Pages


Jumat, 11 September 2015

Game-game fighting 2D tahun 90-an yang keren!! (gamer 90-an masuk dong..)


Quote:Quote:Game dengan genre fighting merupakan genre yang lumayan tua, yang diperkenalkan sejak jaman console Nintendo muncul. Dengan gameplay yang mempertarungkan dua karakter satu lawan satu, tentu genre ini menawarkan tingkat kompetisi dan level permainan dengan tensi dan adiksi yang sangat tinggi. Pada tahun 90-an boleh dibilang merupakan masa keemasan genre ini, apalagi waktu itu dengan menjamurnya berbagai mesin arcade di berbagai game center di mall maupun bioskop. Banyak developer berlomba-lomba menelurkan game-game fighting dengan kualitas jempolan yg mampu membuat para penggemar genre ini dimanja. Sayang, seiring dengan perkembangan jaman dan memudarnya popularitas mesin arcade, genre ini mulai terkikis. Judul-judul yang dulu sempat melegenda perlahan-lahan hilang digantikan oleh genre-genre baru. Berikut beberapa game-game fighting yang dulu sempat populer di mesin arcade.

Quote:17. The Last Blade (1997)Developer: SNK
Publisher: SNK
Quote:Game ini merupakan weapon-based fighting game, dan dimaksudkan sebagai suksesor Samurai Shodown series. Ada 18 karakter yang bisa dimainkan yang masing-masing memegang senjata dengan keunikannya sendiri-sendiri. Masing-masing memiliki combo dan desperation move yang berbeda-beda. Bagi penggemar anime bersetting restorasi Meiji akan marasa akrab dengan beberapa karakter seperti Keiichiro Washizuka yang merupakan komandan satuan polisi era itu, Shinsengumi. Sequel game ini, The Last Blade 2 dirilis tahun 1998.


Quote:16. X-Men: Children of The Atom (1994)Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Quote:Merupakan game fighting adaptasi dari film animasi X-Men tahun 1990-an. Ada 10 karakter mutant yang terdiri dari anggota X-Men dan komplotan Magneto yang bisa dimainkan, termasuk robot pemburu mutant, Sentinel. Gameplay-nya mirip game-game fighting Capcom fast-paced seperti Street Fighter Zero atau Darkstalkers. Setiap karakter mutant dapat mengeluarkan jurus spesial yang disebut "X-Power" (seperti Berserker milik Wolverine) yang dapat dilakukan setelah "X-Gauge" penuh terisi.


Quote:15. Far East of Eden: Kabuki Klash (1995)Developer: Racdym
Publisher: Hudson Soft
Quote:Game ini sebenarnya merupakan spin-off dari Far East of Eden (Tengai Makyō), sebuah game RPG yang dirilis untuk The TurboGrafx-CD tahun 1989. Ada 8 karakter yang tersedia. Gameplay-nya yang merupakan weapon-based fighting game, mirip dengan The Last Blade atau Samurai Shodown series, dengan style sprites karakter bergaya anime.


Quote:14. Street Fighter III: The New Generation (1997)Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Quote:SF III merupakan sekuel langsung dari Street Fighter II: The World Warrior, dengan berbagai perombakan, baik graphic, gameplay, maupun roster karakternya. Semua karakter adalah pendatang baru kecuali Ryu dan Ken. Ada 10 karakter yang bisa dimainkan. Game ini mengadopsi sistem Super Combo seperti Street Fighter Zero, yang disini disebut Super Arts. Tidak seperti game fighting Capcom lainnya, tempo bermain game ini cenderung lambat. Graphicnya sangat luar biasa untuk ukuran game 2D tahun itu. Game ini mempunyai 2 sequel yaitu 2nd Impact (1997) dan 3rd Strike (1999)


Quote:13. Double Dragon (1995)Developer: Technos Japan
Publisher: Tecnos Japan, SNK
Quote:Game ini merupakan adaptasi dari film Double Dragon (1994). Dari 12 karakter yang bisa dimainkan, hanya 6 yang merupakan karakter dari filmnya yaitu Billy, Jimmy, Marian. Abobo dan Koga Shuko sebagai final boss. Masing-masing karakter mempunyai jurus special yang disebut charge moves. Gameplay standard game fighting, bahkan cenderung agak kaku dan susah dikuasai. Dari semua karakter, hanya Billy dan Jimmy yang bisa berubah bentuk menjadi lebih kuat, seperti di filmnya.


Quote:12. Marvel vs Capcom: Clash of Super Heroes (1998)Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Quote:Game ini merupakan installment ketiga game crossover milik Capcom, setelah X-Men vs Street Fighter dan Marvel Super Heroes vs Street Fighter. Gameplaynya masih menggunakan mode tag-team dimana player dapat memilih dua dari 15 karakter dari universe Street Fighter dan Marvel Comics dan dapat menggantinya saat bertarung. Seperti dua game sebelumnya, ritme game ini sangat cepat dengan efek-efek yang masif, dan masing-masing karakter dapat mengeluarkan special-moves yang sangat dahsyat.


Quote:11. Dragon Ball Z (1993)Developer: Banpresto
Publisher: Banpresto
Quote:Sebenarnya game ini hanya dirilis eksklusif di Jepang saja, tapi entah bagaimana bisa bocor kemana-mana bahkan sampai ke Indonesia. Jangan berharap game-nya seperti animenya yang penuh dengan pertarungan super dahsyat. Justru secara gameplay, pergerakan karakternya sangat kaku dan jurusnya juga susah dikeluarkan. Bahkan proyektil seperti kamehameha juga terlihat sangat kecil. Ada 8 karakter yang bisa dimainkan, dan plot ceritanya adalah Freiza saga.


Quote:10. Street Fighter Zero: Fighters Generation (1995)Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Quote:Seri Street Fighter setelah Super Street Fighter II: The Newcomers (1994) dimana gameplay dan graphicnya dioverhaul habis-habisan. Animasi graphicnya mirip X-Men: Children of The Atom atau Darkstalkers. Ada 10 karakter yang bisa dimainkan, beberapa original dari game sebelumnya seperti Ryu, Ken dan Chun Li serta tambahan karakter baru. Yang menarik, Guy dan Sodom dari seri Final Fight muncul disini. Seri ini diperkenalkan fitur-fitur baru seperti Chain Combos, Air Block dan Super Combos.Sekuelnya dirilis kemudian yaitu SF Zero 2 (1996) dan SF Zero 3 (1998)


Quote:9. Art of Fighting (1992)Developer: SNK
Publisher: SNK
Quote:Sebenarnya secara plot, game ini merupakan prequel dari serial Fatal Fury. Hanya ada dua karakter yang bisa dimainkan jika bermain single player / story mode, yaitu Ryo dan Robert. Ada fitur unik yang disematkan disini yaitu body damage (muka karakter akan bonyok jika kena pukul) dan dynamic camera zoom, dimana layar akan zoom-out jika karakter saling menjauh dan desperation move. Total ada 10 karakter, dan selain dua tokoh utama. karakter lain hanya dapat dimainkan via 2 player mode. Game ini memiliki sekuel yaitu Art of Fighting 2 (1994) dan Art of Fighting 3: The Path of The Warrior (1996).


Quote:8. Darkstalkers: The Night Warriors (1994)Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Quote:Game ini mempunyai premis yang unik yaitu para tokohnya merupakan monster-monster dari kisah horror legendaris dunia. Ada succubus, vampire, mummy, werewolf bahkan monster Frankenstein. Gameplay dan animasinya mirip sekali dengan game-game fighting Capcom lainnya seperti Street Fighter Zero atau Marvel vs Capcom. Ada 12 karakter monster yang bisa dimainkan. Game ini memiliki beberapa sequel yaitu Darkstalker's Revenge (1995) dan Vampire Savior (1997).


Quote:7. Marvel Super Heroes (1995)Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Quote:Seperti halnya X-Men: Children of The Atom, game ini mempertarungkan para superhero Marvel tetapi dari universe yang lebih luas lagi. Ada 10 superhero yang bisa dimainkan. Mekanisme gameplaynya masih sama, fast-paced dengan fitur super-combo. Yang unik, di game ini ada fitur bernama Infinity Gems. Karakter yang mendapatkan gem-gem tersebut akan memperoleh keuntungan tertentu seperti recovery dan kecepatan yang meningkat. Salah satu villain terkuat di Marvel universe, Thanos, diplot sebagai final boss. Dan hal itu tentu memberi penjelasan kenapa ada fitur Infinity Gems di game ini.


Quote:6. Real Bout Fatal Fury (1995)Developer: SNK
Publisher: SNK
Quote:Merupakan installment ke-empat serial Fatal Fury. Gameplay-nya masih mengadopsi Fatal Fury 3, dimana karakter dapat berpindah "jalur" saat bertarung. Fitur game ini cukup banyak seperti Guard Cancel, dan Super Special Moves yang bisa dikeluarkan setelah Power Gauge terisi. Yang menyenangkan (atau menyebalkan) game ini mengadopsi sistem ring-out, dimana karakter akan langsung kalah jika dia terlempar keluar dari arena. Ada 16 karakter yang bisa dimainkan, termasuk sang boss, Geese Howard. Sekuelnya, Real Bout Fatal Fury 2: The Newcomers dan Real Bout Fatal Fury Special dirilis setahun kemudian.


Quote:5. Power Instinct (1993)Developer: Atlus
Publisher: Atlus
Quote:Game ini lumayan unik karena nuansanya yang kocak. Ada 8 karakter yang bisa dimainkan. Yang membedakan dari game fighting sejenis adalah dimana beberapa tokohnya dapat berubah wujud seperti si nenek Otane Goketsuji yang dapat berubah jadi gadis cantik. Ada beberapa fitur unik dari game ini seperti double jump dan dashing attack. Game ini populer disebut "game simbah" yang mengacu pada tokoh utamanya yang nenek-nenek atau "game si botak" karena karakter yang paling digemari adalah seorang biksu bernama Thin Nen. Sequelnya, Power Instict 2 dirilis setahun kemudian.


Quote:4. X-Men vs Street Fighter (1996)Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Quote:Kalau dibayangkan, rasanya mustahil para pendekar Street Fighter bisa mengimbangi kekuatan mutant para anggota X-Men, tapi game ini menepisnya. Para karakter Street Fighter dibuat overpowered sehingga layak bertarung dengan anggota X-Men. Ada 18 karakter yang bisa dimainkan dalam mode 2 vs 2 battle tag team yang bisa berganti setiap saat. Di game ini banyak diperkenalkan beberapa fitur baru seperti Aerial Rave, Super Combo dan Double Super Combo. Bentuk karakter kedua pihak mengikuti game sebelumnya yaitu Street Fighter Zero dan X-Men: Children of The Atom.


Quote:3. Samurai Shodown (1993)Developer: SNK
Publisher: SNK
Quote:Jika saat itu game-game fighting kebanyakan bersetting jaman modern dengan pertarungan tangan kosong, game ini justru tampil beda dengan menawarkan setting jaman feodal Jepang (tepatnya era Tokugawa) dan pertarungan dengan senjata. Bisa dibilang game ini merupakan pionir dari weapon-based fighting game. Ada 12 karakter yang bisa dimainkan dengan senjata khas masing-masing. Gore dan darah lumayan banyak disini, bahkan tubuh karakter dapat terbelah saat dia kalah. Game ini mempunyai beberapa sekuel, dan telah mencapai sekuel ke 6.


Quote:2. The King of Fighters '94 (1994)Developer: SNK
Publisher: SNK
Quote:Game ini semacam all-star battle, yang berisi para jagoan-jagoan dari game-game keluaran SNK seperti Fatal Fury, Art of Fighting, Ikari Warriors dan Psycho Soldier dan beberapa merupakan karakter baru original dari gamenya. Total ada 8 team dari 8 negara yang dapat dipilih dimana masing-masing team berisi 3 karakter sehingga battle sistemnya adalah tag team battle 3 vs 3. Desperation Move seperti game Art of Fighting disematkan disini. Game ini memiliki sequel cukup banyak, karena memang dirancang sebagai game yang rilis secara tahunan. Walaupun dirilis tahunan, perubahan roster pemain, munculnya pemain baru serta kekuatan para karakter yang merata membuat tanggapan fans selalu positif.


Quote:1. Street Fighter 2: The World Warrior (1991)Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Quote:Sebenarnya, game ini merupakan sequel dari game Street Fighter (1989). Tidak seperti prequelnya, graphic dan gameplay game ini mengalami perombakan habis. Gerakan pemainnya lebih luwes dengan jurus-jurus yang lebih mudah dikuasai didukung oleh graphic yang sangat luar biasa waktu itu. Total hanya ada 8 karakter yang dapat dimainkan. Saat pertama kali dirilis, game ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dan merupakan tonggak awal dari era game fighting. Begitu suksesnya game ini, membuat seveloper lain berlomba-lomba menciptakan game sejenis sehingga muncullah berbagai franchise game fighting seperti yang tersebut di atas. Upgrade-nya, SF2: The Champion Edition dirilis setahun kemudian dengan penambahan ekstra 4 karakter boss yang sebelumnya tidak bisa dimainkan. Street Fighter bisa dibilang hanya satu dari beberapa seri game fighting yang masih bertahan sampai sekarang.


UPDATE:
Quote:Mortal Kombat (1992)Developer: Midway
Publisher: Midway
Quote:Bagi penggemar game fighting yang sarat dengan darah dan gore, pasti mengenal game ini. Yang unik, sprites animasi karakternya merupakan caption dari aktor sungguhan, sehingga game ini terkesan realistis (walau mungkin tidak begitu). Ada 7 karakter yang bisa dimainkan, yang semuanya merupakan tokoh2 ikonik yang selama ini kita kenal. Berbeda dengan game fighting lain, gerakan, kecepatan dan damage semua karakter bisa dibilang sama. Dan satu lagi inovasi sistem blocking yang memakai tombol khusus. Yup, disaat semua game fighting 2D memakai tombol mundur untuk blocking, game ini justru memakai tombol aksi untuk blocking. Player yang belum terbiasa akan lumayan kerepotan. Di game ini, diperkenalkan fitur yang sangat legendaris: Fatality, yaitu menghabisi musuh yang sudah sekarat dengan sebuah gerakan spesial. Sequel game ini yang dulu populer yaitu Mortal Kombat II (1993), Mortal Kombat III (1995) dan Ultimate Mortal Kombat III (1996).


Quote:Quote:Nah, itu tadi beberapa game fighting yang sempat merajai di tahun 90-an. Yah mungkin sebagian didominasi oleh Capcom dan SNK, karena memang dua developer itulah yang pada waktu itu nerupakan dua developer paling besar yang bersaing. Sayang sekali hampir semua seri yang sudah ane sebutkan harus hilang ditelan bumi, dan hanya beberapa yang bertahan. Bagi yang game-nya belum disebutkan, mohon maaf karena keterbatasan waktu TS dalam menyusun trit ini. Bagi yang mau menambahkan akan TS masukkan pejwan.



Quote:Sumur:
http://www.ranker.com/list/all-fight...ference?page=2
http://www.complex.com/pop-culture/2...e-video-games/
http://www.thetoptens.com/best-fighting-games/
https://en.wikipedia.org



Quote:Untuk bahan review, ane terpaksa minta bantuan MAME32 plus! plus! versi 0.117 gan,
habis udah banyak game-nya yang lupa, hehe



Trit ini bahas game fighting 2D tapi kenapa masih banyak yang minta Tekken dimasukin,
padahal kan Tekken game fighting 3D

Quote:Tekken 3

Quote:Original Posted By moonkuna
KILLER INSTINCT (1993) gan, grafiknya paling bagus di masa itu gan



Quote:Original Posted By TheSmith
gan, game favorit gw kok ngga masuk sih... NINJA MASTER !!
masukin dong..

spoiler

ini kombo-nya paling banyak gw rasa !!



page one please



kalo agan berkenan, bisa kunjungi trit ane yang laen dan dijamin tiada copas diantara kita:
Quote:Trit ane yang HT (Hot Thread)
Tentang game:
Senapan mesin (machine gun) yang populer di game-game modern military shooter
Jagoan-jagoan game yang punya skill maling tingkat dewa..!!
Game-game balap mobil anti-mainstream (gak cuma ngegas doang)..!!
Game-game beat 'em up (bak-bik-buk) arcade ding-dong yang ngabisin banyak koin!!
Bosen sama Call of Duty & Battlefield? Coba game-game military shooter ini gan...
Soundtrack game-game Playstation paling memorable (gamer 90an masuk dong..)
Game-game Jurassic Park yang keren (game Jurassic World juga ada lho..!!)
Kangen sama game petualangan jadul? Coba game-game keren ini gan..!!
[AWASS..!!] Inilah tokoh-tokoh game yang sangat kejam, sadis dan brutal..!!
Game-game horor yang dijamin bikin ente ngompol di celana..!!
Cerita dalam The King of Fighters [persembahan buat teman-teman fanboy KOF]
Tindakan KDRT yang sering dilakukan para gamer
Kisah dalam serial Fatal Fury (khusus buat para fanboy)
Tentang movies & anime:
Profil karakter Kura-Kura Ninja (TMNT) versi komik (lebih komplit dan sadis!)
[TOP!!] Soundtrack-soundtrack film paling indah dan keren yang tak lekang oleh waktu
Para jagoan film action yang punya skill tempur tingkat dewa..!!
Ini nih yang bikin para penjahat di film kalah mulu (bego tingkat dewa..!!)
Para penjahat di film yang lebih keren dari jagoannya..!! (ada Mad Dog lho)
Film-film adaptasi game ini bukan bikinan Hollywood [TAPI KEREEN...!!!]
Tokoh utama adalah tokoh paling kejam di film. Ini buktinya..!!
Film-film dar-der-dor Hongkong (mandarin) jadul yg keren!
(SADIS) Inilah para jagoan film yg paling bnyk membunuh - killcount > 75
Para tokoh anime ini jarang banget tersenyum. (sariawan akut kali ya...)
Tentang hal-hal lain:
Lagu-lagu bertema sepakbola yang keren (maniak sepakbola masuk!!)
Inikah yang kita rasakan jika kehilangan rekan kerja (meninggal..)
Hal-hal yang bisa bikin hari libur kita berantakan.
Ini nih tipe-tipe thread (trit) di Lounge Kaskus. (ente suka yang mana?)
Smartphone lokal mudah rusak? Tidak! Jika tahu cara merawatnya
Quote:Trit ane yang GHT (Gagal Hot Thread)
Sebuah kisah antara sang pemilik toko dan gelandangan (sangat menyentuh gan..)
Kumpulan captcha paling susah. (ente bisa mecahin nggak?)
Para jagoan cewek di game yang kostumnya kurang bahan.
Lelaki sejati itu menghormati wanita (MAHO DILARANG MASUK..!!)
ebuset...

bikin thread nyicil, kayak kredit motor
ane maen yg x men ntu gan
Bersambung ya gan...
ane sih dulu street fighter gan
game beginian nih yang bikin ane sering berantem sama temen ane
aww, i miss my childhood
bikin tritnya lucu amet wkwkwk
sikit2, emangnya ente kredit motor
yang paling sering ane mainin dulu mortal kombat, fatal fury, dragon the bruce lee story, & street fighter...

calon ht kah?
Quote:Original Posted By vhesckot_1601
ebuset...

bikin thread nyicil, kayak kredit motor


wkwkwk
Mejeng dulu aja
king of fighter. game jaman dingdong
Reverse

Fatal fury
Kof
Tekken
Street fighter
Double dragon
Samurai showdown
tanggung amat tritnya
Mortal Kombat nomor 1!!!
TSna kunaon ieu teh dicicil sagala
Trit opo iki
TMNT gan,, di snes seru abis dlu suka main ama kaka taun 90an

klo franchise capcom, snk ama marvel dll mainnya di generasi psx hehe.. ato gan di dingdong game-ma*ter
yaelah pake bersambung segala.
ane sih biasanya maen mortal kombat
Wkwk si agan, bikin thread nyicil apa gak sengaja kepencet
Quote:Original Posted By dewistimila
king of fighter. game jaman dingdong


iye itu bikin abis koin aja
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar