Pages


Jumat, 28 Agustus 2015

Beginilah Kehebohan Peluncuran Windows 98 20 Tahun Lalu







Beginilah Kehebohan Peluncuran Windows 98 20 Tahun yang lalu




Peluncuran Windows 95


Microsoft baru saja meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 10 dengan antarmuka dan fitur canggih baru, seperti asisten pribadi Cortana.

Kecanggihan yang ditemui dalam Windows 10 adalah hasil evolusi sistem operasi Microsoft sebelum-sebelumnya, termasuk Windows 95 yang pada hari ini, Selasa (25/8/2015) berulang tahun yang ke-20.

Spoiler for Sejarah Singkat Windows 98:



Windows 95

Windows 95 adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft. Windows 95 diperkenalkan ke publik pada tanggal 14 Agustus 1995, menyusul kampanye iklan yang agresif dari Microsoft.

Windows 95 diperkenalkan dengan menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager), selain itu juga diperkenalkan Windows Explorer sebagai pengganti File Manager, dukungan plug-and-play, dukungan program aplikasi MS-DOS dan Windows 16-bit dan Windows 32-bit, dan dukungan bagi nama-nama berkas (file) yang panjang, yang mendukung penamaan hingga 256 karakter, dan browser opsional Microsoft Internet Explorer.

Windows 95 adalah produk pertama yang dikeluarkan oleh Windows dengan kernel monolotic yg berjalan -+60% tanpa dos (tetapi tetap membutuhkan dos), pada tahun 1995.Di dalamnya berisi Microsoft Office 1995. Produk inilah yang membuat nama Microsoft Windows besar. Tentu, Microsoft Windows 95 berdiri pada tahun 1995. Windows 98 adalah produk kedua yang diperkenalkan oleh Microsoft Windows pada tahun 1998. Microsoft Windows 98 terdiri dari 2 jenis, yaitu Microsoft Windows 98 dan Microsoft Windows 98 Second Edition. Microsoft Windows ini memakai Mirosoft Office 1997. Windows Millennium Edition (ME) adalah produk terahkir dari Microsoft Windows dengan kernel 9x(monolothic),produk ini sebenarnya bagus,tetapi sayangnya, fitur keamannya mudah diterobos. Dengan Windows Update, Microsoft ini dapat mengupgrade atau menambahkan produk asli dari Microsoft Windows. ME sudah dilengkapi Internet Explorer 5.5, DirectX 8.0, Winamp versi terbaru, dan tentunya, Windows Media Player 8.



Ya, 20 tahun lalu, Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows 95 yang pada saat itu menimbulkan kehebohan. Seperti apa kehebohan yang ditimbulkan Microsoft saat peluncuran Windows 95 20 tahun yang lalu?

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (25/8/2015), peluncuran sistem operasi Microsoft terbaru saat itu menghabiskan dana 300 juta dollar AS untuk promosi, termasuk menggandeng bintang seri komedi Friends, Jennifer Aniston and Matthew Perry dalam video tutorialnya.


Spoiler for CEO Microsoft Bill Gates saat meluncurkan Windows 95 di Redmond, Washington.:


Spoiler for CEO Microsoft, Bill Gates dan komedian Jay Leno saat peluncuran Windows 95 di Redmond, Washington.:



Iklan Windows 95 di televisi-televisi juga menggunakan lagu Rolling Stones berjudul "Start Me Up" untuk memperkenalkan tombol Start yang baru diperkenalkan saat itu.

Selain tombol Start, Microsoft juga memperkenalkan Task Bar di bagian bawah layar yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Selain itu, Windows 95 juga mendukung penamaan file 250 karakter dan fitur "Plug and Play" yang mempermudah penambahan hardware.

Spoiler for Peluncuran Windows 95:


Toko-toko elektronik pada saat itu juga menggelar penjualan pada dini hari dan ribuan orang rela mengantre untuk menyambut sistem operasi Microsoft baru yang "hanya" butuh memori RAM 4 MB dan ruang hard disk sebesar 55 MB itu.

Promosi tersebut memang sukses, Microsoft berhasil menjual 7 juta kopi Windows 95 dalam waktu lima pekan pertama semenjak diluncurkan, rekor yang fantastis pada saat itu. Windows 95 pun menjadi sistem operasi populer di pasar sebelum akhirnya Windows 98 diluncurkan tiga tahun berikutnya.


Sumber


Gimana gan jaman dulu Windows 95 udah canggih banget pada jaman nya
TS malah belom pernah ngalamin pake Windows 95 secara baru lahir Tahun 94
Yang pernah merasakan Windows 95 boleh di share pengalaman nya gan



Dapet titipan dari Kaskuser lain gan ada sodara kita yang membutuhkan bantuan kita, dulu sempet HT tapi ane bantu up lagi dimari

UPDATE Komeng Kaskuser

Quote:Original Posted By manusiarender
gue ngalamin ini, bokap punya PC dari jaman DOS, jadi, pas jaman windows 3.11 ane udah ngerasain gan, apalagi pas jaman win95.. kebayang kan pertama kalinya layar komputer "bener2 bewarna".. terus pake mouse masih kagok (jaman pake DOS, PC cuma pake kibor gan.. semua tombol kepake, dari tombol F1 sampe F12 gan hahaha) .. udah gitu bokap, ane, kakak, ade, rebutan buat main game, solitaire

FYI, kemaren baru baru baca artikel, kalo game SOLITAIRE emang dirancang supaya user familiar dengan mouse

link: The True Purpose of Solitaire, Minesweeper, Hearts and Freecell, it was teaching mouse-fluency by stealth.


Quote:Original Posted By limson
Waktu itu masa2 gw baru belajar komputer gan.
Seinget gw, wkt itu gw kursus komputer di CIC, 3 bulan apa sebulan lupa gw.
Belajar ngetik aja masih kayak pake DOS gitu.
Buka gambar juga ketik rumus di dos.
Dan disketnya tipis2 kayak karton gitu
Bikin tulisan dimiringin atau ditebelin aja masih pake rumus

Eh, setelah kelar kursus, gw liat komputer2 pada pake windows
Ngetik pake microsoft office gampang banget
Apa yg gw pelajarin di kursus sama sekali ga berguna


Quote:Original Posted By nakadashi
gue ngalamin tuh masa awal2 peluncuran Win 95, emamng heboh banget disaat itu, dari yg tadinya pada terbiasa dengan OS DOS berubah ke Windows yg grafis, plug & play dan banyak fungsi2 baru yg tidak ada di DOS, dari tadinya untuk masukin perintah itu harus ngetik sekarang bisa cuma klik2 doang


Quote:Original Posted By serba2nd
Kompie dulu sempet pake 95 98 ME
Yang gamenya nyari" kunci sama sluncuran dari windows apaan ntu? Kangen kali aja ada game buat androidnye

Update----
2 game legendaris dari kaskuser
Spoiler for Skifree:


Spoiler for Chip's Challenge:


Quote:Original Posted By CoZiA
Udah ngerasain jaman Lotus 123 dan WordStar juga
Kalo Windows sih hampir semua pernah, mulai Windows 95, 98 SE, ME, XP, 7, 8.1.
Kalo ga salah disket untuk instal Windows 95 dulu ada kurang lebih 10 biji gan
Dan yang paling asik menurut ane sih 7 > XP > 98 SE
Belum niat nyoba yang 10
Page one gan.


legend
revolusioner enih...
tapi kalo save tapi disket lupa dimasukin langsung BSOD...
ngerasain jamannya pake MS (kar) DOS doang bray...
waktu itu windows 95 jarang banget yang make di indonesia bray... masuknya lama banget... karena tahun segitu orang yang bisa pake komputer jg jarang banget....
pas windows 97 keluar baru deh indonesia banyak yang pakai...
CMIW
jadi inget dulu ane masih sd pelajaran komputer masih pake 98. Begitu denger kena virus langsung pada panik takut dikira komputernya bisa meledak
.
simpenannya disket, masih ada yang jual gak ya?
sampe sekarang menurut ane,...hanya windows 98 dan windows XP yang paling asyik buat dioprek dan diutak atik bahkan sampe berani ngobrak abrik regestrinya
Disaat itu memang barang keren banget ya gan...
ga bisa ngebayangin betapa hebohnya pasti saat itu yaa
ane masih dapet make win 85, 87, 98, Me, 2000, XP dan sampe skrng ane pake vista + win 7, win 10 blm coba, ane jg masih ngerasaain pemrograman cobol dan pascal, benar2 masa2 yg indah gan
ane belom sempet nyoba gan haha
Nenek moyangnya windows 10 ini
Saya mulai pake Windows 95.
Keren aja rasanya waktu itu belum ada yang make
sempet nyoba gan buat main ski free
wah klo ane belajar komputer pake windows xp gan, gak sempet ngerasain yg win98
sepuhnya windows 10
...ane gak ngalamin.... pertama pake apel...


Seinget gw windows pertama itu windows 311 deh gan, bukan windows 95
Gw pernah pake kompie mulai dari dos, softwarenya lotus 123 sama pake document, cuman lupa nama software buat tulis txt.
Kompie dulu sempet pake 95 98 ME
Yang gamenya nyari" kunci sama sluncuran dari windows apaan ntu? Kangen kali aja ada game buat androidnye

Update----
2 game legendaris dari kaskuser
Spoiler for Skifree:


Spoiler for Chip's Challenge:
os sepuh jaman sd
Ane waktu itu belumt tahu apa2 om.. Msih bayi.. Hahaha
Berasa paling wah punya itu
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar