainan ini legend banget,coba tanya ayah ente, mamah ente, ane yakin ,separuh dari penghuni alam Kaskus ini dulunya adalah maniak mainan ini..
Jauh sebelum negara gadget dan negara api menyerang negara kita, this is the great toys ever..



Sejauh ane gugling dan cari info dari beberapa kali bertapa sampe mlumah njengking mengkurep ndlosor ...( pinjem istilah blog terkenal brud...) , sampai mengerahkan ribuan telik sandi kesana kemari... wis ah, jian copas sak pol-e..

Di luar negeri, disebut Pop pop Boat, Can-Can-boot, Knatterboot, toc-toc, Puf-Puf boat, Poof Poof craft, Phut-Phut, or Pouet-Pouet !!!
Selanjutnya ane sebut Othok2 aja yak brud...


Bahwasanya asal muasal sang legenda dari seorang Prancis bernama Thomas Piot pada tahun 1891 , Piot mengajukan permohonan paten di Inggris untuk perahu pop pop boat sederhana menggunakan boiler kecil dan dua tabung knalpot.
Tetapi sebuah artikel 1975 oleh Basil Harley menyebutkan perahu yang sama terlihat dalam jurnal Perancis dari tahun 1880, menunjukkan bahwa jenis mainan mungkin telah ada selama bertahun-tahun sebelum paten Piot ini .

Pada tahun 1915, seorang Amerika bernama Charles J. McHugh mengajukan permohonan paten untuk jenis diafragma mesin, yang merupakan perbaikan untuk desain Piot ini. Pada tahun 1920, William Purcell mengajukan paten untuk jenis tabung melingkar mesin.

Jenis mesin ini sudah sangat umum selama bertahun-tahun di kapal othok2, karena kesederhanaannya konstruksi. Buku Cub Scout (diterbitkan oleh Boy Scouts of America) yang terdapat proyek yang disebut "Jet Boat" selama bertahun-tahun.
Proyek ini menggunakan jenis kumparan mesin berdasarkan desain Purcell yang ditempatkan di lambung kayu. Banyak kapal othok2 komersial juga telah menggunakan jenis mesin, karena biayanya yg ekonomis.
Lanjut

McHugh mengajukan paten lain pada tahun 1926. Ini adalah lagi desain mesin diafragma, halus sehingga bisa lebih mudah dibuat secara komersial.Pada tahun 1934, Paul Jones mengajukan paten untuk desain diafragma lain yang bisa diproduksi industri dari cetakan sederhana.

Banyak kapal pop pop diproduksi pada tahun 1920 memiliki pipa knalpot tunggal. Desain menggunakan dua pipa knalpot yang lebih mudah untuk mengisi, dan telah jauh lebih umum selama bertahun-tahun.


Perahu pop yang populer selama bertahun-tahun , terutama di tahun 1940-an dan 1950-an . Pop pop boat menurun popularitasnya bersamaan dengan mainan timah lainnya di paruh kedua abad ke-20 sebagai imbas mainan plastik mengambil alih banyak pasar . Sementara mereka tidak lagi diproduksi dalam jumlah besar , perahu pop pop terus diproduksi . Mainan ini telah dibuat dalam banyak variasi selama bertahun-tahun .

Beberapa telah sangat sederhana dan murah , sementara yang lain telah jauh lebih berhias dan artistik . Seperti banyak mainan , perahu pop pop sering dicari oleh kolektor , dan harga yang dibayar bervariasi tergantung pada kelangkaan dan desain .

Perahu pop pop menonjol di 2008 Jepang fantasi film animasi Ponyo , kapal dengan mesin tipe diafragma , seperti yang ditunjukkan dalam film , diproduksi dan dijual sebagai replika ketika film ini dirilis.

Note : Sorry kalo agak ribet, mohon bisa di cerna pelan2 ya brud
Spoiler for this is ponyo boat:



mirip versi indonesia yah gan..




lengkap dengan 2 pipa exhaustnya...





Di Indonesia sendiri dari salah satu sentra kerajinan kawasan Cirebon, tepatnya Salah satu sentra pembuatan kerajinan otok-otok di Cirebon adalah Desa Jemaras Lor dan Jemaras Kidul Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Dan juga di Tegal , Brebes, dan beberapa kota lainnya.
CMIIW









Spoiler for Teknologi Di Balik Legend...:




Sebagai penjelasan cara kerjanya , ane sengaja ngga cari referensi yg berbahasa indonesia, udah ane ubek2 ada beberapa yg jelasin tp beberapa beda deskripsi. Ane minta bantuan gugel translate yak brud,...

Sebuah perahu othok2 ini didukung oleh mesin yang sangat sederhana. Mesin ini terdiri dari boiler kecil, yang terhubung ke tabung knalpot. Ketika boiler dipanaskan, air di boiler berubah menjadi uap. Kumparan memperluas uap mendorong sebagian air dalam tabung knalpot, mendorong perahu ke depan. Gelembung uap kemudian mengembun, menciptakan vakum yang menarik air kembali melalui tabung knalpot. Air didinginkan yang dibawa kembali ke boiler kemudian dipanaskan dan berkelebat menjadi uap, dan siklus berulang secepat suara othok othok nya...!!!!

Ini konstan berlanjut dan pendinginan siklus mesin menciptakan suara khas "pop pop" . Kebisingan ini akan lebih parah ketika diafragma-jenis boiler yang digunakan (coil-jenis boiler yang jauh lebih tenang). Adanya udara dalam boiler bertindak sebagai pegas dan memberikan osilasi yang lebih baik dari tingkat air, tetapi jika terlalu banyak udara masuk boiler maka osilasi berhenti. Karena air mengandung udara terlarut, dalam operasi udara cenderung untuk membangun dalam mesin. Oleh karena itu, mesin harus mengeluarkan air secara berkala dalam rangka untuk menjalankan siklus.



Gimane brud...
Sederhana yg rumit.... Lanjut yak...

Dalam perahu othok2 dengan dua tabung knalpot , air dikeluarkan dari kedua tabung selama fase pertama dari siklus , dan ditarik dari kedua tabung selama fase kedua siklus . Air tidak beredar melalui satu tabung dan keluar melalui lainnya . Inilah prinsip Jet Propulsi.

Pengoperasian perahu othok2 mungkin tampak mengejutkan , karena salah satu mungkin berharap bahwa jika air masuk dan keluar melalui tabung knalpot , perahu hanya harus goyang kembali dan sebagainya.

Tapi sementara air didorong keluar membawa momentum , yang harus diimbangi ( oleh hukum ketiga Newton ) oleh momentum berlawanan pada bagian dari perahu , air tersedot dengan cepat ke dalam tangki boiler dan transfer momentum untuk perahu . Gaya reaksi awal pada perahu (yang akan menariknya ke belakang ) karena itu dibatalkan oleh dorongan air ketika bagian dalam boiler . Hasilnya adalah bahwa aliran air tidak menyebabkan kekuatan yang cukup di atas kapal.

Beberapa penulis berpendapat bahwa alasan mengapa perahu pop pop bekerja adalah bahwa air yang didorong keluar dari belakang perahu membentuk jet sempit, sementara air yang ditarik kembali di paruh kedua siklus diambil dari segala arah .Asimetri ini dapat dilihat juga dalam cara di mana satu pukulan lilin: mudah untuk memadamkan lilin dengan meniup di atasnya, karena semua udara dikeluarkan adalah bergerak dalam terkonsentrasi, directional jet.

Namun, sulit untuk memadamkan api dengan mengisap udara, karena udara yang tersedot datang dari segala arah. Pengamatan ini, meskipun benar, mungkin menyesatkan sebagai penjelasan mengapa perahu othok2 bergerak maju. Asimetri bentuk dari inflow dan outflow yang merupakan konsekuensi dari viskositas air, sedangkan perahu akan dapat beroperasi dalam fluida ideal.

Selain itu, karena mereka melewati knalpot, pemasukan dan mengalir keluar dengan air membawa momentum yang sama (dalam arah yang berlawanan), relatif terhadap perahu. Perbedaan penting adalah bahwa momentum aliran tersebut dikeluarkan, sedangkan momentum inflow tersebut segera dipindahkan ke perahu.


Fyuh,...panjang juga ye brud,..mpe ngantuk nih ngetik nya


ane selipin yg video nya yak , jgn kuatir, bahasa indonesia koq, biar ente kagak roaming tar...







Buat bonus ente karena udah mantengin trit ane, ini penampakan beberapa Othok othok yg ada di luar negeri yak...

Spoiler for prinsip sederhana kapal otok otok:




Spoiler for otok otok yg dijual di situs luar brud...:


Asli perahu antik pop pop dibuat di Jepang oleh TK .Co 50an wal perahu ini telah pensiun , tapi tidak ada kerusakan.



made in Mexico, panjang 7".



Klasik asli antik "Miss 55 ". Made in Japan , 40 -an ,panjang 4 " .



Asli dicetak dari timah dibuat di Pakistan awal 40an . Dipasarkan dan dijual di Belanda . Semua yang tidak dicat timah asli. Dilengkapi dengan kotak berwarna-warni . Panjang 5 ".




Tebak dari mana brud....




Uncle Sam's Othok othok....


Hmmm...Germany othok othok...




Gambar perahu othok2 jenis kumparan yg disebut " BAILEY 'S SKIFF " , yang dibuat oleh perusahaan Jerman Tucher & Walther 1990.



Item yg sangat langka, replika kapal perang Yamato, buatan tahun 40-50an, panjang 10".




Titanic versi othok2..




Beberapa model lagi...




Keren juga yg versi militernya,...buat patroli di kali sebelah nih..






Oke, thanks ya Brud kalo ente masih mantengin trit ini...
Kalo berkenan bisa di bantu

boleh dah buat nraktir ane...
Siyu next trit yak brud...
pertamax reserved
mainan ane masa kecil gan
Mainan jaman dahulu kala itu gan

Jadi pengen koleksi perahu otok-otok dari berbagai negara nih.
Mainan dari kapan itu
Di depan sekolah dulu banyak banget yang jual tuh mainan.
ternyata bukan ada di Indonesia doank
ane masih punya satu gan.....bersihin dulu ah........................
Maenan paling keren pada jamannya
Mainan ane pas kecil, dlu minyak goreng murah sekarang mahal g bsa jdi mainan lagi
Othok othok
Nostalgia
maenan gue waktu jaman jebot ini bray
wah kapal otok otok, permainan dulu ini waktu ane masih kecil saat di jogja
Di fjb ini ada yang jual ga brud?ane trtarik brud..tringat masa lampau ane nan kurang bahagia

Bdewei kalo ada ane mau tuh titanik otok2 nya..
gambar pertama 3some kapalnya
Rela mantengin baskom cuma liat kapal ini..
masih ada gan ampe sekarang, malah sekarang ane udah warisin n kenalin ke anak ane yg umur 3thn.

pas beli seharian ane matung di depan baskom istri. kapas abis 1bungkus, minyak sayur abis segelas kecil ( karena kebanyakan nyebur tu kapal ) korek kayu 1 kotak ampe lupa makan anak ane
Mainan yang melegenda....
Ni yg buat ane betah mantengin baskom waktu kecil dulu
ternyata ane dah tua yah kalo liat mainan ini
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar