Pages


Senin, 31 Agustus 2015

Kebiasaan Negatif Ini Telah Menjadi Budaya Sehari-Hari!

WELCOME TO MY THREAD

Gak nyangka HT lagi. Makasih ya buat para momod dan kaskuser yang udah baca tulisan gue yang masih jauh dari sempurna ini. Tak lupa gue ucapkan juga untuk agan sitampanaja yang udah bantu gue bikin thread ini. Semoga thread ini bisa membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi ya

Spoiler for Bukti HT:




Setiap orang pasti mempunyai kebiasaan masing-masing. Ada kebiasaan baik, ada pula kebiasaan buruk. Di thread ini, gue akan membahas kebiasaan buruk yang sekarang sudah menjadi budaya keseharian kita. Yuk langsung simak aja!



Quote: Menyontek
Spoiler for Pertama:

Spoiler for ilustrasi:

Pernah liat temen lo lagi nyontek? Atau malah lo sendiri yang nyontek? Gak bisa dipungkiri, saat ini menyontek udah jadi kebiasaan, terutama untuk lo yang masih duduk di bangku sekolah. Percaya atau gak, yang jelas kebiasaan ini bakal membuat masa depan lo berantakan.

Di masa sekolah, banyak siswa yang menyontek hanya karena ingin nilainya bagus. Padahal, punya nilai bagus belum tentu menjamin masa depan lo kelak, apalagi kalo lo nyari nilai bagus dengan cara curang. Buat gue, nilai itu hanyalah sebuah angka, dan yang paling penting adalah prosesnya. Jadi, seandainya lo udah belajar mati-matian tapi tetep dapet jelek, yaudah terima aja, yang penting lo udah berusaha semampu lo.

Kalo seandainya nilai akademik lo jelek, terus lo nyontek karena takut dimarahi orang tua, itu tandanya lo harus terbuka sama mereka. Percayakan pada mereka kalo setiap orang itu punya potensi yang berbeda. Ada orang yang punya bakat di bidang olahraga, musik, dan lain sebagainya. Semua orang terlahir dengan keunikan masing-masing, tak terkecuali lo sendiri. Kalo lo kurang bisa di bidang akademik, pasti ada bidang lain yang lo kuasai. Cobalah untuk mencari tau apa potensi yang ada di dalam diri lo, jangan sampai terlambat.

Untuk lo yang merasa sering nyontek, coba renungkan baik-baik deh. Menurut lo, perbuatan gue ini salah gak sih? Masa lo untuk nyari nilai di sekolah aja udah berbuat curang, apalagi di dunia kerja nanti?


Quote: Gak Menyapa
Spoiler for Kedua:

Spoiler for ilustrasi:

Coba deh lo perhatiin, semenjak gadget mulai banyak dipergunakan, kebiasaan menyapa orang lain mulai hilang. Kok gue bisa ngomong gini? Karena gue ngeliat dengan mata kepala gue sendiri. Biar gak bingung, gue kasih pengalaman gue beberapa hari yang lalu deh.

Saat itu, gue lagi duduk di teras rumah. Di saat yang bersamaan, ada orang yang lewat di depan rumah, tapi cuma ngeliatin HPnya terus. Karena gue gak ada kerjaan, jadi gue liatin tuh orang. Sampai akhirnya, dia ngelewatin sebuah pos ronda yang isinya bapak-bapak lagi ngobrol. Apa yang dilakukan tuh orang? Dia tetep jalan sambil ngeliatin HPnya. Paling gak, harusnya dia nyapa atau ngasih respect buat orang-orang sekitar, apalagi dia bukan orang daerah rumah gue. Sebenernya masih banyak lagi contohnya, tapi gak akan cukup kalo gue tulis semuanya di sini.

Saran dari gue, cobalah untuk melihat sekitar lo. Jangan sampai malah terlarut dalam kesibukan sendiri. Kalo masih sibuk sendiri, jangan harap orang lain bakal respect ke lo karena lo sendiri gak bisa menghormati mereka. Inget, teknologi itu buatan manusia. Masa mau sih diperbudak ciptaan lo sendiri?


Quote: Gak Punya Rasa Terimakasih
Spoiler for Ketiga:

Spoiler for ilustrasi:

Poin yang satu ini juga gak kalah menariknya. Banyak orang yang gak berterimakasih sesudah diberi sesuatu dari orang lain. Sesuatu di sini gak harus dalam bentuk material ya, bisa juga yang lainnya. Sebenernya, apa sih susahnya bilang terimakasih? Toh kita juga gak akan rugi.

Contoh yang paling sering gue temui ada di taxi atau angkutan umum lainnya. Jarang banget ada penumpang yang bilang terimakasih setelah keinginannya terpenuhi. Walaupun udah ngasih uang, tapi menurut gue, lebih baik lo mengapresiasi mereka dengan cara berterimakasih. Di saat lo berterimakasih untuk seseorang, dia pasti akan merasa dihargai. Gak usah malu atau gengsi ya!


Quote: Nunda Pekerjaan
Spoiler for Keempat:

Spoiler for ilustrasi:

"Ah, kapan-kapan aja deh ngerjainnya."

Kalimat di atas sering banget muncul di kehidupan sehari-hari. Biasanya ini terjadi karena lo males ngelakuin atau ada sesuatu yang lebih menarik dari pekerjaan lo. Alhasil, lo akan beralih ke aktivitas lain dan meninggalkan tugas utama lo. Memang di saat nunda pekerjaan, lo akan merasa nyaman pada awalnya. Akan tetapi, perasaan nyaman itu hanya berlangsung sementara. Kedepannya lo akan dihadapkan pada tugas yang sama dan bisa jadi tugas lo malah akan bertambah dari sebelumnya. Malah ribet, kan?

Kalo untuk diri sendiri, biasanya sehabis bangun tidur gue akan membuat rencana apa yang akan dilakukan hari itu. Dengan begitu, lo akan punya jadwal untuk ngerjain tugas-tugas lo. Jangan dibiarin menumpuk karena akan ngrepotin lo di kemudian hari. Kalo lo diajak main sama temen, cobalah untuk memprioritaskan aktiviyas mana yang harus didahulukan.


Quote: Kebut-Kebutan
Spoiler for Kelima:

Spoiler for ilustrasi:

Gue pribadi paling males sama orang yang kebut-kebutan di jalanan. Buat lo yang merasa ngelakuin ini, coba deh pikir dulu sebelum bertindak. Perbuatan ini gak cuma membahayakan nyawa lo aja, tapi juga nyawa orang lain. Lo mau tanggung jawab seandainya ada orang yang kenapa-napa karena ulah lo sendiri?

"Ya udah gue kebut-kebutan di jalan sepi aja kalo gitu."

Kalo berpikiran seperti ini, sama aja lo gak berpikiran untuk orang lain. Mungkin hanya lo yang akan kesakitan kalo jatuh, tapi apa lo gak mikirin keluarga di rumah? Andai kata lo meninggal karena kebut-kebutan, yang akan sedih adalah semua keluarga lo. Apa lo mau ngeliat orang tua, adik atau kakak nangis liat kepergian lo? Renungin dulu deh. Masih ada waktu kok untuk berubah


Quote: Merokok di Sembarang Tempat
Spoiler for Keenam:

Spoiler for ilustrasi:

Merokok itu salah gak sih? Enggak. Yang salah itu kalo lo ngerokok di tempat yang salah. Setiap aktivitas pasti ada etikanya, termasuk aktivitas merokok itu sendiri. Kalo lo merokok di tempat sepi atau gak ada orang sama sekali sih gak masalah. Akan tetapi, akan menjadi masalah kalo merokok di tempat yang ramai, apalagi ada bayi di situ. Asap rokok yang lo keluarkan itu sangat mengganggu orang lain, terutama kesehatannya. Bayangin deh lo merokok di sebelah ibu-ibu yang baru menggendong bayinya. Si bayi akan menghirup asap rokok dan tentunya akan mengganggu pernafasannya.

Pesan dari gue, cobalah untuk tau diri. Gak semua orang tahan menghirup asap rokok dari orang lain. Inget ya, gak semua. Jangan cuma mikirin diri lo sendiri. Orang lain juga punya hak untuk menikmati udara segar, sama seperti lo. Jangan sampai lo merampas hak mereka. Apa lo mau mereka merampas hak lo untuk merokok?


UPDATE!!!

Quote: Gak Tepat Waktu
Spoiler for Ketujuh:

Spoiler for ilustrasi:

Ini nih yang sering terjadi sekitar kita, gak on time! Gue yakin pasti sebagian dari lo ada atau bahkan sering mengalami hal kayak gini. Kalo gue perhatiin, budaya ngaret ini marak terjadi ketika istilah OTW mulai sering digunakan. Katanya sih on the way, tapi kenyataannya masih tidur-tiduran di kamar

Buat yang merasa sering ngelakuin hal ini, coba deh lo pikiran perasaan orang yang udah janjian sama lo. Bayangin kalo lo yang ada di posisinya, terus nungguin temen lo yang katanya udah OTW, tapi gak tau juga kenyataannya beneran udah di jalan atau belum. Menunggu itu gak enak lho. Jadi, cobalah untuk melihat dari sisi pandang orang lain, jangan cuma dari sudut pandang lo doang. Belum tentu sesuatu yang lo anggap benar akan dianggap benar juga oleh orang lain.

Satu yang harus diinget, ketika lo membiasakan gak tepat waktu, hal buruk akan menunggu lo di masa depan. Maksudnya? Dengan lo membiasakan diri untuk ngaret, ada kemungkinan kebiasaan ini terbawa sampai lo kerja. Bayangin aja lo janjian meeting tapi gak tepat waktu, bikin repot kan?


Quote: Pengendara Berhenti di Zebra Cross
Spoiler for Kedelapan:

Spoiler for ilustrasi:

Poin yang satu ini juga sering banget terjadi. Bahkan, bisa dibilang hampir setiap hari gue ngeliat orang yang berhenti di zebra cross. Buat yang belum tau, zebra cross itu adalah jalan untuk pejalan kaki. Sekali lagi gue tekankan, zebra cross itu tempat untuk pejalan kaki. Jadi, di saat lo berhenti di zebra cross, itu berarti lo merampas hak pejalan kaki untuk lewat. Gimana jadinya kalo semua pengendara berhenti di zebra cross? Gak akan ada jalan untuk pejalan kaki. Lo pikir pejalan kaki bisa terbang gitu? Sebaiknya, apa yang udah ada kita gunakan sesuai fungsinya, gan


Quote: Maunya Serba Instant
Spoiler for Kesembilan:

Spoiler for ilustrasi:

Percaya atau gak, gue pribadi sih ngeliatnya orang Indonesia itu demen banget yang namanya instant. Contoh paling gampang ya bikin SIM. Gue tanya deh, berapa banyak pengendara yang bikin SIMnya nembak? Banyak banget! Alasannya kenapa sih? Karena gak pengen repot. Padahal ya, dengan gak nembak, lo akan bisa mengukur kemampuan berlalu lintas lo sendiri.

Ini nih yang patut diperhatikan. Orang Indonesia terlalu mentingin hasil daripada proses. Percuma dapet hasil memuaskan tapi lo gak berproses sama sekali. Contoh lain ya nyontek tadi. Memang hasilnya akan baik, tapi apa lo bangga dengan nilai hasil kerja keras orang lain? Proses itu penting banget, bro. Lo akan belajar gimana rasanya bekerja keras atau berjuang untuk mencapai sesuatu. Coba deh tanamkan mindset di diri lo bahwa proses itu lebih penting dari hasilnya


Quote: Menerobos Antrean
Spoiler for Kesepuluh:

Spoiler for ilustrasi:

Beberapa hari yang lalu gue mengalami hal ini, gan. Gue baru ngantre, eh tiba-tiba ada orang yang seenaknya menerobos antrean. Waktu gue protes, dia dengan santainya menjawab kalo dia punya urusan penting. Emang dikira cuma dia doang yang punya urusan? Orang lain juga punya lah. Gini nih yang paling malesin.

Gue cuma mau bilang aja, cobalah untuk belajar bersabar. Pikir orang lain dulu deh. Emang enak ya, di saat lo baru nunggu antre yang panjang banget, tiba-tiba ada orang yang nerobos antrean? Bayangin lo yang ada di posisinya. Belajarlah menghargai orang lain


Quote: Menerobos Lampu Merah
Spoiler for Kesebelas:

Spoiler for ilustrasi:

Gue ngeri nih sama yang satu ini. Di saat melakukan ini, lo akan membahayakan nyawa lo dan orang lain. Lampu merah itu tandanya berhenti, bukan malah maju. Masa pelajaran SD sekecil ini lo lupa sih? Solusinya? Hampir mirip poin sebelumnya, lo harus sabar. Kalo alasannya karena udah hampir terlambat, kenapa gak berangkat lebih awal aja? Lebih baik datang lebih awal daripada datang terlambat, apalagi membahayakan nyawa orang lain pula


============

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang tentunya akan mempengaruhi masa depan lo. Gue sangat menyarankan agar lo merenungkan apa yang lo lakukan selama ini. Mari kita harumkan nama Indonesia mulai dari hal kecil terlebih dahulu!

Kalo ada kaskuser yang mau nambahin atau mengkritik, gue dengan senang hati akan menerimanya.


============

Spoiler for Sumber:
Pengamatan TS


Quote: Buat agan atau sista yang masih bingung ngatur keuangan sehari-hari, nih gue ada aplikasi dari temen yang mungkin bisa membantu. Coba dulu deh!

Linknya? https://play.google.com/store/apps/d...lymoneymanager


Komentar Kaskuser :

Quote:Original Posted By rifkyirpanr
+ Tambahan +
Pengendara Motor yang sering lewat trotoar, padahal trotoar ada jalan untuk pejalan kaki. Apalagi kalau melawan arah, makin kesel gan. *Hal ini sama kayak Poin Zebra Cross

Biasanya dengan alasan:
- "Tenang donk mas, lagian dekat kok tempatnya" Emang tempatnya itu deket, tapi membahayakan para pejalan kaki, lah ini malah lawan arah, makin bahayakan?
- "Cuman ikut-ikutan yang didepan" Yang didepan itu bener atau salah? "Salah." terus kenapa diikutin?
- "Udah telat banget" kenapa gak dateng lebih awal?
- dll...

Mungkin yang pernah nonton ILK (Indonesia Lawak Klub) yang temanya "Sadar untuk Taat" pasti tahu.
Kalau Zebra Cross aja udah ngeselin, apalagi ini yang sampe ke trotoar...
"Trotoar untuk 2 kaki, 2 roda di jalan raya!"

Nih videonya:
Spoiler for ILK - Sadar Untuk Taat:


Quote:Original Posted By ruvo
tambahan nih gan..
1. susah minta maaf kalo abis nglakuin hal yang gak bener... padahal meski cuman sekedar kalimat sederhana dah cukup efektif ngurangi daftar orang yg gak suka sama kita..
2. berlagak kebarat-baratan tapi gak ngerti etika orang barat gak mau pake yg ketimuran... kalo pake etika orang barat sih, masih bisa diterima... ini ngerti aja kagak gimana mau nerapin..?
padahal dimana-mana yang namanya etika selalu dipake.. liat film Kingsman the secret service ada kata2 "manners maketh man" yg artinya kamu bukan laki2 kalo gak ngerti etika sopan santun.. tuh kata2 ngutip lagunya sting " if manners maketh man as someone said, so he is the hero of the day.. lupa judulnya paan..
kalo orang jawa bilang "wong jowo lali karo jowone iku wong edan" artinya orang jawa yg lupa sama nilai2 jawa itu orang gila..
asli.. ane paling sebel kalo ngadepin mahluk gaib kek gini.. etikanya amburadul.. gak barat gak timur.. kurang ajarnya yang jelas..


Quote:Original Posted By rinrocks69
ane malah nerapin saling sapa dan murah senyum ke oranglain meskipun kita gak kenal tuh orang, eh yang ada malah ane dikatain gila sama temen² ane
itu lagi tuh ane paling benci perokok disembarang tempat, ga pernah diajarin etika tata krama apa ya, padahal uda kasih kode kibas²in tangan dan batuk² trs nutup hidung pake lengan jaket tp masih aja gak peka


Quote:Original Posted By nakadashi
tambahan

untuk pejalan kaki : menyebrang sembarangan

untuk pengendara motor : melawan arah, menjalankan motor nya di trotoar, suka menyalip2 seenaknya

untuk pengemudi mobil : parkir sembarangan, untuk kendaraan umum suka ngetem & naik nurunin penumpang di sembarang tempat


Quote:Original Posted By edwinemaudy
Kebut kebutan di jalan tuh gan yang bikin rusuh, biasanya kebanyakan anak bocah bocah dibawah umur yang belom punya SIM dan motor masih punya orang tuanya tuh yang sering begitu

Kalo udah kecelakaan aja baru deh kapok


Quote:Original Posted By nicmaster
Ane paling ga suka sama yg Merokok sembarangan. Ane di restoran dulu pernah ada orang yang ngerokok, ane sudah memakai bahasa tubuh seperti menjauhkan asapnrokok dari hidung, batuk2, sampai nyindir orang itu dengan berkata "huh ma, koq kayak ada asap rokok ya? kan disini ga boleh ngerokok" sambil ane tunjuk Tulisan "No Smoking" Kesel ane gan!! Asma ane sampe kambuh lho gan!


Quote:Original Posted By edwinsetia
Tambahan dari ane gan.
Nerobos lampu merah udah kaya punya 1000 nyawa, ketabrak aja nangis.
Sama yg sok sokan kalo lampu merah berhenti di zebra cross apalagi sampe ngelebihin.
Padahal kan lampu merahnya gak keliatan kecuali ada tambahan lampu merah di seberang depannya.


Quote:Original Posted By bopaknewgate
Satu lagi gan ane tambahin, sogok menyogok. ini udh jadi kebiasaan juga gan mulai dari instansi formal dan yang nonformal hal ini pasti terjadi. Contoh temen ane mau masuk salahsatu bagian pemerintahan ia dimintai uang 250jt supaya masuk tanpa ribet, Oknum? kok Oknum banyak amat ya? Apa isi pemerintah Oknum semua ? ya susah sih kalo ga dari diri sendiri yang kuat iman. oh iya coba sama agan agan sekalian yang bokap nyokapnya babu masyarakat ( pegawai pemerintah ) tanya mereka daftar murni apa nyogok? *pejwan kalo berkenan


Quote:Original Posted By akm742u
#6 Merokok di sembarang tempat

ane juga benci banget sama ini gan

Bagi ane, kriteria salah satu orang paling kurang ajar sedunia itu yg merokok gak kira2 tempat
gak kasihan apa sama paru2 orang? Mau apa gk didoain kena TBC besoknya?


Quote:Original Posted By foundary
Adalagi gan SUKA MELANGGAR PERATURAN DAN SERING MEMBUANG SAMPAH TIDAK PADA TEMPATNYA
paling kesel sama yang buang sampah sembarangan padahal tempat sampah sangat dekat


Quote:Original Posted By valex88
Tidak menyapa = Gak tau tata krama
Tidak berterima kasih = Gak tau diri
Merokok di tempat umum = Gak kasian ke Perokok pasif.


Quote:Original Posted By ghayooel
tambahan ane gan
1. di deket tempat ane tinggal, lampu merah seakan nggak berfungsi. para pengendara nyelonong aja seenaknya, dapat jalur pas lampu merah, mereka tetepa aja nyelonong begitu lihat jalur lain sepi, padahal masih lampu merah
2. rasa tidak mau mengalah antar sesama pengendara, yang bikin jalanan tambah ruwet dan macetane ada pengalaman tentang ini gan,
jadi waktu itu sepulang kerja jam 7 malem pas macet-macetnya, semua kendaraan melaju kencang begitu lampu sudah hijau, nah disitu ada kopaja yang terus saja membunyikan klakson tanpa henti begitu pun kendaraan lain membunyikan klakson, ternyata ada bapak separuh baya yang lagi dorong motornya ditengah jalan. Bapak itu tampak kesusahan dan sangat takut... lalu ane langsung malangin motor ane dibelakang bapak itu dengan pikiran nuntun bapak itu sampai pinggir jalan. ane kasian gan, nggak terpikir apa yang terjadi deh...
3. banyak ni pemuda aja remaja yang mencari uang dengan membantu pengendara mobil menyeberang, belok, atau putar balik. yang ane sebel mereka suka asal berhentiin mobil atau motor yang lagi melaju dengan alasan memberikan jalan mobil yang butuh bantuan mereka, alasannya karena uang gan, hadeh...
4. bahu jalan untuk pejalan kaki sekarang jadi jalan umum buat motor juga, kasian pejalan kaki. keselamatan mereka jadi terancam, dan hak mereka direbut pengendara
5. pengendara mobil dan kopaja yang tidak memberikan jalan untuk pengendara motor, ini yang sering terjadi gan
6. pengendara motor yang main hp saat dijalan, saat kendaraan sedang berjalan..ini membuat pengendara yang ada dibelakangnya jadi susah kontrol gan, karena mereka kadang pelan dan tidak melihat jalan, ya terlalu sibuk main hp...orang penting kali ya...

sekedar share gan, semoga kita lebih baik lagi dalam berkendara..karena jalan itu milik umum, upayakan lah untuk kepentingan bersama


Quote:Original Posted By klutz
setuju banget nih gan
kebiasaan buruk banget mah kalau ini gan
ane jg pny kebiasaan buruk seperti ngebut sama nyontek
kalau nyontek sendiri sih ane ngelakuin tapi ga sampai parah banget
sekarang kebiasaan itu juga ga bisa ane apa2in
tapi percayalah nyontek itu kebiasaan buruk gan
kalau bisa jangan dibiasakan, bekerjalah semampu anda

ngebut apalagi, ga penting banget dah ngebut itu
ane dulu jalan 100km/j udh kayak cemilan gan
tiap keluar pst ngebut, kayak nyawa udh ga ada harganya
sekarang ane sadar, bahwa ngebut itu tidak baik
kalau mau ngebut silahkan, mau balapan silahkan
tapi alangkah baiknya kalau ngebut maupun balapan di sirkuit
ane sudh ga mau ngebahayain hidup sendiri maupun orang lain


Quote:Original Posted By Bimyo
Tambahan : gak pake helm. Di daerah ane gt, kalo ga ada ribut2 pengumuman razia, gak bakal dah pake helm. Kemarin juga pas ane jalan2 malming ama cowo ane, kami berdua pake helm. Dari sekian puluh motor yg lewat, mereka gak pake helm atau yg pake helm cuma satu (penumpangnya ga pake). Cowo ane pun kena guyon di tempat kerjanya kalo keluar pake helm. Seolah2 pake helm kalo mo pigi jauh aja. itulah masyarkt sini, membenarkan hal yg biasa bukan membiasakan yg benar


Quote:Original Posted By christiancb19
tambah gan! meludah juga harusnya di tong sampah loh bukan disembarang tempat, trus nempelin permen karet di fasilitas umum, vandalism, melanggar aturan lalin, nyebrang sembarangan dll
gak peka
Enggak semuanya jadi kebiasaan sih gan, itu mah tergantung bagaimana orangnya aja

Kalau yang enggak menyapa itu sekarang udah sering ditemui, kalau nunda pekerjaan
Suka telat
cowok ga pernah masturbasi itu bukan cowok
kurang gan... tambahin tuh 'sok senga'
wah hampir mengalami semua gan
tapi yang ngrokok yang jelas enggak :
ga suka sama orang yg merokok di sembarang tempat
asepnya itu loh, telen aja gausah dibagi-bagi
Menyontek adalah tradisi
Kebut-kebutan dijalan bray, berasa jalanan punya nenek moyangnya aje
wadduhh nunda pekerjaan,,
Point diatas hampir semua ane lakuin ... kecuali merokok ane bukan tipe perokok
Colay gan
membuang sampah sembarangan juga masuk gan.
Waduh Ada semua di ane ky nya kecuali yg ga nyapa
yang ga nyapa itu bikin sedih
Semuanya hampir ane Lakuin kecuali yg ngebut ama ngerokok sama sekali ga pernah .
Tapi daerah ane udh rawan yg namanya ngebut sok" kayak pembalap *di tempat ane 2bulan bisa 2x-5x kecelakaan dan rata" masi pelajar SMP * dan giliran dapat musibah cuman bisa taw rasa sakit *itulah kenapa penyesalan selalu datang belakangan*
Ane malah jarang nyapa orang gan bukan karena gadget tapi ane paling kesel kalo nyapa orang tapi sama orang itu didiemin gak disautin jadi kayak orang bego ane ngomong sendiri karena orang yang ane sapa kagak nyautin ane sama sekali nengok atau senyum aja kagak
Karena itu ane jarang nyapa orang lain malah hampir gak pernah lagi
gadget membuat semua mrongoos
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar