Pages


Sabtu, 29 Agustus 2015

7 Legenda dan Misteri Gunung-Gunung di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!





Cek Repost


HT Thanks for all mimin nd momod nd Thanks for all kaskuser keep ngaskus sisgan


Quote:Satu hal yang tak akan pernah bisa lepas dari Indonesia adalah hal-hal berbau mistik, klenik, dan sejenisnya. Di masa lalu, sebelum gelombang persebaran agama datang, rakyat Indonesia banyak yang menganut kepercayaan seperti animise atau dinamisme. Mereka percaya adanya roh-roh penunggu benda tertentu, bahkan ada juga yang sampai menyembahnya.

Kepercayaan seperti ini terus berlanjut hingga sekarang. Bahkan diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Salah satu kepercayaan yang masih kental adalah percaya adanya penunggu atau pemilik dari suatu gunung api di Indonesia. Hampir setiap gunung api besar di Indonesia memiliki legenda dan kisah unik yang dipercaya nyata adanya. Berikut tujuh legenda dan misteri dari gunung api di Indonesia itu!


Quote:1. Legenda Gunung Kelud

Gunung Kelud memiliki legenda yang terus diturunkan dari mulut ke mulut. Alkisah ada seorang manusia berkepala sapi yang ingin menikahi gadis dari kerajaan Majapahit. Ia mengikuti berbagai sayembara dan akhirnya menang. Namun sayang, sang putri pujaan hati enggan menikahinya. Akhirnya sang putri meminta syarat kepada Lembu Sura, si manusia berkepala sapi untuk membuat sumur di puncak Gunung Kelud. Jika keinginan putri dipenuhi maka ia mau dinikahi. Tentu saja permintaan itu dipenuhi oleh Lembu Sura. Ia menggali gunung dengan culanya. Sang Putri akhirnya panik karena Lembu Sura akan berhasil. Akhirnya ia meminta ayahnya yang merupakan Prabu Brawijaya untuk mengubur lubang galian yang masih ada Lembu Sura di dalamnya.



Lembu Sura yang ada di dalam meminta tolong dan memohon untuk dikeluarkan. Namun ia harus menerima kenyataan jika mereka memang sengaja mengubur untuk melenyapkan di manusia berkepala sapi ini. Dengan sisa tenaga, akhirnya Lembu Sura mengutuk Kerajaan Majapahit dengan bunyi seperti ini: “Yoh, Kediri sesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping-kaping yaiku Kediri dadi kali, Blitar dadi latar, Tulungagung dadi kedung.” (Ya, Kediri akan dapat balasanku berkali-kali, Kediri jadi sungai, Blitar jadi daratan, dan Tulungagung jadi perairan dalam.)



Dan benar juga, Kelud terus meletus dan membumihanguskan kerajaan. Jika anda datang melihat Gunung Kelud, patung Lembu Sura akan menyambut anda dengan gagahnya. Pemerintah setempat sengaja membuatnya untuk persembahan. Jika kondisi Kelud mulai panas, biasanya pemerintah Blitar atau Kediri melakukan upacara larung sesaji agar “Lembu Sura” tidak mengamuk lagi.


Quote:2. Legenda Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah ikon pariwisata di Jawa Timur. Hampir setiap hari ada ratusan turis dari berbagai negara datang untuk menikmati keindahan gunung dan matahari terbit. Di balik keindahan ini, ternyata Bromo menyimpan legenda yang terus hidup hingga sekarang. Dahulu kala di Bromo hiduplah seorang pemuda bernama Joko Seger yang jatuh hati dengan gadis keturunan dewa bernama Rara Anteng. Mereka menjalin kasih hingga memutuskan akan menikah. Namun rencana itu harus terhenti karena ada orang jahat dan sakti yang mendadak melamar Rara Anteng.



Gadis cantik itu tak bisa menolak karena takut, namun ia membuat persyaratan kepada si pria jahat sebelum pernikahannya dilaksanakan. Rara Anteng menyuruhnya membuat lautan di Bromo dalam waktu semalam. Pria jahat itu menyanggupi, ia mengeruk tanah menggunakan batok kelapa semalaman. Rara Anteng takut jika lautan itu akan selesai sebelum ayam pertama berkokok. Akhirnya ia memukulkan alu seperti saat menumbuk padi. Mendengar bunyi tetabuhan itu ayam-ayam bangun. Si pria jahat akhirnya kalah, ia mengamuk dan melempar batok yang sekarang menjadi Gunung Batok.



Rara Anteng dan Jaka Seger akhirnya menikah. Namun mereka tak kunjung dikaruniai anak. Akhirnya mereka melakukan pertapaan di gunung. Sebuah suara gaib terdengar dan bilang jika mereka akan memberi anak tapi anak pertama harus dikorbankan ke gunung. Rara Anteng dan Jaka Seger setuju. Mereka akhirnya dikaruniai 25 anak, namun ingkar janji karena tak tega anaknya dikorbankan. Akhirnya terjadilah bencana dan anak pertama mereka mati. Sejak saat itu budaya upacara Kasada mulai diadakan sebagai ganti pengorbanan manusia ke dalam gunung. Oh ya, nama Suku Tengger berasal dari singkatan Rara Anteng dan Jaka Seger.


Quote:3. Legenda Gunung Merapi

Gunung Merapi memiliki banyak sekali versi legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitarnya. Namun yang paling dominan adalah adanya kerajaan gaib yang bersarang di puncak gunung. Para makhluk gaib ini dipercaya akan membawa petaka yang sangat besar kepada masyarakat di Yogyakarta. Itulah mengapa Keraton Yogyakarta selalu menunjuk salah satu abdi dalemnya untuk menjadi juru kunci gunung. Salah satu juru kunci yang paling terkenal adalah Mbak Maridjan yang meninggal saat erupsi Merapi beberapa tahun lalu.



Beberapa tempat di Gunung Merapi dijadikan tempat makhluk halus untuk tinggal. Sebut saja Pasar Bubrah, tempat ini dipercaya ramai saat malam karena para makhluk halus mulai keluar dan muncul. Selain itu ada tempat-tempat seperti Hutan Patuk Alap-Alap yang digunakan untuk penggembalaan ternak milik kerajaan gaib Merapi. Di waktu-waktu tertentu hewan gaib seperti macan putih, ular besar, dan lainnya kerap membuat orang yang mendaki harus lari terpontang-panting. Satu hal yang harus dipahami ketika ke Gunung Merapi: selalulah jaga hati, lisan, dan perbuatan.


Quote:4. Legenda Gunung Semeru

Gunung paling tinggi di Pulau Jawa ini ternyata memiliki legenda yang sangat unik. Diceritakan bahwa dahulunya Pulau Jawa adalah pulau yang mengapung-apung di lautan lepas. Para dewa tahu itu dan akhirnya memutuskan memakunya agar diam dan tak terus terbawa arus laut. Mereka memaku Pulau Jawa dengan memindahkan Gunung Meru dari India menuju Jawa. Dewa Wisnu mengubah wujudnya menjadi kura-kura raksasa dan Dewa Brahma berubah jadi Ular besar untuk mengikat gunung.



Akhirnya Gunung Meru itu sampai dan membuat Pulau Jawa diam. Orang Hindu di Jawa dan Bali percaya jika Gunung Meru yang serang bernama Semeru ini merupakan tempat persemayaman banyak Dewa. Selain itu, puncak Gunung merupakan gerbang yang menghubungkan dunia Dewa dan manusia. Saking sakralnya, masyarakat Hindu kerap melakukan upacara keagamaan di tempat ini. Anda boleh percaya atau tidak dengan legenda ini. Namun yang jelas, Gunung Semeru menyimpan banyak sekali keindahan yang tak bisa dilewatkan. Itulah mengapa gunung ini selalu menjadi tujuan pendakian yang menantang. Bahkan dijadikan seting pembuatan salah satu film nasional.


Quote:5. Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu yang terletak di Jawa Barat selalu identik dengan legenda Sangkuriang. Anda mungkin masih ingat cerita tentang Dayang Sumbi yang menikahi anjing sakti karena sumpahnya sendiri. Dari pernikahan itu ia dikaruniai anak dan dinamai Sangkuriang. Suatu ketika Sangkuriang membunuh anjing bernama Tumang yang sebenarnya ayah kandungnya sendiri. Sang ibu marah dan memukulkan centong nasi ke kening Sangkuriang hingga membuat bekas yang dalam.



Singkat cerita Dayang Sumbi diusir dari kerajaan dan Sangkuriang pergi mengembara. Saat dewasa Sangkuriang terpesona dengan kecantikan ibunya sendiri. Ia memaksa untuk menikahi Dayang Sumbi. Mengetahui pria tampan itu anaknya, Dayang Sumbi akhirnya membuat syarat yang sangat sulit. Ia menyuruh Sangkuriang membuat bendungan di sepanjang bukit dan membuat perahu dalam waktu semalam. Mengetahui Sangkuriang akan berhasil, Dayang Sumbi melakukan berbagai cara untuk menggagalkan tantangan yang sedang dikerjakan.



Dan benar saja, tantangan itu akhirnya gagal, karena ayam terlanjur berkokok namun perahu tak kunjung kelar. Sangkuriang tahu jika ia sedang ditipu. Akhirnya untuk meluapkan amarahnya, ia menjebol bendungan hingga mengakibatkan banjir bandang. Perahu yang ia buat dilempar dan berubah jadi Gunung Tangkuban Perahu. Dayang Sumbi akhirnya meninggal dan hilang dalam banjir yang dibuat Sangkuriang.


Quote:6. Legenda Gunung Kemukus

Banyak sekali versi yang beredar mengenai legenda Gunung Kemukus yang terletak di Jawa Tengah ini. Salah satu versi yang banyak diketahui orang adalah kisah hubungan gelap antara Pangeran Samudro dan Ibu tirinya. Keduanya melakukan hubungan badan di Gunung Kemukus namun ketahuan. Akhirnya mereka dibunuh dan disemayamkan di salah satu bagian gunung. Saat ini Gunung Kemukus justru digunakan sebagai lokasi prostitusi terselubung dengan latar belakang kisah Pangeran Samudro.



Dipercaya jika melakukan hubungan badan dengan bukan pasangannya, keinginan dan harapan akan dikabulkan. Akhirnya banyak orang berduyun-duyun datang ke sini untuk mencoba ritual nakal itu. Akibat dari adanya legenda agak nyeleneh ini, banyak sekali bermunculan lokalisasi dadakan di Gunung Kemukus. Tujuannya hanya satu, menjembatani pengunjung untuk melakukan ritual uniknya: bercinta tujuh kali dengan bukan pasangan! Edan!


Quote:7. Legenda Gunung Slamet

Gunung Slamet awalnya bernama Gunung Gora. Seorang pangeran bernama Syeh Maulana mengubah nama gunung setelah ia mendapatkan keselamatan di sana. Singkat cerita sehabis melaksanakan ibadah Solat Subuh, Syeh Maulana melihat cahaya yang sangat terang di langit. Ia tertarik dan akhirnya mengikutinya hingga sampai di pesisir pantai Gresik, Jawa Timur. Saat itu cahaya telah hilang. Namun hari berikutnya muncul cahaya di sekitaran pantai Pemalang, Jawa Tengah. Syeh Maulana mengikuti lagi cahaya aneh itu.



Sebelum sampai tempat, Syeh Maulana mengalami gatal seluruh tubuh yang membuatnya tak bisa melakukan apa-apa. Akhirnya ia memohon petunjuk dan diberi mimpi agar mengunjungi Gunung Gora. Di sana Syeh Maulana akhirnya mandi di pancuran air panas yang membuatnya sembuh dari penyakit. Ia akhirnya memutuskan untuk menetap di daerah itu dan mengubah nama Gunung Gora menjadi Gunung Slamet. Karena telah menyelamatkannya.



Selain itu, sebuah legenda menyebutkan jika Gunung Slamet adalah gunung yang memberi keselamatan bagi warga sekitar. Jika sampai gunung ini meletus artinya bencana besar akan terjadi dan membuat Pulau Jawa akan pecah menjadi dua bagian sama besar. Saat ini Gunung Slamet digunakan sebagai tempat wisata dengan pemandian terkenalnya Baturaden.


Quote:Well, itulah sekelumit kisah legenda dan misteri dari gunung-gunung yang ada di Indonesia. Anda boleh percaya atau pun tidak. Namun kisah ini telah membumi dan bertahan lama, bahkan lebih tua kisah ini dari anda. So, dari tujuh gunung ini mana yang pernah anda kunjungi sebelumnya? nd ada yang mau nambahin sis gan or revisi

Ts ; imanine9
Sumur : klik di mari



Quote:See You Next Time di trit ane selanjut nya



keep ngaskus gansis



Spoiler for Jangan Di buka:
Yang lempar cendol semoga rejeki nya di mudahkan



yang bantu Rate 5 semoga urusan nya di mudahkan


yang lempar bata semoga cepet dapet hidayah


yang komen semoga ilmu nya bermanfaat


amin allahumma amin


Quote:



-=Trit ane yang lain =-



Undian Liga Champions: Juve Hadapi City, Arsenal Bertemu Bayern
10 Pemain Sepak Bola Bernomor 10 Terbaik Saat Ini
Ketika Steve Jobs Menjauhkan iPad dari Anak-Anaknya Sendiri
Penting! Tempat inilah yang Wajib Mahasiswa Baru Hafalkan
Deretan Trio Dunia dengan Inisial Menarik
6 Bukti Indonesia Dahulu Lebih Hebat Dibanding Sekarang
7 Keindahan Wanita yang Bisa Dipancarkan Selain Kecantikan Wajah
Ojek Syar`i, Layanan Ojek Online Khusus Wanita
5 Bapak Bangsa Indonesia Pecinta Sepakbola
5 Pengaruh Besar Indonesia yang Mampu Mengubah Dunia!
Deretan Pesepakbola Ini Memiliki Hubungan baik dengan Rekannya
Fakta 5 Hewan Kecil yang Mampu Menipu Predator dengan Cara Jenius
6 Tahapan Patah Hati yang Pasti Bakal Dilalui Semua Orang
6 Band Rock Jepang Ini Selalu Rilis Album di Indonesia
9 Mitos asal-usul gempa Bumi dari berbagai negara, Indonesia ada!
6 hal ini paling khas dari Singapura, jarang ada di negara lain
4 Pertanyaan Ini Bantu Anda Jadi Pengusaha
5 Ciri Pria Yang Disukai Calon Mertua, Apa Kamu Salah Satunya?
6 Resep Sukses dari Wanita Terkaya di Dunia
Lima Sinetron yang Dulu Pernah Populer di Indonesia
5 Hal yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Tisu
Awas! Ada modus penipuan bukti struk transfer palsu BCA
Quote:Original Posted By RockJungles
Wah gunung slamet ada di daerah ane noh,, emang bener kalo legenda ama mitosnya seperti itu


Quote:Original Posted By 27ku
lepas dr percaya ato tidak, ya biarlah menjadi bagian dr kearifan lokal masyarakat dsekitar gunung tersebut.
Ambil makna positifnya ,buang yg negatifnya gan.
Semoga bermanfaat.


Quote:Original Posted By perabotanlenong
sebenar nya masih banyak lagi legenda n cerita2 misteri digunung2 indonesia,,,salah satu nya argopuro,,,gunung dengan lintasan terpanjang dipulau jawa,kata nya loh,,,ane sih butuh tiga malam untuk naik turun gunung ini,kenapa dinamakan argopuro,karena di gunung tersebut banyak pura dibangun dan konon tempat pengasingan selir tercantik majapahit,yang diramalkan akan merebut tampuk kekuasaan majapahit kala itu,maka nya,selir tercantik itu,yaitu dewi rengganis,di asingkan di gunung argopuro


Quote:Original Posted By m00n2718
yang gunung slamet ni gan ane dulu sempet tinggal di purwokerto di kaki gunung slamet, dari kejauhan di sekitar tempat ane ngontrak rumah, kalo siang/malem kelihatan ada masjid berwarna putih megah samar2 sih keliatannya tpi nampak jelas kalo itu bangunan masjid, ane juga prnah merhatiin ntu, tapi kata orang2 di sekitar kontrakan ane itu belum pernah ada yg bisa menemukan itu masjid kalo didekati kesana.
satu lagi gan misteri gunung berapi yaitu si nenek lampir ni



Quote:Original Posted By archkitec
ane sering denger gunung kelud kalo gak salah tempat sarang genderuwo
banyak yang pesugihan gitu. cmiiw


Quote:Original Posted By PRAS20
Beuh mantab gan, nice thread and infoh
Btw, gunung tangkuban perahu klo di film rakyatnya di tendang gan bukan di lempar, dan sangkuriang juga di bantu oleh jin untuk ngebangun perahu tsb


Quote:Original Posted By cividale
Cool story gan

Kisah beginian jadi legitimasi kegiatan pemujaan berhala dan kemaksiatan di tempar gunung gunung tsb

Hanya orang terbelakang aja yang mau percaya kisah itu benar benar ada


Quote:Original Posted By z3tri
kalo cerita ayah ane..gunung semeru emang sepeti itu paku nya jawa..dan d bawa dari india, dalam perjalanan membawa gunung dari india ke jawa, ceceran nya jatuh dan jadilah pegunungan dieng...

ane sih percaya sebagai cerita doank sih...tp ternyata cerita seperti ini masih berlaku hingga kini..


Wah banyak legendanya

Sama sekali belum tahu ane gan
Banyak yg ane belum tau gan..
Banyak yang belum tau
itu mah gunung-gunung di jawa semua. judulnya harusnya legenda gunung-gunung di jawa
ane cuma tahu nya legenda gunung tangkuban perahu doank gan
yg gunung kemukus gagal tuh gan di pake kumpul kebo
wah demen ane baca legenda ginian . nice thread gan
orang dlu sakti2 ya gan, ada yg bisa ngutuk jadi batu, ada yg nendang jadi gunung, kenapa sekarang ga ada ya ?
legenda gunung kembar gak masuk gan
Gunung Slamet dan BATUR RADEN Deket tempat tinggal ane cuman 5 KM ... terkenal dengan adanya Pancuran dari 1 Pancuran ke 7 Pancuran dari aer yang dingin dan aer yang panas (mengandung belerang) (jadi promosi)
Selain sebagai tempat lokawisata juga terkenal dengan LOKALISASINYA dengan Nama Gang Sadar yang ada RT/RW nya ... hahahah (promosi Lagi)
informasinya menambah wawasan
Quote:Original Posted By ndoetniest
Gunung Slamet dan BATUR RADEN Deket tempat tinggal ane cuman 5 KM ... terkenal dengan adanya Pancuran dari 1 Pancuran ke 7 Pancuran dari aer yang dingin dan aer yang panas (mengandung belerang) (jadi promosi)
Selain sebagai tempat lokawisata juga terkenal dengan LOKALISASINYA dengan Nama Gang Sadar yang ada RT/RW nya ... hahahah (promosi Lagi)


lokalisasinya aman gak bro?

gunung diluar jawa gak ada ea gan
gunung di luar jawa juga gan, tambahin... kayak Rinjani misalnya
btw yg gunung kemukus itu bneran gan ?

gunungnya jawa semua gan..??
itu gunung maksiat pasti banyak yang udah nanya peta nya ke agan....
Mantap ulasannya gan
di jawa semua gan
gunung salak gak ada gan ?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar