Pages


Senin, 31 Agustus 2015

Hewan2 raksasa yang bisa diajak nyelam di Indonesia (+pic +infografis)

[Intro]

Indonesia merupakan negara dengan wilayah laut yang sangat luas, ngga cuma luas doang tapi nusantara terkenal banget dari keindahan alam bawah lautnya, berbagai spot wisata laut keren bisa ditemuin mulai dari kepulauan Banyak yang berada di ujung barat Indonesia, sampai yang paling terkenal Raja Ampat di Papua.

Indonesia yang terkenal dengan wisata bawah airnya pastinya juga memiliki penghuni-penghuni keren yang bakal menjadi tuan rumah yang siap menyambut para tamu yang dateng, dan dalam sesi ini ane, Besiprimitif, pengen berbagi tentang berbagai mahluk keren dan super duper gede yang menjadi daya tarik wisata bawah air Indonesia gan.

Spoiler for eh ternyata hot thread 30/08/2015:

makasih ya buat admin, moderator dan yang udah rekomendasiin thread ini , hehehe!

Untuk itu ane juga bakal share tempat rekomendasi untuk bertemu sama mahluk laut tersebut dan tips lainnya, dan supaya info-info ini mudah tersebar di sosmed atau buat yang males baca, ane bakal buat juga rangkumannya dalam bentuk infografis. Baik kan ane, hehehe. Oh iya biar penasaran, ane bakal start dari mahluk yang paling medium dulu ya sampe ke yang paling xxxxlarge.

Spoiler for 1. Dugong:


Dugong adalah hewan laut berukuran sedang, ukuran maksimalnya 4 meter dan beratnya mencapai 1000 kilogram tetapi sangat jarang yang mencapai berat maksimal. Biasanya ditemukan di daerah pesisir dimana banyak rumput laut atau daerah mangrove, ini karena doi makan rumput laut, kadang mereka juga makan ubur atau cumi.

Quote:[prilaku]

Dugong adalah hewan yang lembut dan pemalu, biasanya ditemukan sendirian mereka biasanya menetap di suatu wilayah sepanjang hidupnya. Menemukan mereka sangat susah, jika bertemu mereka hindari mengejar atau menagkapnya, beberapa dari mereka tidak peduli dengan penyelam yang ada disekitarnya tapi tetap disarankan memberi jarak.

Quote:[Persebaran]

(dugong makan rumput laut)

Dugong dapat ditemukan di Andaman island di India, The Great Barrier Reef di Australia, Efate di Vanuatu, El Quiser dan Marsa Alam di Egypt, Exmouth di Australia, Kalpitiya di Sri Lanka, Palau di Micronesia, Honiara di Solomon Islands.

Kalo di Indonesia rekomendasinya di Bangka, Bunaken National Marine Park, Pulau Komodo, Labuan Bajo, dan Raja Ampat.

Dulunya hewan ini dapat ditemukan di Hong Kong, Mauritius Kamboja, Jepang, Filipina Vietnam dan Taiwan, tapi karena penurunan jumlah populasi yang drastis dalam 90 tahun, sekarang mereka telah menghilang dari beberapa daerah tersebut atau dapat ditemukan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Quote:[status konservasi]

IUCN memasukkan Dugong kedalam daftar hewan yang rentan kepunahannya, Marine Stewardship Council memasukkanya kedalam daftar merah untuk dihindari perburuannya, dan dilengkapi catatan spesies hewan ini secara legal dilindungi.


Dugong sudah diburu selama ribuan tahun unutk diambil daging dan minyaknya, menurut wiki perburuan dugong memiliki signifikansi budaya di beberapa negara hingga saat ini, meskipun umurnya bisa mencapai 70 tahun, proses reproduksi yang rendah menjadi faktor langkanya spesis ini.

infografisnya gan:



Spoiler for 2. Lumba-Lumba:


Lumba-lumba adalah mamalia laut yang paling cerdas dan banyak dipakai di pertunjukan karena kehliannya untuk mempelajari aksi-aksi yang rumit. Jenis lumba-lumba hampir 40 spesies dan ukurannya dari 1.2, lumba-lumba hidung botol ukurannya bisa mencapai 4.2 meter.

Lumba-lumba di alam liar menggunakan berbagai cara unik untuk berburu mangsanya, ada yang secara bersama-sama mengepung mangsannya hingga ke pinggiran pesisir, ada yang ada juga yang memutari mangsanya kemudian melemparnya ke udara. Ada yang menggunakan sponge untuk melindungi hidungnya ketika mencari makan di pasir.

Quote:[prilaku]

(lumba lumba dalam kawanan besar)

Kehidupan bersosial mereka sangat tinggi, biasanya hidup dalam kelompok yang berisi belasan individu, Kecerdasan lain lumba-lumba adalah dia bisa menggunakan sensor suara untuk melakukan pemindaian lokasi ataupun unuk mencari mangsa, lumba-lumba saling mengenal antara satu individu dengan yang lainnya, bahkan setelah mereka tidak berjumpa dalam waktu lama.

Quote:[Persebaran]

Mereka dapat ditemui di Andros dan Bimini di Bahamas, Apo Reef dan Pandan Islands di Filipina, Great Barier Reef di Australia, Cano Island di Costa Rica, Catalina Island di USA, Colombo di Sri Lanka, Dahab dan Marsa Alam di Mesir, Koh chang dan Koh Kood di Thailand, Laamu Atol di Maldives.

Di Indonesia ditemukan di Kepulauan Alor dan Kupang di NTT, Bali, Bangka, Bunaken National Marine Park, Kepulauan Gili di Lombok, dan Raja Ampat di Papua Barat.


Quote:[status.konservasi]

(gambar poster menentang pembantaian besar besaran lumba lumba di jepang)

IUCN menetapkan status Least Concern atau sedikit kekhawatiran terhadap spesies ini, karena diperkirakan lumba-lumba masih banyak tersebar secara global meskipun ada ancaman pada populasi lokal. Marine Stewardship Council memasukkanya kedalam daftar merah untuk dihindari eksploitasinya karena pertumbuhan yang lambat.

infografisnya gan:



Spoiler for 3. Mola-mola/ Ocean Sunfish:


Sunfish atau nama gaulnya mola-mola adalah ikan dengan bentuk yang sangat unik, bentuknya gepeng dengan kepala sangat besar lalu sirip besar di atas dan di bawah tubuhnya, sirip belakangnya sendiri nggak seperti ikan kebanyakan, kalo kata nat geo ikan ini kaya separo ikan. Untuk ukuran mola dewasa bisa mencapai tinggi 4,2 meter dengan panjang 3,1 meter. Beratnya juga luar biasa, bisa mencapai 2,268 kilogram.

Mola makan ubur-ubur, cumi-cumi, doi juga menghabisakan waktunya untuk travelling sekitar 26 kilometer setiap harinya, Persebaran mola-mola mencakup perairan dengan suhu sedang dan tropis di seluruh dunia.

Quote:[prilaku]

(sunfish lagi berjemur)

Ikan ini punya kebiasaan yang unik, yaitu doi suka berjemur, posisi berjemurnya yaitu terapung diatas permukaan laut secara horizontal. Mola bisa ditemukan sendirian atau dalam kelompok yang lebih banyak saat sedang bersih-bersih parasit. Ikan ini juga jinak sama manusia, di beberapa tempat ikan ini gak merasa terganggu kalo ketemu sama manusia yang mau main sama dia.

Quote:[persebaran]

(diving bersama mola-mola di bali)
Sunfish dapat ditemui di Punta Vincete Roca di Kepulauan Galapagos, Hurggada di laut merah, Oban dan Inner Hebrides di United Kingdom, Palau Sadinia di Italy.

Kalo mau ketemu sama sunfish di Indonesia, tempat rekomendasinya yaitu di Batu Abah Diving Spot di Nusa Peninda Bali, ikan ini juga pernah terdampar di palu. sulawesi.

Quote:[status.konservasi]

(penyelamatan mola-mola yang terdampar di palu, sulawesi)

Status ikan ini sama Uni Eropa udah dilarang penjualannya, oleh Marine Stewardship Council ikan ini juga masuk ke dalam red list yang bererti udah harus dihindari penjualan dan perburuannya. selain pada pemangsa alaminya, Ikan ini punya ancaman pada perburuan daging dan sirip untuk makanan, ancaman lainnya adalah sampah plastik yang terapung dilautan bisa dikira makanan bagi ikan ini.

infografisnya gan:



Spoiler for 4. Manta Ray:


Ikan Manta atau Manta ray merupakan ikan ray yang berukuran besar, berbagai spesies manta besar bisa mencapai ukuran lebar hingga 5 sampai 7 meter, berat hewan ini bisa mencapai 1350 kilogram, ciri-ciri fisik hewan ini yaitu bentuknya yang menyerupai layangan, gepeng secara horizontal, mempunyai mulut dengan fin yang dapat terbuka lebar, dan ekor kecil yang panjang.

Quote:[prilaku]
Selain di laut terbuka, hewan ini juga suka mangkal di kawasan banyak terumbu karang karena disitulah mereka bisa bertemu ikan pembersih parasit. Persebaran hewan ini sangat luas juga karena manta merupakan ikan yang hobi travelling atau migrasi, hewan ini tercatat mampu melakukan perjalanan 1000km dan dapat menyelam hingga kedalaman 1000 m. Manta juga termasuk filter berjalan sama kaya whale shark, jadi ikan ini punya mulut yang besar buat menyaring makanan makanan kecil selagi doi bergerak.


(manta dalam kawanan besar di california)

Manta bisa ditemuin lagi berenang sendiri, atau kalo lagi ramean manta bisa ditemuin hingga rombongan 50 ekor. Ikan ini juga punya kebiasaan melompat ke udara (kaya ikan lumba), manta dapat juga ditemukan seakan sedang menari-nari ketika sedang mengelilingi tempat yang dipenuhi dengan plankton makanannya.

Quote:[persebaran]

(diving bareng ikan manta di bali)

Hewan ini dapat ditemukan di air laut terbuka yang bersuhu sedang, subtropis dan tropis. Letak persebaran ikan ini sangat luas meliputi berbagai laut di bumi, diantaranya yaitu North Carolina di USA, North Island di New Zealand, Ari Atol di Maldives, Hawai, Bimini di Bahamas, Dauin di Filipina, Kepulauan Galapagos di Ekuarod, Ishigaki Island di Jepang.

Kalo di Indonesia tempat rekomended buat liat manta yaitu di Manta point Nusa Peninda Bali, Manta Point di Pulau Komodo, Manta Shady Diving Spot di Raja Ampat, Kepulauan Alor NTT, Kepulauan Gili Lombok.

Quote:[status.konservasi]

Manta memiliki status yang sangat dilindungi di kawasan laut internasional karena status yang ditetapkan oleh Convention on Migratory Species of Wild Animal (CMS). IUCN menetapkan status manta Vulnerable, sedangkan Marine Stewardship Council menetapkan manta kedalam daftar merah karena ikan ini sangat rapuh spesiesnya akibat dipengaruhi oleh perburuan yang tidak terkendali dan kesuburan yang rendah.


Indonesia juga menjadi negara paling keren dalam perlindungan hewan ini, Indonesia menobatkan negaranya dengan sebutan suaka manta terbesar di dunia dengan lebar 5.8 km2. Indonesia telah memberlakukan larangan penangkapan dan ekspor ikan manta karena adanya kesadaran bahwa manta-tourism lebih menguntungkan secara ekonomis daripada melakukan penangkapan ikan ini, seekor manta mati bisa berharga 40-500 USD, sedangkan manta-tourism bisa membawa 1 juta USD selama satu periode hidup seekor manta, Indonesia telah menjadi cagar manta ray terbesar di dunia.

infografisnya gan:



Spoiler for 6. Hammerhead Shark:


Istilah lokalnya hiu martil, ya dipanggil begini karena bentuk kepalanya yang menyerupai hammer , warna kulitnya abu-abu cerah dengan perut yang berwarna putih doi bisa memiliki panjang dari 0.9 sampai 6 meter dan berat 3 sampai 580 kg. Kedua matanya yang berada di ujung kepala martilnya dapat melihat hingga 360 derajat.

Dari sepuluh spesies Hammerhead, 3 berbahaya bagi manusia; mereka adalah scalloped, great dan smooth hammerhead. termasuk kedalam ikan karnivora, makanannya berupa ikan, cumi-cumi, gurita, stingray dan hiu jenis lain.

Quote:[prilaku]

(kawanan besar hiu martil)

Hammerheads bisanya berenang berkelompok di pagi hingga sore hari, kelompoknya sendiri bisa berisi sekitar 100 ekor tetapi ketika malam hari mereka berburu secara individu,. Untuk menemui ikan ini agak susah, selain bisa menghilang dari jadwal yang diperkirakan, ikan ini juga harus ditemui dari jarak yang cukup dalam, diver harus masuk kebawah 60 meter untuk menghindari kontak jarak dekat, jadi dibutuhkan sertifikat selam untuk melihat hammerhead.

Quote:[persebaran]

(diving bersama puluhan hiu martil di Banda)

Spesies ini dapat ditemukan Bajo Alcone diving site di Cocos Island – Kosta Rika, Kepulauan Galapagos, Pulau Malpelo di Colombia, layang-layang island di sabah – Malaysia, Rasdhoo atoll di the ari atoll – Maldives, Shark View Point di Cabilao – Philipines, Kepulauan Bahama, dan masih banyak lagi.

Kalo di Indonesia bisa ditemukan di the magnet dive site – lombok, Kepulauan Banda – Maluku, GPS point dan Langkoi Rock di Taman Nasional Kepulauan Komodo, Alor Island di NTT

Quote:[status.konservasi]

Status hewan ini oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) ditetapkan Terancam punah, Marine Stewardship Council juga memasukkanya kedalam red list yang harus dihindari perburuannya. Masalah utama eksistensi ikan ini adalah perburuan sirip dan proses pemancingan yang berlebihan.

Infografisnya gan:



Spoiler for 6. Whale Shark:


Whale shark atau kalo Indonesia disebut juga hiu paus merupakan ikan terbesar di lautan, dewasanya panjangnya bisa mencapai 12 meter, dan beratnya bisa mencapai 21 tons, hewan ini banyak ditemukan di perairan hangat di laut-laut tropis, umur whaleshark bisa mencapai 70 tahun.

whale shark merupakan hiu, dan bukan paus, karena dia termauk ikan yang bertelur, bukannya menyusui. diberi nama "whale" karena ukurannya seperti paus.

Whale Shark memiliki mulut selebar 1.5 meter yang berfungsi sebagai penyaring atau filter makanannya, ikan ini memakan hewan-hewan kecil seperti plankton, telor ikan, ikan kecil dan udang kecil, selain ukuran tubuhnya yang super gede, hewan ini ditandai dengan adanya totol putih dan warna dasar kulit abu-abu, totol ini menjadi ciri khas masing-masing individu.
Quote:[prilaku]

(diving bersama whale shark di teluk cendrawasih)

Ukuran yang besar tidak membuat whale shark menjadi berbahaya, hewan ini merupakan hewan yang tergolong jinak dan bahkan doi nggak terganggu meskipun manusia berenang renang di sekitar dia, dan bisa diajak bermain bersama penyelam , ya mungkin karena doi gak tertarik makan orang.

Quote:[persebaran]

(memberi makan whale shark di taman nasional teluk cendrawasih)

Persebaran whale shark berada pada berbagai lautan bersuhu hangat, di luar negeri bisa ditemukan di teluk tadjoura di Djibouti, Ningaloo reef di Australia, Coast of Gujarat di India, Isla Mujeres dan Isla Holbox di Yucatan, Teluk Oman, Maldives, dan berbagai tempat lainnya yang masih banyak lagi.

Kalo di Indonesia sendiri hewan ini bisa ditemui di Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Alor di NTT, Kupang di NTT, kepulauan Gili di Lombok NTB, dan Taman Nasional Teluk Cendrawasih.

Quote:[status.konservasi]

IUCN menetapkan status whale shark rentan mengalami kepunahan. kalo menurut Marine Stewardship Council hewan ini masuk ke dalam deretan Red list alias harus dihindari perburuannya karena perkembang biakannya yang rendah dan sangat terancam.

Dalam hal konservasi ikan ini, indonesia jugatelah banyak berjasa, taman nasional teluk cendrawasih kini sangat populer karena ikan hiu paus disana dapat disaksikan sepanjang tahun, penduduk sekitar juga telah diberi pendidikan dan kesadaran untuk memelihara ikan ini.

Infografisnya gan:



Spoiler for 7. Sperm Whale:


Paus sperma atau paus kepala kotak adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesear di dunia, namanya yang unik datang dari bahan putih susu spermaceti yang terdapat di kepalanya. Ukuran rata-rata jantannya 16 meter, tetapi ukuran maksimalnrya bisa mencapai 20,5 meter dengan berat 63 ton.

Quote:[Prilaku]

(paus sperma betina bersama anaknya)

Paus sperma jantan hidup sendiri, sedangkan betina dan paus sperma muda hidup dalam kelompok. Paus sperma melahirkan setiap empat atau dua puluh tahun sekali, dan mereka menjaga anaknya hingga sepuluh tahun. Hewan ini dapat menyelam hingga keadalaman 2,250 meter untuk berburu, makanan utama hewan ini yaitu cumi-cumi, untuk beromunikasi atau berburu mereka juga menggunakan teknik ekolokasi seperti lumba-lumba.

Quote:[persebaran]

(diving bersama sperm whale)

Tempat Rekomendasi untuk ketemu sama mamalia laut ini ada di Grand Bahama, Cat Island, Bimini, Berry Islands dan Andros di Bahamas, Eld Nido di Filipina, Kalpitiya dan Weligama di Sri Lanka.

Di Indonesia jalur migrasinya meliputi Selat Malaka, Selatan Sumatera Selatan, Selatan Pulau Jawa, Selat Bali – Lombok, kalo menurut divereport.com, spot diving rekomendasi kalo mau ketemu sama mereka bisa ditemuin di Alor di NTT, dan di Raja Ampat.

Quote:[s.konservasi]

Status konservasi paus sperma telah ditetapkan sebagai vulnerable oleh IUCN. Konfensi untuk konservasi hewan migrasi (CMS) mencantumkannya kedalam kategori danger to extinction.

Sejak abad ke 18 paus ini menjadi sasaran utama pemburu paus karena kepalanya karena cairan yang ada dikepalanya dapat digunakan sebagai minyak dan lilin. Meskipun di indonesia statusnya telah dilindungi dalam undang-undang Ane liat di film BBC Human Planet – Ocean , di situ ada orang pulau lembata di NTT masih memburu paus untuk makanan bagi orang-orang di desanya, bahkan di suatu web lokal, perburuan itu dijadikan acara pemerintah untuk menarik wisata.

Infografisnya gan:



KETERANGAN TAMBAHAN
.
.
.

(lanjut di komentar pertama...)
KETERANGAN TAMBAHAN
Quote:1. Hewan-hewan seperti dugong atau ikan paus sangat susah ditemukan meskipun ada di tempat rekomendasi tersebut. Antara lain penyebabnya karena mereka bermigrasi, sangat langka, atau menyelam di kedalaman ratusan meter. direkomendasikan melihat kalender satwa untuk mengetahui bulan apa saja mereka dapat di temui.

2. Kenapa paus biru ngga ane masukin disini? Ya ane nemu beberapa artikel tentang paus biru ada di Indonesia, tapi ngga berhasil nemu spot diving rekomendasinya, mungkin mereka hanya menyelam di kedalaman ratusan meter dan beberapa artikel menyebutkan mereka hanya melalui indonesia untuk bermigrasi ke sekitar australia.

3. Untuk hiu ane ngga begitu banyak nemu hiu raksasa yang bisa ditemuin untuk diving di indonesia, alias kurang sumber, jadi ane Cuma masukin hiu kepala matil. Ada juga ane liat hiu-hiu kecil seukuran 1 meter kaya di pinggir pantai raja ampat atau di karimun, tapi kan ini list untuk hewan raksasa (raksasa menurut ane), jadi ngga ane masukin di daftar ya gan, mungkin ane masukin di list thread selanjutnya, hehe.

4. Karena sifatnya informatif untuk tulisan ini ane pengen tulisan ini interaktif jadi kalo ada yang salah ane mohon banget dibenerin ya, prifhat massage aja, kalo ada yang mau kasih informasi tambahan yang lebih gokil juga sama prifet massage aja, kalo memang informatif dan cakep pasti ane cantumin di page one atau ane revisi trid ini.


Hewan-hewan besar semua kan? Dari yang ukuran 4 meter sampai 20 meter emang gokil banget spesis hewan laut indonesia, tapi sebenernya ga Cuma hewan-hewan raksasa lho gan, masih banyak juga lho hewan-hewan kecil yang super cantik di bawah laut yang juga jadi unggulan wisata di Indonesia, kalo trid ini responnya positif atau jadi hot trid ane janji bakal ulas deh tentang hewan-hewan kecil dan keren itu.

Jujur kalo ane sendiri belum pernah diving sama hewan-hewan keren macam gitu, cita-cita banget nih setelah lulus kuliah bisa ke Flores atau nggak ke Nusa Peninda Bali, sekarang latihan divingnya dulu deh sama ikan bawal dan ikan mas di kolam pemandian umum di klaten jawa tengah (tapi beneran keren juga lo disana).

Semoga trid ini bisa nambah pengetahuan tentang potensi indonesia, dan saran ane juga untuk ada kesadaran kalo kebanyakan ikan dan mamalia luat tersebut statusnya terancam dan rentan mengalami kepunahan, semoga temen-temen menghindari konsumsi ikan-ikan langka, atau membeli produk buruannya. Atau kalo ada agan yang kerja di lembaga konservasi ane minta tolong untuk bener-bener mengketatkan peraturan perburuan hewan langka ini, (karena setau ane di Indo masih gampang banget ditemui perburuan mamalia laut dilindungi).

Setelah bercerita tentang hewan laut yang wanderful, agan pernah ngga sih mendapatkan kisah hidup yang ternyata sangat menginspirasi ternyata malah didapat dari seorang penebar paku jalanan, penyewa bayi untuk mengemis, dan penjual bakso boraks, dan masih banyak lainnya, kalo penasaran cek aja disini.Kisah inspiratif dari orang yang tak dipandang rendah (HT)

oh iya, ngga lupa ane cantumin sumbernya ya, karena ini ane olah dari berbagai sumber:
Spoiler for sumber:
[Sumber]
untuk sumber data utama:
https://en.wikipedia.org/
http://animals.nationalgeographic.com
http://www.iucnredlist.org/
http://www.wwf.or.id/en/about_wwf/wh...seafood_guide/

untuk rekomendasi lokasi banyak ane dapet dari sini :
http://www.divereport.com

info lain dari :
http://www.thejakartapost.com/news/2...d-species.html
http://www.lomboknow.com/divespots/h...erhead-sharks/
matadornetwork.com/change/free-diving-whale-sharks-papua/
BBC Ocean Oddysey DVD
Interview dari master ane
Gambar dari berbagai sumber di google image.

pertamaxx?
Wah lengkap informasinya, itu yang "Sperm Whale" malah baru tahu ane gan .

Nice thread gan semoga HT
Widih, keren bener gan hewannya. Entar ane ajak gan...



Kalo ane bisa bahasa paus...ouwooo....
Quote:Original Posted By sandbox466
Widih, keren bener gan hewannya. Entar ane ajak gan...



Kalo ane bisa bahasa paus...ouwooo....


hahaha kaya nabi gan bisa bahasa paus..
Quote:Original Posted By sou.ka
Wah lengkap informasinya, itu yang "Sperm Whale" malah baru tahu ane gan .

Nice thread gan semoga HT


iye gan makasih komentarnya gan, hehe moga aja yee
Quote:Original Posted By mynameissyu
pertamaxx?


pertamax ane sikat sendiri !
haha
baru tau gan kalo sperm whale lewat indonesia
sayangnya ane ga jago nyelam gan..
paling bisa menyelami hati para wanita aj
Wih keren
smoga gak punah
ini sih trit calon ht, pajang ane di pejwan

btw whale shark itu gede ya , kayanya ane tau deh versi mininya

nice thread, ane dukung mereka dilindungi
pgn nyoba berenang sm lumba lumba gan
Quote:Original Posted By mexca07
Wih keren
smoga gak punah


iya gan amin.. tertarik juga sih ane ikut lembaga konservasi keliatanya keren aja gitu bergerak di bidang penyelamatan satwa yang terancam, kaya super hero pekerjaan itu bagi ane. haha
bantu rating ya gan, wkwk

Quote:Original Posted By rheinphilip
ini sih trit calon ht, pajang ane di pejwan

btw whale shark itu gede ya , kayanya ane tau deh versi mininya

nice thread, ane dukung mereka dilindungi


ehehe makasih gan, semoga aja HT, pengen aja ane infografis ini bakal jadi panduan untuk wisata laut di indonesia.
iya gan support juga tridnya kalo selaw hehe

laut penghuninya gede2 ya..
mungkin masih ada yang lebih gede dari sperm whale.
Quote:Original Posted By youknowhatimean
pgn nyoba berenang sm lumba lumba gan


kalo lumba-lumba ngga cuma di laut gan, ane liat di beberapa tempat udah bisa diajak berenang di tempat penangkaran.
ane sendiri belum pernah nyoba sih, semoga aja kesampean, nabung duluuu

Quote:Original Posted By mringismbois
baru tau gan kalo sperm whale lewat indonesia


iyaa gan, tapi sayang banget eh masih di tembakin sama pemburu ikan paus.
bingung ane padahal udah ditetapin statusnya sama peraturan pemerintah, ah kecewa neh
Quote:Original Posted By ularpiton
sayangnya ane ga jago nyelam gan..
paling bisa menyelami hati para wanita aj


hahaha keren lah bakat agan, itu ane ngga ahli wkwk.
oh iya kalo gitu mah ke sea world aja, gelanggang samudra.
Quote:Original Posted By pintuz

laut penghuninya gede2 ya..
mungkin masih ada yang lebih gede dari sperm whale.


iya gan, hewan terbesar di dunia, namanya blue whale.
doi juga migrasi lewat indonesia, tapi ane ngga nemu tempat rekomendasinya kalo mau ketemu sama mereka gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar