Pages


Kamis, 06 Agustus 2015

Ancaman Bahaya Gan! Waduk Jatigede Sebuah Bom Waktu

HT Pertama ane Gan
Spoiler for Bukti HT:


Dear Gan Kaskuser,

Ane mau berbagi info tentang beberapa artikel yang ane baca di pagi ini dari berbagai sumber.

Silahkan beri tanggapan agan tentang waduk jatigede ini. Karena menurut ane, jika kenyataannya memang jatigede merupakan sebuah bom waktu yang siap meledak di kemudian hari, haruslah kita hentikan bom ini mulai dari sekarang!




Berita Pertama :
Quote:Pemerintah Tutup Mata, Waduk Jatigede Sebuah Bom Waktu


FORUMHIJAU.COM – Pembangunan Waduk Jatigede ditentang oleh berbagai Aktivis lingkungan, dikarenakan Waduk yang menelan biaya tidak sedikit ini hanya akan menjadi sebuah bom waktu.

Sudah banyak para ahli geologi dari mulai Ir. Sobirin Ahli Geologi dan Bendungan dari Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) tahun 2010 sampai ke yang terbaru di tahun 2015 Dr. Ir. Emi Sukiyah, MT, Ahli Geologi UNPAD menyampaikan tentang potensi ancaman ambrolnya Waduk Jatigede oleh Sesar Aktif Baribis.

Dr. Ir. Emi Sukiyah, MT menyampaikan bahwa Infrastruktur sebesar Waduk Jatigede dengan volume bendungan 1 Milyar m3 (setara 1000 kali Situ Gintung) tidak seharusnya dibangun di Jatigede karena tektoniknya aktif dan berada di episentrum gempa.

Dr. Ir. Emi Sukiyah, MT juga menyampaikan bahwa pemerintah seharusnya transparan terhadap resiko Waduk Jatigede.

Secara kasat mata tanpa pengetahuan tentang ilmu geologi pun sebenarnya kita bisa melihat tentang potensi bahaya Waduk Jatigede.

Tanah dan jalan di sekitar Sesar Aktif Baribis yang sangat dekat dengan Waduk Jatigede banyak yang tiba- tiba ambles sedalam satu meter atau lebih.

Anehnya pemerintah seolah tutup mata dengan keadaan tersebut dan mengabaikan terhadap potensi bencana yang akan terjadi akibat digenanginya Waduk Jatigede.

Pemerintah tetap melanjutkan Waduk jatigede dan berencana memulai penggenangan pada akhir Juni meskipun sampai Agustus 2015 ini masih ditunda.

Jalan Proyek Jatigede Ambles Apabila kita bersedia berselancar di internet dapat dengan mudah kita temukan informasi bahwa ternyata Lempeng- lempeng bumi ini saling berkaitan satu sama lainnya dan di Jawa Barat ada tiga Sesar Utama yang saling berkaitan yaitu Sesar Baribis, Sesar Lembang, dan Sesar Cimandiri.

Sesar Baribis membentang dari Purwakarta, Subang, Sumedang, Majalengka dan sampai ke Jawa Timur, Sesar Lembang berada di perbukitan Lembang Bandung, dan Sesar Cimandiri sesar yang membentang dari laut selatan Sukabumi, Cianjur, sampai ke Padalarang.

Quote:Pergerakan Sesar Aktif Baribis dapat menghidupkan Sesar Utama lainnya dan yang lebih mengerikan adalah dapat membangunkan Sunda Mega Thrust, Lempeng Sunda yang membentang dari Burma sampai ke mendekati Australia sepanjang lebih dari 5000 km.

Menurut para ahli geologi bagian Selatan Jawa Barat serta Selat Sunda sudah lama energinya tidak dilepaskan sehingga tersimpan energi sangat besar dan tentu saja apabila bangun energi yang dilepaskan akan besar.

Quote:Menurut Pak Rovicky Ahli Geologi potensi gempa-nya lebih dari 8 Skala MMI, sebagai gambaran Gempa Nepal tahun 2015 yang membuka mata dunia adalah 7.4 Skala MMI, menewaskan lebih dari 8000 Jiwa.

Tsunami Aceh 26 Desember 2004 adalah contoh nyata bangunnya Sunda Mega Thrust yang menewaskan lebih dari 200.000 jiwa.

Pemerintah seharusnya tidak menutup mata dengan potensi bencana yang akan terjadi karena dampaknya akan luar biasa terhadap keutuhan bangsa Indonesia.

[ _www.forumhijau.com | FHI/Berbagai Sumber ]

--

Berita Kedua :






Spoiler for Sumber : :

_finance.detik.com/read/2015/06/28/112107/2954213/4/beredar-infografis-penolakan-waduk-jatigede

--

Berita Ketiga:


Spoiler for Sumber ::

_www.kompasiana.com/dkabayan/waduk-jatigede-digenangi-bencana-sedunia_5562adeb79977396048b4569


--------- Apa Pendapat Agan ?? ---------
Komentar Kaskuser :

Quote:Original Posted By Niexter

satu hal lagi gan.. banyak makan tumbal nya di proyek ini.. banyak worker yang meninggal by accident.. Serem banget di sana.. aura nya
ini kejadian yg gw alamin ya: jadi waktu gw bor tanahnya ga tembus.. di suruh lah kita ke orang pintar setempat.. you know what? demitnya minta tumbal manusia.. akhirnya kita kasih doa aja sama cipratin air ke alat kita.. alhamdulillah besoknya bisa nge bor.. memang di luar pemahaman deh


Quote:Original Posted By adit83st
Agan kontraktor benar, secara umum sebelum kontruksi pasti dilakukan soil tes buat mengetahui struktur tanah kuat atau tidak. Tapi soil tes kontraktor tidak sampai ke study lempengan, kita harus menyerahkan ke pada ahlinya yaitu ahli geologi yang lebih paham.

menurut gw, seharusnya ada perlakuan khusus di bendungan jatigede klo memang mau diteruskan, Dan gw yakin pasti bisa di lakukan rekayasa teknik untuk menguatkan bendungan jatgede. Para ahli seharusnya di dengarkan supaya bisa dijadikan masukan buat pembangunan jatigede supaya aman.

Dan satu lagi yang penting, Pihak2 yang terlibat dalam pembangunan jatigede siap bertangggung jawab bila terjadi sesuatu masalah di kemudian hari. Bagusnya lg sebelum jatigede beroperasi semua pihak terkait jatigede, tandatangan siap tanggungjawab termasuk presiden


Quote:Original Posted By primafauzi
soal jalan yang ambles emang bener gan, ane tiap minggu lewat sana. banyak jalan retak dan ambles. padahal udah tiap tahun hanpir ada 3 lebih perbaikan jalan, tp tetep jalan menuju lokasi ada yg ambles lg sama renggang. mungkin cuma pake tambalan aspal aja ngg sampe merhatiin sktruktur tanah. dan kemaren pas ada isu peresmian presiden, warga sana berbondong2 pada buka lapak, taunya ngg jadi heuheu


Quote:Original Posted By filoshopy.com
dimana mana proyek di Indonesia itu SESUAI STANDAR KEAMANAN MINIMAL padahal para engineer udah make Safety Faktor yang seharusnya namun biasa kalo udah pelaksanaan di lapangan dan birokrasi tetek bengek pagu anggaran yang seharusnya menjadi berkurang hampir 40%nya dan apa yang terjadi pelaksaanaan yang harusnya memaksimalkan anggaran 100% demi keamanan dan kenyamanan menjadi bangunan 40% dipaksa setara dengan anggaran 100%


Quote:Original Posted By Niexter
dan proyek jatigede ini adalah bantuan loan china dan kontraktor utamanya juga china punya.. padahal dulu belanda aja ga berani.. tapi china berani.. ada apa kah gerangan?



Quote:Original Posted By sidiq165
jadi inget kmaren wktu pembgunan. . . ,kbtulan ngawas 1bulan doang

ada truk jalan sendiri, sopir istrihat tidur dibwah truk nya,
ya wassalam sopirnya,,pdhal kunci sama sopir,,
roda udah diganjel biar gak jalan,,,rem tangan udah naik,
tpi yah bgtu. . .


Quote:Original Posted By adifadli
ane warga Sumedang, Ane sebenarnya setuju tidak setuju dalam pembangunan Waduk Jati Gede ini, tapi seteah ane tau berita ini ane jadi mikir lagi gan, di area penggenangan banyak sekali makam leluhur bahkan cikal bakal kerajaan Galuh(sumedang larang) ikut tergenang gan. nasi sudah jadi bubur gan warga yang tergenang sudah dapet uangpengganti yang jumlahnya hingga 100jt lebih per kk, dan mereka sudah ta ada harapan lagi buat berjuang. LSM LSM yang cuma manfaatin duit gada yang bisa di perbuat di sumedang, Bupati di penjara karena kasusu korupsi. harapan saya hanya kapolres baru ini yang siap bantu Sumedang.


Quote:Original Posted By sigalihmaenbass
ane kebetulan engineering geologist gan,

biasanya sebelum pekerjaan rekayasa dimulai pasti ada kajian/survey menyeluruh terkait kondisi lingkungan, sosek, jangkauan lokasi, faktor fisik (geologi teknik, geoteknik, morfologi, kondisi sungai) dan lain lain. Tentunya kalau dari faktor fisik lokasi pemilihan tempat akan jadi poin yang sangat mengurangi dari kajian ini.

Tapi di lain hal parameter-parameter lain mungkin sangat unggul/sangat menguntungkan, jadi kalau hanya dari faktor geologi tidak menguntungkan, bakal ada perhitungan lain terkait rekayasa bangunan yang dibangun untuk mengantisipasi faktor fisik tadi, kalau perhitungannya bisa sangat merugikan, dana tidak mencukupi, dan berpengaruh besar bagi parameter lain tentunya ga bakal dibangun, tapi kalau perhitungannya mencukupi untuk dibangun dan dapat diantisipasi pastinya bakal dibangun.

Dan tentunya pada saat modeling/simulasi pasti menggunakan skenario yang paling parah secara faktor geologi (gempa imbas, gempa sesar, dll).

Tapi terlepas dari apa yang udah dilakukan manusia, kadang banyak uncertainty yang memungkinkan semua analisis yang udah dibuat itu mentah. hehe

page one kalo berkenan gan


Quote:Original Posted By joachimmihawk
Pemerintah yg sekarang mah bodo amatlah yg penting mereka dapet masukan gede.. Bencana kan gak langsung trjadi besok bgtu bendungan jd trs langsung bencana tp bencana itu nanti di masa yg mendatang dimana yg repot itu pemerintahan yg mendatang dan yg disalahkan pemerintah yg akan datang, kalo pemerintah yg skrang msh pada idup utamanya pejabat2 bisa disalahkan tp klo udh keburu pada mati yg repot kan pemerintah yg mendatang.
Kalo bener dananya dri loan china ini jokowow bener2 dah, itu world bank sama belanda n sukarno aja gak berani tp si jokowow berani ngeresmiin ckckck.. Dipelet apaan ya jokowow n anteknya sama pemerintah china sampe semua proyek gede di indonesia di kasih ke china semua yg dri segi kualitas kita semua taulah produk china kaya gimana



Quote:Original Posted By kejedotembok
" kalo gw jadi presiden yang sekarang nih.. Gw bakal temuin si kontraktor yang "berani" terima proyek ini.. Sama para ahli geologi dsb.

Dan akan gw suruh mereka menjelaskan secara sedetail detailnya di hadapan orang" yang juga ahli di bidangnya untuk mencari solusi yang tepat sasaran karena proyek ini udah nanggung.. Dan memang harus di selesaikan agar dapat berguna bagia rakyat banyak walaupun nantinya akan ada dana tambahan untuk proyek ini.. Yang penting selesai dan manfaatnya untuk jangka panjang hehehe

eace

Cuman opini aja gan


Quote:Original Posted By transplant44
jadi inget kasus wisma atlit dihambalang bogor
yg jelas" kontruksi tanahnya ga cocok buat bikin bangunan tapi malah tetep nekad dibangun
dan ambleslah tuh wisma
dan Fakta mencengangkannya ternyataitu jadi Proyek Lumbung Korupsi

jangan" nih waduk berpotensi lumbung korupsi lagi kaya wisma atlit
kita liat kedepannya aja


kirain ada bomnya beneran gan

hahaha ternyata bukan
Quote:Original Posted By wongfeihongz
kirain ada bomnya beneran gan

hahaha ternyata bukan


Potensi bahanya mengerikan gan...
Bisa-bisa ada Tsunami ke-2 di endonesah
widih
mau lapor polisi aja tadi awkwak
rupanya
Tujuan utama bikin waduk ya biar bisa nilep anggaran, mana mikir mereka potensi ancaman bencananya apa yg penting anggaran keluar yaa di tilep2 dikit laah.
Quote:Original Posted By kornelisbukit
Tujuan utama bikin waduk ya biar bisa nilep anggaran, mana mikir mereka potensi ancaman bencananya apa yg penting anggaran keluar yaa di tilep2 dikit laah.


Padahal kalo ada bencana juga, mereka kemungkinan kena kan ya
Oh endonesah.. Perihatin deh.
Apa iya ini Proyek ga melibatkan Para Ahli-ahli di bidangnya saat Study kelayakan jaman dahulu kala,
khan Mubazir pake banget klo udah selesai tapi ga di gunain, tapi klo bahaya harus di cari penanganannya agar tidak sampe meledak tuch "BOM"
Yg penting dah dpt proyek, gan. Mau dipake apa kagak urusan belakangan. Dah ngga heran kl ada proyek yg amdal nya ngga jelas trus ujung2nya mangkrak ngga kepake.
So kita musti gimana gan???
bikin petisi cukup ga ya???
mungkin karena merasa tanggung ngeluarin dana banyak pemerintah ga mw dianggap plinplan ketika memutuskan untuk membatalkan proyek gan....tapi dari resume data di atas miris jika beberapa potensi yang ada dihilangkan begitu saja, padahal sudah ada data yang didukung para ahli ya gan...
ngeri juga ya

trus solusinya apa gan? bisa kasih solusi? soalnya efek kalo ga ada waduk bisa krisis pangan juga kan

pembangunan jalan tol juga sering ada penolakan. biasanya gara2 uang penggantian lahan
yahh mau diapa gan pemerintah kyk gitu biar keliatan pajak kita itu kemana
berdoa aja gan, semoga apa yg dikahwatirkan gak terjadi
uwah... ngeri juga kalo beneran ambrol....
Kalo tetep dilanjutkan ya siap-siap aja dampaknya yang besar dan sangat merugikan
Apalagi ane tinggal di daerah yang bakal kena dampaknya kalo tu waduk jebol
Pemerintah koq gak mau denger saran para ahli ya..ada kepentingan apa neh?
Quote:Original Posted By manusiaice86
So kita musti gimana gan???
bikin petisi cukup ga ya???
mungkin karena merasa tanggung ngeluarin dana banyak pemerintah ga mw dianggap plinplan ketika memutuskan untuk membatalkan proyek gan....tapi dari resume data di atas miris jika beberapa potensi yang ada dihilangkan begitu saja, padahal sudah ada data yang didukung para ahli ya gan...


Quote:Original Posted By NEC.Nijmegen
ngeri juga ya

trus solusinya apa gan? bisa kasih solusi? soalnya efek kalo ga ada waduk bisa krisis pangan juga kan

pembangunan jalan tol juga sering ada penolakan. biasanya gara2 uang penggantian lahan


Kalo agan nanya solusi sama ane, terus terang ane pun bingung ngasih solusinya gimana..
Apalagi proyek ini udah ngeluarin biaya gede banget.

Mungkin pilihannya menurut ane ada 3 :
Pilihan ke 1. Cari cara penanganan agar bom tersebut tidak meledak.
Pilihan ke 2. Cari cara penanganan saat bom tersebut meledak, tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. (Masalahnya yang bergerak itu di dalam tanah coy, susah juga )
Pilihan ke 3. Walaupun berat, ya harus hentikan proyek ini sebelum diisi air yang sewaktu-waktu bisa jebol seperti situ gintung. Bahkan menurut artikel di atas menyebutkan kekuatan sebesar 1.000 kali situ gitung
klo g d lanjutkan ya bakal banjir terus..
wow nice thread...
kmrn2 baca di kompas katanya ni waduk bakal berguna buat 90000 petani di jabar
dah dr jaman bung karno jg kan ni proyek, masa mau distop gitu
amdalnya bijimane tuh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar