Pages


Selasa, 15 September 2015

[SHARE] Naik Helikopter gak se simpel naik angkot gan,

Spoiler for Ternyata jadi HATE gansist..:
Quote:HATE# pertamax gansist, TS udah ngaskus sejak tahun 2007 tapi baru posting akhir-akhir ini saja, selama itu jadi silent reader..? iye gan..
TS nga'haturkeun nuhun buat mimin - momod atas usahanya dan dukungan moril (materil TS gak pernah terima) atas pencapaian yang maha dahsyat ini, bagi TS tiada kata - kata yang bisa TS ucapkan atas anugerah yang tak terkira ini, ema - bapa !! ieu abi lebet HATE !!!

Spoiler for HT gan...:

Tapi ngomong - ngomong siapa yang ganti judul tritnya ya..? tapi keun wae lah yang penting HATE gansist..!!



Agan & Sista, kali ini TS mau berbagi cerita sebagian pengalaman dari hidup TS selama kerja lapangan,
Mungkin agan + sista waktu kecil pernah bercita - cita naik pesawat ? tiket pesawat sekarang murah ya gan, siapapun bisa naik pesawat dengan hanya uang beberapa ratus ribu saja gak kaya dulu ya gan, bahkan sekarang mah harga tiket pesawat dengan tiket kapal laut cuma berbeda tipis saja ke tujuan daerah tertentu, gak sebanding sama waktu perjalanan yang di tempuh nya yah..
Jaman dulu TS masih kecil naik pesawat adalah suatu cita-cita, sekarang naik pesawat udah ter-eliminisasi dari keluarga cita-citata,
Seperti hal-nya Pluto yang tereliminasi dari keluarga planet menjadi sejenis dwarf atau apalah itu namanya ,.. heup sebentar kenapa jadi ngelantur ke tata surya begini ya.. kembali ke jalur ini trit yang lurus :
Syahrini saja bisa naik private jet, gansist naik virgin galactic kenapa tidak ?

Spoiler for Syahrini naik private jet gansist ..hemm:
[img][/img]

Quote:Syahrini & private jet liat dulu gan betapa bersyukurnya beliau, yang mengartikulasikan ber-syukurnya mba Syahrini secara lain, silahkan sah–sah saja ya gansist..
Nah jadi intinya naik pesawat menjadi hal lumrah sekarang ya gansist, udah gitu aja..
Terus apa hubungannya ini trit dengan judul helicopter di atas..? TS masih ngelantur nih..!!
Oh heu’euh nya, lanjut kalau begituuuh,..
Nah (nah lagi, kebanyakan nah ini trit) pesawat komersil yang sering kita naiki itu sering disebut pesawat fix wing ya gansist, mereka bisa mengangkut agan + sista secara masal bisa sampai ratusan orang, makanya ongkosnya ekonomis, itungan sederhana : biaya operasional pesawat dibagi per kepala orang yang naik. cmiiw!!

Sementara helicopter cuma bisa mengangkut orang terbatas ya gansist, dan sangat jarang dipakai untuk angkutan umum, mereka cenderung tersedia secara :
1. Carter
2. Dimiliki instansi-instansi tertentu,
3. Atau orang yang duitnya karungan yang bisa beli apapun,
4. Atau heli tersebut dikontrak sebuah perusahaan untuk angkutan operasional ya gan,
5. Dll. TS lagi males ngetik panjang lebar nih lagian masih banyak yang harus di ungkapin yang lain-lainnya nih.skiiip….

Jadi kesimpulanya naik Heli adalah suatu kemustahilan bagi sebagian orang gansist, gansist punya duit sejuta belum tentu bisa naek roket, sementara dengan hanya ratusan ribu didompet udah bisa nyegat ojek.
Nah (nah kesekian kali ) TS tidak berada di posisi no.3 diatas gansist, boro-boro duit karungan lembaran juga cekak, TS ber-ada di situasi segment yang no. 4 gansist, TS gawe di sebuah perusahaan yang mana mengkondisikan TS naek Heli bolak – balik secara rutin.
Apabila gansist tidak berada pada segment 1,2,3 diatas sangat mungkin sekali gansist bisa naik Heli secara rutin apabila gansist berada di segment 4 siapapun gansist pasti bisa, asal gansist ulet dan kerjaannya ada pada jalur tersebut, TS aja bisa masa gansist gak ya elahh
Nah pasti gansist pada bertanya-tanya gimana rasanya ? atau gak ngeuh gimana tata caranya ? gak tau apa dan bagaimana tahapan – tahapannya ? ini buat gansist yang belum tau aja yaa, gansist yang gawe offshore silahkan menambahkan apabila ada hal - hal yang terlewat sama TS.
Sesuai judul di atas kalau kita naek angkot walaupun ukurannya hampir sama, tata caranya jauh berbeda gan, kalau gansist naek angkot, tinggal acungin telunjuk dipinggir jalan, masuk sambil bungkukin badan (biar jidat gak kejedot), duduk ditempat yang kosong (masa iya menclok dipangkuan ibu-ibu yang mau ke pasar),
Tinggal merem deh sambil larak-lirik kali ada yang bening atau dengkul mulus agak ke atas, ngaku aja deh agan-agan yang padam mesem - mesem

Terus gimana dan apa saja yang harus dilakukan kalau agan & sista kayak TS naik Heli secara rutin.
Pertama gansist harus punya Sertifikat HUET = Helicopter Underwater Escape Training gan, biasanya satu paket dengan Sertifikat Sea Survival Training dan tentu saja gansist harus cukup sehat sehingga sertifikat Medical Check Up dari rumah sakit yang sudah ditentukan juga sebagai syarat lainnya.

Gansist harus ikut training khusus untuk mendapatkan sertifikat tersebut, dulu TS di Indonesia biayanya sekitar -+ 8 s/d 10jt’an per orang, sekarang ntah Dollar naik pasti naik juga ya gansist. (TS dibiayain perusahaan gan, duit sendiri mah ogah amat, beli beras aja pas-pasan) Trainingnya gak enak sama sekali gan, gansist di iket, diteriakin, dicemplungin ke kolam, di gebrak-gebrak, di benamin ke air, di jungkir balikin, disuruh keluar jendela dalam keadaan kepala dibawah dalam air lagih …et dah ilah ribet pisan,
Quote:Didalam alat simulasi seperti yang ini :


Tapi sebelum gansist masuk ke alat simulasi yang sesungguhnya diatas, gansist akan di latih dulu diatas “becak” istilahnya, seperti ini;
Spoiler for PreHUET ditching:





Setelah itu baru tahap selanjutnya, masuk ke alat simulasi sesungguhnya, disini serunya kalau gansist rame-rame gansist akan liat karakter orang-orang yang selama ini gansist gak tau, yang selama ini semua akan kelihatan secara factual dan terpercaya, ada yang macho bertato tapi belum apa-apa udah freakout alias “cemen” megap – megap takut duluan, ada yang keliatan lemah gemulai tapi menyelesaikan tahapan-tahapan simulasi dengan sempurna, kadang ada juga yang diam saja dengan beribu alasan dan ada yang minta pulang takut duluan, beberapa screen shotnya TS comot dari google gansist…


Spoiler for Gansist akan diiket dan di kerelepin gan,:



Spoiler for Diputer balik,:



Spoiler for Harus bisa buka seatbelt, buka kaca jendela, keluar dari jendela dalam hitungan detik:





Setiap setahun sertifikatnya expire dan trainingnya harus diulang,
TS pernah suatu waktu dinilai terbaik sama instrukturnya, (karena TS udah kesekian kalinya ikut training jadi TS tenang aja, sambil merem gan, apa coba bukannya dapet trophy atau voucher apa kek, malah disuruh duduk ditengah nunggu rekan TS dulu selesai keluar dari jendela, baru TS ngekor dari belakang, rekan TS megap – megap TS juga megap – megap,
Nah selesai tuh semua training, sea survival training nya lain waktu aja deh TS bahas yee berhubung trit ini berjudul Helicopter soalnya, nantikan trit TS berikutnya gansist.


Quote:Mari kita ke lapangan gansist,
Kalau sertifikatnya udah ditangan, ada tahapan – tahapannya lagi gan kalau mau menclok di bangku Heli tersebut,
Sebelum masuk gansist akan briefing dulu dengan video Helicopter pre-flight, yang kurang lebih isinya sama waktu agan dapet di sesi training HUET :
Diantaranya ;
Cara memasang seat belt, seat beltnya berbeda dengan seat belt – seat belt di pesawat fix wing yang sering agan tumpangin ya gan,
Spoiler for Macem2 seatbelts ada +18 gan, yang masih bawah umur merem aja dikit.,:

Posisi badan apabila Heli harus mendarat di air / laut, biasanya pilot akan teriak brace – brace !! dilanjutkan dengan ditching – ditching !!, ada di materi training HUET gan.
Kemudian gimana cara buka seatbelt apabila Heli udah mendarat di air pada saat waktunya kita untuk keluar, kebanyakan Heli kalau udah mendarat darurat di air akan kebalik gan, karena Heli berat diatas kopong dibawah, disebabkan posisi mesin yang ada di punggung Heli, maka dari itu kadang kita harus diam dulu jangan buka seat belt, tunggu baling – baling berhenti berputar, nah diantara waktu mendarat dan baling – baling masih berputar itulah kita akan terbalik, dan harus bisa buka seatbelt kemudian buka pintu atau jendela agar kita bisa melanjutkan kehidupan kita nantinya.
Itulah beberapa materi dalam video briefing nya ya gansist, silahkan suhu – suhu kaskuser yang sering offshore flight menambahkan nantinya.



Quote:Abis itu apa ? langsung naik ? bentar TS pegel punggung nih rebahan dulu dikit.., skiiip 15 menit kemudian.

Lanjut, Timbang badan gansist, kapasitas daya angkat Heli terbatas gansist, penumpang beserta gembolannya harus tidak melebihi kapasitas maksimumnya, kadang kalau ada penumpang banyak dan cargo berat – berat jangan heran kalau agan & sista dieliminasi harus nunggu schedule berikutnya kalau ada hari itu, kalau gak ya balik lagi esoknya, TS pernah ngalamin kayak gitu.
Terus udah bisa tuh masuk ? beluuum,
Timbang badan lewat, ada beberapa kebijakan di perusahaan tertentu untuk test urine dulu gansist, ini sih gak begitu berhubungan dengan prosedur naek Heli, terlebih kepada kebijakan perusahaan atas nama safety gansist, kalau agan baru aja minum bir dua krat jangan harap agan bisa naik Heli pada saat itu juga ya gan.


Quote:Terusnya, udah deh gansist tinggal pake jaket pelampung, airmuff (semacam wokmen yang segede gaban gan) selanjutnya kita sebut wokmen aja ya biar gampang.
Terus setelah ada panggilan untuk boarding, agan akan berjalan sesuai jalur yang sudah ditentukan menuju helipad gan, di pandu sama ground crewnya supaya gansist tidak nylonong kemana saja, ada daerah daerah tertentu disekitaran Heli nantinya yang agan gak boleh nyelonong kesitu, begitu gansist mendekat ke Heli biasanya mesin dalam ke adaan mati, tapi kadang kita juga harus boarding dalam keadaan baling-baling berputar, Pilot di dalem Co-Pilot menunggu berdiri disamping Heli, pintu Heli dalam ke adaan terbuka semuanya gansist, kalau gansist belum pake jaket pelampung + wokmen tadi di tempat briefing kadang disini dibaginya dan gansist harus pake kalau gansist gak mau kelelep gaya batu nantinya.
Nah co-pilot akan mengatur ngebagi rata agan-agan + sista-sista dimana saja harus duduk, yang pengen duduk di depan gak bisa gan udah di booking Pilot ama Co-pilotnya duluan.


Spoiler for Boarding gansist,:




Quote:
Udah gitu udah ? tinggal terbang ?
Beluuum, ribet ya gan ? co-pilotnya akan ber-pidato lagi gan, ngunjukin gimana buka seatbelt, posisi selot dan tuas pintu yang harus ditarik apabila kalau nanti Heli harus mendarat darurat ya gan.
Udah gitu udah deh co-pilot akan “jablogin” pintu (baca : tutup dengan hentakan) dan nyuruh agan yang duduk sebelah jendela buat teken selot pintunya.
Pintu dan selot udah terkunci semua, agan bakal lihat Pilot + Co-Pilot komat-kamit, soalnya agan gak denger kan pake wokmen tadi gan, Pilot sama Co-pilot komunikasi lewat head set yang udah terpasang di khusus di wokmen mereka, agan pake wokmen yang biasa aja gan gak ada audio headset, enak aja agan mau ngegosip rame-rame pilotnya gak focus ntar.


Spoiler for Penampakan Co-Pilot sedang ngisi TTS gansist,eh checklist deh,:




Abis Pilot + Co nya komat-kamit pilot akan tarik tuas throttle, baling – baling berputar makin kenceng, tekan tombol sana – sini, co-pilot nyontrengin flight checklist booknya, gansist pada bengong semua sambil ngerasain budek di kuping gansist.

Spoiler for Temen TS, ane jepret dari belakang gan,:




Udah deh biasa nya Pilot akan acungin jempolnya keluar jendela dibalas sama flight dispatcher gan, dan Heli pun perlahan naik vertical keatas setelah ketinggian tertentu Heli akan condong kedepan dan mulai bergerak kearah depan gan, ini pada type Heli yang sering TS tunggangin yee yaitu Sikorsky, jenis lain ada yang berbeda, yang gak mesti condong ke depan gansist.
Terus gimana rasanya TS ?
Nah sekarang Gansist pejamkan mata terus bayangin mesin cuci agan dirumah waktu ngeringin cucian gansist duduk diatas mesin cuci tersebut, kurang lebih gitu deh gansist.
Tapi setidaknya gansist bisa liat – liat pemandangan dibawah selama terbang gan, karena Heli cuma terbang di sekitaran ketinggian ratusan meter saja kalau TS gak salah 300 meteran yee.


Spoiler for Waktu TS terbang di sekitaran Bali gansist, puncak gunung Agung menyembul diantara awan.:




Spoiler for Di ketinggian kita masih bisa liat permukaan laut dan kapal – kapal nelayan walaupun kecil kelihatannya.:




Spoiler for Nyampe ditujuan, Heli landing pintu dibuka ground crewnya, gansist buka seatbelt keluar dan menuju ruang tunggu...:




Spoiler for Sumber ;:

Pengalaman TS Sendiri, foto – foto beberapa comot dari google selebihnya punya TS sendiri.


Spoiler for Yang lain-lainya gansist:

Yang ninggalin jejak, ngasih cendol, ngerate, ane do’ain punya Heli gan,




Quote:Yang mau mampir di trit – trit ane sebelumnya silahkan gansist:
[SHARE]Tembok gak di "ACI" di Thailand gan,
Di Kampung ane VS di Thailand dalam beberapa hal
Video - video inspiratif dari Thailand
Apasaja yang terkenal di luar negeri tentang Indonesia











Ohh om ts kerja di offshore ya?
belum pernah naik heli . jadi kepengen
Sanguan
repot juga yah gan kalo mau naek helicopter.
Quote:Original Posted By cirengpedas
repot juga yah gan kalo mau naek helicopter.

Iye ribet gan

duduk di bangku heli aja ribet gitu apalagi klo duduk di baling" heli
nai heli aja dah kyak gini
gimana kalau kendarai jet tempur yang jungkir balik di film-film
ribet ye gan, kirain langsung naek langsung mumbul ajah wkwkwk
ribet ya
fyuhh...gk kebayangin keadaan duduk pke sitbelt dputer di dalem air.
waw, kerennya..
jadi pengen ikutan naek heli
Wanjir itu cuman naik aja ribet, gimana ngendarainnya yah
naik heli aja mesti berenang dulu
Mirip2 sama naik helicak
Ribet ya gan
Ane ga mau gan naek heli..mau ngetestnya mahal bisa expired lagi hasil testnya..mungkin tiap x beda2 ya model heli nya jadi tiap taun ya mesti test?
Keren gan ts kerja offshore
Calon ht nih
Penjelasanya jelas bgt ternyata harus latihan dlu toh haha
sekarang jarang yaa ada heli lewat di jkt. dulu ane kecil masih banyk kayaknya

pejwan ane tutup ya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar