Pages


Jumat, 28 Agustus 2015

Patung Jenderal Besar Soedirman tidak hanya di dalam negeri


Weleh weleh...
terima kasih mendalam kembali yang amat sangat banyak untuk momod/mimin yang udah mengangkat trit yang sederhana ini menjadi HOT TRIT tanggal 26 Agustus 2015


Ini adalah HT ke-25 ane gan

Spoiler for Hot trit tanggal 26 Agustus 2015:



Terima kasih juga untuk agan2/wati sekalian yang udah menyediakan waktunya untuk mampir ke trit ini, rating dan juga lempar cendolnya ke ane


Jenderal Besar Soedirman
Quote:Siapa yang tidak kenal Jenderal Soedirman? Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), nama jenderal yang satu ini rasanya sudah tidak asing lagi didengar. Ane rasa sudah ada trit khusus yang membahas mengenai sejarah sang Jenderal Besar lebih jauh. Tapi secara rangkum, seperti ini gan:
Spoiler for Biodata Jenderal Soedirman::


Oh iya, apa sih pangkat Jenderal Besaritu? Jenderal Besar adalah pangkat tertinggi yang dapat dicapai oleh seorang perwira TNI Angkatan Darat. Pemberian pangkat ini hanya untuk perwira-perwira yang sangat berjasa. Selebihnya, pangkat Jenderal (4 bintang) yang biasanya dicapai oleh perwira-perwira tinggi. Pangkat ini ditandai dengan lima bintang emas di pundak. Pangkat ini sepadan dengan Laksamana Besar di TNI Angkatan Laut dan Marsekal Besar di TNI Angkatan Udara.

Dalam sejarah TNI Angkatan Darat, hanya terdapat 3 orang yang diberi kehormatan menggunakan pangkat ini atas jasa-jasanya yang sangat besar. Mereka adalah:
Jenderal Besar Soedirman;
Jenderal Besar A.H. Nasution; dan
Jenderal Besar Soeharto.

Jenderal Soedirman juga merupakan Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia pertama yang menjabat dari tanggal 12 November 1945 sampai dengan 29 Januari 1950.
Quote:Sangat pantas sekali nama Jenderal Soedirman ini diabadikan sebagai tanda penghormatan atas jasa-jasanya di masa lampau. Seperti di Jakarta, ada sebuah jalan yang bernama Jalan Jenderal Soedirman. Tidak hanya nama jalan, patung yang menggambarkan sosok Jenderal Besar ini pun dibangun dengan tegap nan gagah bukan hanya di satu lokasi saja, yuk kita tengok satu per satu:
Quote:Ibukota Indonesia, Jakarta.
Spoiler for Tengok fotonya di sini gan::


Patung Jenderal Sudirman merupakan salah satu patung yang berada di Jakarta tepatnya di kawasan Dukuh Atas, depan Gedung BNI, Jalan Jenderal Sudirman. Patung ini memiliki tinggi keseluruhan 12 meter dan terdiri atas: tinggi patung 6,5 meter dan voetstuk atau penyangga 5,5 meter. Patung ini terbuat dari perunggu seberat 4 ton dengan anggaran sebesar 3,5 miliar Rupiah dan dikerjakan oleh seniman sekaligus dosen seni rupa Institut Teknologi Bandung, Sunario.

Sosok Jenderal Sudirman digambarkan berdiri kokoh menghormat dan kepala sedikit mendongak ke atas untuk memberi kesan dinamis. Karena berdiri di tengah kawasan yang penuh dengan beragam aktivitas, patung sengaja didesain sederhana dan tidak memerlukan banyak rincian.
Quote:Desa Maritaing, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT)
Patung Jenderal Soedirman di Perbatasan RI-Timor Leste
Sabtu, 15 Desember 2012 | 20:16 WIB
Spoiler for Tengok fotonya di sini gan::

ALOR, KOMPAS.com - Monumen Jenderal Sudirman di perbatasan RI-Timor Leste diresmikan, di Desa Maritaing, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (15/12/2012).

Panglima TNI Laksamana (TNI) Agus Suhartono didampingi Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo dan Gubernur NTT Frans Lebu Raya meresmikan Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman sebagai simbol kedaulatan Indonesia di batas negara.

Panglima TNI menilai pembangunan monumen di Desa Maritaing Kecamatan Alor Timur sangat tepat, karena letaknya yang strategis menghadap garis batas laut Republi Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste, serta alur laut Kepulauan Indonesia.

"Jenderal Sudirman telah berjuang dengan semangat pantang menyerah untuk mempertahankan martabat bangsa Indonesia, meskipun penyakit yang sangat berat tengah dideritanya.

Kecintaannya yang teramat besar kepada Ibu Pertiwi telah membentuk watak Sudirman muda untuk lebih mengedepan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun golongan dan terus berjuang bersama rakyat untuk mempertahankan setiap jengkal tanah air, demi tetap tegaknya NKRI, walaupun nyawa yang menjadi taruhannya," Panglima TNI memaparkan.

Lokasi tersebut menghadap wilayah Timor Leste di wilayah Pulau Atauro (Pulau Kambing) dan pesisir pantai Kota Dilli, Ibukota Timor Leste.

Dalam kunjungan Kompas ke Alor, warga setempat meminta pemerintah segera membuka pos perbatasan di Maritaing. Dari sana, warga Pulau Alor dapat berdagang resmi ke Timor Leste. Pendeta Steven Makunimau di Desa Maritaing mengatakan, perbedaan nilai tukar dollar AS yang digunakan di Timor Leste dan Rupiah sangat menguntungkan warga Maritaing dan Kabupaten Alor jika bisa berjualan resmi hasil bumi dan ternak di Timor-Leste.

"Rakyat semakin cinta Indonesia kalau hidup mereka makmur. Mereka bisa mendapat keuntungan berlimpah dengan mendapatkan dollar AS hasil berdagang di Timor Leste kalau perbatasan sudah dibuka resmi," kata Makunimau.

Panglima TNI dalam peresmian monumen menerangkan, monumen dari cor beton dengan tinggi patung 7 meter, dudukan 5 meter dan fondasi 4 meter kali 4 meter merupakan sebuah tonggak yang menyatakan integritas NKRI dan sebagai tanda untuk mengobarkan kembali heroisme dan patriotisme Jenderal Besar Sudirman, guna mempertahankan setiap jengkal wilayah NKRI serta semangat untuk membangun kehidupan bangsa yang adil, aman dan sejahtera.

"Dalam konteks pertahanan negara, monumen ini merupakan simbol kemanunggalan TNI-Polri dan rakyat sebagaimana yang telah diwariskan Jenderal Besar Sudirman. Hanya dengan kebersamaan dan kemanunggalan, kita menjadi kuat dan mampu membangun negara demi tercapainya masyarakat yang adil, aman dan sejahtera", kata Panglima TNI.

Turut hadir dalam peresmian monumen tersebut, antara lain para Asisten Panglima TNI, unsur Muspida Provinsi, Bupati beserta Muspida Kabupaten Alor, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuka Adat dan Budaya serta seluruh masyarakat.

Penulis : Iwan Santosa
Editor : Robert Adhi Ksp
Sumber berita
Quote:Yogya, DI Yogyakarta
Spoiler for Tengok fotonya di sini gan::

Menghabiskan Hari Pahlawan di Kota Yogya, salah satu destinasi yang pas adalah Museum Sasmitaloka Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman. Museum yang berlokasi di Jl Bintaran Wetan No 3 ini memuat koleksi perjuangan Jenderal Sudirman.

Bangunan berarsitektur kolonial ini merupakan bekas kediaman Panglima Besar Jenderal Sudirman. Di bagian luarnya, terdapat patung Sang Jenderal sedang menunggang kuda. Di bagian kiri dan kanan patung terdapat Meriam AT kaliber 37 mm yang pernah digunakan dalam pertempuran Palagan Ambarawa.
Quote:Surabaya, Jawa Timur
Spoiler for Tengok fotonya di sini gan::

Monumen Bambu Runcing cukup terkenal di Surabaya. Nah, persis berhadapan dengan monumen tersebut, terdapat patung Jenderal Sudirman sedang berdiri tegap. Traveler bisa melihatnya langsung di Jl Yos Sudarso.

Di Jakarta, tangan sang Jenderal berada dalam posisi hormat. Namun pada patung di Surabaya, kedua tangannya berada di sisi kanan dan kiri Jenderal Sudirman.

Jika tangan Sang Jenderal pada patung di Jakarta berada dalam posisi hormat, lain halnya dengan patung di Surabaya. Tak sulit menemukan patung ini, karena Jl Yos Sudarso merupakan jalan protokol yang ramai. Di jalan ini pula terdapat Gedung Balai Kota, Hotel New Garden Palace, Mess Angkatan Laut Yos Sudarso, juga gerbang masuk ke Balai Pemuda.
Quote:Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Spoiler for Tengok fotonya di sini gan::

Masih di Jawa Timur, patung Sang Jenderal juga berdiri megah di Kabupaten Pacitan. Monumen Jenderal Sudirman (Mojensu) dibangun untuk mengenang sejarah perang gerilya Sang Jenderal dalam melawan penjajah. Monumen ini terletak di Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan.

Tempat berdirinya monumen ini merupakan lokasi Jenderal Sudirman melakukan taktik perang gerilya pada zaman dahulu. Di sekitar Mojensu juga terdapat bangunan berisi diorama sejarah perang gerilya.

Selain membaca kisah sejarah lewat diorama, traveler juga bisa mengunjungi rumah persembunyian Jenderal Sudirman. Rumah ini terletak tak jauh dari lokasi monumen.
Quote:Purwokerto, Jawa Tengah
Spoiler for Lihat fotonya di sini gan::

Satu kota lagi untuk melihat pantung Jenderal Sudirman tentu saja di Kampus Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah. Wisatawan bisa melihat patungnya dari jalan raya, tepat di halaman kampusnya yang luas.

Di kampus ini, Patung Sudirman ditampilkan sedang menunggang kuda dengan gagahnya. Jadi, sambil wisata kuliner jajanan khas mahasiswa di Kampus Unsoed, jangan lupa juga memfoto patung Jenderal Sudirman ya!


Seperti judulnya, ternyata patung Jenderal Soedirman gak hanya berdiri di tanah air gan, ada negara lain yang 'kedatangan' patung Jenderal besar ini:
Quote:Hebat, ada patung Jenderal Soedirman di kantor Kemhan Jepang
Reporter : Ramadhian Fadillah | Jumat, 21 Agustus 2015 13:47
Spoiler for Tengok fotonya di sini gan::

Merdeka.com - Masyarakat Jepang ternyata sangat menghormati Jenderal Soedirman. Sampai ada patung sang jenderal dibangun di depan Kementerian Pertahanan Tokyo.

Patung Jenderal Sudirman yang terbuat dari perunggu setinggi sekitar empat meter di halaman Kementerian Pertahanan Jepang merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang ada dan dipajang di Jepang. Ini merupakan fenomena yang unik dan sekaligus pula merupakan keistimewaan bagi Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus kemarin ada upacara kecil di sana. Kelompok Masyarakat Jepang Pencinta Indonesia melakukan upacara peletakkan karangan bunga di depan Patung Jenderal Sudirman.

Fujii Gemki, Ketua Panitia Pelaksana upacara ini, menyebutkan bahwa Jenderal Sudirman merupakan figur penting dalam sejarah Indonesia dan sekaligus juga dalam sejarah Indonesia-Jepang.

Melalui Tentara PETA yang dibentuk Jepang pada Masa Pendudukan, kontak antara bala tentara Jepang dengan Jenderal Sudirman terjadi. Jenderal Sudirman menjadi salah satu simbol penting dalam hubungan kedua negara, ujar Fujii.

"Oleh karena itu, melalui upacara peletakan karangan bunga di depan Patung Jenderal Sudirman yang pertama kalinya dilakukan hari ini (sejak patung dipajang dua atau tiga tahun yang lalu), saya berharap ritual ini akan terus berlanjut dan semakin meriah pada masa-masa mendatang, lanjut Fujii seperti dikutip dari KBRI Tokyo.

Sementara itu, Yusron Ihza Mahendra, Duta Besar Indonesia untuk Jepang yang hadir sebagai undangan dalam upacara di atas, dalam sambutannya menyatakan bahwa sejarah merupakan faktor yang amat penting bagi sebuah bangsa.

"Karena itu, mari kita belajar sejarah untuk kearifan yang lebih lagi di masa mendatang," ujar Yusron.

Kita memiliki Patung Jenderal Sudirman di Jantung Kota Tokyo, yang merupakan simbol sejarah yang kita hormati secara bersama-sama. Saya percaya bahwa melalui ikatan sejarah, kedua bangsa pun sekaligus pula mempunyai ikatan batin yang amat dekat. Hal ini tentu dapat menjadi landasan untuk hubungan yang lebih baik lagi bagi kedua bangsa di masa depan, imbuh Yusron yang memimpin Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia di KBRI Tokyo.

Patung Jenderal Sudirman yang terbuat dari perunggu setinggi sekitar empat meter di halaman Kementerian Pertahanan Jepang merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang ada dan dipajang di Jepang. Ini merupakan fenomena yang unik dan sekaligus pula merupakan keistimewaan bagi Indonesia.[ian]Sumber berita.

Quote:Komentar ane:
Tuh gan, sebagai generasi penerus NKRI, ayo kita tunjukkan semangat nasionalisme dan semangat cinta negeri sendiri!!!
Jangan sampai nanti ada pahlawan nasional Indonesia yang malah diklaim oleh negara lain


Quote:Sumber-sumber:
Lebih jauh tentang Jenderal Soedirman.
Lebih jauh tentang pangkat Jenderal Besar.
Biodata Jenderal Soedirman
Sumber gambar patung Jenderal Soedirman di Jakarta
Sumber berita patung Jenderal Soedirman
Tambahan dari kaskuser:
Quote:Original Posted By yere.greenholic
Yg di Surabaya gak berhadapan dgn monumen bambu runcin gan..
Kalo monumen bambu runcing itu di Jalan Panglima Sudirman..
Quote:Original Posted By Z4ng3t5u
di Salatiga (https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Salatiga) juga ada gan. di pusat kota
kalo di google maps koordinantnya disini https://www.google.com.sg/maps/place...51d2c4f0eb560d
entah kenapa kok di google maps namanya Jl. Kangkung, tapi sebenernya nama jalannya Jl. Jend. Soederiman. Tapi koordinatnya bener disitu. Kalo ada yg penasaran. Silahkan aja cek kalo lokasi emang lagi disekitar situ
Spoiler for penampakannya berikut:
Quote:Original Posted By fendiandro
Di nganjuk juga ada gan, di rute gerilya jendral sudirman, tepatnya di bajulan dekat sama wisata roro kuning :2thumbsup
Quote:Original Posted By pak.mandor
nambahin gan
patung Jendral Besar Soedirman di Balikapapan. Tepatnya di Komando Daerah Militer VI Mulawarman
Quote:Original Posted By taufians
di purbalingga juga ada gan
Quote:Original Posted By justpewe

Di purbalingga ada juga gan

Quote:Original Posted By mahaoke
di jogja ada lagi, gan
di depan halaman kantor DPRD Provinsi DIY

Quote:Original Posted By warnin
di tangerang jugaa ada gaaan, baru jadi awal tahun atau akhir tahun kemrin gan kalo ga salah haha

page one gan
Quote:Original Posted By restrish.

Di Bogor juga ada gan, tepatnya di Museum Pembela Tanah Air (PETA), Jl. Jend. Sudirman, Bogor.
Quote:Original Posted By 0092001236
Di bagian belakang di dalam komplek Monumen dan Museum PETA Kota Bogor terdapat sebuah Monumen, di mana berdiri sebuah patung perwira PETA. Perwira tersebut adalah Jenderal Sudirman.

Monumen Patung Panglima Besar Jenderal Soediman di kompleks Pemerintah Kabupaten Boyolali, Kemiri, Mojosongo, Jawa Tengah

Patung Jenderal Sudirman di Kodam VI Mulawarman, Balikpapan

Di Yogyakarta selain di museumnya, terdapat 4 patung Jenderal Sudirman:
- Halaman DPRD DIY
- Benteng Vredeburg
- Rumah Jenderal Sudirman di Bintaran (titik awal Perang Gerilya)
- TMP Kusumanegara

Monumen Jenderal Soedirman yang terletak di desa Bajulan, kec. Loceret arah selatan kota Nganjuk. Monumen didirikan sebagai tanda bahwa di desa Bajulan pernah disinggahi Panglima Besar Jendral Soedirman selama 9 hari dalam rute perjalanannya memimpin perang gerilya.

Museum Bank Rakyat Indonesia, sebuah museum berukuran sedang dengan koleksi mengesankan di Jl Jenderal Sudirman No. 57 Purwokerto

Silakan ditambah lagi.
Quote:Original Posted By zahracantika
di ambarawa juga ada gan.
di lapangan Panglima Besar Jendral Sudirman (dulu lapangan Yonkav 2 Serbu Turangga Ceta) disebelahnya ada SDN Sudirman juga.
Nama dan patung ini dibuat dan dipakai, karena di Ambarawa lah kemenangan TNI (dulu TKR) yang pertama kali, setelah kemerdekaan RI,
strategi beliau sangat jitu, pakai strategi supit urang, persis yg dipakai pandawa dlm perang baratayuda.
pasukan jenderal Sudirman berhasil mengusir Sekutu ke utara (Semarang)
page one kalo berkenan.
Quote:Original Posted By yeswearesac
Di jogja masih ada gan, di benteng vredeburg
nih gan

btw abaikan orang yg dibelakang patung jendral besar kita, ane cuman comot dari google haha
Quote:Original Posted By krukov
di Boyolali juga ada patungnya masih baru, lokasinya di Kompleks Pemerintahan Kabupaten Boyolali, di Kemiri, Mojosongo, Boyolali,
Spoiler for :


Dukung gerakan bebas visa gan: Klik linknya di sini!
Agan/sis berminat mengikuti perkembangan 'bebas visa' antara Indonesia dengan negara lain? Monggo tengok website ini gan! Siapa tahu bisa menambah wawasan.

ohh
Yo ... Jendral Sudirman ... emang Pang Bes gan .... sayang politik indonesia ketika itu masih carut marut ....
Quote:Original Posted By david_newcastle
Yo ... Jendral Sudirman ... emang Pang Bes gan .... sayang politik indonesia ketika itu masih carut marut ....

Iya gan... JenBes gitu lohhhhh...
Ane aja sempet kaget kalo ternyata Indonesia sementara ini 'cuma' punya 3 jenderal besar...
Semenjak JenBes Soeharto belom ada lagi yang diangkat jadi jenderal besar yah...
yang paling merinding di jepang
ternyata di jepang juga ada ya
wah
ternyata beliau pernah jadi guru juga vray


makasih
Quote:Original Posted By approve.cc
yang paling merinding di jepang

yoi gan, jepang gitu loh, kagak mau sembarang bungkuk di depan orang asing euy
Quote:Original Posted By phusyu
ternyata di jepang juga ada ya

iya gan, di kantor kemenhan mereka tuh...
perjuangan beliau memimpin perang gerilya dalam keadaan sakit bahkan sampai ditandu oleh anak buahnya sangat mengharukan gan...
nama beliau jd nama stadion kota ane gan
salah satu pahlawan indonesia yg ane kagumi...
memang beliau layang menjadi panglima besar....
berharap ada pemimpin yang seperti beliau pada saat sekarang...

semoga generasi sekarang dapat meneladani sifat dan kepemimpinan beliau....
Quote:Original Posted By cintabuatku
nama beliau jd nama stadion kota ane gan


stadion mana gan??? letjen sudirman??? ente asli bojonegoro ye???
Quote:Original Posted By phusyu
ternyata di jepang juga ada ya


keren bgt ya gan
Quote:Original Posted By brandy007


stadion mana gan??? letjen sudirman??? ente asli bojonegoro ye???


kok ente tahu gan
iya asli bjn ane hee, kerja di JKT gan
Keren bener bray, besok minta dibuatin bapak gue dah
Quote:Original Posted By cintabuatku
kok ente tahu gan
iya asli bjn ane hee, kerja di JKT gan

lhah podo jonegorone...aku cah klangon.. tapi sekarang merantau ke sidoarjo...
kirai cuman di jakarta doang
Quote:Original Posted By brandy007

lhah podo jonegorone...aku cah klangon.. tapi sekarang merantau ke sidoarjo...


halah klangon cedak gan, aku kauman haha, salken gan maen2 nang regional bjn tow
Quote:Original Posted By brandy007
perjuangan beliau memimpin perang gerilya dalam keadaan sakit bahkan sampai ditandu oleh anak buahnya sangat mengharukan gan...

ini kan lagi muncul film jenderal soedriman, kira2 ada adegannya gak yah...
Quote:Original Posted By fastballz
salah satu pahlawan indonesia yg ane kagumi...
memang beliau layang menjadi panglima besar....
berharap ada pemimpin yang seperti beliau pada saat sekarang...
semoga generasi sekarang dapat meneladani sifat dan kepemimpinan beliau....

berattt gan kalo mau nenteng nama besar jenbes Soedirman...
Quote:Original Posted By brandy007

lhah podo jonegorone...aku cah klangon.. tapi sekarang merantau ke sidoarjo...

waduh waduh, iki omong opo yoh?
Quote:Original Posted By a.e.r.o.46
kirai cuman di jakarta doang

gak gan, bahkan gak cuma di Indonesia doang lohhh patungnya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar