Pages


Jumat, 14 Agustus 2015

Radiasi Nuklir yang Justru Membantu Hidup Manusia



Quote:HOT THREAD 13-08-2015
HT#12 ane setelah Thread sebelumnya HT pagi hari disusul Thread ini HT malam harinya
Terimakasih Mimin, Momod, All Officer KASKUS dan Kaskuser Sejagad Indonesia
yang bantu rate dan komen yang bermanfaat


Spoiler for Check HT:

Serta Thanks juga buat agan - agan yang udah kasih TS cendol dan abu gosok
Spoiler for Cendol:

7 Radiasi Nuklir yang Justru Membantu Hidup Manusia

Spoiler for No Repost:
Repost not detected
Maaf gan kalo ternyata


INTRO
Quote:Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam Agan semua dimanapun agan berada, semoga sehat sentosa bahagia dunia dan akhirat, aamiin. Sebelum kebawah alangkah baiknya kalo di dan dulu biar ga ada salah paham diantara kita

LANGSUNG KE TKP
Quote:Kita semua tahu jika radiasi nuklir sangat berbahaya bagi manusia. Jika radiasi bocor, manusia bisa mengalami sakit parah hingga menyebabkan kematian bagi dirinya. Kejadian mengerikan ini pernah terjadi di Chernobyl berpuluh tahun lalu. Penggunaan nuklir selalu diperdebatkan, bahkan diatur oleh sebuah lembaga Internasional. Karena dikhawatirkan nuklir akan disalahgunakan untuk membuat senjata mengerikan yang mampu mengancam umat manusia. (Seperti kejadian Hiroshima dan Nagasaki!)

Meski berbahaya, ternyata nuklir juga banyak manfaatnya bagi manusia. Bahkan hadir dalam bentuk yang lebih sederhana, tanpa takut terkena radiasinya. Berikut tujuh radiasi nuklir yang justru membantu hidup manusia!


Quote:1. Alat Pendeteksi Logam Pada Makanan
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Sebuah pabrik makanan dan minuman besar selalu memiliki alat untuk mendeteksi logam. Fungsi alat ini seperti X-ray yang mampu mendeteksi partikel tak organik dalam makanan atau minuman. Alat ini adalah bentuk lain penggunaan radiasi nuklir yang tak lagi berbahaya bagi manusia. Meski memancarkan radiasi, kadar yang keluar dan mengenai makanan masih dalam batas wajar dan perlahan akan hilang sendiri saat dilakukan pendistribusian.
X-Ray terpasang dan dijalankan menggunakan sebuah software khusus. Sekecil apa pun logam yang ada di dalam makanan akan terdeteksi. Itulah mengapa X-ray wajib ada sebagai standar pabrik makanan dan minuman. Anda tidak tidak perlu merasa takut jika akan mengkonsumsi makanan yang telah mengalami uji mutu seperti ini. Karena yang berbahaya jika makanan yang anda makan justru kemasukan logam dan ikut masuk di dalam tubuh.



Quote:2. Membuat Batu Berharga
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Tahukah anda jika tak semua batu berharga yang ada di luar sana semuanya alami. Batu yang dijual dengan harga sangat fantastis bisa dibuat dengan teknik khusus hingga menghasilkan warna yang indah. Teknik yang digunakan adalah pemberian radiasi pada batu dan membuat struktur kimianya menjadi berubah. Dampaknya, batu menjadi lebih bercahaya dan warnanya berganti, dari muda ke tua.
Metode ini digunakan untuk membuat sebuah batu Topas. Batu yang awalnya hanya berupa kristal tak berwarna disinari radiasi nuklir selama beberapa saat. Batu yang awalnya putih bening lambat laun menjadi biru laut. Warna yang indah ini akan membuat hara batu jadi melambung sangat tinggi. Bahkan bisa mencapai jutaan dolar!



Quote:3. Kontrol Kualitas Untuk Es Krim
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Hampir seluruh orang di seluruh dunia menyukai namanya es krim. Tua-muda, pria-wanita akan menyantap es krim yang disajikan di depannya. Es krim menjadi idaman banyak orang karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga nikmat. Rasa susu berbalut coklat atau buah-buahan akan membuat anda selalu ketagihan dalam memakannya. Bahkan akan berhenti jika sudah merasa pilek.
Tapi, hey tahukah anda jika kontrol kualitas untuk es krim dilakukan menggunakan alat berisi radiasi nuklir. Nahlo! Kapok! Nggak, tenang saja, radiasi untuk es krim ini tidak berbahaya kok. Bahkan akan membuat es krim anda jadi lebih yummy! Ya, radiasi ini akan mengetahui tekstur es krikm, bagaimana kekentalan bahan dan komponen lainnya. Dengan begitu kualitas dari es krim bisa terjaga dengan baik.



Quote:4. Membuat Produk Mutasi Genetik
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Banyak sekali makanan yang anda makan sebenarnya telah dimutasi secara genetik. Sebut saja apel, sayuran, beras, hingga daging. Bahan makanan ini telah mengalami pengembangan secara genetik agar memiliki kualitas yang sangat baik. Selain itu, dengan dimutasi secara genetik, sebuah tanaman bisa menghasilkan produk lebih banyak.
Produk-produk mutasi genetika dibuat dengan meradiasi bibit atau memberikan suntikan pada hewan. Setelah mengalami uji selama beberapa tahun baru produk seperti ini bisa dirilis di publik. Produk dengan genetik telah dimutasi ini aman bagi kesehatan. Meski demikian, beberapa orang lebih memilih mengkonsumsi produk alami, tanpa ada campur tangan radiasi nuklir. Produk yang dimutasi genetiknya dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan.



Quote:5. Mendeteksi Adanya Kebakaran dan Mati Lampu
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Satu hal yang mungkin belum anda tahu sebelumnya. Sebuah radiasi dapat digunakan untuk detektor kebakaran atau asap. Yaph! Alat pendeteksi kebakaran yang terhubung pada sensor pemancar air sebenarnya menggunakan radiasi dari nuklir berupa americium-241. Radiasi ini sangat sensitif dengan asap sehingga begitu partikel dari asap mengenai lingkaran radiasi, seketika itu pula alarm akan berbunyi.
Satu lagi sensor yang bisa dilakukan oleh radiasi kimia. Saat terjadi mati lampu dadakan radiasi yang terbuat dari gas tritium akan langsung memendarkan cahaya. Cahaya ini akan menunjukkan arah keluar bagi anda yang kebingungan mencari tempat keluar. Gas tritium akan merespons keadaan gelap di sekitarnya secara langsung. Ya, mungkin prinsipnya sama seperti fosfor!



Quote:6. Melacak Keanehan Dalam Tubuh Manusia
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Radiasi ternyata dapat digunakan juga untuk mendeteksi keanehan dalam tubuh manusia. Dengan menyuntikkan zat radioaktif pada manusia, dokter bisa melihat apa saja yang ada di dalam tubuh. Metode ini kerap digunakan oleh dokter untuk melihat keadaan jantung dan penyumbatan-penyumbatan darah. Dengan mengetahui ini maka operasi dapat dilakukan dengan efisien karena tahu bagian mana saja yang harus diberi perlakuan.
Zat yang digunakan dalam metode ini bernama Technetium-99. Saat disuntikkan ke dalam tubuh manusia, zat ini akan mengalir bersama darah. Dokter akan memonitor technetium-99 menggunakan layar. Selama seminggu, pasien akan diamati hingga benar-benar disimpulkan bagian mana saja yang aneh dan butuh perawatan. Technetium-99 bekerja seperti kamera kecil dalam aliran dara manusia. Hebat!



Quote:7. Mengurangi Rasa Sakit
Spoiler for Click:
Spoiler for klik:
Kita kerap mendengar beberapa obat mampu membuat rasa sakit yang ada di dalam tubuh perlahan hilang. Misal saat kita sakit gigi atau pusing yang berlebih. Rasa itu dapat disembuhkan oleh obat dengan kandungan pain killer! Namun untuk beberapa penyakit besar seperti kanker, rasa sakit tak akan sembuh dengan mengkonsumsi obat yang dibeli di apotek atau sesuai resep dokter umum.
Untuk itu hadirlah sebuah metode baru dalam dunia pengobatan bernama palliative radiation. Pasien yang mengalami rasa sakit tak tertahankan akan diberi cairan radioaktif mirip infus. Zat yang tekandung di dalam infus ini akan membuat penderita perlahan-lahan tak merasakan sakit lagi. Terapi ini ternyata juga berfungsi mirip kemoterapi yang mampu membunuh sel kanker secara perlahan-lahan!



Quote:Penutup
Spoiler for Click:
So, meski dikenal sangat berbahaya bagi manusia, ternyata nuklir banyak manfaatnya. Bahkan bisa digunakan dalam skala besar seperti dalam bidang kesehatan dan makan. Tapi penggunaan diharapkan tetap hati-hati karena kesalahan sedikit apa pun bisa mengubah segalanya!
Masih ada manfaatnya yang lain gan? share dimari
Kaskuser yang bijak selalu meninggalkan jejak dengan berkomengtar


Quote:Ee.. kalo Boleh..
Spoiler for Click:

Boleh dong TS dikasih dan nya, tapi TS sangat menolak karena sakit kalo ditimpuk gituan


Quote: MAMPIR JUGA KE THREAD ANE YANG LAIN GAN
Spoiler for Cekidot:

TERIMAKASIH
Spoiler for Sumur:



Kata kaskuser yang kuliah dibidang Nuklir
Quote:Original Posted By elislam
Atom itu bagian terkecil dari suatu materi(tpi ada lgi yg paling kecil dari atom),sedangkan nuklir itu inti atom dan radiasi adalah salah satu hasil reaksi nuklir.nuklir dah dari dlu dgunain u/ hal2x manfaat cman yg dmunculin media yg negatif(konspirasi politik).silahkan bagi agan2x yg mau tau info lebih lanjut bsa mampir ke www.batan.go.id
Berhubung Ane kuliah d bid.nuklir gan

komentar para kaskuser
Quote:Original Posted By Maleeqh
Ane dulu pernah post kalau nuklir itu ada manfaatnya malah ditentang, bahaya bocorlah, bahaya inilah, bahaya itulah.

Come on, jaman udah canggih bro

Ane doain HT deh ini thread biar masyarakat kita tau manfaat nuklir, bukan cuma bahayanya aja

selain make nuklir juga bisa kan gan make cara laen
radiasinya aja banyak manfaatnya ya gan..
apalagi nuklirnya
ternyata es krim juga pake radiasi nuklir toh..baru tau ane
Quote:Original Posted By ularpiton
radiasinya aja banyak manfaatnya ya gan..
apalagi nuklirnya


iya gan, namun dengan prosedur yang tepat menurut ahlinya
baru tau ane gan..ternyata selain efek berbahayanya, dengan teknik yg benar, malah jadi bermanfaat ya
Quote:Original Posted By a.e.r.o.46
ternyata es krim juga pake radiasi nuklir toh..baru tau ane


iya gan,sekarang jamannya merubah yg tak mungkin menjadi kenyataan dan ini salah satunya
semua akan ada manfaatnya kok kalau tidak disalahgunakan
wah kalau radiasi menyebar apa ga bahaya itu gan
Quote:Original Posted By dennissuryana
wah kalau radiasi menyebar apa ga bahaya itu gan


tenang gan, ini bukan radiasi nuklir spt di film godzilla 2014 itu lo.. jadi dengan penggunaan yang tepat dan tidak menyalahi aturan
Menurut lu ? Menurut gw Gak
bisa melacak tubuh manusia juga ya kalo pemanfaatannya bener, hebat
kalau digunakan secara tepat dan benar emang bener gan, tapi kalo disalah gunain tetep mengerikan aja dah yg namanya radiasi
Masa membantu sih?
Ini baru trit bermanfaat, dan ane baru tau kalo yg radiasi dri tritium bisa buat tulisan itu berpendar gan. Cuman kayaknya lebih banyak pake fosfor deh
wah baru ngeh ternyata alat metal scanner itu pake radiasi nuklir .tapi ada juga sebagian orang menggunakan nuklir buat senjata
ah yang boneng gan?setau ane cuma merugikan doang ..
keren teknologi jaman skarang yah, yang berbahaya diubah menjadi manfaat buat berbagai keperluan
Zaman makin lama makin canggih ya gan\ /
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar