--Bissmillahirrohmanirrohim--
Quote:
Saat Agan pergi Belanja ke Supermarket/Swalayan, entah itu belanja Bulanan (buat yg Udah Berkeluarga biasanya), Belanja Mingguan(Udah Mulai Berkeluarga), Belanja Harian(Biasanya anak Kost nih ),,, terkadang pasti ada banyak barang yang Agan beli meskipun sebenernya Agan tidak tertalu membutuhkannya...iya gak???
Ternyata gan, itu semua tidak terjadi dengan Kebetulan gan,,,ataupun tidak Terjadi Hanya karena ada Niat si Pelaku, Tapi jg karena ada Kesempatan,,,Waspadalah!!! Waspadalah!!! (Hedeh malah kaya Bang Napi gini ane)
Semua ada Penjelasan Ilmiahnya gan
Bisa saja karena promosi supermarket atau faktor lainnya gan.
Dan yang pasti ternyata supermarket juga punya trik tertentu agar kita belanja lebih banyak di toko mereka .
Apa aja Gimmick / Trik Sulap mereka???
Yok kita simak dan kita bongkar gan,,,,tp inget gak ada Limbad nya loh yak
1. First In, First Out
Quote:Semua Supermarket pasti menerapkan aturan FIFO (First In, First Out) ini.
Para toko ritel menyimpan barang yang mudah busuk atau rusak sehingga produk lama ditempatkan paling depan gan.
Ini agar konsumen/korban (alias agan ) lebih dulu mengambilnya.
Karena setiap orang pasti bakalan ambil barang yg bisa mereka jangkau dengan mudah.
Sifat dasar manusia...
Tips : Coba deh saat agan membeli barang seperti daging giling, susu, atau produk segar lain periksa dahulu tuh tanggal produksi atau kadaluarsanya...buat mamastikan.
2. Sampel gan
Quote:
Semakin konsumen menghabiskan banyak waktu dengan suatu produk, lebih besar kemungkinan membelinya gan.
Keberadaan sampel yang ditawarkan supermarket dapat membangkitkan keinginan itu loh gan.
Karena akan memicu hasrat agan untuk membeli produk yg di Sampel atau di Label in sebagai Sampel karena agan akan menganggap Produk itu sebagai produk yg baru dan Limited/Terbatas hingga tertarik untuk mencobanya,,,Beli dah tuh .
Tips: Kita cobain aja tuh Sampel, trus setelah puas Nyobain atau kenyang kita pergi pura2 lanjutin belanja
3.Penempatan Sejajar Mata Agan
Quote:Perhatikan penempatan produk yang ada di bagian atas dan bawah pandangan mata agan deh.
Biasanya konsumen/agan akan melihat lebih dulu rak yang sejajar ama mata agan atau mata Orang Dewasa.
Nah,,,Di situ tuh biasanya ditempatkan produk2 yang harganya lebih mahal atau produk yg pengen cepet dihabisin Stocknya atau Produk yg Suppliernya berani Bayar mahal buat sewa Lapak Rak yg Sejajar Mata nya tadi gan. ( Wani Piro adalah Kode Mereka ke Supplier gan )
Sedangkan barang massal cenderung ditempatkan di rak bawah dalam lorong, diluar pandangan agan...karena tanpa sejajar mata pun agan ttp bakal cari barang massal itu karena butuh bgt.
Tips: Jangan Terlena dengan Barang2 yg mudah kita lihat, pertimbangkan jg kita Memang Butuh atau cuma sekedar Tertarik.
4. Trolly Berukuran Besar
Quote:Troli belanja ukuran besar juga berperan besar dalam memicu keinginan belanja Agan lebih banyak loh dari sebelumnya.
Membeli lebih banyak dari yang diperlukan jadi mudah karena besarnya tempat belanja yg disediakan Supermarket yg agan dorong/bawa gan
Malu kan gan, ambil troli Segede Gaban masa cuma diisi ama 1 buah Shampoo,,, mana Sachet-an lg .
Tips: Ambil Keranjang yang Ditenteng aja gan,,,atau Keliling pas Belanjanya ga usah bawa apa2 alias pakai tangan aja tar bawa barangnya.
5. Diskon
Quote:
Iming-iming Diskon dimanapun bakal selalu menarik gan,,,
Karena Judulnya yg Gimana gitu,,,hingga kita Terlupa untuk Cek Harga,,,Pokoknya ada Off brapa % artinya pasti murah...
Alih2 dapat harga Murah,,,Kadang tak sedikit yang Hanya Dinaikin Harga nya dari Harga Normal trus di Labelin Diskon dengan Harga yang telah dinaikkan tadi Dicoret,,,(seakan2 harganya beneran murah,,,padahal,,,,,Ah Sudahlah )
Ada juga Promo2 Bundling beli berapa Gratis berapa atau Beli Beberapa Lebih Murah
Di manapun orang Jualan pasti yg dicari Untung gan,,,gk mungkin Harga bener2 murah kecuali tuh barang Mau menuju Deadline alias Expired (Biasanya Produk makanan/minuman nih)
Kalau barang yg bener2 Murah biasanya barang Cuci Gudang / yang ada Cacat Fisik,,,drpd ga laku yaudah Jual Murah
Tips: Cek dulu Harga Patokan/Pasaran Barang yg jadi incaran agan karena di Diskon tadi,,,lebih murah atau sama aja
6. Musik Gan
Quote:Musik di supermarket juga bisa memicu keinginan belanja agan meningkat loh.
Itu karena Musik memiliki pengaruh positif terhadap Telinga pendengarnya dan membuat ingin lebih berlama2 di supermarket karena agan merasa rileks dan nyaman dengan alunan nadanya .
Nah, Karena durasi waktu yang lama tadi (yg tanpa sadar berlalu karena Background Musik yg Disetel tadi membuat kita Terlena), maka akan semakin banyak pula uang keluar gan secara ga sadar.
Tanpa sadar Trolly kita dah full aja tuh gan
Kan berabe tuh,,,tau2 begitu nyampe di Kasir, kita udah disambut aja kaya gini gan sama Mbak2 Kasirnya...
Jangan nge-BON ya mas Gan
Isi Ulang Pulsanya enggak sekalian mas Gan?
Masa mas Gan Tega cuma Belanja dikit di Tempat kita
Uang Kembaliannya boleh di Donasikan mas Gan?
Nah loh gan2,,,
Kalau udah begindang kagak bisa nolak kan gan ,,,akhirnya mau gak mau kita bayar dah tuh
Masa mau bilang gini,,kan gak banget
Quote:Kalau agan ada Nemu Trik lain yg dilakukan Supermarket biar kita belanja banyak Koment aja gan, tar ane Pejwan
Saling berbagi informasi kita gan
SUMUR
======================================================================
SUMUR NYA GAN
======================================================================
Buat ganti capek boleh lah gan kasih atau sekedar
Agan yg Koment atau ane DOain moga enteng Rejeki dan Jodoh,,,,AMIN
THREAD INI DIDUKUNG OLEH
KLIK IMAGE DI ATAS UNTUK MENGUNJUNGI MARKAS KAMI
Quote:
Saat Agan pergi Belanja ke Supermarket/Swalayan, entah itu belanja Bulanan (buat yg Udah Berkeluarga biasanya), Belanja Mingguan(Udah Mulai Berkeluarga), Belanja Harian(Biasanya anak Kost nih ),,, terkadang pasti ada banyak barang yang Agan beli meskipun sebenernya Agan tidak tertalu membutuhkannya...iya gak???
Ternyata gan, itu semua tidak terjadi dengan Kebetulan gan,,,ataupun tidak Terjadi Hanya karena ada Niat si Pelaku, Tapi jg karena ada Kesempatan,,,Waspadalah!!! Waspadalah!!! (Hedeh malah kaya Bang Napi gini ane)
Semua ada Penjelasan Ilmiahnya gan
Bisa saja karena promosi supermarket atau faktor lainnya gan.
Dan yang pasti ternyata supermarket juga punya trik tertentu agar kita belanja lebih banyak di toko mereka .
Apa aja Gimmick / Trik Sulap mereka???
Yok kita simak dan kita bongkar gan,,,,tp inget gak ada Limbad nya loh yak
1. First In, First Out
Spoiler for First In, First Out:
Quote:Semua Supermarket pasti menerapkan aturan FIFO (First In, First Out) ini.
Para toko ritel menyimpan barang yang mudah busuk atau rusak sehingga produk lama ditempatkan paling depan gan.
Ini agar konsumen/korban (alias agan ) lebih dulu mengambilnya.
Karena setiap orang pasti bakalan ambil barang yg bisa mereka jangkau dengan mudah.
Sifat dasar manusia...
Tips : Coba deh saat agan membeli barang seperti daging giling, susu, atau produk segar lain periksa dahulu tuh tanggal produksi atau kadaluarsanya...buat mamastikan.
2. Sampel gan
Spoiler for Sample:
Quote:
Semakin konsumen menghabiskan banyak waktu dengan suatu produk, lebih besar kemungkinan membelinya gan.
Keberadaan sampel yang ditawarkan supermarket dapat membangkitkan keinginan itu loh gan.
Karena akan memicu hasrat agan untuk membeli produk yg di Sampel atau di Label in sebagai Sampel karena agan akan menganggap Produk itu sebagai produk yg baru dan Limited/Terbatas hingga tertarik untuk mencobanya,,,Beli dah tuh .
Tips: Kita cobain aja tuh Sampel, trus setelah puas Nyobain atau kenyang kita pergi pura2 lanjutin belanja
3.Penempatan Sejajar Mata Agan
Spoiler for Sejajar:
Quote:Perhatikan penempatan produk yang ada di bagian atas dan bawah pandangan mata agan deh.
Biasanya konsumen/agan akan melihat lebih dulu rak yang sejajar ama mata agan atau mata Orang Dewasa.
Nah,,,Di situ tuh biasanya ditempatkan produk2 yang harganya lebih mahal atau produk yg pengen cepet dihabisin Stocknya atau Produk yg Suppliernya berani Bayar mahal buat sewa Lapak Rak yg Sejajar Mata nya tadi gan. ( Wani Piro adalah Kode Mereka ke Supplier gan )
Sedangkan barang massal cenderung ditempatkan di rak bawah dalam lorong, diluar pandangan agan...karena tanpa sejajar mata pun agan ttp bakal cari barang massal itu karena butuh bgt.
Tips: Jangan Terlena dengan Barang2 yg mudah kita lihat, pertimbangkan jg kita Memang Butuh atau cuma sekedar Tertarik.
4. Trolly Berukuran Besar
Spoiler for Trolly Belanja:
Quote:Troli belanja ukuran besar juga berperan besar dalam memicu keinginan belanja Agan lebih banyak loh dari sebelumnya.
Membeli lebih banyak dari yang diperlukan jadi mudah karena besarnya tempat belanja yg disediakan Supermarket yg agan dorong/bawa gan
Malu kan gan, ambil troli Segede Gaban masa cuma diisi ama 1 buah Shampoo,,, mana Sachet-an lg .
Tips: Ambil Keranjang yang Ditenteng aja gan,,,atau Keliling pas Belanjanya ga usah bawa apa2 alias pakai tangan aja tar bawa barangnya.
5. Diskon
Spoiler for Fake Diskon:
Quote:
Iming-iming Diskon dimanapun bakal selalu menarik gan,,,
Karena Judulnya yg Gimana gitu,,,hingga kita Terlupa untuk Cek Harga,,,Pokoknya ada Off brapa % artinya pasti murah...
Alih2 dapat harga Murah,,,Kadang tak sedikit yang Hanya Dinaikin Harga nya dari Harga Normal trus di Labelin Diskon dengan Harga yang telah dinaikkan tadi Dicoret,,,(seakan2 harganya beneran murah,,,padahal,,,,,Ah Sudahlah )
Ada juga Promo2 Bundling beli berapa Gratis berapa atau Beli Beberapa Lebih Murah
Di manapun orang Jualan pasti yg dicari Untung gan,,,gk mungkin Harga bener2 murah kecuali tuh barang Mau menuju Deadline alias Expired (Biasanya Produk makanan/minuman nih)
Kalau barang yg bener2 Murah biasanya barang Cuci Gudang / yang ada Cacat Fisik,,,drpd ga laku yaudah Jual Murah
Tips: Cek dulu Harga Patokan/Pasaran Barang yg jadi incaran agan karena di Diskon tadi,,,lebih murah atau sama aja
6. Musik Gan
Spoiler for Music:
Quote:Musik di supermarket juga bisa memicu keinginan belanja agan meningkat loh.
Itu karena Musik memiliki pengaruh positif terhadap Telinga pendengarnya dan membuat ingin lebih berlama2 di supermarket karena agan merasa rileks dan nyaman dengan alunan nadanya .
Nah, Karena durasi waktu yang lama tadi (yg tanpa sadar berlalu karena Background Musik yg Disetel tadi membuat kita Terlena), maka akan semakin banyak pula uang keluar gan secara ga sadar.
Tanpa sadar Trolly kita dah full aja tuh gan
Kan berabe tuh,,,tau2 begitu nyampe di Kasir, kita udah disambut aja kaya gini gan sama Mbak2 Kasirnya...
Jangan nge-BON ya mas Gan
Isi Ulang Pulsanya enggak sekalian mas Gan?
Masa mas Gan Tega cuma Belanja dikit di Tempat kita
Uang Kembaliannya boleh di Donasikan mas Gan?
Nah loh gan2,,,
Kalau udah begindang kagak bisa nolak kan gan ,,,akhirnya mau gak mau kita bayar dah tuh
Masa mau bilang gini,,kan gak banget
Quote:Kalau agan ada Nemu Trik lain yg dilakukan Supermarket biar kita belanja banyak Koment aja gan, tar ane Pejwan
Saling berbagi informasi kita gan
SUMUR
======================================================================
SUMUR NYA GAN
======================================================================
Buat ganti capek boleh lah gan kasih atau sekedar
Agan yg Koment atau ane DOain moga enteng Rejeki dan Jodoh,,,,AMIN
THREAD INI DIDUKUNG OLEH
KLIK IMAGE DI ATAS UNTUK MENGUNJUNGI MARKAS KAMI
RESERVED KOMENT PARA KORBAN / KASKUSER / PELAKU
Mantan Pekerja Supermarket gan
Quote:Original Posted By andry_cakep ►
Ada bener ada salah nya.
Begini untuk menarik orang belanja di supermarket itu trik banyak banget
1. Menaikkan traffic consumer datang ke toko
2. Meningkatkan basket size.
3. Loyality program
Penjelasan
1. Menaikkan traffic. Semakin banyak consumer yg datang maka semakin banyak uang yang masuk. Trik menaikkan traffic
A. Promosi koran untuk item yg very fast moving
B. Pembagian katalog produk.
C. Promosi lewat internet.
Item yg di promo kan bukan item yg ga laku. Tapi item yg sangat laku dengan harga yg rendah. Terkadang di bawah harga kulak. Kenapa bisa?
1. Supermarket mempunyai front margin dan back margin. Front margin adalah harga beli dikurangi harga jual. Back margin adalah uang yg didapatkan dr supplier.
Uang back margin: sewa gondola depan, sewa floor, sewa penempatan di eye level, listing fee new item, Uang distribusi barang.
2. Discount yg memang diberikan supplier dalam margin yg cukup tinggi. Di mana supplier disini memberikan diskon tinggi karena beberapa sebab: butuh Omset, saingan dengan competitor, ato ada festival kegiatan yg diselenggarakan pihak supermarket.
Contoh kegiatan: Baby fair. Popok, susu kasih disc lebih.
Saingan kompetitor, contoh: supplier kasih disc barang fast moving 10%, kemudian diminta in duit oleh supermarket bisa kurang lebih 200jt. Duit digunakan untuk masuk promosi koran, sewa gondola. Nah imbalan nya supplier nuntut supermarket mengambil jumlah yg banyak. Bs sekitar 300% dr average sales.
Nah boleh dong dengan diskon dan duit itu dibuat jualan minus margin. Apakah rugi? Tidak dong. Ketika Anda sudah masuk, masak sih cuman belanja barang diskon itu. Ga sadar anda akan ngambil barang lain yg ga diskon. Tentu aja profit yg tinggi.
2. Meningkatkan basket size.
A. Promosi pembelian kedua diskon 50%, padahal yg diskon nya total cuman 35% an.
B. Beli 2 gratis 1 dengan size yg lebih kecil. Itu juga diskon 20% an. Nah secara ga sadar agan cuman butuh satu dalam sebulan eh ini nytok
C. Pembelian 100rb dalam membeli item fast moving dengan harga super murah. Ini juga gan udah d set. Mereka kan tau average basket size belanja bilangan misal 80rb, di iming2i lah dengan hadiah. Nah agan akan belanja item item ga penting untuk kejar hadiah
3. Loyality program
Nah ini fungsi nya supaya consumer kembali kembali kembali lagi untuk belanja k supermarket tertentu
A. Program stamp. Dapat beli pisau murah.
B. Program kartu diskon. Agan secara ga sadar udah di data oleh supermarket, sehingga mereka bisa kirim promosi lewat sms, atau email. Agan akan terus datang ke supermarket krn tau ada promo padahal ya ga butuh butuh amat barang itu.
===============================
Oh ya untuk membuat laku toko, semua barang ya perlu diperhatikan juga penempatan barang nya.
Barang very fast moving di taruh di Gondola akhir atau belakang, gondola awal biasanya barang barang yg kurang laku tp high profit. Contoh: majalah, elektronik, baju fashion, mainan, plastik.
Mana pernah agan ngeliat penempatan mie instan, minyak goreng, detergent di gondola awal? Kan di taruh belakang sambil lewat nanti bisa ambil barang2 lain. Istilah keren di supermarket mengatur traffic flow.
Hmmm untuk eye level konsep dasar sih bener seperti agan bilang. Eye level untuk barang kurang laku, gondola bawah atau atas untuk barang yg laku.
Tapi yg terjadi bukan seperti itu.
Konsep penataan. Derajat nya ya yg dipertimbangkan dr awal k akhir
1. Siapa yg bisa bayar/sewa/kontrak akan dikasih tempat eye level
2. Item yg menyumbang profit lebih banyak ditaruh di eye level. Ngapain barang yg kasih profit sedikit dikasih tempat strategis?
3. Item yg bulky dan berat d taruh di shelving Paling bawah
Selain itu masih ada strategi lain gan dalam penataan gondola. Apa tuh
1. Gondola di bagi konsep by function atau. By price
Contoh.
Detergent. Consumer cenderung price sensitive. Harga murah yg dicari. Nah dibagi dulu kategori nya by function. Detergent mesin cuci, Detergent cuci tangan. Kemudian di turunkan menjadi Detergent liquid dan Detergent bubuk. Lantas penataan barang yg harga mahal di taruh di paling awal. Yg murah dicari orang dan pasti laku di taruh ke belakang.
Popok bayi. D bagi Popok premium dan standar, kemudian diturunkan lagi By merek nya. Tp agan sering ngeliat kan salah satu merek mam*pok* selalu di depan menguasai banyak. Ya iya lah dia menyumbang profit paling gede, dan memberi support sewa ke pihak supermarket.
Demikian dulu gan ilmu yg saya punya..
Selamat di bohong supermarket
Sumber: pengalaman kerja
Quote:Original Posted By sangiangdewata ►
bner kata agan. secara ane pernah kerja di tempat beginian selama 4 tahun. oia 1 lagi gan yang kurang untuk buah segar yang mau busuk biasanya tidak dibuang tapi dibikin salad buah terus dijual dalam kemasan. ikan juga yang mulai menjelang busuk biasanya di goreng terus dibikin dalam kemasan kemudian dijual lagi. jadi saran ane hati-hati kalau ngelihat buah atau ikan yang seperti ane bilang.
Agan yang Anarkis beud
Quote:Original Posted By ach777 ►
berbahagialah anak kos karena trik sample gx akan mempan terhadap kami,,
yg ada supermarket ny yg rugi krn kami2 anak kos ini yg bakal ngabisin tuh sample wkwkwkwk
Koment anak Management Penjualan
Quote:Original Posted By rokujuichi93 ►
pintu masuk, pintu masuk biasanya ditempatkan sebelah kanan karena psikologis kita pengennya jalan muterin rak barang ke arah kiri terus.
kasir tidak dibuka semuanya agar tetap ada antrean, dgn mengantre biasanya orang sambil nunggu antrean bakal keingta ada yg ketinggalan atau nyomot permen dan cemilan kecil lainnya yg biasa deket kasir
ada di mata kuliah manajemen penjualan
Para Korban gan
Quote:Original Posted By alvine777 ►
makanan manis dan mainan untuk anak-anak diletakkan di rak bawah, sehingga anak-anak bisa melihat dan mengambilnya dengan mudah..
page one klo berkenan
Quote:Original Posted By oxquid ►
masih ada trik2 lagi Gan,,contohnya trik kembalian permen, trik menawari pulsa, dsb
Quote:Original Posted By ChristmanToding ►
wah sangat bermanfaat gan..tambahan itu yg dinamakan strategi marketing. Dosen ane pernah bilang di MK analisa proses bisnis : salah satu strategi dalam marketing (selain yg agan sebutkan) adalah dengan menaruh permen, cokelat, snack, dll di dkat kasir karena kebanyakan pengunjung membawa pasangan entah itu pacar, suami istri, ato anak (ini yg paling ampuh ) jadi si anak ini akan mengambil makanan2 itu
Quote:Original Posted By Delta10 ►
Sama barang2 impulse buys di taro deket kasir Gan. Kyk permen dkk. Itu barang yg biasa kita beli bukan rencana beli. Tp pas kebetulan tunggu antrian, liat, kepengen beli. Kl di taro rak tersendiri justru jarang org ambil.
Quote:Original Posted By dizzka ►
Kalo beli 2 gratis 1 tuh trik ngabisin barang yg mao kadaluarsa yak
Quote:Original Posted By anank.lutfi ►
Harganya dibuat gak pas, misal Rp 4.999,00
Otomatis kalau kita bayar pakai uang cas pasti dihitung Rp 5000,00 kecuali pakai debit atau kredit
Quote:Original Posted By alexanderm ►
Kata bokap Ane, ketika suatu barang ada diskon atau promo (50% off, buy 2 get 1) nah biasanya harga produk itu udh dinaikan sedikit baru dipotong diskon atau promo lain, masalahnya kalau yang didiskon itu sembako dan diskonnya gede, bangkrut dong supermarkets nya
Pejwan gan jika berkenan
Quote:Original Posted By rizkycelps2 ►
tambah 1 vroo
harga yg tidak slalu bulat, sehingga terlihat lebih murah
exc :rp 2975 , rp.5990 , rp.8995 dan lainnya
Quote:Original Posted By cihuyaa ►
kalo ane yg first in, first out ... gk pernah ane lakuin. ane keseringan ngobok2 dlu, ambil paling belakang ... hahaha ..
en perihal sampel khusunya makanan, ya cobain aja. anggap aja gratisan, ganjelan keliling pas belanja bulanan.
Quote:Original Posted By doug.masters ►
ane kalo beli makanan selalu bongkar2 dulu ambil yg paling belakang
Quote:Original Posted By earphane ►
Ada lagi gan, trik di supermarket. Ada harga diskon gede-gedean tapi hanya menipu. Harga asli misal cuma Rp 99.000,- tapi dikasih keterangan kalo itu harga diskon dan di sebelahnya ada tulisan diskon 50% dan ada harga Rp 198.000,- yang disilang atau dicoret. Dan ternyata diskon maupun normal harganya ya Rp 99.000,-
Quote:Original Posted By ipul9 ►
Ane ke supermarket cuman liat mbak2 yg jagain gan ooops
Quote:Original Posted By zaenudinzanno ►
ada lagi gan, beberapa supermarket menggunakan ukuran keramik yang kecil 20x20 cm ini dimaksudnkan agar pengunjung berjalan dengan cepat, mungkin cepat pulang bila selesai belanja.
Quote:Original Posted By taufikokta ►
semua tergantung duit gan. kalo banyak duit yg banyak juga belanjaannya. tapi kalo duit dikit pasti belanjaanya jg dikit.
Quote:Original Posted By adhamantiquera ►
Oya satu lagi gan ane pernah dikasih tau sama dosen ane.
Perhatiin kalo ke supermarket kenapa ubin lantainya kecil-kecil dan jaraknya agak renggang. Itu trik supaya orang yang belanja pake troli jalan lebih lambat. Kalo bawa trolinya kenceng2 ntar berisik roda troli tiap lewat batas antar ubin . Nah kalo jalannya lebih lambat orang jadi punya kesempatan lebih buat melihat produk2 di sekitar dan akhirnya beli ini beli itu yang gak penting. Pejwan gan
Pelakunya ikut Kasih Bocoran gan
Quote:Original Posted By latect ►
Halo gan,ane mau nambahin nih,kebetulan ane dept head di bagian sistem di salah satu retail terbesar di Indonesia.
1. Eye level: barang di taruh sesuai dengan tinggi badan orang Indonesia, tujuannya agar barang ke highlight dengan baik dan benar
2. TG/Top Gondola: Barang ditaruh disana adalah barang promo katalog atau memiliki diskon yang lumayan
3. PWP/Purchase With Purchase: pasti tau dong,kalian beli apa,bisa tebus hemat barang lain dengan harga lebih murah
4. Banded: sama aja buy x get x atau buy x get y,ya seru juga belanja kek gitu
Kami sebagai retail mengakui sistem FIFO memang dilakukan,tidak ada salahnya customer untuk mengecek barang yang dibelanjakan terlebih dahulu,segitu dulu dari ane,sebenarnya ada banyak sih tp ini untuk wawasan yg umum dulu aja..
jika berkenan page 1 ya
Quote:Original Posted By Janis2Atlantis ►
Mau nambahin gan..ane orang HO ritel juga gan.
Jadi idealnya adalah, semua pajangan atau display yg ada di gondola (rak pajangan) itu tidak melulu seperti itu, jadi bisa saja displaynya berubah walau tidak terlalu besar. Intinya ada review produk. Hasil dari review itu lah yang bisa menghasilkan tata letak brand/produk itu sendiri gan, jadi ga asal display, naaahh disitulah strateginya gan
Mantan Pekerja Supermarket gan
Quote:Original Posted By andry_cakep ►
Ada bener ada salah nya.
Begini untuk menarik orang belanja di supermarket itu trik banyak banget
1. Menaikkan traffic consumer datang ke toko
2. Meningkatkan basket size.
3. Loyality program
Penjelasan
1. Menaikkan traffic. Semakin banyak consumer yg datang maka semakin banyak uang yang masuk. Trik menaikkan traffic
A. Promosi koran untuk item yg very fast moving
B. Pembagian katalog produk.
C. Promosi lewat internet.
Item yg di promo kan bukan item yg ga laku. Tapi item yg sangat laku dengan harga yg rendah. Terkadang di bawah harga kulak. Kenapa bisa?
1. Supermarket mempunyai front margin dan back margin. Front margin adalah harga beli dikurangi harga jual. Back margin adalah uang yg didapatkan dr supplier.
Uang back margin: sewa gondola depan, sewa floor, sewa penempatan di eye level, listing fee new item, Uang distribusi barang.
2. Discount yg memang diberikan supplier dalam margin yg cukup tinggi. Di mana supplier disini memberikan diskon tinggi karena beberapa sebab: butuh Omset, saingan dengan competitor, ato ada festival kegiatan yg diselenggarakan pihak supermarket.
Contoh kegiatan: Baby fair. Popok, susu kasih disc lebih.
Saingan kompetitor, contoh: supplier kasih disc barang fast moving 10%, kemudian diminta in duit oleh supermarket bisa kurang lebih 200jt. Duit digunakan untuk masuk promosi koran, sewa gondola. Nah imbalan nya supplier nuntut supermarket mengambil jumlah yg banyak. Bs sekitar 300% dr average sales.
Nah boleh dong dengan diskon dan duit itu dibuat jualan minus margin. Apakah rugi? Tidak dong. Ketika Anda sudah masuk, masak sih cuman belanja barang diskon itu. Ga sadar anda akan ngambil barang lain yg ga diskon. Tentu aja profit yg tinggi.
2. Meningkatkan basket size.
A. Promosi pembelian kedua diskon 50%, padahal yg diskon nya total cuman 35% an.
B. Beli 2 gratis 1 dengan size yg lebih kecil. Itu juga diskon 20% an. Nah secara ga sadar agan cuman butuh satu dalam sebulan eh ini nytok
C. Pembelian 100rb dalam membeli item fast moving dengan harga super murah. Ini juga gan udah d set. Mereka kan tau average basket size belanja bilangan misal 80rb, di iming2i lah dengan hadiah. Nah agan akan belanja item item ga penting untuk kejar hadiah
3. Loyality program
Nah ini fungsi nya supaya consumer kembali kembali kembali lagi untuk belanja k supermarket tertentu
A. Program stamp. Dapat beli pisau murah.
B. Program kartu diskon. Agan secara ga sadar udah di data oleh supermarket, sehingga mereka bisa kirim promosi lewat sms, atau email. Agan akan terus datang ke supermarket krn tau ada promo padahal ya ga butuh butuh amat barang itu.
===============================
Oh ya untuk membuat laku toko, semua barang ya perlu diperhatikan juga penempatan barang nya.
Barang very fast moving di taruh di Gondola akhir atau belakang, gondola awal biasanya barang barang yg kurang laku tp high profit. Contoh: majalah, elektronik, baju fashion, mainan, plastik.
Mana pernah agan ngeliat penempatan mie instan, minyak goreng, detergent di gondola awal? Kan di taruh belakang sambil lewat nanti bisa ambil barang2 lain. Istilah keren di supermarket mengatur traffic flow.
Hmmm untuk eye level konsep dasar sih bener seperti agan bilang. Eye level untuk barang kurang laku, gondola bawah atau atas untuk barang yg laku.
Tapi yg terjadi bukan seperti itu.
Konsep penataan. Derajat nya ya yg dipertimbangkan dr awal k akhir
1. Siapa yg bisa bayar/sewa/kontrak akan dikasih tempat eye level
2. Item yg menyumbang profit lebih banyak ditaruh di eye level. Ngapain barang yg kasih profit sedikit dikasih tempat strategis?
3. Item yg bulky dan berat d taruh di shelving Paling bawah
Selain itu masih ada strategi lain gan dalam penataan gondola. Apa tuh
1. Gondola di bagi konsep by function atau. By price
Contoh.
Detergent. Consumer cenderung price sensitive. Harga murah yg dicari. Nah dibagi dulu kategori nya by function. Detergent mesin cuci, Detergent cuci tangan. Kemudian di turunkan menjadi Detergent liquid dan Detergent bubuk. Lantas penataan barang yg harga mahal di taruh di paling awal. Yg murah dicari orang dan pasti laku di taruh ke belakang.
Popok bayi. D bagi Popok premium dan standar, kemudian diturunkan lagi By merek nya. Tp agan sering ngeliat kan salah satu merek mam*pok* selalu di depan menguasai banyak. Ya iya lah dia menyumbang profit paling gede, dan memberi support sewa ke pihak supermarket.
Demikian dulu gan ilmu yg saya punya..
Selamat di bohong supermarket
Sumber: pengalaman kerja
Quote:Original Posted By sangiangdewata ►
bner kata agan. secara ane pernah kerja di tempat beginian selama 4 tahun. oia 1 lagi gan yang kurang untuk buah segar yang mau busuk biasanya tidak dibuang tapi dibikin salad buah terus dijual dalam kemasan. ikan juga yang mulai menjelang busuk biasanya di goreng terus dibikin dalam kemasan kemudian dijual lagi. jadi saran ane hati-hati kalau ngelihat buah atau ikan yang seperti ane bilang.
Agan yang Anarkis beud
Quote:Original Posted By ach777 ►
berbahagialah anak kos karena trik sample gx akan mempan terhadap kami,,
yg ada supermarket ny yg rugi krn kami2 anak kos ini yg bakal ngabisin tuh sample wkwkwkwk
Koment anak Management Penjualan
Quote:Original Posted By rokujuichi93 ►
pintu masuk, pintu masuk biasanya ditempatkan sebelah kanan karena psikologis kita pengennya jalan muterin rak barang ke arah kiri terus.
kasir tidak dibuka semuanya agar tetap ada antrean, dgn mengantre biasanya orang sambil nunggu antrean bakal keingta ada yg ketinggalan atau nyomot permen dan cemilan kecil lainnya yg biasa deket kasir
ada di mata kuliah manajemen penjualan
Para Korban gan
Quote:Original Posted By alvine777 ►
makanan manis dan mainan untuk anak-anak diletakkan di rak bawah, sehingga anak-anak bisa melihat dan mengambilnya dengan mudah..
page one klo berkenan
Quote:Original Posted By oxquid ►
masih ada trik2 lagi Gan,,contohnya trik kembalian permen, trik menawari pulsa, dsb
Quote:Original Posted By ChristmanToding ►
wah sangat bermanfaat gan..tambahan itu yg dinamakan strategi marketing. Dosen ane pernah bilang di MK analisa proses bisnis : salah satu strategi dalam marketing (selain yg agan sebutkan) adalah dengan menaruh permen, cokelat, snack, dll di dkat kasir karena kebanyakan pengunjung membawa pasangan entah itu pacar, suami istri, ato anak (ini yg paling ampuh ) jadi si anak ini akan mengambil makanan2 itu
Quote:Original Posted By Delta10 ►
Sama barang2 impulse buys di taro deket kasir Gan. Kyk permen dkk. Itu barang yg biasa kita beli bukan rencana beli. Tp pas kebetulan tunggu antrian, liat, kepengen beli. Kl di taro rak tersendiri justru jarang org ambil.
Quote:Original Posted By dizzka ►
Kalo beli 2 gratis 1 tuh trik ngabisin barang yg mao kadaluarsa yak
Quote:Original Posted By anank.lutfi ►
Harganya dibuat gak pas, misal Rp 4.999,00
Otomatis kalau kita bayar pakai uang cas pasti dihitung Rp 5000,00 kecuali pakai debit atau kredit
Quote:Original Posted By alexanderm ►
Kata bokap Ane, ketika suatu barang ada diskon atau promo (50% off, buy 2 get 1) nah biasanya harga produk itu udh dinaikan sedikit baru dipotong diskon atau promo lain, masalahnya kalau yang didiskon itu sembako dan diskonnya gede, bangkrut dong supermarkets nya
Pejwan gan jika berkenan
Quote:Original Posted By rizkycelps2 ►
tambah 1 vroo
harga yg tidak slalu bulat, sehingga terlihat lebih murah
exc :rp 2975 , rp.5990 , rp.8995 dan lainnya
Quote:Original Posted By cihuyaa ►
kalo ane yg first in, first out ... gk pernah ane lakuin. ane keseringan ngobok2 dlu, ambil paling belakang ... hahaha ..
en perihal sampel khusunya makanan, ya cobain aja. anggap aja gratisan, ganjelan keliling pas belanja bulanan.
Quote:Original Posted By doug.masters ►
ane kalo beli makanan selalu bongkar2 dulu ambil yg paling belakang
Quote:Original Posted By earphane ►
Ada lagi gan, trik di supermarket. Ada harga diskon gede-gedean tapi hanya menipu. Harga asli misal cuma Rp 99.000,- tapi dikasih keterangan kalo itu harga diskon dan di sebelahnya ada tulisan diskon 50% dan ada harga Rp 198.000,- yang disilang atau dicoret. Dan ternyata diskon maupun normal harganya ya Rp 99.000,-
Quote:Original Posted By ipul9 ►
Ane ke supermarket cuman liat mbak2 yg jagain gan ooops
Quote:Original Posted By zaenudinzanno ►
ada lagi gan, beberapa supermarket menggunakan ukuran keramik yang kecil 20x20 cm ini dimaksudnkan agar pengunjung berjalan dengan cepat, mungkin cepat pulang bila selesai belanja.
Quote:Original Posted By taufikokta ►
semua tergantung duit gan. kalo banyak duit yg banyak juga belanjaannya. tapi kalo duit dikit pasti belanjaanya jg dikit.
Quote:Original Posted By adhamantiquera ►
Oya satu lagi gan ane pernah dikasih tau sama dosen ane.
Perhatiin kalo ke supermarket kenapa ubin lantainya kecil-kecil dan jaraknya agak renggang. Itu trik supaya orang yang belanja pake troli jalan lebih lambat. Kalo bawa trolinya kenceng2 ntar berisik roda troli tiap lewat batas antar ubin . Nah kalo jalannya lebih lambat orang jadi punya kesempatan lebih buat melihat produk2 di sekitar dan akhirnya beli ini beli itu yang gak penting. Pejwan gan
Pelakunya ikut Kasih Bocoran gan
Quote:Original Posted By latect ►
Halo gan,ane mau nambahin nih,kebetulan ane dept head di bagian sistem di salah satu retail terbesar di Indonesia.
1. Eye level: barang di taruh sesuai dengan tinggi badan orang Indonesia, tujuannya agar barang ke highlight dengan baik dan benar
2. TG/Top Gondola: Barang ditaruh disana adalah barang promo katalog atau memiliki diskon yang lumayan
3. PWP/Purchase With Purchase: pasti tau dong,kalian beli apa,bisa tebus hemat barang lain dengan harga lebih murah
4. Banded: sama aja buy x get x atau buy x get y,ya seru juga belanja kek gitu
Kami sebagai retail mengakui sistem FIFO memang dilakukan,tidak ada salahnya customer untuk mengecek barang yang dibelanjakan terlebih dahulu,segitu dulu dari ane,sebenarnya ada banyak sih tp ini untuk wawasan yg umum dulu aja..
jika berkenan page 1 ya
Quote:Original Posted By Janis2Atlantis ►
Mau nambahin gan..ane orang HO ritel juga gan.
Jadi idealnya adalah, semua pajangan atau display yg ada di gondola (rak pajangan) itu tidak melulu seperti itu, jadi bisa saja displaynya berubah walau tidak terlalu besar. Intinya ada review produk. Hasil dari review itu lah yang bisa menghasilkan tata letak brand/produk itu sendiri gan, jadi ga asal display, naaahh disitulah strateginya gan
ane ke supermarket cuman beli rokok aja gan
Diskon ganda kok gk ada yah padahal paling sering tuh menjebak konsumen
Ane ke supermarket hanya menemani saja gan
waw
pake ilmu ringan tangan aja gan
gratis tuh
wakak
pake ilmu ringan tangan aja gan
gratis tuh
wakak
kemeja ketat, rok pendek n rambut dikuncir ganss
Yang masuk pertama yang dikeluarkan pertama mau ane perhatikan deh trik buat menghindari kadaluwarsa, Untuk troly memang bs bikin konsumen membeli lebih banyak barang krn selain mudah bawanya juga mgkn malu klu dilihat org cuma sedikit isinya. Makin pintar ajah Supermarket pake trick"an yak gan.
Quote:Original Posted By designbyson ►
kemeja ketat, rok pendek n rambut dikuncir ganss
WKKWKW,,,klo ke emak2 juru itu ga mempan gan
kemeja ketat, rok pendek n rambut dikuncir ganss
WKKWKW,,,klo ke emak2 juru itu ga mempan gan
mending belanja ke pasar tradisional gan
eh ternyata begono
Ga begono jg sih gan,,,kadang begini
tergantung pelakunya
tergantung pelakunya
yang pasti ada promo dan diskon
Quote:Original Posted By dediputra182 ►
Ga begono jg sih gan,,,kadang begini
tergantung pelakunya
kadang juga begene
Ga begono jg sih gan,,,kadang begini
tergantung pelakunya
kadang juga begene
wkwkwkw,,,duit harus dihemat gan kalau bisa ditabung jg
kalo ane ke supermarket bawa daftar belanjaan jadi gk tll pengaruh..
Quote:Original Posted By designbyson ►
kemeja ketat, rok pendek n rambut dikuncir ganss
ini apaan gan..
kemeja ketat, rok pendek n rambut dikuncir ganss
ini apaan gan..
Quote:Original Posted By rashlastore ►
ini apaan gan..
yg dia maksud SPG nya gan,,,biasanya pakaiaanya gitu biar konsumen yg bapak2 tertarik
ini apaan gan..
yg dia maksud SPG nya gan,,,biasanya pakaiaanya gitu biar konsumen yg bapak2 tertarik
diskon gan, kalo ada diskon hawanya pasti belanja banyak, padahal biasanya harganya dinaikkan dulu baru dikasi diskon, setelah di kurangin diskon-annya sama aja kayak harga normal (paling juga kurang dikit doank) meskipun begitu tetep aja banyak yg beli termasuk ane
Quote:Original Posted By dediputra182 ►
yg dia maksud SPG nya gan,,,biasanya pakaiaanya gitu biar konsumen yg bapak2 tertarik
kalo bapak2 mah nanya2 tp bukan produk yg dipikiran.. ups..
Via: Kaskus.co.id
yg dia maksud SPG nya gan,,,biasanya pakaiaanya gitu biar konsumen yg bapak2 tertarik
kalo bapak2 mah nanya2 tp bukan produk yg dipikiran.. ups..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar