Pages


Selasa, 11 Agustus 2015

Inilah Drone terbaik 2015! dan Aturan Mainnya di Indonesia



Inilah Drone terbaik 2015! dan Aturan Mainnya di Indonesia

Quote:HOT THREAD 10-08-2015
HT#9 Setelah Thread sebelumnya HT juga
Terimakasih Mimin, Momod, All Officer KASKUS dan Kaskuser Sejagad Indonesia
yang bantu rate dan komen yang bermanfaat


Spoiler for Check HT:


Spoiler for No Repost:
Repost not detected
Maaf gan kalo ternyata


INTRO
Quote:Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam Agan semua dimanapun agan berada, semoga sehat sentosa bahagia dunia dan akhirat, aamiin. Sebelum kebawah alangkah baiknya kalo di dan dulu biar ga ada salah paham diantara kita

LANGSUNG KE TKP
Quote:
Drone bisa disalahgunakan untuk mengintip rumah tetangga atau melakukan kegiatan pengintaian. Selain penggunaan untuk aktivitas negatif tersebut, drone sesungguhnya bisa membantu dalam operasi penyelamatan bencana alam, pantauan udara terkait lalu lintas, pengawasan, dan sebagainya.

Drone saat ini sudah dijual bebas, drone dijual di beberapa situs online shopping populer di Indonesia. Harga drone juga bervariasi dan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Bagi para pengguna pemula, barangkali bingung memilih drone apa yang tepat untuk mendukung aktivitas. Dilansir Myfirstdrone, Kamis (6/8/2015), berikut daftar drone terbaik yang beredar di pasaran :


Quote:1. DJI Phantom 3
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Quote:
Salah satu drone terbaik saat ini ialah Phantom 3. Beberapa fitur canggih membuatnya menduduki posisi top di antara drone-drone lainnya. DJI Phantom 3 mendukung fitur video 4K, streaming video Live HD, fitur charger baterai berkecepatan tinggi, serta waktu terbang selama 20 menit. Drone jenis ini dibanderol dengan harga Rp16 hingga 19 jutaan.



Quote:2. DJI Inspire 1
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Quote:
Serupa dengan DJI Phantom 3, DJI Inspire 1 juga mendukung fitur rekam video 4K, streaming video HD. Selain itu, drone Inspire 1 juga mendukung teknologi 'optical flow stabilization', dual pilot operation dan memiliki kecepatan top di 50MPH serta memiliki desain bodi yang sedikit lebih gahar. Drone quadcopter ini dibanderol dengan harga Rp45 hingga Rp47 jutaan.



Quote:3. Yuneec Q500 4K
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Quote:
Dibandingkan DJI dan 3D robotics, Yuneec dianggap perusahaan yang belum terkenal. Model q500 4K merupakan drone model terbaru yang memiliki fitur video 4K seperti Phantom 3. Beberapa keunggulan Yuneec Q500 4K antara lain, fitur dua baterai serta mendukung 'hand mount' yang memungkinkan pengguna mengambil kamera beserta perangkat gimbalnya. Model Yuneec Q500 4K dibanderol dengan harga Rp16,9 jutaan.



Quote:4. 3DR Solo
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Quote:
Drone 3DR Solo dapat dilengkapi kamera GoPro Hero 4. Dengan demikian, bagian kamera dapat dilepas dan digunakan untuk keperluan mengabadikan momen di darat. Perbedaan terbesar yang membuat 3DR Solo unggul dibanding drone lainnya ialah kemampuan modular atau upgrade.

Drone ini dibekali dengan gimbal bay dan aksesoris bay, yang memungkinkan perusahaan pihak ketiga menciptakan gimbal dan aksesoris drone jenis baru. Drone ini dibanderol dengan harga USD999 atau sekira Rp13,4 jutaan. Pengguna bisa mengocek saku lebih besar, yakni biaya USD1.900 atau sekira Rp25,6 jutaan untuk bundling bersama GoPro Hero 4 Black Edition.



Quote:5. Hubsan X4
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Quote:
Drone Hubsan X4 memiliki ukuran kecil dan memiliki beberapa versi. Dalam versi yang lebih murah dijual dengan harga USD45 atau sekira Rp600 ribuan, harga tersebut sudah dilengkapi dengan perangkat controller. Hubsan X4 juga memiliki kamera standar dengan kualitas 720p.



PENGGUNAAN DI INDONESIA
Quote:Aturan Operasi Penerbangan Drone
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Kementerian Perhubungan telah mengeluargan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 90 tahun 2015mengenai Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak. PP itu sendiri telah resmi diterbitkan per tanggal 12 Mei 2015 lalu.

Salah satu butir dalam Peraturan Pemerintah tersebut mengatur tentang penggunaan drone yang terbatas hanya untuk kepentingan pemotretan, film, dan pemetaan. Itu pun harus dengan melampirkan surat izin dari institusi yang berwenang dan pemerintah daerah yang wilayahnya akan dipotret, difilmkan, atau dipetakan.

Pihak yang ingin menggunakan drone pun harus mengajukan izin ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Izin tesebut harus sudah dikantongi selambat-lambatnya 14 hari kerja sebelum drone dioperasikan.

Sertifikasi tersebut nantinya akan diklasifikasikan, sehingga tak semua jenis drone dapat dioperasikan meskipun pengguna yang telah tersertifikasi. Setelah izin diterbitkan, operator drone juga harus berkordinasi dengan unit pelayanan navigasi penerbangan yang berwenang atas ruang udara tempat drone dioperasikan.



Quote:Drone "Haram" Terbang di Kawasan Ini
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Peraturan mengenai pengoperasian drone di Indonesia telah diterbitkan oleh Menteri Perhubungan. Lantas di area mana saja pesawat tak berawak itu dilarang pengoperasiannya?

Dalam isi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 disebutkan tiga kawasan drone tidak boleh beroperasi. Tiga kawasan drone dilarang terbang tersebut yakni kawasan udara terlarang (prohibited area), kawasan udara terbatas (restricted area), kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP) suatu bandar udara.

Sebagai informasi, kawasan udara terlarang (prohibited area) ialah ruang udara tertentu di atas daratan atau perairan dengan pembatasan permanen dan menyeluruh bagi semua pesawat udara. Sementara itu, kawasan udara terbatas (restricted area) ialah kawasan yang hanya dapat digunakan untuk operasi penerbangan negara, dan saat tidak aktif akan digunakan untuk penerbangan sipil.

Terakhir, kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP) suatu bandar udara merupakan wilayah daratan atau perairan serta ruang udara di sekitar bandar udara yang digunakan untuk kegiatan penerbangan.

Selain itu, sistem pesawat udara tanpa awak juga tidak boleh dioperasikan pada ruang udara yang dilayani controlled airspace dan uncontrolled airspace pada ketinggian lebih dari 500 kaki (150 meter).

Controlled airspace sendiri merupakan sejenis ruang udara yang diberikan pelayanan lalu lintas penerbangan berupa pelayanan pemanduan lalu lintas penerbangan. Sementara uncontrolled airspace merupakan jenis ruang udara yang diberikan pelayanan lalu lintas penerbangan berupa pelayanan informasi penerbangan.



Quote:Operator Drone Harus Memiliki Sertifikasi
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Pemerintah hingga saat ini belum bisa memberikan sanksi terhadap pemilik drone yang jatuh di Menara BCA, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Pasalnya, Kementerian Perhubungan belum memutuskan sanksi khusus untuk pelanggaran operasional drone.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, JA Barata, mengatakan, meski Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 telah diterbitkan, namun peraturan yang mengatur teknis kepemilikan drone secara individu belum diatur.

“Untuk teknis kepemilikan individu memang belum kita cantumkan, tapi akan segera pada September nanti kami akan berikan kembali penjelasan,” ujar JA Barata.

Menurutnya, kejadian jatuhnya drone di kawasan Menara BCA akan dicegah agar tak terulang kembali dengan adanya peraturan Kementerian Perhubungan tersebut. Selain kawasan di sekitar bandara, drone harus mengantongi izin jika ingin diterbangkan di tempat umum.

“Perlu dicatat, kami bukan melarang penggunaan drone, drone boleh diterbangkan di tempat umum tertentu yang memenuhi syarat, namun harus memiliki izin. Operator drone juga harus memiliki sertifikasi,” tambah JA Barata.

Menurut JA Barata, pihaknya tak akan menghalang-halangi penerbangan drone jika syarat dan izin telah dipenuhi oleh pihak operator yang menerbangkan.



Quote:Penutup
Spoiler for Click:
Itulah beberapa Drone Terbaik saat ini dengan berbagai harga dan keunggulan masing-masing, ada yang berminat membeli salah satunya?
Kaskuser yang bijak selalu meninggalkan jejak dengan berkomengtar



Quote:Ee.. kalo Boleh..
Spoiler for Click:

Boleh dong TS dikasih dan nya, tapi TS sangat menolak karena atasan ane dah ngasih ane banyak banget sebagai ganti duit buat bangun kamar mandi


Quote: MAMPIR JUGA KE THREAD ANE YANG LAIN GAN

TERIMAKASIH
Spoiler for Sumur:
Click
dan gambar dari Google



Reserved
di fjb ane yang jual nggak yah
Beliin donk gan
Sekilas dr aturan Drone saat ane hadir di seminar

katanya Drone ga boleh diterbangin malam hari , apalgi pk lampu neon . ntar warga kaget dikira UFO . slain itu juga hasil gmbar jd jelek, banyak noise

Drone jg ga boleh diterbangin deket anak2 main layangan , ntar malah di adu
asik satu trit keren di tengah badai klepon di fjb ada yg jual g gan tapi ane cm sanggup kredit
wah uav,Yuneec Q500 4K cakep bener
mainan orang kaya ini

wih ada yang harga 600 ribu boleh dicoba nih
yang no 5 gan paling ramah dikantong banyakan orang ngangkat hp kuat gak ya..
Widiih buat skydive cocok nih kayanya, sayang diindonesia minim peminat olahraga itu.
ane lebih suka build sendiri, pake dji S1000+ bisa angkut dslr
Beliin Atu Gan yang mana aja dah
mahal mahal gan yang dipake di TV yang jenis apa ya?
Ane kira Drone bisa diterbangin di sembarang tempat, ternyata ada tempat2 terlarang juga untuk Drone..

Drone kedepannya ntar bisa alih fungsi jadi alat selvie
selfie anti mainstream, pake drone dari ketinggian 100m
mainan mahal...seharga motor baru
Tanggung jawab gan, ente udah buat ane jd kepengin beli deron neh
mau main aja ribetnya minta ampun
dan ane malah mikir drone album baru MUSE
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar