Pages


Minggu, 30 Agustus 2015

[Mantabz Gan!] Beginilah Aksi Nekat KoPK, Demi Trotoar Tanpa Sepeda Motor



Quote:Prakata Dari TSQuote:Nah ini dia gansis, suatu kegiatan positif yang pantas mendapatkan acungan jempol Kelompok yang menamakan dirinya KoPK atau Koalisi Pejalan Kaki mempunyai misi untuk menyadarkan para pengendara sepeda motor agar tidak merampas hak-hak pejalan kaki yang sedang berjalan di atas trotoar. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa pengendara sepeda motor seringkali menggunakan trotoar demi menghindari kemacetan. Padahal itu kan berbahaya sekali bagi pejalan kaki. KoPK ini melalui aksi-aksi nyatanya berusaha mengembalikan fungsi trotoar sebagaimana mestinya. Seperti apa kisah-kisah aksinya? Berikut uraiannya gansis:
Quote:Beginilah Aksi Nekat KoPK, Demi Trotoar Tanpa Sepeda MotorQuote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:Petang itu, Jumat 21 Agustus 2015, azan Magrib baru saja berkumandang. Jam kerja sudah usai. Ribuan kendaraan bermotor telah berjejal memenuhi Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Macet. Tepat di trotoar depan Pintu Satu Senayan, ratusan orang hilir mudik berjalan kaki. Umumnya mereka karyawan kantor yang letaknya di sekitaran jalan protokol itu.

Matahari sudah hilang dari langit. Kegelapan malam mulai tampak. Lampu-lampu penerang jalan mulai menyinari jalanan itu. Keriuhan kendaraan semakin nampak. Bus kota, mobil pribadi, dan sepeda motor saling berebut ruang jalan.

Ketika itu Alfred Sitorus dan tiga kawannya tengah mengobrol di bawah sebuah pohon palem setinggi 4 meter di trotoar Jalan Sudirman itu. Tiba-tiba saja dua pengendara motor nekat menerobos dan naik trotoar. Mereka adalah seorang pengendara motor berseragam sekuriti tak berhelm dan seorang pengojek berjaket sport. Keduanya membawa motornya menaiki trotoar.

Alfred bergeming ketika pengendara motor itu memaksakan motornya lewat. Dia memilih diam namun posisinya menghalangi sepeda motor itu lewat. Suara klakson motor memancar keras mendesak. "Tin!, tin!, tin!"

Tak berhenti di situ, suara raungan gas tak sabar juga menebar teror. Gas sepeda motor sengaja ditinggikan agar Alfred minggir dari trotoar. Namun Alfred malah merebahkan badannya di trotoar. Kedua sepeda motor itu praktis tak bisa lewat.

“Ini untuk pejalan kaki! Hey, ini untuk pejalan kaki!” tegas Alfred dengan posisi berbaring.

Beberapa temannya yang tergabung dalam Koalisi Pejalan Kaki (KoPK) tak tinggal diam. Mereka membantu meneriaki. “Jangan lewat sini dong mas. Ini bukan untuk motor,” kata salah satu dari anggota.

Pengendara motor yang berseragam petugas keamanan dengan wajah tersipu kecut karena malu langsung melipir ke pinggir. Mencari celah untuk kembali ke jalanan. Pengendara motor bebek berjaket sport di belakangnya masih mengklakson.

“Sana, woi, ke sana!” kata Alfred sambil menunjuk ke arah jalan yang macet.

Sambil menahan malu pengendara motor terakhir itu kembali ke jalan. Mereka berdua masuk kembali ke dalam kemacetan yang merayap. Meninggalkan Alfred yang masih tidur di atas trotoar.

Aksi yang berlangsung tak lebih dari lima menit itu sempat menarik perhatian pengguna jalan. Alfred yang nekad merebahkan badannya, tidak khawatir akan dilindas. Sebab, dia menilai apa yang dilakukannya benar.

KoPK memang biasa melakukan aksi menghadang pemotor yang naik trotoar. Aksi ini biasa digelar tiap minggu dan dilakukan setiap hari Jumat. Aksi nekat itu merupakan aksi ke 22 mereka di tahun ini…

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Terinspirasi Pertanyaan Polos Anak Kecil
Quote:Ketika mereka tengah menggelar aksi menghadang pemotor yang naik trotoar, seorang polisi wanita yang berjaga dipinggir jalan memilih mendiamkan kendaraan yang memarkir motor di lintasan trotoar.

Polwan itu enggan banyak komentar. Dia beralasan sedang bertugas mengatur lalu lintas. Padahal setelah itu polwan yang menggunakan penutup masker berwarna abu-abu itu tidak banyak mengatur. Dia sibuk dengan telepon genggamnya, mengobrol dengan seseorang dari jauh.

“Ya kenyataan yang kita lihat itu sungguh dilematis,” ujar salah satu pendiri sekaligus Ketua Koalisi Pejalan Kaki (KoPK), Alfred Sitorus.

KoPK merupakan perkumpulan relawan yang peduli terhadap hak-hak pejalan kaki yang sering terabaikan karena tertindas ribuan roda kendaraan bermotor yang saling berebut jalan.

Koalisi ini digawangi oleh tiga 'pendekar jalanan', Anthony Landjar, Dedy Herlambang, dan Alfred Sitorus. Mereka dari berbagai latar belakang, tetapi memiliki kesamaan visi dan misi selaku pengguna transportasi umum yang otomatis merupakan pejalan kaki.

Bukan sesuatu yang besar untuk mencetuskan ide pembentukan KoPK. Ide tersebut justru datang dari seorang anak kecil berusia 6 tahun, yaitu anak dari Anthony Landjar yang mempertanyakan banyaknya motor yang mengambil jalan di trotoar. Pertanyaan itu yang menyadarkan Anthony bahwa ada hak pejalan kaki untuk menggunakan trotoar itu yang sudah direnggut para pengguna motor.

"Dari situlah kemudian tercetus ide untuk membuat perkumpulan untuk melakukan sesuatu. Kami ini kan komuter, atau pengguna angkutan umum, baik itu kereta, bus dan lain-lain, setelah menggunakan angkutan umum kami lanjutkan berjalan kaki. Pada saat berjalan kaki itu kita tidak menemukan keamanan dan kenyamanan serta fasilitas yang tidak mencukupi di trotoar, baik itu trotoar maupun zebra cross," cerita Alfred.

Kota tua Jakarta menjadi lokasi aksi pertama koalisi ini. Meski sudah dihalang-halangi, rupanya para pengguna motor ini tetap saja mencari celah untuk berjalan di trotoar guna menghindari macet. Akhirnya, tanpa pikir panjang, Anthony lah yang memulai aksi tidur di jalan guna menutup akses para pemotor melintas di trotoar.

"Sampai saat ini, cara inilah yang sering kami pakai untuk menghalau pengguna motor yang melintas di trotoar," kenang Alfred, lelaki kelahiran Porsea, Sumatera Utara, 21 November 1970 itu.

Mulai saat itu, lanjut Alfred, KoPK rutin melakukan aksi setiap hari Jumat, ketika kemacetan kota berada pada titik puncak. Aksi ini bukan hanya untuk ajang heboh-hebohan, tetapi bertujuan memberikan edukasi dan kesadaran pengguna jalan untuk taat aturan.

"Cobalah... bagi pengendara motor, jangan melawan arah saat berkendara dan jangan melintasi di trotoar, dan jangan parkir di trotoar,” tegasnya.

Saat ini akun media sosial KoPK di facebook telah di-follow sekitar 11 ribu akun yang aktif mengadu. Namun, anggota yang aktif melakukan aksi hanya sekitar 10-15 orang. Komunitas ini telah menyebar ke kota Medan, Yogyakarta, dan Bogor.

Aksi seperti yang dilakukan Alfred ini pun juga dilakukan Nurul, salah seorang relawan KoPK. Ibu dua anak yang tinggal di Bekasi ini tidak takut pasang badan untuk menghalangi para pengendara motor yang mengambil trotoar untuk perlintasannya.

"Waktu di Kebon Sirih itu ada bapak-bapak ngeyel. Dan saya tidak mau ngalah. Jadi dia sempat mau nabrak saya. “Tabrak-tabrak aja,” kata saya. Kemudian pergi deh dia, cuma nyaris," ujarnya.

Bagi Nurul, tergabung dalam KoPK merupakan kegiatan positif yang bisa memberikan edukasi kepada masyarakat cara berlalu lintas yang baik, agar tidak melanggar hak-hak pengguna jalan lainnya.

"Kalau suka dan duka itu jelas ada. Tapi, paling tidak kita bisa menyuarakan hak kita sebagai pejalan kaki. Supaya dapat perhatian pemerintah. Kalau bukan kita yang peduli siapa lagi?," pungkasnya.

Quote:
[Polwan yang cuek saja ketika ada pelanggaran di dekatnya], Sumber Gambar Facebook

Tak Gentar Meski Kerap Terancam
Quote:Aksi Koalisi Pejalan Kaki tidak jarang menuai kecaman dari para pelanggar di jalan raya. Makian, bahkan ancaman pun pernah diterima para pelaku aksi.

"Kalau diancam itu sering. Kita diancam pakai pisau pernah, kemudian juga sering diteriakkan orang gila. Padahal kita kan hanya menghalau dan memberitahu, untuk mengembalikan roh dan hakikat dari trotoar," ujar Alfred.

Alfred menambahkan sebenarnya aksi KoPK ini tidak bertujuan untuk cari ribut. Para anggota diarahkan hanya untuk mengedukasi para pengguna jalan. Bahkan, jika ada seseorang yang tidak terima aksi tersebut, para anggota dilarang menjawab dengan kata-kata, hanya menunjukkan poster.

"Kalau mereka mengajak berkelahi kita akan diam saja dengan membawa poster. Dengan diam itu mereka bisa membaca kata-kata dalam poster itu, itu saja udah cukup. Kalau tetap mengajak berkelahi, kita minggir saja," jelasnya.

Alfred menyayangkan masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki pikiran aturan itu hanya bisa ditegakkan di tangan penegak hukum. Jika ada aparat maka mereka akan patuh, tetapi begitu tidak ada, aturan itu langsung dilanggar.

"Harusnya budaya malu masyarakat kita itu yang harus kita tumbuhkan. Polisi itu cuma penegakan hukum. Seharusnya kita mengubah cara berpikir kita. Patuhilah apa yang menjadi aturan," tegasnya.

"Kadang begini, orang-orang kita sering teriak-teriak koruptor, padahal dia sendiri sebetulnya juga koruptor. Dia koruptor dengan mengambil hak pejalan kaki di trotoar," sindir Alfred.

Alfred menyebutkan, kecelakaan lalu lintas di Indonesia menelan angka kematian yang cukup besar. Sekitar 30 ribu dalam setahun orang meninggal di jalan, dan dari jumlah tersebut, 9 ribu di antaranya merupakan pejalan kaki.

"Jadi setiap harinya ada sekitar 19 orang pejalan kaki meninggal di Indonesia. Ini angka yang cukup fantastis," ungkapnya.

Selain mengubah pola pikir pengguna jalan, penegakkan hukum secara konsisten juga sangat diperlukan, serta dukungan pemerintah untuk menciptakan kenyamanan pengguna jalan, termasuk pejalan kaki.

Karena itu, jangan kaget jika di hari Jumat malam, ada seseorang yang nekat tiduran demi menghadang laju pesepeda motor yang mencoba naik trotoar. Mereka bukan sekumpulan orang sinting. Mereka barangkali kawan-kawan Alfred. Mereka adalah pelopor penegak aturan di jalan raya. Demi hak pejalan kaki untuk tiba di rumah dengan selamat. Sumber

Quote:Galeri Foto
Spoiler for Galeri Foto:
Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:
Sumber Gambar Facebook

Quote:Nih Videonya GansisQuote:

Quote:[Update!!!] Tambahan Dari Kaskuser
Quote:Original Posted By hudavic
ada yang menarik di videonya gan
Spoiler for :


Gambar diperbesar:


catet itu plat nomer! orang tolol, tasnya ada dia tulis "SHARE THE ROAD !" pake tanda seru lagi tapi dia sendiri merebut jalan pejalan kaki

pejwan gan


Quote:Original Posted By ululululu
Ane dukung kegiatan ini, tiap pengguna jalan udah punya hak nya masing"

Sekedar share, di luar negri ada juga gerakan model begini namanya stop a douchebag, ini salah satu video nya

Kebanyakan yang salah malah lebih ngotot daripada yang bener, cekidot gan, pejwan boleh jika berkenan




Quote:Bagaimana gansis..dengan aksi mereka itu? Berani sekali kan...semua itu demi mendapatkan kembali hak-hak pejalan kaki yang dirampas oleh sebagian pengguna kendaraan bermotor...sudahkah kita taat terhadap segala peraturan berkendara di jalan raya?

Quote:Mampir ke trit ane yg lain:
Spoiler for Trit ane yg lain:
[Terungkap Nih Gansis!] Beginilah Modus Suap di Pejabat DKI
[Perlu Diluruskan!!!] Revolusi Mental yang Telan 140 M, Bukan Hanya Buat Website Saja
Seniman ini Membuat Potret Wajah dari Lakban Packing
Inilah Seni Melukis yang Menjadikan Mata Sebagai Kanvasnya
Inilah Dia, Persahabatan Langka Antara Iguana dan Marmoset
Demi Sang Anak, Lelaki ini Menciptakan Jungkitan 'Terpanjang' di Dunia
Kisah Unik Dibalik Pembuatan Gembok Cinta Malioboro
Berbagai Permainan Unik dan Aneh yang Pernah Dibuat dalam Bentuk Papan Permainan
[Mantabz Banget Dah] Inilah Dia, Penjahat Paling Bodoh dan Konyol
[Keren] Coffee Shop Bertemakan Laboratorium Kimia Ada di Turki
Jika Diperhatikan, Berbagai Hal Berikut Mirip Sekali dengan Donald Trump
Misteri Bagaimana Kunang-Kunang dapat Bercahaya Akhirnya Terungkap
[Social Experiment] Pemabuk Lebih Dihargai dari Tunawisma Anak Satu
Pasangan Online Berantem Gara-Gara Wajah di Foto Tak Sesuai dengan Aslinya
[Keren Gansis] Seni Memahat Di Ujung Pensil Karya Salavat Fidai
[Keren Plus Ngeri] Di Peru Ada Hotel Unik yang Menggantung Di Tebing
Desainer Grafis ini Mencocokkan Warna Pantone dengan Objek Kecil Di sekitarnya
[Inspirasi Bagi yang Mau Bikin Partai] Partai Politik Paling Aneh Di Dunia
Kontroversi Merek Pakaian GAP, Benarkah Singkatan dari Gay and Proud?
Berbagai Rilisan Musik Paling Unik yang Pernah Dilakukan oleh Musisi Indonesia
Mengenal BACA, Organisasi Moge Pelindung Anak Kecil Korban Penganiayaan
ECO WASH, Usaha Laundry Ramah Lingkungan ala Mahasiswa UMY
Seniman Graffiti Ini Senang Ngerjain yang Punya 'Kanvas'
Demam Terminator, Twitter Sarah Connor Kebanjiran Komen yang Salah Fokus

Quote:TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
NANTIKAN TRIT ANE BERIKUTNYA

Komentar Kaskuser

Quote:Original Posted By vaprouskingdom
Ane sebagai pengendara motor yang kadang-kadang suka lewat trotoar, memang sadar kalo perbuatan itu salah. No excuses. Alasan-alasan yang ane buat untuk membenarkan kelakuan itu ya berasal dari keegoisan diri sendiri. Secara sadar gan.

Dan ane juga sebenernya pengen ngebuat juga gerakan-gerakan macam KoPK begini, keren. Misalnya:
1. Gerakan Trotoar untuk Pejalan Kaki, bukan PKL -> usir-usirin pedagang yang dagang di trotoar. Gak ada alesan nyari duit susah/dagang ditempat lain gak laku.
2. Gerakan Jalan Raya untuk Kendaraan, bukan Pejalan Kaki -> sebagai pengendara motor, ane bakal usir-usirin orang-orang yang jalan di tepi jalan (padahal udah ada trotoar). Gak ada alesan, bahaya kan kalo diserempet kendaraan.
3. Gerakan Menyeberang di Zebra Cross / Jembatan Penyeberangan -> menghadang para penyeberang jalan liar (padahal ada zebra cross/jembatan penyeberangan beberapa meter di deket mereka. Gak peduli alesan cape naik tangga, tanggung, atau cuma berjarak beberapa meter dari garis zebra cross.
4. Gerakan Menunggu Bus/Angkot di Halte/Terminal -> usir-usirin orang-orang yang nunggu kendaraan umum bukan pada tempatnya. Gak ada alesan halte jauh lah, cuma sebentar lah, apa lah.

Semua alesan yang kita buat untuk melanggar aturan, itu berasal dari keegoisan diri gan.


Quote:Original Posted By al.royhanz
sebagai yg sering ikutan macet2an , ane jg sering ketemu sama pengendara yg kyk gini nih,
kadang malah dia nyalip dari trotoar, terus masuk paksa langsung persis di depan ane, itu rasanya pengen ane tabrak gan, ane yg ngantri pelan2 macet2an berusaha tertib, eh dia seenak jidat


Quote:Original Posted By Bruce81
Patuh pada aturan itu prinsip mau dimana saja sama, di rumah, di jalan, di tempat umum di tempat kerja, mau jalan kaki, naik sepeda, naik motor, naik mobil semua ada aturan nya. Setidaknya malu lah KITA kalau hal-hal seperti ini masih di langgar, prilaku jelek menggambarkan hati dan pikiran KITA yang juga jelek. Kalau hati dan pikiran sudah jelek, punya wajah ganteng dan cantik juga ngak guna, bahkan bisa membuat wajah KITA jadi jelek


Quote:Original Posted By Ultimate....
ane ngedukung banget gan aktifis kayak gni..
bener banget..
hak pejalan kaki di indonesia itu udah di rampas banget...
ane pemotor juga, tapi ane gak pernah naek trotoar...
soalnya ane juga sebagai pejalan kaki, kalo ada motor lewat di trotoar itu ngeganggu banget...


Quote:Original Posted By vip.inc
Kalo mau dibilang tertib:

- MOBIL gak pake joki 3 in 1.
- MOTOR RODA DUA jangan masuk trotoar.
- PEJALAN KAKI menyebrang jalan pada tempatnya.

Tiap hari gua liat pelanggar2 tolol diatas!

!!! SEMUANYA PELANGGAR !!!
!!! GAK USAH MERASA PALING BENAR !!!
APALAGI MAIN SALAH2AN

!! DIJALAN SEMUA PUNYA HAK !!

STOP BUDAYA TOLOL!!

PEJWAN KALO BERANI


Quote:Original Posted By proses.lemot
ane sebagai pengendara motor yg aktif dihampir setiap hari (ceilah ), ane setuju dengan gerakan ini. 10000000% setuju. biar para lelaknat itu sadar. ane juga gerah liat banyak banget pengendara sepeda motor yg nekat lewat trotoar.



macet? samasama aja bos. roda samasama 2 kok. nikmatin aja. macet bareng bareng. kan solider. romantis pula tuh. siapa tau ketemu jodoh kan di jalanan macet? siapa tau ketemu ane, terus kita berjodoh? gaada yg tau


tolong dong, tujuan boleh sama. biar sampe rumah cepet. bisa istirahat. tapi ya gak ambil hak pejalan kaki juga keles


Quote:Original Posted By lucilie
emang ntuh yang manjat" ane namain orang miskin gan... miskin waktu dan miskin tempat masa buat muter balik aja ampe perboden sama makan trotoar... kalau yang patuh ane sebut orang kaya, orang kaya waktu dan situasi...

ane dukung aktivis ini gan..


Quote:Original Posted By taufik.info
ane pernah nih kemaren pas macet di jalan soekarno hatta depan pln bandung. ane ngantri dijalan eh ini pada maen serobot aja di trotoar, padahal trotoarnya lg rusak.
ane palangin aja pake tangan, dan alhamdulillah gak ada yg protes (mungkin lat wajah ane yg garang haha). mereka sadar sendiri berenti di belakang motor ane ngantri jauh haha. semoga jadi contoh juga buat yg lain biar gak naek trotoar lagi next time.


Quote:Original Posted By roofgood
Kalo mobil muat juga pada naek trotoar gan. Udah sifat alami nya manusia kali. Yang salah bukan pengendara motor nya. Tapi keegoisan para pengendara mobil satu orang satu mobil jadi jalanan penuh, coba sekali sekali belajar berfikir dari sudut pandang org lain. Seandainya kita pengendara motor di belakang mobil panter yang asep nya ngebul plus macet plus panas seperti terbakar. Siapa yang tersiksa gan. Apa sepenuhnya kesalahan pengendara motor? Sadarkah kalian para pengendara mobil pribadi yg menyebabkan macet lantaran keegoisan kalian di jakarta yang sumpek dan sempit ini kalian memprioritaskan kenyamanan kalian di dalem ruangan AC yang adem sambil denger musik mengambil space 3-4 motor


Quote:Original Posted By sapi125
ane mau curhat
Kadang kalo jalan kaki kan mesti nyebrang tuh, ada jembatan penyebrangan. Nah dengan takut-takut ane naik gan (jembatannya bolong bolong, kadang suka mikir ane bakalan jatoh dari situ ). Nyampe diatas, banyak pengemis sama pedagang gitu. Kadang ane jengkel, tapi iba juga ngeliatnya, tapi bikin males naik jembatan penyebrangan banget. Akhirnya ane pura-pura nggak liat mereka terus buru-buru turun dari jembatan.

Pertanyaan dari pengalaman ane diatas:
1. Koalisi ini peduli sama jembatan penyebrangan juga nggak? Jembatan yang bolong masih ada lo
2. Koalisi ini juga menuntut hak untuk jalan dari pedagang atau pengemis nggak? Jujur ane kasihan tapi risih aja apalagi kalo nggak ngasih ke mereka tuh rasanya suka nggak enak tapi kalo nggak ada uang kecil gimana? suka diliatin mulu kan...


Quote:Original Posted By altairirvando
Orang2 KoPK seperti ini harus di apresiasikan bilaperlu KoPK ini diliput oleh tv swasta maupun nasional ! Hayo yg pakai motor tapi pernah ataupun ngelakuin tiap hari, MOHON DIUBAH KEBIASAAN BURUK TERSEBUT ! Apalagi klo yg nggak tertib, nge lawan arah, dan tidak pakai helm dan segala kegiatan yg melanggar aturan berkendara

Marilah kita menerapkan ketertiban untuk kenyamanan kita kita juga yg merasakannya.


Quote:Original Posted By chiuyijfa
Jijik ane gan liat orang2 kayak gitu. Kayak orang paling penting, paling buru2, dan paling ngerasa bener aja.


Gak ngerti ane jalan pikiran orang2 kayak gitu.

Lebih sering ketika macet. Padahal jelas udah macet karena dia sendiri juga bawa kendaraan pribadi, tapi gak sadar2 juga. malah ambil trotoar! Padahal ya gan ketika dia ambil trotoar itu sama2 macet!

Pengen ane ludahin aja orang2 kayak gitu.


Quote:Original Posted By cirengplanet


Setuju ane sama agan diatas. selain Motor, terutama PKL juga kadang suka-suka dia aja tuh gan gelarin lapaknya di trotoar. Mau ga mau pejalan kaki jalannya malah barengan sama kendaraan bermotor

Tapi, emang di Indonesia, khususnya di kota2 besar. Banyak bener pelanggaran kayak begini. Ditambah polisi yg hobinya cuman mangkal dibawah pohon sambil nyariin"mangsa"
Padahal didepannya banyak yg ngelanggar tuh

Jadi, usaha yg dilakukan sama orang2 pelindung hak trotoar setidaknya sudah mewakilkan ane dan jug masyarakat banyak pendukung hak pejalan kaki dibanding dengan mengharapkan keadilan aparat, yaitu polisi yg sudah tidak ada kepercayaan dariane khususnya

*Catatan: tapi ane akuin, ga semua polisi berperilaku demikian. Ane men-support yg menegakkan keadilan atas nama pengguna pejalan kaki yg mana hak utk pejalan kaki sudah ga ada lagi dimata para pengguna kendaraan motor ataupun para penggelar PKL liar


Quote:Original Posted By frenzha
Trotoannya kok gitu ya gan, rata sekali pantes aja motor pada sembarangan lewat,
Kalo trotoan disini beda gan, sengaja di buat agar motor dilarang lewat soalnya, di buat naik turun naik turun dan turunannya itu agak tinggi, jadi motor kagak bisa lewat kalo lewat juga susah banget biar pake gas'pun.


Quote:Original Posted By rikici
Kalo perlu kaskuser juga mau ikut membantu hal kaya gini, kaskus membernya banyak bisa ngalahin jumlah biker, ane yakin yg mau ngajak ribut juga ciut sendiri ntar


Quote:Original Posted By dlanorkaskus
ane pengendara motor , dan ane sangat setuju dengan di galak'an nya aksi Trotoar Untuk Pejalan Kaki

kenapa? karena peruntukan trotoar ya untuk pejalan kaki bukan untuk kendaraan .
ane juga punya keluarga yg setiap harinya naik kendaraan umum dan membutuhkan trotoar ibu kota yg nyaman untuk berjalan .
Kalo bisa sih aksi ini bener-bener di dukung oleh pemprov agar pengendara motor bisa semakin mengerti pentingnya saling berbagi dan mematuhi peraturan .

#lagian malu bangeet naik motor di trotoar, mukanya mending di jual aja di fjb


Quote:Original Posted By mr.orthello
Susah kalo mengandalkan bikers.a sadar sendiri .pejalan kaki juga harus sadar, sadar kalo haknya di rebut .biasanya para bikers naik trotoar karena ada satu atau beberapa orng di depannya yg berani naik dluan trus yg belakang ngikut2 .pejalan kaki yg lain juga harus seperti itu, berani protes .kalo ada satu atau beberapa orang yg berani protes pasti pejalan kaki yg lain ngikut .

Salut buat KoPK
Semoga jadi contoh untuk pejalan kaki lainnya


Quote:Original Posted By babalo
Bukan aksi NEKAT itu gan. tetapi aksi BENAR.

Karena kata nekat konotasinya perbuatan yg tidak benar/tidak baik.

Mudah mudahan jadi contoh diseluruh penjuru negeri kita tercinta ini.


Quote:Original Posted By daengjagissu
ane demen nih gerakan sosial macem gini biar pada tobat tuh orang kampungan yg doyan naik trotoar, ane biker juga tergganggu gan dengan biker yg naik trotoar, kita sudah ngantri di jalan terus muncul gerombolan orang cubluk ngebut di trotoar yang ujung" nya turun di ujung trotoar balik ke jalan dan terjadi penumpukan motor bikin tambah macet, otaknya kaya kerak knalpot...maju terus gan ane juga mau ngelakuin itu ah sm temen ane thanks inspirasinya gan dari jalan sudah kelihatan gan masih banyak orang Indonesia yang cublek, ga bisa antri, emosian, ga punya manner, udah salah malah galakan dia, qkwkwk


Quote:Original Posted By besiprimitif
bermanfaat banget gan, iya orang indonesia perlu tau yang beginian, kalo ane sndiri sbg rider dah nerapin ini di jalan jalan.
di trotoar dan zebra kros, ane selalu paham kalo jalan itu sejatinya milik mereka. bingung ane kalo ada kendaraan yang malah ngebut sambil ngebel orang yng lewat di zebra kros.
yang salah malah lebih galak untuk mmarahin yang benar.
lucu tuh kutipan di atas


Quote:Original Posted By naufalopang28
Kebetulan ane beberapa hari nyoba2 kayak gini.. Ada motor lewat trotoar ya ane halang2in aja, sampe tu motor klakson2 ane sama bilang "minggir mas, mau lewat" ya ane cuekin aja dan akhirnya tu motor muter trus balik ke jalan raya


Quote:Original Posted By aerosol69
Tolong KoPK juga mengedukasi para pejalan kaki. Karena masih banyak pejalan kaki yg nyabrang tidak pada tempatnya. Contoh di daerah ane (tangsel) itu di sepanjang jalan raya serpong udah banyak jembatan penyebrangan. Tapi udah dibuat fasilitas sprti itu jrg sekali digunakan sama pejalan kaki.
Ane ketemu pejalan kaki yg nyabrang tdk pada tmptnya gakan mau ngalah untuk ngerem wkwkwk


Quote:Original Posted By shopinher
ini polkis , kementerian PU. perhubungan seharusnya malu kalau lihat video ini. mudah-mudahan mereka nonton video ini agar sadar bahwa tugas mereka para pejabat ini belum bisa dikatakan baik. sedih lihat mereka para pelanggar hukum yang hanya mau menang sendiri. betewe, ane punya mobil dan motor pribadi tapi ane lebih sering naik bis dan otomatis ane pejalan kaki. jadi orang jangan no action, talk only. terima kasih buat lae alfred sitorus sebagai pendiri koalisi pejalan kaki. semoga niat lae berjalan mulus.


Quote:Original Posted By ex.sr
Kenapa org lewat trotoar? macet & buru"
Kenapa macet? banyak kendaraan
Kenapa banyak kendaraan? banyak yg beli
Kenapa beli klo ada angkutan umum? Angkutan umum ga nyaman.Bus trans juga cuma sedikit
Kenapa bus trans sedikit? dana belum cukup utk punya banyak
kenapa dana ga cukup? abis dikorupsi oknum pejabat
kenapa ampe ada yg korupsi? sekolah ga kedidik, iman ga kuat, ortu ga peduli pas masa" remaja dan belajar.Pendidikan intinya.
Jadi salah siapa? simpulkan sendiri


Quote:Original Posted By rendyconan
setuju nih sama salah satu masukannya untuk menumbuhkan rasa ingin jalan kaki pemerintah memberi fasilitas yang layak dll, tapi emang sering kita jumpai sekarang jalan-jalan di trotoar gitu juga udah pada rusak atau jebol kayak yang di video itu


Quote:Original Posted By frezano84
Kadang rider yg patuh pun bs jd terbawa kalo yg mau melanggarnya berjamaah gan
Gw pernah berhenti karena macet dan ada mobil parkir menghalangi di depan, gw cm diem ga tergoda untuk naek trotoar ke kiri, tp dibelakang gw ud banyak pengendara yg triak "woi gila ambil kiri", "bikin macet lo goblog anj*ng", "pake otak lo bego"..damn akhirnya gw lewattin jg tu trotoar


Quote:Original Posted By sweetpo
Ane setuju sama agan alfred yang satu ini
Dengan banyaknya kendaraan yang naik ke trotoar bakalan ngebahayain pejalan kaki dan pengendara itu sendiri
Menurut ane aparatnya juga seperti polwan itu kurang tegas, seharusnya ada perbaikan sistem dalam aparat penegak hukum itu sendiri supaya jadi lebih tegas lagi



Quote:Original Posted By TheKnight21
Jujur, salut ane sama gerakan ini.
Ane rasakan sendiri soalnya gan, kalo jalan di trotoar ada aja penganggunya.
Dan moral bikers sekarang udah kaya hewan, rata rata yang kuat yang hebat adalah pemenangnya.
Nah, itu berawal darimana? Itu berawal dari ketidaktahuan bikers tentang moral di jalan dan ditambah dalam pembuatan surat izin mengemudi secara nembak (red:suap)


Quote:Original Posted By rpalam
gw sangat mendukung aksi ini, disatu sisi ane paling kesal melihat, hak pejalan kaki di ambil, sebagai contoh motor yg melewati trotoar, pedagang yg menjajakan dagangannya di trotoar.

ane pengendara sepeda motor, Alhamdulillah sampe sekarang belum pernah naik trotoar sama sekali.

macet?! NIKMATIN AJA UDAH..


Quote:Original Posted By sneakzilla
bgus bgt tuh gan
emg pengendara sepedea motor suka seenak jidatnya aja
goblog-goblog pada

naik motor asal sulap salip, giliran jatoh or celaka org lain yg disalahin

kalo nabrak main kabur aja, kagak ada sopan santunya


Quote:Original Posted By Shankalyana
Nah org2 seperti inilah yg mestinya diberi apresiasi
Mereka yg berani bertindak secara langsung di lapangan..
Dan bukannya org2 yg cuma bisa koar2 di internet dan medsos doang
Dua jempol untuk mereka..


Quote:Original Posted By division29
inilah jika para penegak kurang peka akan hal tersebut begitu pula masyarakat yg masih kurang kkesadaran dirinya. padahal tau bahwa itu melanggar tp masih dijalankan buat apa ilmu di pelajari tp ga dipraktekan


Quote:Original Posted By Lechifre
Dalam lubuk hati saya yg terdalam, saya ingin mengucapkan terima kasih sebanyak2 untuk para pahlawan2 ini, terima ksh untuk pengorbanan jiwa raganya untuk membela kami pengguna pedestrian...
Doakan semoga saya bisa bergabung dgn gerakan ini Secepatnya

Saya harap banyak teman2 di kaskus jg bergabung, secara langsung, atau tdk langsung..
kalau tdk bisa turun kejalan, cukup dgn kampanyekan gerakan ini ke berbagai media yg ada.

Jgn berharap lebih kepada aparat dan pemerintah, kalau bukan kita para pengguna pedestrian, siapa lagi yg bisa menuntut hak kita untuk mendapatkan hak berjalan kaki tanpa hambatan.


Quote:Original Posted By dochirou
ane juga pengendara motor, tapi ane setuju dan ngedukung gerakan kopk.
buat pengguna motor yg suka naek ke trotoar "kalo ga sabar mah jangan naek motor, bikin malu aja ambil hak pejalan kaki "

semangat terus buat KOPK


Quote:Original Posted By argantoz
Baru kemaren gue ngemplang 7 riders yg nak trotoar....emang gila ya, gue tegur dia malah lebih galak dgn alasan macet ina inu...kalo ga sabar ya jgn bawa kendaraan lah..buat gue mereka blm layak disebut pengendara.


Quote:Original Posted By yuniepunya
Mereka pasang muka tembok untuk menyelamatkan hak pejalan kaki. Salut!
Apa iya harus selalu di tuntun seperti anak kecil untuk taat aturan. Perubahan itu mulai dari diri sendiri. Ga usah menyalahkan orang lain atau ikut-ikutan melakukan hal yang jelas-jelas salah untuk mencari pembenaran..

Ane pernah ketemu polisi yang bener, ada pemotor yang naik ke trotoar, di keplak helmnya satu-satu sampai pada turun dari trotoar. Ajib malunya


Quote:Original Posted By aphankjr
Gerakan yang sangat manis gan!!
ane 100% dukung!!

Inilah mayoritas pengendara saat ini..
karena mereka melihat orang ngambil trotoar, ikut-ikut an deh.. dan lama-lama jadi kebiasaan.
dan saya yakin betul, diantara orang-orang yg comment di thread ini, pasti ada juga yg begitu.
alasannya klasik "yah orang lain gak peduli, ngapain kita peduli?"

well semoga dengan gerakan ini, kita semua semakin berkaca pada diri sendiri..
seluruh pengguna jalan termasuk pejalan kaki pun..
inget! jangan gunakan hak orang lain untuk kepentingan pribadi!
kendaraan tetap pada jalurnya! jangan di trotoar/busway yang merupakan hak pengguna lain!
dan pejalan kaki, mohon juga untuk tidak menyebrang sembarangan!


-page one kalau berkenan -


Quote:Original Posted By pluxy
emang dasarnya orang2 itu cuma bisa ngeritik doang tapi g ad prubahan. macet ngeluh, banjir ngeluh, aspal jelek ngeluh, fasilitas kurang ngeluh.

justru dengan gerakan yg ts jabarin itu yg bagus, klo perlu kenain sanksi jg buat yg masih nekat nerobos trotoar

1 lgi, g juga motor gan, kadang ad pedagang yang manfaatin trotoar buat buka lapak dagangannya suka geram jga.

kgiatan sosialisasi kaya gininih yg harus sering diterapin, jgn cuma sebatas satu dua kali aja, biar pengendara bisa lebih sadar + paham menghargai hak pejalan kaki.


Quote:Original Posted By 114n
udah byk sih yg buat aksi dan udah byk yg share diyoutube dan medsos lainnya cuman yaa tetap aja orang indonesia gak bisa berubah
kalau aja aparat ikut ambil bagian dan terus digalakkan mungkin udah dari dlu mental ketertibannya udah kebentuk, tpi apa yg terjadi kegiatan sperti ini gak disupport ditambah kalau cuman "panas panas tai ayam"









Moga2 pada sadar deh biker2 yg hobi nyangkruk di trotoar.. kangsiman klo ada nenek/kakek lagi breakdance di situ kan jadi keganggu

Nice movement gan
kerenn
susah gan , pengendara sekarang egois semua , tiap orang juga beda beda cara menyadarkan nya , ada yang di tampol dlu bolak balik bru sadar ,
anjing!!
bikers otak peler..
motor dapet nyicil aja belagu lo..
Greget lv 1 tuh
ajib. cara yg manteb
Pelanggar yang marah-marah itu otaknya bukan didalam helm, tapi di roda motornya
Quote:Original Posted By satriohk
Moga2 pada sadar deh biker2 yg hobi nyangkruk di trotoar.. kangsiman klo ada nenek/kakek lagi breakdance di situ kan jadi keganggu

Nice movement gan

iya gan...mudah-mudahan para pengendara motor-nya sadar diri dalam menaati peraturan lalu lintas
Quote:Original Posted By approve.cc
susah gan , pengendara sekarang egois semua , tiap orang juga beda beda cara menyadarkan nya , ada yang di tampol dlu bolak balik bru sadar ,

ente pernah tampol orang ya gan gara2 pengendara motor seenaknya sendiri
Quote:Original Posted By jhahanamz
anjing!!
bikers otak peler..
motor dapet nyicil aja belagu lo..

santai gan..jangan kepancing esmosi
Quote:Original Posted By d35troys
Pelanggar yang marah-marah itu otaknya bukan didalam helm, tapi di roda motornya

sadis amat ente gan
keren cara nya....
suka gemes ngliat pngendara yg seenak ny marah" pdhl dia emg salah...
sekarang banyak oknum pengendara motor kagak mau bener,
(editet)
salut buat anggota KoPK


makin banyak masyarakat yg menertibkan kendaraan.
padhal kyak gni shrusnya tgs dri aparat...
Quote:Original Posted By ibnutiangfei
silahkan komengnya gansis


Ts ny ada ikut gak
jgn cuma koar2 doank pdhal tiap hari dpan kompie
Jadi mau ikutan neh, tp untung di kota ane blom separah DKI,
Quote:Original Posted By ibnutiangfei

sadis amat ente gan


Sadis kalau buat pelanggar gak masalah.
Ane sih maklum aja sama pengendara begitu, namanya roda kan gak punya mata makanya pelanggar gitu gak bisa bedain mana trotoar dan mana jalanan kendaraan bermotor.
Biasa jakarta oh jakarta
kalo bisa sih jangan motor aja yang diprotes,
PKL juga tuh, kasian pejalan kaki,
mau jalan ditrotoar malah dipake pedagang,
akhirnya pada jalan dipinggir trotoar.
Gue kadang kesel banget ama PKL,
jualan tapi merenggut hak orang lain
bagus nih gab biar pada tertib juga
Quote:Original Posted By dj.anime
(editet)
salut buat anggota KoPK


makin banyak masyarakat yg menertibkan kendaraan.
padhal kyak gni shrusnya tgs dri aparat...


tuh ada pic-nya si polwan malah cuek saja
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar