Pages


Rabu, 05 Agustus 2015

Bila para Superhero Tokusatsu di buat Film berkwalitas ala Hollywood

Quote:PEMBERITAHUAN
Trit ini hanyalah sebuah ide, pemikiran atau gagasan dari TS.
TS hanya mencoba menuangkan ide dalam bentuk tulisan dan concept art.
sebuah ide dan gagasan kadang dapat di terima ataupun ditolak, namun ide dan gagasan tersebut tidak akan di ketahui hasilnya bila tidak diperlihatkan, dan tiap-tiap orang pun akan menilainya berdasarkan kemampuannya masing-masing, berdasarkan apa yang dia kuasai dan dia pahami.

TS mencoba mengajak agan-agan semua untuk berandai-andai dan mencoba berfikir Out OF the box, bagaimana bila tokusatsu dibuat dengan level yang berbeda (adaptasi ala hollywood). walaupun pada kenyataannya hal tersebut sulit untuk diwujudkan.

namun bagaimana bila tokusatsu dibuat versi film oleh sineas Hollywood, atau bila masih memepertimbangkan ciri khas dan pakem tokusatsu, cukup dibuat oleh sineas jepang dengan citarasa hollywood.
contohnya beberapa film adaptasi manga seperti : Rurouni Kenshin, Wild7, dan Black Butler yang di distribusi oleh perusahaan film hollywood yaitu warner bross.
silahkan agan-agan menonton dulu terlebih dahulu contoh ketiga film tersebut, dan kembali berfikir.......! apakah tokusatsu juga bisa...?



Spoiler for Kata Pengantar:
Kata Pengantar
Mengadaptasi tokusatsu menjadi sebuah film dengan level yang berbeda ala hollywood bukan berarti merubah pakem yang sudah menjadi ciri khas dari tokusatsu itu sendiri.
itu hanyalah sebuah langkah untuk mencoba berfikir out Of the Box, sehingga lebih menantang dan dapat diterima oleh semua kalangan, Karena tidak dipungkiri evolusi tokusatsupun sudah mengalami beberapa perubahan dari segi konsep, kostum, dan Henshin, bahkan kadang keluar dari Pakem yang berlaku.
bila film Godzila yang notabane adalah merupakan bagian dari tokusatsu dapat dibuat film live Action versi Hollywood, bagaimana dengan tokusatsu yang lainnya?
bahkan sang Sutradara "Pacific Rim" guillermo del toro adalah merupakan penggemar tokusatsu juga. dia bahkan familiar dengan semua Monster-Monster dari serial Ultraman :
http://www.videogamesindonesia.com/n...-akihabara.php
ide dan kegemaran itulah yang dia tuangkan dalam Film Pasific Rim, dan mendapat apresiasi yang sangat baik dari para Otaku maupun kreator manga dan toku.

.


Bagaimana bila kamen Kider, Super Sentai, Ultraman, Zaborgar dan Metal Hero dibuat film serius dengan mepertimbangkan aspek realistis ala Hollywood seperti transformer, G.I. Joe, Batman, ironman atau pacific Rim?

perlu ane tegasin dsni..., ini hanya pengandaian, ane Cuma berandai-andai,apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya bila tokusatsu di buat versi movie dengan gaya holliwood....!
perihal film yang dibandingkan seperti Transformers, G.I. Joe ataupun Iron man, mungkin beberapa berpendapat bahwa film tersebut pun dari segi cerita sangat tidak berkwalitas, anepun sama.
namun dari segi Visualisai dan design nya perlu di acungi jempol, apresiasi yang pantas adalah buat para animator dan design grafisnya...! not for the director....

Pengandaian adalah sebuah imajinasi...! Gaya, cara, selera serta kapasitas dan kwalitas dari imajinasi tiap orang berbeda-beda.
Imajinasi dan pemikiran itu ane tuangkan dalam bentuk trit dan coretan grafis.
Perbandingan yang ane buat memanglah tidak sepadan, tapi itulah intinya sehingga kita bisa berandai dan berimajinasi

intinya seperti ini :
Bagaimana bila Super sentai di sutradarai oleh guillermo del toro, atau Kamen rider disutradarai oleh Christopher Nolan ?
Apakah dia akan tetap membuatnya dengan kostum dan gaya henshin seperti serialnya...?



Atau bagaimana bila para animator dari transformers yang di dapuk untuk membuat design robot mecha dan robot zaborgar?



Bila Serial Tokusatsu di buat lebih realistis

ilustrasi

bila Anime/manga dan komik amerika sudah dibuat versi Movie yang serius
Bagaimana dengan nasib Super hero tokusatsu?

Super hero jepang versi movie pun sudah sering dibuat, Bahkan beberapa Film Super hero tokusatsu dibuat dengan pendalaman cerita yang lebih kompleks dan rumit bahkan dibumbui dengan unsur drama.

namun hal tersebut tidak di barengi dengan kesan realistis dan pendekatan ilmiah, baik pada kostum, gaya henshin, maupun konsep ceritanya sehingga bagi pandangan masyarakat awam tetap saja super hero tokusatsu hanya untuk anak-anak.
Spoiler for Tokusatsu Movie:

Bahkan Serial superhero jepang ini hampir tidak pernah di lirik oleh sineas Hollywood untuk diadaptasi menjadi sebuah film berkwalitas,

Mungkin hanya adaptasi Super sentai yaitu Power Ranger (juga merupakan adaptasi serialnya) yang dibuat versi Filmnya ditahun 90an, namun tetap saja tidak ubahnya seperti serialnya yang diperuntukkan bagi anak-anak (bukan untuk jenis film serius berkwalitas)
Spoiler for Power Ranger Movie 90:

Kabar gembiranya, saat ini pun Lionsgate (studio di balik film Twilight, Divergent & Hunger Games) akan membuat ulang salah Film Power Ranger .
Lionsgate bahkan menjamin kalau proyek yang dikerjakannya ini bakal membawanya ke level yang berbeda. Jauh dari film maupun serial televisinya yang pernah ada.
hal tersebut mengindikasikan bahwa Power Ranger akan dibuat dengan lebih realistis, baik dari cerita, visualisasi maupun atmosfirnya.
semoga saja adaptasi Power Ranger ini bisa menjadi pionir bagi terciptca film tokusatsu yang lebih baik.
berikut ini bocoran Concept artnya :
Spoiler for new Power Ranger Movie:


Hanya film tokusatsu yang bukan dari dunia superhero yaitu Godzilla sajalah yang telah diadaptasi ke film hollywood berkwalitas, Godzila masih dapat di terima di kalangan hollywood karena konsep ceritanya yang lebih dewasa.
Spoiler for Godzilla 2014:


Apa yang membuat Superhero Tokusatsu sulit untuk di adaptasi menjadi film berkwalitas?

Hal paling mendasar mengapa Super Hero tokusatsu tidak pernah dijadikan film berkualitas adalah karena memang super hero tokusatsu diperuntukkan hanya bagi anak-anak maupun para pecintanya yang tidak terlalu mempermasalahkan segi kwalitasnya, baik itu pada special effectnya, desain kostum maupun jalan ceritanya. pemasarannya pun sangat terbatas hanya untuk para penggemarnya sehingga tidak perlu mempertimbangkan kualitas cerita dan special effect yang digunakan dan budget yang besar dalam pembuatannya.

Bagaimanakah bila Super hero Tokusatsu dijadikan film berkwalitas ala hollywood?

Bagaimana bila Ultraman, Kamen Rider, Super Sentai ataupun Metal hero dibuat filmnya yang lebih serius dengan sentuhan realistic dan pendekatan sains sekelas film Hollywood seperti transformers, Pacific Rim, GI Joe ataupun Iron Man?
Atau mungkin diadaptasi menjadi film berkwalitas versi Hollywood?
Kayaknya masih mustahil.

Sebenarnya bagi sineas Hollywood, there is no imposible to make a movie, Budget bukanlah Kendala buat mereka, Spesial effect yang canggih adalah hal yang biasa, yang jadi masalah adalah, apakah film tersebut bisa laku?

Para superhero Jepangpun sebenarnya sudah sangat populer di Dunia, hal tersebut sebenarnya bisa menjadi pertimbangan bila film ini di adaptasi ke layar lebar.

untuk mengadaptasi Super hero jepang ini kedalam film live action yang berkualitas, tak perlulah menggunakan para sineas Hollywood. Mungkin perlu belajar dari Film adaptasi Anime/jepang “ Rurouni kenshin (2012)” yang bisa dibilang adalah contoh sempurna sebuah adaptasi live action anime/manga.
Spoiler for Ruuronin Kenshin:




Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bila tokusatsu di jadikan film berkwalitas

A. Konsep Cerita
Spoiler for Koncept:

Berbicara tentang konsep cerita berkaitan dengan asal mula para super hero serta sumber kekuatan yang di peroleh, Konsep cerita hampir semua tokusatsu tidak berbeda jauh dari konsep cerita Komik amerika atau anime/manga. Seperti Alien, sains fiksi, supranatural, Cyborg, metafisika, mytologi, teknologi masa depan, mistis dan lain-lain.
Namun hampir semua super hero tokusatsu tidak mempunyai pertimbangan dari sisi realistis maupun pendekatan ilmiah, bahkan terkesan nyeleneh.
contohnya :
Kamen rider
Semua Kamen Rider era Showa maupun heisei mempunyai sumber kekuatan yang berbeda-beda, ada yang bersumber dari Cyborg, setengah alien, mutant, artefak kuno, dimensi lain, mahluk supranatural dan banyak lagi.
tiap seri ada yang terikat dan ada yang berdiri sendiri
Bagaimana membuat konsep Kamen Rider terlihat lebih masuk akal?
Mungkin konsep yang digunakan adalah sumber kekuatan mereka berasal dari suatu artefak kuno yang berasal dari luar angkasa (mungkin dari kingstone milik Kamen rider Black) yang mempunyai kekuatan merubah bentuk suatu benda (seperti all sparks di transformers), sehingga semua kekuatan para kamen rider besumber dari benda yang sama namun dengan implementasi yang berbeda seperti experiment, radiasi ataupun mutasi.
konsep seperti ini juga diterapkan di komik marvel seperti penggunaan benda angkasa adamantium pada wolverine, perisainya Captain Amerika, lengan robot Dr. octopus dan beberapa tokoh komik marvel lainnya sehingga secara tidak langsung para tokoh komik marvel saling terkoneksi.
Super Sentai
Dari semua tokusatsu, super sentailah yang menurut saya paling tidak masuk akal dan nyeleneh. konsepnya bercerita tentang sekelompok pasukan berjumlah 3, 5 atau lebih orang yang dapat berubah, serta memiliki kendaraan raksasa yang entah datang dari mana, berkelahi melawan monster yang bila mati menjadi raksasa besar seukuran gedung bertingkat. Sumber kekuatan para super sentainyapun tak terdefinisikan dengan logis, ada yang dari luar angkasa, teknologi manusia atau dari kekuatan magis.Bila di buat film super sentai yang terlihat lebih masuk akal, mungkin cukup dibuat 1 konsep cerita (seperti pacific Rim) yaitu Para super sentai adalah merupakan sekelompok pasukan yang direkrut oleh sebuah organisasi rahasia yang bekerja sama dengan mahluk luar angkasa untuk menjaga perdamaian dunia (seperti konsep Man in Black), Karena menggunakan teknologi alien maka mereka mempunyai peralatan yang super canggih, kostum yang mereka gunakan menggunakan tekhnologi teleportasi (seperti star trek), dan robot mechanya adalah robot dengan teknologi alien (seperti transformers)

Untuk beberapa super hero tokusatsu yang lain seperti ultraman ataupun metal hero, konsepnya cukuplah masuk akal, ultraman adalah mahluk luar angkasa yang sebelumnya pernah datang kebumi dan kembali lagi ke bumi untuk melawan kejahatan (mirip konsep film transformers), sedang untuk metal hero adalah pasukan khusus dengan kostum baja serbaguna yang bertugas menjaga perdamaian dunia, ada yang berasal dari luar angkasa (seperti konsep film guardian of the galaxy) dan ada juga yangbersumber dari teknologi (seperti konsep iron man dan robocop)


B. Kostum dan robot
Spoiler for Costum & Robot:

Semua Kostum para tokusatsu terlihat kekanak-kanakan, super sentai dengan kostum bak pesenam aerobic dengan aksesoris helm, ultraman dengan pakaian yang lebih mirip pakaian para penyelam, bahkan para kamen rider era sekarang yang tak ubahnya seperti mainan anak-anak.

Tidak ada Evolusi kostum yang menjadikan superhero jepang bisa terlihat lebih dewasa, beberapa serial superhero tokusatsu mencoba mengadaptasi serial lama menjadi sebuah film, namun evolusi kostumnya seolah-olah tidak ada perubahan. Berikut beberapa contoh remake serial lama tokusatsu ke versi movie :


Berbeda dengan film keluaran Hollywood yang dari segi kostum selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman.


Kayaknya para pembuat tokusatsu perlu belajar dari kostum-kostum film Hollywood yang sudah ada yang terlihat lebih keren dan realistic


dan mungkin yang paling mendekati adalah desain Kostum Antman yang sedikit mirip dengan costum kamen rider

Berbagai macam desain kostum sebenarnya bisa menjadi referefsi untuk mengevolusi kostum para super hero tokusatsu, seperti ilustrasi
gambar dibawah ini yang di ambil dari kostum film-film Hollywood.




Bahkan bentuk mainan SIC pun lebih terlihat realalistik di banding versi aslinya, seperti para kamen rider berikut , beberapa pun di buat menyerupai alien sehingga memberi kesan yang lebih real.


Untuk Ultraman, agar lebih terlihat realistic, kostum ala pakaian selamnya pun perlu dirubah, contoh yang diambil di adaptasi dari kostum di serial serial manganya:

Hal yang sama juga pada Design Robot mecha dan kendaraan tempurnya yang terlihat ketinggalan jaman. Robot-robot di Super sentai tidak ubahnya seperti mainan anak-anak yang terbuat dari karton dan dilapisi oleh cat warna-warni.

Coba bandingkan perbedaan antara robot mecha tokusatsu dengan robot versi amerika


Bahkan mainan transformer (arcee V.01) yang berbentuk Robot lebih terlihat realistic dibanding Zaborgar, seharusnya ketika membuat remake movienya, konsep robotnya bisa seperti ini.



C. Henshin
Spoiler for HENSHIN:

Hensin atau cara bertransformasi, Salah satu ciri khas dari tokusatsu adalah transformasi diri, seolah-olah hal tersebut menjadi kewajiban bagi semua tokoh superhero tokusatsu yang berkostum. Ultraman, kamen rider, metal hero, super sentai, Apapun jenisnya baik itu manusia, monster, cyborg, alien, robot, iblis, mutant pasti punya cri khas ketika menggunakan kostum mereka. Dengan menggunakan berbagai formasi, menekan tombol lalu mengatakan sesuatu dan jeng..jeng……! jadilah mereka pahlawan super.

Namun faktor inilah yang mungkin sulit untuk di hilangkan, namun tetap bisa dibuat dengan sentuhan yang lebih realistik terutamna dari segi visualisasinya.


Gavan

kamen rider

kamen rider black

Supwer sentai

ultraman

winspector

Hal tersebut bagi anak-anak terlihatlah sangat keren, tapi bagaimana dengan pemikiran orang dewasa, mungkin akan timbul pertanyaan, dari mana datangnya kostum mereka? Teknologi apa yang mereka gunakan? Untuk bertransformasi kok lama amat ya?

Mungkin hanya kamen rider era heisei saja yang punya gaya transformasi yang mengikuti perkembangan zaman tetapi masih terlihat aneh karena tetap menggunakan pose dan aktivasinya terasa aneh karena menggunakan kartu, HP bahkan USB.

bila di adaptasi ke jenis film yang lebih serius, mungkin unsur ini akan dihilangkan ataupun disesuaikan dengan jenis mahluknya dan mungkin dengan pendekatan sains.
namaun gaya heisei itu udah jadi ciri khas, bila dihilangkan akan sangat sulit, cukup dibuat dengan visualisasi yang lebih real

Seperti contoh film beberapa film Hollywood di bawah ini :

green lantern

iron man

Mistique

terminator T-100

desepticon


TOKUSATSU memang punya ciri khas sendiri, tetapi berfikir beda itu mungkin bisa membuat sebuah perubahan kan....?

Sumber:
http://freakmagination.blogspot.com/2014/02/bila-para-superhero-tokusatsu-di-buat.html

Monggo di baca artikel menarik lainnya dari ane :
Quote:
Begini Seharusnya Film Dragon Ball

Analisa Kubah terbang yang menggemparkan

Mengapa anime/manga sangat sulit di adaptasi ke film live action versi holywood?

Anime/manga yang pantas dibuat film Live action (ataupun versi Hollywood)

TMNT [2014]-Konsep desain Kura-Kura Ninja Terburuk yang pernah dibuat

1. kamen rider the first & the next
2. garo
3. kikaider reboot

tokusatsu ya tokusatsu gak usah ikut2an kayak holiwud juga lah bro

Quote:Original Posted By iputuagusdx
1. kamen rider the first & the next
2. garo
3. kikaider reboot

tokusatsu ya tokusatsu gak usah ikut2an kayak holiwud juga lah bro



betul sekali, jangan pernah samakan toku sama holi
toku ya toku holi ya holi, masing" punya alam sendiri
kalo lo ngaku otaku toku ato paling enggak pecinta toku
baca trit ini seakan akan para fans berharap tokusatsu dibikin film nya secara ber-KUALITAS sama sineas Hollywood. LOL

btw, Transformer itu berKUALITAS ya? hahaha, now all about CGI
Quote:Original Posted By iputuagusdx
1. kamen rider the first & the next
2. garo
3. kikaider reboot

tokusatsu ya tokusatsu gak usah ikut2an kayak holiwud juga lah bro



ala hollywood kan ga mesti di buat versi hollywood bro.
maksud ane dibuat lebih realistis gitu bro....! namun ciri khas tokusatsupun tetap di pertahankan.
sedikit berfikir out of the box gitu gan

sapa bilang Tokusatsu Japan cuman ditujukan buat anak2

pada taukan kalo Tokusatsu gunanya bukan cuman ngisi acara disana, tapi juga dibuat ladang usaha seperti penjualan DX, SHF dsb.

trus, pasti anda tau. kalo DX, SHF dsb itu harganya lumayan mahal buat anak - anak. Jadi, kemungkinan kecil anak beli mainan yang notabenenya cuman ngeluarin suara & nyala lampunya. Kalo begitu terus, kemungkinan usah mereka akan bangkrut. Jadi mereka harus putar otak agar uang mengalir terus.
Lalu mereka menargetkan Tokusatsu sendiri untuk fans yang lumayan dah besar. Kalo fans dewasa kan kemungkinan dah bisa kerja sendiri & dah lumayan bisalah beli DX SHF dsb. Alhasil mereka membuat alur cerita Tokusatsu semenarik & semasuk akal mungkin agar fans dewasa tertarik
Intinya, Tokusatsu bukan cuman buat anak2 tapi juga ada yang dibuat untukfans dewasa misalnya GARO & Gouraigan.

konsep cerita, makin kesini makin banyak kok Tokusatsu yang udah dibuat semasuk akal mungkin. ya karena itu tadi, untuk menggaet fans dewasa yang udah bisa berpikir logis

masalah kostum, misalnya kostum kamen rider & super sentai dibuat kek SIC, anak2 banyak yang takut. wong KR & SS ditayangkan minggu pagi

kalo yang satu ini. kalo berubah tapi gk ngomong henshin ya kek makanan tanpa garam. gk afdol. wong henshin itu artinya berubah
kalo device henshinnya sih tergantung mereka menargetkan apa.
kek kamen rider gaim yang baru2 ini & statusnya masih on-going. device henshinnya pake buah. Kenapa pake buah ? Tujuannya agar anak2 suka buah
Quote:Original Posted By masterevilfang
sapa bilang Tokusatsu Japan cuman ditujukan buat anak2

pada taukan kalo Tokusatsu gunanya bukan cuman ngisi acara disana, tapi juga dibuat ladang usaha seperti penjualan DX, SHF dsb.

trus, pasti anda tau. kalo DX, SHF dsb itu harganya lumayan mahal buat anak - anak. Jadi, kemungkinan kecil anak beli mainan yang notabenenya cuman ngeluarin suara & nyala lampunya. Kalo begitu terus, kemungkinan usah mereka akan bangkrut. Jadi mereka harus putar otak agar uang mengalir terus.
Lalu mereka menargetkan Tokusatsu sendiri untuk fans yang lumayan dah besar. Kalo fans dewasa kan kemungkinan dah bisa kerja sendiri & dah lumayan bisalah beli DX SHF dsb. Alhasil mereka membuat alur cerita Tokusatsu semenarik & semasuk akal mungkin agar fans dewasa tertarik
Intinya, Tokusatsu bukan cuman buat anak2 tapi juga ada yang dibuat untukfans dewasa misalnya GARO & Gouraigan.

konsep cerita, makin kesini makin banyak kok Tokusatsu yang udah dibuat semasuk akal mungkin. ya karena itu tadi, untuk menggaet fans dewasa yang udah bisa berpikir logis

masalah kostum, misalnya kostum kamen rider & super sentai dibuat kek SIC, anak2 banyak yang takut. wong KR & SS ditayangkan minggu pagi

kalo yang satu ini. kalo berubah tapi gk ngomong henshin ya kek makanan tanpa garam. gk afdol. wong henshin itu artinya berubah
kalo device henshinnya sih tergantung mereka menargetkan apa.
kek kamen rider gaim yang baru2 ini & statusnya masih on-going. device henshinnya pake buah. Kenapa pake buah ? Tujuannya agar anak2 suka buah


nah agan ini udah jelasin panjang lebar untuk TS nya

ane paling ngakak liat gambar yg bandingin zaborgar ma arcee

sama aja bandingin wiro sableng ma spyderman

black ma robo editan ironman,mukanya jadi lonjong :

biarkan toku seperti itu,karena itu yg bikin ane cinta toku
Quote:Original Posted By raivac
baca trit ini seakan akan para fans berharap tokusatsu dibikin film nya secara ber-KUALITAS sama sineas Hollywood. LOL

btw, Transformer itu berKUALITAS ya? hahaha, now all about CGI


maaf gan, ini hanyalah sebuah ide dan gagasan,

mengenai FIlm Transformers, menurut ane dari segi cerita sangatlah buruk dan sangat tidak berkualitas, namun mungkin agan perlu salut dan menghargai imajinasi dari para Design Artisnya yang mampu memvisualisasikan robot-robot tersebut sehingga terlihat sangat hidup.

CGI...? CGI itu adalah teknologi Special effect kan, Tokusatsu juga Special effect kan...?
ijin gabung ya gan....

pertama saya ingin mengatakan dari sudut pandang jam tayang...

kalo sekelas holywood, emang dari action directing ampe animasi udah kelas dewa... tp cuman buat berapa jam??

kita bandingkan dg toku yg action agak chessy, cgi juga gk bagus2 amat. tp yg perlu diingat jam tayangnya toku itu tiap minggu gan. selama setahun dan untuk seri supersentai udah berjalan selama 37 tahun berturut2. alNgkah mahalnya kalo harus buat yg kualitas holi untuk jam tayang sebanyak kurg lbh 25 jam setahun.

yg perlu diketahui bahwa konseptor kamen rider tiap tahun itu kalo gk salah hanya punya waktu setahun unutuk konnsep dasar, karakter, dan story. y gk bisa dibandingin ama holywood yg tiap muvi cuma max 2.5 jam, tp punya waktu ngonsep cerita sampe 2-5 tahun.

yah intinya ane gk nyalahin sapa2 y gan. tp menurut ane hal diatas itulah yg pengaruh ke kualitas cinematic toku skrg ini. mgkn kalo mau kualitas holi, ya kamen rider plg gk cmn 2 tahun sekali dg format muvi 2.5 jam.

maaf agk berantakan cz dr hp.
sekian dan termakasih
Aduh agan TS, walau ente udah mnta maaf dan macam2 ane sebagai SR gerah juga bacanya hehee...

Kenapa tokusatsu bagi orang awam banyak yang bilang untuk anak2?? anime jg banyak orang bilang hanya untuk anak2... ehhe tapi tunggu dulu.... itu cuma di Indonesia... di jepang orang udah ngerti gak semua tokusatsu ataupun anime itu targetnya anak2... semua punya targetnya... ada tokusatsu untuk orang dewasa seperti garo... garo tau ts gak? kalau tau ts pasti narik kata2 spesial efek, kostum dan cerita tokusatsu yang seadanya tersebut..

gini loh kenapa di indonesia tokusatsu dan anime di pandang hanya untuk anak2... ingat smenjak ada stasiun tv di indonesia... dlu mulai tvri.. rcti.. sctv dll yang ada smenjak tahun 80an... ada baja hitam, yonkuro, doraemon, ultraman tiga dll... itu semua adalah anime dan toku untuk anak2, sampe sekarang ada dan toku yang tayangpun di indoesia hanya untuk anak2, boro2 mau coba yang untuk sekelas remaja langsung di laporin ma KPI banyak serial anime yang jadi korban KPI, kalau toku seingatku yan kena tegur KPI itu KR Blade pas akhir2 mau tamat, jadi karena yang tayang itu anime dan toku yang "aman-aman" aja jadi pikiran orang2 di indonesia sudah terdoktrin kalau tokusatsu itu tontonan untuk anak2.... coba smenjak awal tokusatsu yang bergenre kelam, dark dan berat itu jg di tayangkan.. tentu pola pikir orang2 di indonesia gak akan meremehkan tokusatsu...

Ane sebagai fans tokusatsu, ngerti ada beberapa serial toku yang di buat seadanya, tapi ada jg yang buat dengan sangat serius....

TS mengatakan berharap tokusatsu bisa di terima semua kalangan, dari mana ts bisa mengatakan hal sperti itu? TS terlalu mengacu ke hollywood, pendek pikiran TS kalau di terima atau tidaknya tokusatsu di smua kalangan kalau sudah di akui hollywood atau proses produksinya harus sekelas hollywood... budget gede, sutradara oke, efek komputer top dll...
Quote:Original Posted By aluna.zahra
ane paling ngakak liat gambar yg bandingin zaborgar ma arcee

sama aja bandingin wiro sableng ma spyderman

black ma robo editan ironman,mukanya jadi lonjong :

biarkan toku seperti itu,karena itu yg bikin ane cinta toku


maaf gan kalo hasil Concept art ane ga sesuai, ane hanya mencoba mendesain tokusatsu agar terlihat lebih realistik dengan kemampuan yang ane miliki.

tapi yang menjadi pertanyaan ane? bagaimana dengan mainan SIC, beberapa tokoh tokustasu bahkan dibuat berbeda dari aslinya. apakah hal itu juga tidak sesuai.

Quote:Original Posted By silentbacot


maaf gan kalo hasil Concept art ane ga sesuai, ane hanya mencoba mendesain tokusatsu agar terlihat lebih realistik dengan kemampuan yang ane miliki.

tapi yang menjadi pertanyaan ane? bagaimana dengan mainan SIC, beberapa tokoh tokustasu bahkan dibuat berbeda dari aslinya. apakah hal itu juga tidak sesuai.



yah. namanya juga SIC gan... super imaginative chogokin (ane gk tau cjogokin itu apaan). tp yg jelas, emang sic itu adl bentukan dr imajinasi pembuatnya. mgknya bentuknya agak beda. bahkan ada yg mengimajinasikan dari storyline beda. sperti sic dmna kr black gagal kabur dari cuci otak gorgom. itu ada juga kq sic nya...
"mengadaptasi tokusatsu menjadi sebuah live action" wait, tokusatsu kan juga live action. mungkin maksudnya reboot/remake kali ya?
aku sih lebih prefer kalo ide cerita & penyutradaraan masih asli dari jepang (masih cita rasa film jepang gitu) dgn bantuan spesial efek & segala perlengkapan dari hollywood gitu sih
Quote:Original Posted By higeKai
"mengadaptasi tokusatsu menjadi sebuah live action" wait, tokusatsu kan juga live action. mungkin maksudnya reboot/remake kali ya?
aku sih lebih prefer kalo ide cerita & penyutradaraan masih asli dari jepang (masih cita rasa film jepang gitu) dgn bantuan spesial efek & segala perlengkapan dari hollywood gitu sih


kalo remake : kr first & the next
kalo reboot : kikaider reboot

kalo untuk spesial efek, tanpa bantuan holiwud pun sineas jepang udah bisa bikin film spesial efek gan, cuman biaya produksinya pasti banyak tuh

contohnya:
the next generation patlabor(2014), attack on titan live action(2015) dll

Quote:Original Posted By evaboy
ijin gabung ya gan....

pertama saya ingin mengatakan dari sudut pandang jam tayang...

kalo sekelas holywood, emang dari action directing ampe animasi udah kelas dewa... tp cuman buat berapa jam??

kita bandingkan dg toku yg action agak chessy, cgi juga gk bagus2 amat. tp yg perlu diingat jam tayangnya toku itu tiap minggu gan. selama setahun dan untuk seri supersentai udah berjalan selama 37 tahun berturut2. alNgkah mahalnya kalo harus buat yg kualitas holi untuk jam tayang sebanyak kurg lbh 25 jam setahun.

yg perlu diketahui bahwa konseptor kamen rider tiap tahun itu kalo gk salah hanya punya waktu setahun unutuk konnsep dasar, karakter, dan story. y gk bisa dibandingin ama holywood yg tiap muvi cuma max 2.5 jam, tp punya waktu ngonsep cerita sampe 2-5 tahun.

yah intinya ane gk nyalahin sapa2 y gan. tp menurut ane hal diatas itulah yg pengaruh ke kualitas cinematic toku skrg ini. mgkn kalo mau kualitas holi, ya kamen rider plg gk cmn 2 tahun sekali dg format muvi 2.5 jam.

maaf agk berantakan cz dr hp.
sekian dan termakasih


kalo mau diliat dari sudut pandang Jam Tayangnya,
film-film seri maupun kartun komik amrik sono pun dah dari dulu dibuat dengan, hanya saja komik amerika lebih bersifat fleksibel, critanyanya mudah untuk dirubah-rubah, ga kayak toku yang tiap cerita saling terkait.

serial televisi amerikapun sebenarnya dibuat degan sekedarnya saja kok, apalagi yang adaptasi Komiknya, namun serial tersebut tetap dibuat mengikuti perkembangan zaman saat ini, seperti serial Agen pf Shield, Arrow, ataupun serial Gotham.

kamen rider versi movie (the first / the next) menurut ane sudah bagus, hanya saja masih terlalu sederhana baik dari segi kostum maupun konsepnya.

mungkin perlu belajar dari film adaptasi Rorounin kensin kayaknya....

Excellent thread gan
Ane setuju kalo Toku dijadiin live action layaknya film - film holywood, biar ane (sebagai penikmat) jadi lebih asik nontonnya


║█║▌│█│║▌║█║▌│█║
©hamzorenz artfucktory
mnurut ane toku yg terbaru kmren hensei vs showa udah bgus gan, mngabungkan para KR di jamannya (gak sabar nnton filmnya )
Quote:Original Posted By silentbacot


kalo mau diliat dari sudut pandang Jam Tayangnya,
film-film seri maupun kartun komik amrik sono pun dah dari dulu dibuat dengan, hanya saja komik amerika lebih bersifat fleksibel, critanyanya mudah untuk dirubah-rubah, ga kayak toku yang tiap cerita saling terkait.

serial televisi amerikapun sebenarnya dibuat degan sekedarnya saja kok, apalagi yang adaptasi Komiknya, namun serial tersebut tetap dibuat mengikuti perkembangan zaman saat ini, seperti serial Agen pf Shield, Arrow, ataupun serial Gotham.

kamen rider versi movie (the first / the next) menurut ane sudah bagus, hanya saja masih terlalu sederhana baik dari segi kostum maupun konsepnya.

mungkin perlu belajar dari film adaptasi Rorounin kensin kayaknya....



nah. kan disitu nasalahnya.... kalo perminggu, bisrpun ceritanya fleksibel, tp kyknya gk mgkn kualitas animasi bisa sekelas muvi holywood.

bahkan samurai x pun butuh persiapan berapa tahun spy siap jd film layar lebar....

klo liat dr cerita.. sebenarnya kr dn sentai jaman sekarang jg udah mengikuti perkmbangan jaman kq. namun kalau alurnya amrik emang sangat d dekatkan sama teknologi. sdgkn kalau jepang lebih ke imajinasi berlebih mnurut q...
itu Blue SWAT mah gak usah diremake segala kostumnya udah realistis banget kok
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar