Pages


Sabtu, 29 Agustus 2015

Pantai Trikora & Bintan, "Rumah Kedua" Orang Singapura.


Video Keindaha Pulau Bintan & Pantai Trikora, Video by Barry Kusuma.
Kepualauan Riau khususnya Bintan adalah destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing, khususnya Singapore dan Malaysia. apalagi kalau sudah weekend mereka senang sekali berlibur kesini, sama halnya dengan masyarakat Jakarta jika sudah weekend akan pergi ke Puncak, Bogor dan Bandung. namun bagi Singaporean mereka setiap weekend akan mengunjungi Pulau Bintan dan Batam, karena tempat inilah punya banyak keindahan alam dan sangat dekat dengan mereka. Kepulauan Riau sendiri sebenarnya sangat luas, karena Kepulauan Riau terdiri dari Batam, Bintan, Kepulauan Anambas dan Kepulauan Natuna.


Bintan merupakan tempat favorite saya untuk berkunjung di Kepulauan Riau, karena harga harga makanan dan kuliner disini relatif lebih murah daripada di Batam. tidak hanya itu keindahan pantai dan alamnya pun juga masih banyak yang indah, dan terjaga. salah satu Pantai yang banyak dikunjungi di Pulau Bintan ini adalah pantai Trikora, pantai yang punya garis sepanjang 25 km ini sangat panjang. ketika pertama kali datang ke Pantai ini kesan pertama saya biasa saja karena hanya pantai pantai landai pada umumnya. tetapi saya lupa kalau pantai Trikora ini adalah pantai terpanjang di Pulau Bintan, karena jarak 25km memang sebagian besar pantai hanya pantai yang landai saja. di KM 11 didekat perkampungan nelayan tradisional saya menemukan pantai Trikora dihasi oleh batu batu yang sangat besar, dan saya tertegun menikmati keindahan pantainya.


dilokasi pantai ini saya menemukan pantai pasir putih membentang dihiasi batu-batu besar yang tersebar di pinggiran lautnya. Pantai Trikora yang punya garis pantainya mencapai 25 kilometer, tidak heran banyak pantai tersembunyi yang menyimpan keindahan seperti pantai di KM 11 ini keindahan Pantai Trikora seakan menyapa pengunjung untuk menghampiri dan menikmatinya. Pantai Trikora memiliki pemandangan memukau yang menyempurnakan keindahan Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Ini adalah salah satu tempat popular bagi wisatawan yang datang bersama keluarga, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah yang banyak dikunjungi wisatawan di Pulau Sumatera.


kesan pertama mendengar Trikora sekilas saya teringat akan Angkatan Bersenjata Indonesia, setelah saya banyak bertanya kepada orang lokal disini. penyebutan Trikora diambil dari sebutan three coral namun ada versi lain yang mengaitkannya dengan Tri Komando Rakyat karena dahulu Pulau Bintan pernah dijadikan wilayah pertahanan terluar Indonesia pada saat masa pemerintahan Presiden Soekarno. karena memang wilayah ini sangat dekat dengan negara negara tetangga, dan masyarakat pulau Bintan sangat kental dengan adat melayu. banyak kerajaan kerajaan di Malaysia yang nenek moyangnya berasal dari pulau Bintan ini, sehingga setiap hari besar keagamaan mereka sering datang ke Pulau Bintan khususnya Pulau Penyengat untuk nyekar dan berziarah.


Jika sudah ke Pantai Trikora, sangat disarankan untuk hopping island disekitar pantai ini. karena disepanjang pantai Trikora tersebar banyak pulau pulau kecil yang sangat seru kalau kita snorkling atau bermain dipinggir pantai, penyewaan kapal banyak terdapat di pelabuhan nelayan atau kalau mau lebih nyamannya kita bisa ke hotel hotel yang banyak di pantai Trikora dan menyewa kapal dari hotel ini. dan kalau tidak ribet bisa ambil paket dari hotel dan biasanya paketannya sudah sekaligus sewa kapal dan makan siang.


saat terbaik untuk menikmati pantai Trikora adalah di hari biasa, karena biasanya saat weekend pantai Trikora sangat ramai. karena banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang membawa keluarga dan anak anaknya bermain air disini, memang pantai Trikora ini tidak punya ombak yang begitu besar. sehingga aman untuk keluarga, dan disisi pantai banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang dan banyaknya pohon kelapa. akan sangat mantap menikmati pantai sambil menyeruput buah kelapa muda segar. jadi kalau mau nyaman datanglah di hari biasa, bukan pada saat weekend.




untuk menuju ke Pantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. jika kita sampai dari bandara di Tanjung Pinang dibutuhkan waktu sekira 1 jam jalan santai mencapai Pantai Trikora dengan mobil. dan jika sudah sampai di Pulau Trikora jangan lupa untuk mengunjungi desa nelayan tradisional yang banyak terdapat di pantai ini dan sekaligus mengunjungi Pulau Penyengat. dan malamnya jangan lupa menikmati kuliner seafood yang banyak disediakan di kawasan pantai ini, untuk harga seafood disini memang termasuk mahal dibanding dengan Jakarta. ini dikarenakan banyak seafood dikirim ke Singapore atau Malaysia, sehingga walaupun di kepulauan Riau ikan ikan yang kualitas terbaik sudah banyak dijual dan harga kuliner otomatis agak sedikit mahal.


Penggemar siput laut harus mencoba gonggong yang khas dari Sungai Enam, Bintan Timur. Gonggong lebih besar dari siput laut lainnya dan memiliki rasa mirip dengan cumi. Biasanya gonggong direbus kemudian dinikmati bersama sambal kacang. dan di kawasan pantai Trikora ini juga banyak kok disediakan gonggong, karena memang gonggong dari Bintan ini sangat terkenal dan besar besar bentuknya.


Dengan panjangnya kawasan Pantai Trikora sejauh 25km, pantai Trikora masih banyak menyimpan keindahan pantainya yang menawan. maka tidak salah jika Pantai Trikora dan Bintan menjadi primadona Singaporean dan masyarakat Malaysia untuk pilihan berwisata pada saat weekend. maka tidak salah jika Pulau Bintan disebut sebagai "Rumah Kedua" Orang Singapura.


Video Keindaha Pulau Bintan & Pantai Trikora, Video by Barry Kusuma.

Text dan Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
reserved for update pulau Bintan dari agan2..
cakep gan..baru tau ane di Bintan ada pantai Trikora ada pantai secakep ini..pas kesono ngeliat pantai trikora biasa aja, tapi baru tau juga kalo trikora pantai panjangnya 25km dan dibagian tertentu ada pantai yg kek gini..
Byk orang Singapore yg ke sana mangka nya kota batam harus bersih ya jangan buang sampah sembarangan orang orang nya ok
Bener ternyata kata kawan saya yang sempat kesana.
Di pulau bintan masih bener bener mangstap.
Terbukti dari foto dan video diatas
Quote:Original Posted By lolisekai
Byk orang Singapore yg ke sana mangka nya kota batam harus bersih ya jangan buang sampah sembarangan orang orang nya ok


iya gan sampah di Batam dan Bintan kadang masih ada ditempat wisata..kecuali tempatnya privat baru deh ga ada sampah...
Quote:Original Posted By ketek
Bener ternyata kata kawan saya yang sempat kesana.
Di pulau bintan masih bener bener mangstap.
Terbukti dari foto dan video diatas


iya gan Bintan masih banyak tempat dan destinasi yang keren..
mantapp pantaii nya

pengennn
Rumah ke dua buat gw juga, 2008-2014 pernah tinggal di sini. Hiks, rindu.
Pilihan utama wn asing.. Cakep pantainya gan
Kalo orang kita demennya ke luar negeri gantian..
bagus yah,pantesa org sgp suka kesana
behh boleh nih sama pacar kesana
Fotox kok kaya gosong2 gitu ya
seronok nye tempat tu macam nak pergi la :v
emang bagus sih tempatnya. Jd pingin ksana jg gan. Mantap sharenya
Mejeng dulu dipekiwan siapa tau ts mau ngajak kesana
salah satu yang terbaik di Indonesia di trikora 3 dan 4 gan , keren banget . ane bela-belain dari riau KKN disini . EPIC banget lah pokoknya.
Siiipppp,, gk kalah ya ama derawan
keren banget om barry
Keren gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar