Pages


Sabtu, 29 Agustus 2015

Kesalahan2 umum dalam istilah musik




Willkommen To Meinen Thread







Quote:Hello guys, udah lama ga bikin thread
kali ini ane bakal membahas tentang kesalahan2 umum dalam istilah musik yg sering diucapkan menurut pengalaman ane pribadi
tanpa banyak basa basi, karena sepertinya ane ga berbakat menjadi orang basi
so let's checkidot




Cek for No Repsol

Spoiler for No Repsol:





Prolog

Quote:Musik sudah menjadi bagian dari hidup semua kalangan masyarakat, tua-muda, anak2-orang tua, laki2-perempuan, normal-homo )
banyak istilah2 dalam musik (entah itu teknik, alat musik, lagu, dsb) yg sudah jamak diketahui oleh orang awam sekalipun

Namun apa yg terjadi ketika istilah2 yg beredar di masyarakat awam justru salah kaprah dalam ilmu atau teori di dunia musik itu sendiri, buat musisi2 yg udah tau mungkin hanya akan tersenyum kecil saat mendengar kekeliruan tersebut




Quote:Quote:Gitar rhytm atau gitar melody

Spoiler for Spoiler:
Jujur ane agak geli tiap kali ada pertanyaan seperti ini, ( TA: Temen ane, A : Ane)

Quote:TA : "bro bro, elu ngeband pegang apa??"
A : "gw pegang gitar bro"
TA :"gitar melody apa gitar ritem??"
A : "......." (Kemudian gw berhenti maen gitar selamanya)



Kesalahan terbesar tentang peran-peran gitaris didalam band yang berkembang selama ini adalah istilah (GITAR RHYTM dan GITAR MELODI ) istilah ini sudah keliru jika dihadapkan dengan kenyataan di lapangan, bnyk yg mengira bahwa pemain ritem itu tugasnya cuma nge genjreng akord dan levelnya masih kalah dengan pemain melodi, ini keliru besar.

didalam teori musik, justru pelajaran yang paling gampang itu adalah MELODI dibanding RHYTM, loh kok bisa? karena melodi itu cuma memainkan nada secara horizontal (satu per satu) sedangkan ritem itu memainkan banyak nada dengan banyak akord dan banyak irama, dan KEKELIRUAN TERBESAR juga adalah menganggap enteng bermain RHYTM, main rhytmitu bukan cuma nge-jreng, kalau cuma nge-jreng itu bukan rhytm namanya tapi lebih tepatnya comping (mengiringi lagu), dan tugas pemain rhytm paling berat adalah membentuk irama (ini yg tersulit), menguatkan beat, membentuk suasana, dan lain-lain..serta didalam ritem itu banyak hitungan2 beat yg mebutuhkan tingkat konsentrasi yg lebih tinggi untuk sanggup memainkannya dengan benar...

penamaan gitar rhytm dan gitar melodi juga tidaklah tepat, karena fungsi gitar ada di keduanya tidak bisa dilepas salah satu, sederhananya seorang gitaris yg baik seharusnya bisa memainkan rhytm dan melodi tanpa harus dipisah-pisah, penamaan yg benar adalah istilah LEAD GUITAR (gitaris utama) dan GUITAR II (gitaris kedua)...

salah satu poin paling penting lagi adalah bahwa seorang gitaris wajib mempelajari rhytm, melodi, harmoni dan improvisasi, apapun perannya didalam band entah itu sebagai LEAD GUITAR (gitaris utama) atau GUITAR II (gitaris kedua)...

dan terakhir, rhytm itu bukan cuma tugasnya gitar, malahan rhytm itu adalah TUGAS UTAMANYA bassist dan drummer, karena kedua pemain inilah 'roh'nya band sebagai pembentuk irama... (Source)




Quote:Quote:Keyboard = Organ = Piano

Spoiler for Spoiler:
ini yg paling sering salah kaprah, banyak yg nyebut keyboard itu organ atau piano, padahal jelas2 ketiga alat itu berbeda
untuk pembeda nya ane kasih contoh gambar + penjelasan singkat aja ya



Keyboard



Keyboard sudah dilengkapi dengan fasilitas suara alat musik yang beragam sehingga tidak terlalu membutuhkan tuts yang banyak. Alat musik keyboard memang diciptakan untuk meniru piano, namun harganya lebih terjangkau.Keyboard sudah dilengkapi fitur metronom maupun irama pengiring untuk membantu pemain pemula untuk memainkan musik dengan tempo yang tepat



Organ



Organ adalah alat musik berbentuk seperti piano yang menghasilkan suara tetapi bukan dari ketukan palu terhadap senar. Organ dibagi dalam dua jenis yaitu Organ Pipa dan Organ Elektronik. Organ mempunyai pedal yang banyak.
foto diatas adalah salah satu contoh organ digital



Piano



Alat musik piano memiliki tuts yang lebih banyak dibandingkan keyboard dan juga lebih tebal dan agak keras jika ditekan. Hal ini memang disebabkan karena piano diciptakan mulanya untuk permainan solo sehingga harus menjangkau nada mulai dari yang sangat rendah hingga sampai sangat tinggi, supaya semakin variasi. Untuk bermain piano, tidak bisa jika hanya bermodal "posisi chord" saja tetapi kita harus bisa mengeksplor skill piano kita dalam fingering. Piano memiliki 3 pedal dibawahnya, yang pertama adalah Stop Pedal posisinya ada di sebelah kiri dan berfungsi untuk menahan bunyi agar langsung hilang, kedua adalah Damper Pedal posisinya berada disebelah stop pedal dan fungsinya untuk menahan bunyinya agar tidak terlalu keras, yang terakhir adalah Sustenuto Pedal posisinya ada di sebelah kiri Damper Pedal dan berfungsi agar dawainya terus bergetar dan bunyi yang dihasilkan bergema. Dari segi suara yang dihasilkan, piano hanya menghasilkan satu suara yaitu akustik hanya satu suara yaitu suara piano.

(Source)





Quote:Quote:Interlude disebut Melodi

Spoiler for Spoiler:
Nah, ini dulu ane sendiri yg ngalamin, pas masa2 ane pertama kali recording (maklum nubi )
ane pernah di ketawain ama operator studio nya gara2 nyebut bagian lead/interlude dengan sebutan "melodi "

nah, biar ente2 yg baru tau mending bertobatlah gan, mumpung belum diketawain kek ane dulu

penjelasan interlude :
interlude adalah jeda. Interlude dalam musikmerupakan periode jeda waktu setelah reff/chorus untuk masuk ke vocal kembali. Interlude dalam lagu biasanya tidak diisi dengan vocal melainkan melodi gitar, keyboard atau cuma rhytm saja.
Interlude dalam lagu pada umumnya (tidak selalu baku) terletak di tengah-tengah komposisi lagu.

So, interlude adalah satu bagian yg instrumental atau sepotong musik yg diberikan antara bagian2 dari sebuah lagu.

(Source)





Quote:Quote:Slap atau Chopper

Spoiler for Spoiler:
Oke, pasti banyak diantara agan2 yg sering nyebut teknik bass yg satu ini dengan sebutan chopper



Kalau iya, sebaiknya anda ganti kebiasaan tersebut
meskipun ane ga berani bilang ini sepenuhnya salah, tapi setau ane dalam dunia bass teknik chopper itu "TIDAK ADA", yg tepat adalah Teknik Slap




Quote:Quote:cuma cowok yg punya falsetto

Spoiler for Spoiler:
Nah, kalo yg ini para musisi pun masih banyak yg salah kaprah...
Siapa bilang cewek ga punya falsetto?? Gita Gutawa buktinya

"tapi gita gutawa itu kan penyanyi seriosa??"

Seriosa Gundulmu, Secara teknik vokal, gita gutawa itu masuk Falsetto tapi dia nyanyi dengan style seriosa
so buat kalian yg selama ini beranggapan seperti itu, Segeralah bertobat




Quote:Quote:reff vs chorus

Spoiler for Spoiler:
Nah kalo ini jujur aja, ane sendiri juga masih sering salah dalam membedakan antara Reffrain dan chorus

tapi supaya ga bingung ane kasih penjelasannya aja :

Chorus merupakan bagian yang paling ditunggu-tunggu dalam sebuah lagu, biasanya statement atau misi utama lagu ada di bagian ini. Chorus memiliki nilai excitement yang lebih tinggi dari Verse. Nada yang terdapat pada Chorus biasanya sudah merupakan pengembangan lebih lanjut dari Verse, yang mengandung lompatan klimaks. Chorus menggunakan pola nada yang berbeda dan lebih nyaman daripada Verse, kord yang digunakan pun berbeda dengan Verse.

Reff lebih sederhana daripada Chorus, Reff/Reffrain yang bermakna pengulangan biasanya menggunakan bagian lain dari lagu (biasanya Verse) untuk diulang di bagian ini. Notasi pengulangannya sama dan syairnya pun sama, namun tidak menutup kemungkinan syairnya dimodifikasi, namun notasi atau nadanya tetap menggunakan nada yang sama. Inilah yang seringkali tertukar, Reff dianggap Chorus dan demikian sebaliknya.

Contoh lagu dengan penggunaan reff yang hampir mirip dengan penjelasan diatas adalah Ode to My Family yang dibawakan oleh The Cranberries.

(Source)





Quote:Oke, nah sekarang sudah paham kan kesalahan2 dalam istilah musik yg selama ini sering kita jumpai?
Buat yg mau nambahin monggo, nanti saya post di pageone












Quote:SUMBER TULISAN :
-Pemikiran Sendiri dan sebagian materi referensi diambil dari :
-SUMBER1
-SUMBER 2
-SUMBER3
-SUMBER4


Quote:Foto diambil dari GOOGLE dan dipergunakan hanya sebagai ilustrasi










Reserved for Tambahan dari Kaskuser


biasanya Basis ama Keyboardis kurang dilirik fans
padahal Bass itu kan yg buat musik lebih hidup
Ane ga ngerti sama sekali gan
cma bisa nyanyi doang, ga tau nama-namanya
Quote:Original Posted By manggor46
biasanya Basis ama Keyboardis kurang dilirik fans
padahal Bass itu kan yg buat musik lebih hidup


wkwkwk, sebenenya yg paling kasian itu drummer gan. udah paling belakang sendiri. jarang kesorot kamera lagi

Quote:Original Posted By ularpiton
Ane ga ngerti sama sekali gan
cma bisa nyanyi doang, ga tau nama-namanya


karena itulah gan, ntar kalo ada yg ngasih tau agan dan informasinya salah
kan agan bisa menyangkalnya
Quote:Original Posted By emu99


wkwkwk, sebenenya yg paling kasian itu drummer gan. udah paling belakang sendiri. jarang kesorot kamera lagi


Travis Barker lebih terkenal tuh dari Mark Hoppus
Quote:Original Posted By manggor46


Travis Barker lebih terkenal tuh dari Mark Hoppus


kalau soal terkenal sih, pemain bass juga banyak yg terkenal contohnya flea
biasanya mereka yg tenar itu karena ada keunikan pada diri player tsb
Aku sih yes aja
Kebeulan ane jg bisnis musik dan pernah kuliah musik...

keyboard itu sebenarnya istilah gan..kata dosen ane keyboard itu papan yg berupa tuts2..jadi piano,elektone,pianika bisa bisa disebut keyboard CMIW..
Kalo masalah istilah lain didaerah ane emang banyak yg keliru..
1.Ane jualan gitar, ada yg nanya.."Mas itu gitar melodi/rithm?"
2.Waktu ane operator recording.."Mas vokalnya dikasih echo ya" disini reverb,delay,echo disebut dg 1 nama "echo"
3.Waktu main lagu "mas bagian reff akhir overtone ya, jadi D" mungkin maksudnya modulasi.
4.musik keroncong berasal dr indonesia, pdhl aslinya dr portugis
5.Dan masih banyak lagi...
Wlpn ane sebenernya geli, tp ane nikmatin aja dah....toh musik utk dimainin/didengerin...
hahahaha... ane ngiyain aja dah gan.. kaga paham ama begituan.. cuman tau cara dengerin en ngapresiasi sebuah karya musik doang..
Yang pasti kalo rekaman jng berisik bray... kecoa lewat aja kedengeran langkahnya....
Quote:Original Posted By blezzernet
Yang pasti kalo rekaman jng berisik bray... kecoa lewat aja kedengeran langkahnya....


ya iyalah gan
ane nguasain satu alat musik aja dah sukur
nice inpoh gan nambah pengetahuan..
Quote:Original Posted By ephie90
ane nguasain satu alat musik aja dah sukur


pasti gitar ya
oh jadi selama ini ane salah dalam hal reff dan chorus
Quote:Original Posted By abangijokuning
Kebeulan ane jg bisnis musik dan pernah kuliah musik...

keyboard itu sebenarnya istilah gan..kata dosen ane keyboard itu papan yg berupa tuts2..jadi piano,elektone,pianika bisa bisa disebut keyboard CMIW..
Kalo masalah istilah lain didaerah ane emang banyak yg keliru..
1.Ane jualan gitar, ada yg nanya.."Mas itu gitar melodi/rithm?"
2.Waktu ane operator recording.."Mas vokalnya dikasih echo ya" disini reverb,delay,echo disebut dg 1 nama "echo"
3.Waktu main lagu "mas bagian reff akhir overtone ya, jadi D" mungkin maksudnya modulasi.
4.musik keroncong berasal dr indonesia, pdhl aslinya dr portugis
5.Dan masih banyak lagi...
Wlpn ane sebenernya geli, tp ane nikmatin aja dah....toh musik utk dimainin/didengerin...


yap, ane setuju banget ama kata2 terakhirnya gan
wah gua bener-bener awam soal beginian nih bray.
Pas bener, jadi kalo entar-entar ngomongin ginian lagi bakal agak nyambung dah sama temen.
Ane juga suka nyengir, klo udah ada yang bilang "gitar melody atau rhythm" ha
terompet sama saxophone juga gan...biasanya masih ada yang belum bisa membedakan...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar