Pages


Minggu, 30 Agustus 2015

Edward Snowden, 'spesis' terbaru Indonesia


Weleh weleh...
terima kasih mendalam kembali yang amat sangat banyak untuk momod/mimin yang udah mengangkat trit yang sederhana ini menjadi HOT TRIT tanggal 29 Agustus 2015


Ini adalah HT ke-26 ane gan

Spoiler for Hot trit tanggal 29 Agustus 2015:



Terima kasih juga untuk agan2/wati sekalian yang udah menyediakan waktunya untuk mampir ke trit ini, rating dan juga lempar cendolnya ke ane

Bagi yang seringkali mengikuti berita dan politik luar negeri, mungkin nama Edward Snowden sudah tidak asing lagi di telinga. Itu lohhhh, warga negara Amerika Serikat yang sudah beberapa tahun belakangan ini heboh pemberitaannya karena 'membocorkan' rahasia milik negara Paman Sam itu. Penampakannya nih gan:
Spoiler for Mas Snowden::
Spoiler for Sekilas profil Edward Snowden::

Quote:Nah, belum lama ini gan, muncul pemberitaan mengenai penemuan spesies 'crayfish' atau yang dalam bahasa Indonesianya lebih dikenal dengan nama 'udang karang' yang keren dan gaul banget penampilannya, seperti ini gan:
Spoiler for Penampakan si 'crayfish'::

Berita ini sendiri ane baru baca pas awal bulan Mei 2015 ini, berita tersebut dalam bahasa Inggris yang berjudul New 'galaxy' crayfish discovered in Indonesia has a nebula on its shell', kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kira2 seperti ini kali yah bunyinya: 'Spesies udang karang terbaru yang ditemukan di Indonesia memiliki 'nebula' pada cangkangnya. Sedangkan pengertian nebula menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sekelompok bintang di langit yg tampak sbg kabut atau gas pijar bercahaya. Berita yang ane maksud bisa dibaca di sini gan. Dan sebuah sumber asal Indonesia pun sempat memberitakan mengenai udang karang nan cantik ini:

INILAHCOM, Jakarta - Jika biasanya lobster hanya memiliki satu jenis warna di bagian tubuhnya, maka berbeda dengan lobster yang satu ini. Berasal dari wilayah Papua, lobster air tawar ini dinobatkan sebagai lobster tercantik di dunia karena memiliki warna-warna indah di sekujur tubuhnya.

Lobster air tawar itu sebenarnya sudah menjadi komoditas perdagangan sejak 10 tahun terakhir. Ilmuwan baru mengetahui bahwa lobster tersebut merupakan jenis baru ketika melakukan riset beberapa waktu lalu.

Adalah Christian Lukhaup, seorang ilmuwan dari Hinterweidenthal, Jerman, yang pertama kali menyadari keunikan lobster asal Indonesia itu saat melihat hasil jepretan foto milik kawannya. Ia pun tertarik untuk melihat langsung lobster tersebut di toko hewan peliharaan.

Awalnya, Lukhaup tidak mengetahui asal lobster itu sebab ketika ia bertanya kepada para pedagang, rata-rata dari mereka pun tak mengetahui atau sengaja menyembunyikan.

Kemudian, ia pun melakukan analisis awal terhadap jenis lobster tersebut hingga diketahui bahwa hewan cantik ini merupakan anggota dari genus Cherax. Bertanya kepada para pemasok, akhirnya ia mendapatkan informasi bahwa lobster dalam foto tersebut berasal dari Papua.

"Melakukan penelitian ini seperti melakukan sebuah penyelidikan untuk kasus kriminal," ujar Lukhaup seperti dilansir NewScientist.

Berbekal rasa ingin tahu yang besar, ia lalu berangkat ke Papua. Sambil menyusuri wilayah perairan di ujung timur Indonesia itu, ia pun terus bertanya kepada penduduk lokal perihal lobster yang banyak diperdagangkan sebagai produk ikan hias tersebut.

Hingga akhirnya, ia sampai di kawasan aliran sungai Hoa di desa Teminabuan, wilayah Kepala Burung Papua. Di situlah ia berhasil menemukan buruannya.

Lukhaup lalu membandingkannya dengan sejumlah spesies Cherax lainnya, termasuk Cherax Boesemani, yang secara morfologi sangat mirip dengan lobster jenis baru ini. Terungkap bahwa berdasarkan ukuran, pola warna, dan karakteristik capitnya, lobster air tawar itu merupakan jenis baru.

Ia pun menamai lobster itu Cherax Pulcher. Dalam bahasa latin 'pulcher' berarti 'cantik'. "Dengan warna yang benar-benar mencolok, saya pikir ini salah satu lobster paling cantik yang pernah ada di dunia," kata Lukhaup.

Sayangnya, perburuan besar-besaran terhadap lobster ini untuk dijadikan komoditi perdagangan ikan hias, membuat populasinya terancam. Ditambah lagi dengan pesatnya jumlah pertumbuhan penduduk di Papua yang secara otomatis akan meningkatkan pencemaran sungai.

Profesor Zachary Loughman, pakar biologi dari West Liberty University di West Virginia, AS, mengatakan bahwa sejauh ini lobster jenis Cherax Pulcher diketahui hanya ditemukan di satu tempat.

"Mungkin lobster jenis ini memiliki rentang habitat yang hanya terdapat di satu aliran perairan. Jadi jika ada apa-apa dengan perairan tersebut, maka makhluk ini akan musnah," ujarnya.

Menurut Profesor Loughman, lobster merupakan salah satu spesies paling terancam di dunia. Banyak orang memperhatikan keterancaman harimau, orangutan, dan badak, tetapi tidak untuk lobster.
Quote:Berita terkait:
Ditemukan Spesies Lobster Baru di Papua

penabahari.com – Spesies baru lobster air tawar, Cherax (Astaconephrops) pulcher, ditemukan di Sungai Hoa, di wilayah distrik Teminabuan, Sorong Selatan, Papua Barat. Adalah Christian Lukhaup dari Hinterweidenthal, Jerman, yang menemukan dan mempublikasikan temuannya itu dalam jurnal ZooKeys 502:1-10 (2015).

Lobster dengan warna-warni menawan itu, oleh Lukhaup diklaim sebagai salah satu yang tercantik di bumi.

Nama “pulcher” yang diberikan Lukhaup berasal dari bahasa Latin yang bermakna cantik. Dengan tambahan C. pulcher, kini Indonesia memiliki 19 jenis lobster air tawar.

Secara morfologi, C.pulcher mirip dengan Cherax boesemani yang hanya ditemukan di Danau Ayamaru dan Sungai Ayamaru, Distrik Ayamari, Kabupaten Maybrat, 22 kilometer dari Sungai Hoa.

Bedanya, C. pulcher lebih kecil (panjang maksimal 12 cm), sedangkan C. boesemani bisa mencapai 25 cm. Perbedaan lainnya, warna C. boesemani umumnya merah kehitaman atau oranye, sedangkan C. pulcher umumnya biru hingga biru kehitaman dan putih.

Menurut Lukhaup, sebelum ia teliti dan daftarkan sebagai spesies baru, C.pulcher sebenarnya sudah diperdagangkan, setidaknya 10 tahun terakhir. Bahkan, Lukhaup pertama kali melihat lobster air tawar jenis baru itu di toko hewan peliharaan di Sorong, sebelum ia temukan di habitat aslinya.

Dikatakannya, maraknya perdagangan telah mengancam keberadaan lobster ini. (RN)Sumber
Quote:Nah ane baru aja baca berita yang judulnya '​New species of crayfish discovered in Indonesia named after NSA whistleblower Edward Snowden', kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia yah artinya 'Spesies udanbg karang terbaru di Indonesia diberi nama 'Edward Snowden', si pembocor rahasia AS'. Beritanya dalam bahasa Inggris:Quote:Edward Snowden is famous for leaking information from the United State’s National Security Agency, a daring move that revealed the US government’s massive surveillance programs used to monitor people all over the globe. It also forced him to flee the US and ensured that he could never return to his homeland without being arrested (he is currently hiding out in an undisclosed location in Russia).

For his sacrifice, Snowden has been called both a hero and a traitor. And now he has a really cool looking crayfish named after him.

The Cherax snowden was discovered in the Oinsok River located in the Sawiat District in the central part of the Kepala Burung Peninsula in West Papua. One was captured by a local collector and eventually made it’s way to an aquarium in Germany where it was identified by Christian Lukhaup from the Humboldt University of Berlin and colleagues as a distinct species of crayfish that had never been classified before.

“The new species is named after the American freedom fighter Edward Joseph Snowden. He is honored due to of his extraordinary achievements in defense of justice, and freedom,” Lukhaup and his co-authors wrote in the paper announcing their discovery of the species, published in the journal Zookeys.

Like the human Snowden, many of the the snowden crayfish are kept in captivity. The paper by Lukhaup warns that the uniquely colored species may be becoming too popular with aquarium collectors which could threaten their long-term survival if conservation programs are not put in place.
Kalau dalam bahasa Indonesia:Quote:Edward Snowden terkenal karena membocorkan rahasia dari badan keamanan Amerika Serikat (NSA), sebuah langkah yang amat mendebarkan yang mengungkapkan program masif pemerintah AS untuk memata-matai manusia di seluruh dunia. Hal tersebut pun memaksa Snowden untuk kabur dari AS dan dia tidak akan pernah bisa kembali ke kampung halamannya tanpa penangkapan (saat ini konon Edward Snowden tengah bersembunyi di lokasi yang tidak diberitakan di media, namun konon berada di Rusia).

Untuk pengorbanannya itu, Snowden dianggap sebagai pahlawan, namun juga pengkhianat. Dan sekarang, namanya diabadikan sebagai nama udang cantik yang berasal dari Indonesia.

Cherax snowden ditemukan di sungai Oinsok, wilayah Sawiat di Papua Barat. Satu ekor sempat ditangkap oleh kolektor lokal dan sampai akhirnya si udang cantik ini singgah di sebuah akuarium di negara Jerman yang kemudian menarik minat Christian Lukhaup dari Universitas Humboldt, Berlin dan rekanannya, dan memutuskan kalau spesies ini adalah spesies udang karang yang sangat unik dan tidak pernah diklasifikasikan sebelumnya.

'Spesies terbaru ini dinamakan Edward Joseph Snowden, pejuang 'kebebasan' asal Amerika Serikat. Ini adalah penghargaan untuk Snowden karena kerjanya di bidang keadilan dan kebebasan', kata Lukhaup dan rekannya dalam tulisannya mengenai penemuan spesies ini yang sudah dipublikasikan di jurnal Zookeys.

Layaknya Edward Snowden itu sendiri, banyak dari udang karang ini disimpan dalam kerangkang. Dalam tulisannya, Lukhaup mengingatkan bahwa kecantikan dan keanggunan spesies ini justru bisa jadi 'boomerang' tersendiri bagi kelangsungan hidup spesies ini apabila program konservasi tidak dijalankan untuk melindungi spesies ini.
Sumber berita

Quote:Foto-foto si lobster cantik ini gan:
Spoiler for Tengok di sini gan::

Spoiler for Cek gan::





Komentar ane:
Sungguh Indonesia itu amat sangat kaya dengan flora dan faunanya, dan ane pribadi berharap semoga si spesies cantik ini tidak cepat musnah karena penangkapan yang berlebihan tanpa program perlindungan yang layak untuk spesies yang satu ini. Bahkan orang luar negeri pun mengagumi spesies yang kadang ditelantarkan oleh 'pemiliknya' yaitu orang Indonesia. Dan jangan sampai pada akhirnya spesies ini 'berpindah rumah' ke negara lain karena perhatiannya yang lebih besar untuk spesies ini.
Quote:Sumber-sumber:
Lebih jauh tentang Edward Snowden
Sumber dari Inilah.com
Sumber foto.

Tambahan dari kaskuser:
Quote:Original Posted By 889988
Gan maaf koreksi ... Teminabuan itu bukan desa . Teminabuan itu ibukota dr kabupaten sorong selatan.. Setau ane sama masyarakat disana udang ini disebut udang selingkuh klo nggak salah dia termasuk udang air tawar.. Salam dr Papua Barat gan..
Spoiler for Hot trit ane lainnya gan/sis::

Patung Jenderal Besar Soedirman tidak hanya di dalam negeri-> HT#25
Prestasi Indonesia di Kejuaraan Bulutangkis Dunia dari masa ke masa-> HT#24
Legenda Bulutangkis Indonesia di BWF Hall of Fame-> HT#23
Raja Ampat dan TN Komodo masuk destinasi snorkeling terbaik di dunia -> HT#22
Arus bebas tenaga kerja terampil ASEAN, untung atau buntung...? ->HT#21
6 animator Indonesia yang mendunia-> HT#20
Nitya/Gresya juarai ganda putri Taiwan Open 2015! -> HT#19
Ini alasan Indonesia pantas bebas visa Schengen -> HT#18
Menengok keindahan Cayman Islands (Kepulauan Cayman), negeri tanpa 'pajak' di Karibia -> HT#17
Nama-nama tempat ini kadang 'tertukar' gan -> HT#16
Fakta unik lainnya tentang Rupiah -> HT#15
Frogdive, klub selam ekspedisi sejarah bawah laut Indonesia -> HT#14
(Nostalgia) Karir `Band Satu Juta Copy` Sheila on 7 (Infografis) -> HT#13
Negara lain pun jadi 'klien' PERURI -> HT #12
Dilema skripsi, dihapus atau tidak? -> HT #11
(sejenak direnungkan) 10 peribahasa terpopuler Indonesia -> HT #10
Mereka yang 'pertama' di Kabinet Kerja RI -> HT #9
Negara yang 'ter-' se-ASEAN -> HT #8
Patricia Yora, pilot cantik termuda kebanggaan Indonesia -> HT #7
Bali, sebuah pulau dengan berbagai penghargaan -> HT #6
Gedung Indonesia-1, calon gedung tertinggi di Indonesia -> HT #5
TNI menang mutlak di kejuaraan menembak di Australia -> HT #4
Lilyana/Tontowi juara ganda campuran Asia-> HT #3
Tengok wajah baru Paspor Republik Indonesia -> HT #2
SBY:Indonesia masuk 10 besar ekonomi dunia gan! -> HT #1 tapi udah ditutup

Potonya kok kagak nongol ya gan. Btw, entar ane browsing ah si udang nih
Quote:Original Posted By sandbox466
Potonya kok kagak nongol ya gan. Btw, entar ane browsing ah si udang nih


nongol kokkkk gan...
di tempat ane sih nongol, coba kasih waktu beberapa detik gan, soalnya gambarnya bisa dibilang cukup besar...
kirain berita apa gan hehe. judulnya cerdas, bikin penasaran
Quote:Original Posted By charlies280590


nongol kokkkk gan...
di tempat ane sih nongol, coba kasih waktu beberapa detik gan, soalnya gambarnya bisa dibilang cukup besar...


Oke gan, maacih
Snowden dikutuk jd udang sama NSA
Quote:Original Posted By fraight
kirain berita apa gan hehe. judulnya cerdas, bikin penasaran



ini judulnya sih bisa dibilang hiperbola nan metafora kali yah gan...
tapi kan bukan tipu muslihat toh
wah udang yah gan ternyata, keren juga
Quote:Original Posted By sandbox466
Oke gan, maacih

masama gan
udah muncul belom gan ngomong2 gambar2nya?
Quote:Original Posted By urtin3
Snowden dikutuk jd udang sama NSA


malah menurut ane ini sindiran buat amerika dari si orang jerman itu gan...
Si Snowden malah dijadiin nama lobster cantik, bukannya bekicot beracun ato ular berkepala dua gitu gan maksud ane...
Quote:Original Posted By noiseboy
wah udang yah gan ternyata, keren juga


iya gan udang, judul beritanya kan gak menyesatkan yah gan?
info yg bagus, terima kasih gan
tulisanny koq gk nongol gan? , cmn ad gmbr lobster aj nih
Quote:Original Posted By Maccross
info yg bagus, terima kasih gan

masama gan

Quote:Original Posted By ComeAgain
tulisanny koq gk nongol gan? , cmn ad gmbr lobster aj nih


hah? masa gan...????
malah tadi ada yang gambarnya gak muncul...
masa tulisannya kagak muncul gan...? coba direfresh ulang gan...
Quote:Original Posted By charlies280590


iya gan udang, judul beritanya kan gak menyesatkan yah gan?


sesat dikit lah gan, klo yg kejer setoran pasti ga liat
Quote:Original Posted By noiseboy


sesat dikit lah gan, klo yg kejer setoran pasti ga liat



tega bener gan, 'kejar setoran'
wah lobster yah gan
Quote:Original Posted By charlies280590

masama gan
udah muncul belom gan ngomong2 gambar2nya?

Udah kok gan
ane rasa masih banyak pasti spesies lain yg belum ditemukan di indonesia.....

moga2 aja si mamat yg nemuin biar namanya jadi mamat fish, sutardi lobster dll....
Quote:Original Posted By charlies280590





ente quota appan gan ? koq cmn salaman doang
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar