Pages


Minggu, 30 Agustus 2015

Terminal Bus di Indonesia yang Tak Kalah Megah dari Luar Negeri

Quote:ALHAMDULILLAH HT KE 2 ANE GAN
Spoiler for HT gan:


Quote:

~ INTRO ~

Terminal bus merupakan gerbang menuju wilayah lain baik antar kota maupun antar provinsi via transportasi darat. Tempat ini juga menjadi pangkalan bus-bus dari berbagai jurusan berkumpul untuk mendapatkan penumpang. Kini fungsi terminal bus bertambah satu lagi yaitu bisa digunakan sebagai destinasi wisata yang cukup oke.



Revitalisasi beberapa terminal yang dilakukan adalah salah satu bukti keseriusan pemerintah untuk menyediakan sebuah tempat yang nyaman bagi pengguna transportasi darat ini. Lihat saja wajah baru Terminal Tirtonadi Solo yang kini nampak seperti bandara hingga Terminal Pulo Gebang yang digadang-gadang menjadi terminal termegah di Indonesia.


Quote:Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut ini terminal bus di Indonesia yang tak kalah megah dari terminal bus di luar negeri selengkapnya. Dimulai dari Kota Bengawan Solo !!

1. TERMINAL TIRTONADI – SOLO



Terminal Tirtonadi Solo mengalami perubahan wajah yang paling signifikan. Pembangunan yang terus dilakukan demi terwujudnya terminal bus yang nyaman bebas dari pedagang asongan, pengamen dan pengemis layak untuk diacungi jempol. Meski pembangunannya belum rampung namun berada di dalam terminal ini sudah sangat berasa seperti di bandara. Bagaimana tidak beberapa infrastruktur terminal ini meniru sistem operasional di bandara seperti boarding pass.

Spoiler for Tirtonadi Solo:















Dengan adanya AC, ruang tunggu calon penumpang terasa bersih dan sejuk. Calon penumpang hanya diharuskan membayar Rp. 500 untuk masuk ruang tunggu, sedangkan retribusi masuk terminal gratis. Fasilitas lain yang ada di terminal terbesar di Solo ini yaitu e-ticketing, dan akses Wi-Fi gratis. Ruangan Terminal Tirtonadi dibagi menjadi dua bagian, sisi sebelah barat khusus melayani perjalanan ke Jawa bagian Barat, sedangkan sisi timur khusus melayani rute ke Jawa bagian Timur. Terminal Tirtonadi Solo diharapkan akan menjadi percontohan pembangunan terminal bus nasional. Mantapkan!


Quote:LANJUT GAN !!!

2. TERMINAL PULO GEBANG – JAKARTA



Indonesia akan punya terminal bus yang diklaim sebagai terminal terbesar se-Asia Tenggara. Adalah terminal bus Pulo Gebang di Jakarta Timur yang akan menjadi jawabannya. Terminal yang sejatinya telah rampung dibangun tahun 2012 ini belum dapat beroperasi penuh lantaran terkendala pembangunan jembatan penghubung keluar masuk tol Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Spoiler for Pulo Gebang:













Terminal yang sudah beroperasi mulai bulan Maret 2015 ini akan menjadi rumah bagi 1000 armada bis AKAP. Terminal ini juga akan memanjakan para pengunjung dengan berbagai fasilitas menarik seperti adanya SPBU dan tempat penitipan kendaraan. Tidak hanya itu ke depan terminal ini akan dilengkapi dengan mall dan hypermarket. Ada pula lantai lift dan eskalator yang disediakan sebagai alat penghubung pengunjung yang hendak pergi ke ruangan lain. Keren abis!


Quote:NEXT GAN !!!

3. TERMINAL PURABAYA – SURABAYA



Terminal Purabaya disebut-sebut menjadi terminal paling canggih di Indonesia. Hal ini merujuk pada fasilitas seperti kamera pemantau (closed-circuit television), papan digital penunjuk jadwal keberangkatan bus, dan kartu pintar (smart card) yang terpasang pada armada-armada bus. Meski bangunannya belum megah dan juga belum ada pusat perbelanjaan seperti di negara maju namun terminal ini terlihat serius berbenah dan merapikan wajahnya.

Spoiler for Purabaya:



















Terminal Purabaya terdiri dari dua lantai sebagai ruang tunggu. Dalam tahap revitalisasi, terminal yang tadinya hanya memiliki 7 jalur bus akan ditambah menjadi 19 jalur bus. Konsep dari terminal Purabaya juga serius mencontoh Bandara Internasional Incheon di Seoul, Korea Selatan.


Quote:LALU INI JUGA GAN !!!

4. TERMINAL BANDAR RAYA PAYUNG SEKAKI – PEKANBARU



Tidak hanya di Pulau Jawa saja yang memiliki terminal bus yang megah, beralih ke pulau sebelah barat Indonesia, Sumatera tepatnya di Pekanbaru juga ada terminal yang begitu megah. Bangunan yang sekilas tampak mirip seperti bandara ini sebenarnya adalah Terminal Bandar Raya Payung Sekaki. Terminal ini berada di persimpangan Jalan Arteri Siak II Labuh Baru, Payung Sekaki, Pekanbaru.

Spoiler for Bandar Raya Payung Sekaki:















Kesan kumuh dan kusam sepert pikiran orang tentang terminal bus tidak ditemukan di sana. Toilet di terminal ini bersih, ada juga musala, sejumlah kios makanan, ruang informasi dan pengaduan, warung telepon, serta tempat penitipan barang semua lengkap tersedia di sana. Uniknya terminal ini menyediakan penginapan bagi penumpang yang kemalaman. Kapasitasnya sekitar 50 orang terdiri dari kamar VIP dan kelas ekonomi dengan tarif yang beragam.


Quote:JANGAN LUPA INI GAN !!!

5. TERMINAL MENGWI – BALI



Terminal Mengwi yang ada di Badung, Bali sebenarnya memiliki konsep bangunan yang megah. Terminal tipe A (rangking tertinggi dari sebuah terminal bus) yang ada di Bali ini boleh disejajarkan dengan terminal lain di Indonesia yang juga memiliki kemegahan serupa. Namun sayang terminal ini sepi dan kurang optimal pemanfaatannya.

Spoiler for Mengwi:



















Terminal bus yang menempati lahan seluas 15 hektar ini dibangun untuk sanggup menampung 150 bus per hari. Namun setelah dibuka tahun 2012 silam terminal ini nampak sepi mungkin dikarenakan letaknya yang berada di luar kota sehingga para penumpang yang hendak ke Denpasar musti naik angkot jurusan terminal Ubung.


Quote:DAN TERAKHIR GAN !!!

6. TERMINAL BULUPITU - PURWOKERTO



Pemerintah Purwokerto rupanya tak mau ketinggalan dengan daerah lainnya, berbenah dengan mengatur tata ruang terutama untuk publik. Salah satunya adalah pembuatan Terminal Bulupitu lengkap dengan semua fasilitas yang ada. Penambahan Taman Lalu Lintas dan Taman Payung didalam komplek Terminal sangat tepat, sehingga kesan bahwa terminal bukanlah tempat yang layak untuk bermain anak2 menjadi hilang.

Beberapa kali bahkan menjumpai serombongan pick up yang membawa anak kecil pada sore hari, sengaja untuk bermain di Terminal Bulu Pitu. Keberadaan taman ini makin memanjakan bagi para pengguna angkutan umum baik yang hendak berangkat ataupun yang baru datang di Purwokerto. Di dalam terminal juga disewakan kereta mini yang bisa dinaiki oleh empat penumpang yang bisa dibawa berkeliling.

Spoiler for Bulupitu:





















versi Videonya gan :
Spoiler for Video:


Taman Payungnya meski hanya menempati sepetak kecil dari taman terminal, yah lumayanlah buat yang hobi untuk mencari spot memotret hehe. Sekedar info lampu taman dan payungnya dinyalakan mulai jam 19.00 wib, itupun hanya dinyalakan beberapa jam saja.


Quote:~ PENUTUP ~

Quote:Rencana traveling ke luar kota seringkali memunculkan beberapa opsi angkutan umum yang ekonomis, praktis dan cepat serta tidak capek untuk perjalanan jauh. Moda transportasi yang menjadi pilihan utama adalah bus, sebab pemesanan tiket bisa langsung dilakukan secara mendadak. Tak heran jika banyak traveler yang memilih transportasi ini.

Dan meski fasilitas terminal bus di Indonesia masih kalah dari fasilitas terminal di luar negeri namun dengan adanya revitalisasi ini diharapkan suatu saat nanti semua terminal di Indonesia sejajar dengan negara lain.





Quote:~ SUMBER ~

Spoiler for Sumber:


"JANGAN CUMA PIKNIK KE GUNUNG DAN LAUT AJA, INDONESIA ITU LUAS"



~ SEKIAN ~



jangan lupa yah gan !!!
Quote:Tambahan dari agan agan Kaskuser
Spoiler for tambahan dari kaskuser:
Quote:Quote:Original Posted By disanguin
Terminal indihiang tasikmalaya.. awal dibangun sih sekeren yg ada di trit agan, tp gak tau deh sekarang ky gmana


iya gan dari luar penampakannya keren bantu munculin gambarnya gan

Spoiler for Indihiang:

Quote:Original Posted By panjizie
ni terminal Type A Tasikmalaya ane tambahin dari mbah
Spoiler for Type A:



Quote:Quote:Original Posted By Midong
Ralat gan. Terminal Purabaya itu di Sidoarjo. Letaknya di kecamatan medaeng Sidoarjo. Sama kayak Bandara Juanda yg juga berlokasi di Sidoarjo.
Jd jgn sampe disalahartikan. Nanti nyari Tu terminal sama bandara di kota surabaya g bakal nemu

Quote:Original Posted By venta77


Terminal Purabaya letaknya memang di sidoarjo,tapi yang kelola pemkot Surabaya kalo ga salah perjanjiannya disewa pemkot surabaya,ke depannya terminal Tambak Oso Wilangun (TOW) yang berada di Surabaya yang dijadiin terminal asli milik Surabaya CMIIW

Quote:Quote:Original Posted By cavite
Pertama : Ane salut dengan ide2 semacam itu. patut diapresiasikan pemerintah daerahnya.
Kedua : itu juga menjadi tolak ukur peningkatan nilai ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

Namun, itu semua tergantung dari SDMnya, kenapa saya bilan begitu? sebenernya yang perlu kita bangun pertama kali itu adalah mental SDMnya deh gan. Di Indonesia pembangunan karakter dan perubahan mental itu sangat di perlukan. Coba kita pantau aja bangunan semegah itu akan bertahan berapa lama.

mungkin ini hanya segelintir pendapat ane saja gan

thanks gan cakarama udah bantu jawab
Quote:Original Posted By cakarama


Sedikit koreksi gan . setau ane terminal tirtonadi renovasinya bukan dari pemkot solo melainkan langsung dari apbn pusat . denger2 nantinya yang mengelola terminal tirtonadi langsung dari kementrian perhubungan bukan pemkot solo lagi .jadi kelihatan memang revitalisasinya kelihatan paling megah dibandingkan dengan terminal2 sejenis di jateng .
CMIIW

Quote:Original Posted By anakbangsa07
Tirtonadi emang bener2 berbenah, disini fasilitas komplit, sampai ac dan jadwal keberangkatan bus, juga ada troli, gak ada calo yang maksa kayak di terminal2 yang ada di jakarta
Terminal di jawa tengah yang masuk ada 2 ya, hebat, terminal di semarang sendiri malah entah kayak apa, terboyo digerogoti air rob sementara terminal mangkang juga cuman buat numpang lewat aja

Kalo terminal mengwi emang megah bangunannya tapi sayang karena letaknya yang jauh dari pusat kota jadi bikin males penumpang yang akan naik dari denpasar, masih ramean yang dari ubung
Kayaknya dari dishub sendiri udah agak 'memaksa' meramaikan terminal ini dengan cara menjadikan terminal ini sebagai pemberhentian terakhir, tapi ya ujung2nya malah jadi ngeselin karena jauh dari denpasar, sementara angkotnya lama banget dan malah jadi lahan rebutan buat taksi gelap yang maksa2 nganter ke denpasar
Tapi masih ada beberapa bis kok yang masih bisa lanjut sampai ubung

Quote:Original Posted By 081211
Dibali kata saya enakan ubung gan. Walopun sempit tapi enak drpd mengwi. Ane juga bismania,kegiatan turing tuh udmakanan ane . Wkwkwj
Kalo gue kebali paati langsung turun pool po yg ane naikin. Soalnya di mengwi serem ada taksi gelap dll. Apalagi jauh dari pusat kota DPS.
NB : calo dan ticketing di ubung tau sama ane jadi ya nyaman tanpa gangguan calo.. wkwkwk

Quote:Original Posted By dicoprakoso
bagus-bagus gan terminalnya. tapi sayang, semua adalah terminal dikota-kota besar Pulau Jawa. coba tengok terminal dikota luar Jawa gan, seperti, NTB dan NTT. Ane pernah kesana keliling2, dan terminalnya bikin ngelus dada. kasihan masyarakat sulit untuk mobilisasi, alhasil mrk terisolir secara tidak langsung. maaf tapi ane ga ada dokumentasinya hehe.

Quote:Quote:Original Posted By rizky826
ada baiknya agan mengunjung terminal baru wonogiri


terminal krisak atau giri adipura nya gan ?? kayae masih tahap pembangunan CMIIW

Quote:Original Posted By pluxy
agan TS pengamat terminal ya ??
ane cuma pernah mampir ke terminal purabaya gan

bagus tidaknya tempat itu (terminal) biasanya sih dasarnya dri kebiasaan masyarakat + pengelola terminal itu.
soalnya, sebagus apapun suatu tempat klo masyrakatnya g ad etika (ngotorin tempt, buang sampah sembarangan, g memperlakukan fasilitas sebagaimana mestinya, ya tetep aja akan rusak dan estetikanya akan ngurang. Beda lagi klo dari masyrakatnya uda dibekali sama aturan tertulis/ tak tertulis disana, insyaAllah tempat itu jg akan keliatan bersih, rapi dan nyaman.
Klo dri pengelola ada baiknya dibekali pelatihan agar bisa melakukan maintenance tiap periodenya, jadi nuansa terminal yang biasanya dicap rawat copet / panas bisa dirubah pandangannya. misalnya dalam arsitektur dan fasilitasnya. keamanan ganda, ditanami pohon2 yang rimbun serta tanaman2 kecil, jg memperhatikan sanitasi, pembuangan sampah dan mengecek secara berkala lantai + aspal terminal.

nice thread gan jadi kepanjangan ane ngobrolnya





Quote:Quote:Original Posted By grove.
kayaknya ts harus liat terminal bus antar negara di kalimantan barat


kaya ini yah gan TERMINAL ANTAR NEGARA thanks inpohnya gan





selengkapnya dimari gan ~> Terminal Antar Lintas Batas Sungai Ambawang
Wuaduh...Terminal Pulo Gebang, yg wktu itu ane pernah liat
denger2 terbesar se-Asia Tenggara, ternyata pas ane baca di trit ini, ga salah ya...mmg besar tuh terminal

udh segede mall summarecon


Quote: Klo berkenan...boleh mampir ke trit ane yang lain



Project Komik-komik Serigala dari DeviantArt | Recommended For You!




[Lounge] Anthro/Furry | Art of Humans x Animals [Ilustrasi/Komik]

Ane sering gan di pulo gebang,
amazing emang ^_^


calon
HT nih gan keanya....


Adem liatnya gan, kayak bandara gitu ya
terminal kali deres gan terminal poris tangerang gan sama Terminal Leuwi Panjang gan
Keren2 gan, baru tahu ane...
bismania ya gan ?
Megah gan, semoga kemegahan dan keindahannya tidak luntur akibat ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung-jawab..
Quote:Original Posted By Pazonda95
Wuaduh...Terminal Pulo Gebang, yg wktu itu ane pernah liat
denger2 terbesar se-Asia Tenggara, ternyata pas ane baca di trit ini, ga salah ya...mmg besar tuh terminal

udh segede mall summarecon


emang denger2 seh terbesar se asia tenggara gan keren semoga pelayanannya juga berkembang

Quote:Original Posted By cintabuatku
Ane sering gan di pulo gebang,
amazing emang ^_^


calon
HT nih gan keanya....




makasih gan

Quote:Original Posted By approve.cc
terminal kali deres gan terminal poris tangerang gan sama Terminal Leuwi Panjang gan


belum termasuk gan, karena dilihat dari tingkat kenyamanannya juga

Quote:Original Posted By gentalice4
bismania ya gan ?


ente tau aje gan kalo ane bismania hehe
jadi.. kpn kita mau hunting bareng
nebeng pejwan ya gan..
keren2 gaan terminalnyaa, tapi calo masih berkeliaran gak ya diterminal itu?
terminal CILACAP jga agi didandani, kelihatannya sih jadi "lumayan" lah daripada dulu

Quote:



Spoiler for bonus:


bersih dan rapi terminal bis nya
wah TSnya kurang

terminal bus dijogja giwangan juga besar lho, ane jalan sampai keser2 kakinya saking luasnya

btw puertorico terminal baru kah perasaan dulu sempit kecil
Mantab gan.
tambahan gan, terminal bus pinang ranti juga ga kalah bagus, tapi lagi masa konstruksi sih gan,

ntar klo dh jadi ane potoin, tau deh kapan, klo liat dri luar sih bagus
rapi rapi yah gan
jadi nyaman gan
ternyata ada juga ya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar