Pages


Rabu, 05 Agustus 2015

Rasanya kuliah sambil kerja shift

Assalamualaikum, hi agan and Sis perkenankan si Nubie ini membuat thread sederhana, ini pengalaman dari Ane sendiri n mudah2an gak repost yak.

Buka Kaskus ternyata jd Hot thread

makasih buat momod, mimin, agan, sis n semua yg dah baca thread sederhana ini, juga buat partisipasi, cendol, rate n koment2nya
semoga bermanfaat n bisa menginspirasi


Sedikit cerita :
Setelah lulus SMA th 2003 ane gk bisa lanjut kuliah, krn keterbatasan finacial, ayah ane(almarhum) berprofesi sbg Sopir taksi, ibu ane ibu rumah tangga( sambil jualan nasi uduk).

Ane anak pertama dr 5 bersaudara(semua cowok), tp semangat ane gk pernah padam buat tetep bisa mengenyam pedidikan yg lebih tinggi gan.

Singkat Cerita ane berhasil kuliah sambil kerja, masuk kuliah th 2006 selesai th 2010 ( Alhamdulillah lulus dengan ipk memuaskan)

" rasanya gk bisa tergambarkan oleh apapun saat lihat ortu duduk d kursi undangan wisuda gan, bahagia campur aduk"

Sekarang ane kerja di salah satu Bank asing di jakarta.

Saat kuliah ane kerja di salah satu pabrik di bekasi, sebagai buruh
Dengan system kerja shift, seminggu pagi seminggu malam,

Shift 1 masuk jam 8 pagi pulang jam 8 malam - lanjut kuliah sampe jam 10
Shift 2 masuk jam 8 malam pulang jam 8 pagi - lanjut kuliah sampe jam 12

Ane kuliah d kampus swasta jurusan Sistem Informasi

Ok skiip...Skip ceritanya langsung ke pokok materinya aja ya

Spoiler for Ekstra Energi ( Cuapenya Puuooooolllll) :


Capek, udah pasti jgn di tanya, istirahat kurang, mata sepet pas di kelas, tp hrs ttp focus sama materi kuliah, belom lagi klo ada tugas, gk bisa langsung pulang n bobok, cara ngatasinnya gimana??? Ya inget motivasi awal wktu kuliah, inget orang2 yg kita sayang, keluarga, teman dan pasangan yg selalu support and jgn lupa ngopi dulu brader biar Seger


Spoiler for Gak banyak waktu nongkrong:

Duh yg ini mah gk bisa sering2 gan, gk nongkrong aja dh remuk badan ma pikiran, tp bkn brrti gk bersosialisasi, ttp gaul, maksimalkan waktu yg ada, buat acara kumpul pas libur kerja hehe


Spoiler for Sering nitip absen:


Naaah klo yg ini sering bgt apalagi pas kuliah malem, kelas pertama kuliah malem pasti gak kekejar full, kadang2 kita dateng dosen matkul dah kelar, klo gk dapet jam kuliah awal minimal absen ane gk bolong daah, hahaha catetan tinggal fotocopy ma temen


Spoiler for Jarang nyatet( copy punya temen):


Sesuai dengan point di sebelumnya, klo d kelas udah tinggal sisa tenaga yg ada, cuma focus sama penjelasan dosen, mau gk mau deh gk usah nyatet, tinggal pinjem catetan temen n di perbanyak hahaha


Spoiler for Gak focus kerja pas ujian:


Pala berasa mau pecah klo pas UAS N UTS, d pabrik kagak focus, antara kerja sambil bawa2 materi ujian, gak ketulungan bgt dah pokoknya


Spoiler for Gadget Seadanya:


Boro2 mikirin gadgets sob, bayaran kuliah ama buat mamam n kasih ortu aja dh ngap2an, jd yaa seadanya ajalah, yg penting berfungsi n bermanfaat


Kira2 itu yg bisa ane share gan sis, semua pengalam ane sendiri, mudah2an bisa kasih motivasi buat agan2 yg sedang menempuh jalan yg sama kaya ane.

Oh iya pesen ane " perjuangan hidup sesungguhnya itu setelah lulus kuliah, jd semua yg di laluin pas kuliah sambil kerja itu cm latihan ".

" jangan menyerah sama keadaan gan sis, selama ente berusaha TUHAN pasti kasih jalan"ajiiiiiib hahaha

Ya udah ah, sekian dari ane semoga bermanfaat, Klo ada yg berkenan kasih cendol n rate thread ane semoga ente selalu lancar rezeki nya, berkah n selalu d beri kesehatan aaamiiin

kalo ada yg mau nambahin point yg lain silahkan gan, siapa tau bisa jadi motivasi agan n sis yg lain hehe

Spoiler for inspirasi dr Agan2 pejuang yang lain:

Quote:Original Posted By arieaduh
keren gan...
ane mw share jga nih

ane kuliah d jurusan refraksi optisi (ad yg tau??)
ane smbil kerja dri jm 8-3 sore
kuliah jam 4 sore- 8 malem
ceritanya pas semester 3 ada dosen yg g bsa ngajar sore, dia bisanya jm 12 tw jm 1 siang.
pertemuan pertama ane maen nyelonong aja masuk kelas. nih percakapan ane ama dosen.A:ane D: dosen

A: Sore bu..maaf saya terlambat.
D: kalian ber2 gak usah masuk. jam kuliahnya sudah abis.(ceritanya ane. be2 ma temen yg sma2 kerja cuman dia pendiem)
A: keluar ( muke lesu)

*nih dosen disiplin bgt klo ad yg telat diikiranya menyepelekan mata kuliah dia

skip...

nah berhubung ane kerja n bisanya masuk jm 4 sore, ane samperin tuh dosen n cerita ke dia kondisi ane yg sebenarnya kerja dan gak maksud nyepelein matkul dia. ane minta keringanan absen, materi kuliah biarlah saya minta dri temen.

nah dia setuju tp pake syarat. ane harus nyatet mata kuliah pake bolpen bukan pake mesin fotocopy. deal!

abis tuh ane dibolehin masuk kuliah walopun injurytime.
nah kesempatan injury time ini yg ane pake buat nanya materi yg ane blom ngerti dri materi minggu kemaren (padahal udh ad materi baru). dosen pasti jawab dgn senang hati tp kalo pertanyaan ane udh pernah ditanyain dia pasti bilang: "tanya sama temenmu yg namanya $+((%&@, dia udh pernah nanya itu".

alhasil 3 semester ane dapet A terus...
ane ampe malu bgt waktu tau kalo dosen ane tu suka nyeritain ane ke ade kelas...dosen ane bilang "nih anak gak pernah masuk di kelas saya lebih dari 10 menit tp bisa dapet A"

btw ane termasuk org yg susah ngapalin matkul gan tp ane yakin klo ane bisa n harus bisa.

sekian share dari newbie yg hina ini

pageone kalo berkenan....


Quote:Original Posted By rio_dull
hehee.. ane udah kayak flashback nih!!! jarang2 ane Comment

ceritanya ane itu pekerja shift2an (distro yang katanya ternama dijakarta. katanya lhoo yaahh..) ane lulusan 2004 dan sudah ngga berharap gimana rasanya dikuliahin pake duit orang tua, karena You know?? Bokap meninggalkan kami untuk kesurga untuk selama-lamanya. semenjak 2005 ane kerja di distro dengan kerja shift, tahun 2007 memulai masuk kuliah dan GAGAL bertahan hanya 1 smester! ane ga bisa bagi waktu tiap kali masuk kerja telat gara2 banyak matkul tambahan, dan kembali melanjutkan dan berfikiran kerja aja deh karena banyak kendala khususnya lagi mengenai keuangan maklum gaji pas pas'an tp pengen lebih..
pada tahun 2009 ane mencoba buat kuliah lagi dan yang paling penting RESTU ORANG TUA DAN ATASAN! hahahaha ane mencoba buat ngasih tau motivasi ane kepada atasan.. ALHAMDULILLAHHH.. dia bilang: kami dukung kalau untuk kemajuan kamu sendiri dan tentunya kamu harus tetap fokus pada pekerjaan dan mengutamakan kerjaan. buat ane kata2 tersebut adalah hal terindah setelah mendapat jawaban "IYA" saat lo nembak cewe!! hahahhaa

back to topik.
beberapa hal yang ane rasain:
1. PUTUS ASA!! (Masuk kuliah jam 7 - 1 siang, masuk kerja jam 2 - 10 malam) coba tebak kapan agan ngerjain tugas dan ngatur meleknya mata??

2. kesulitan keuangan (pada tahun 2009 terasa berat dengan pengalokasian dana 50ribu untuk sehari include transport, makan 3x, fotocopy dadakan)

3. Berat badan: karena kondisi yang sangat pelik tentang keuangan yang berpengaruh pada konsumsi sehari hari. (ciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiaaaaaaaaaaaaaaaelaaaahh)

4. ga sempet tuhh pacaran


ituu semua deritanya

manisnyaa??

1. LO BAKAL TAU RASANYA MEMANDANG ORANG TUA DENGAN TOGA YANG LO PAKE SAMBIL BERKATA DALAM HATI "mamahh saya lulus dan insya allah saya akan membahagiakan mama lebih dari sekarang (aduhh mau nangis ngetiknya). anda akan melihat orang tua anda menangis bahagia (tentunya setelah melihat pengorbanan anda).

2. Saat anda pernah jatuh sejatuh jatuhnya pasti anda akan merasakan manisnya berada saat bisa berdiri dengan tegap.

3. anda akan dengan bangga menyatakan diri anda bisa kuliah dengan hasil peras keringat diri sendiri (hal yang menarik buat diceritakan sama anak kita nanti)

4. percaya deh gann karena agan terlalu ngirit duit agan jadi gampang ngumpulin duit.

5. agan gampang bagi waktu karna terbiasa dengan waktu yang mepet2.

6. bisa bangga depan camer!! hahahaaa "iya om saya udah lulus sambil kerja juga"

ahahhahaha kepanjangan..
kalo berkenan page one gaannss.. thankyu..


Quote:Original Posted By kirina
ane tau rasanya gan

lulus smk ane berenti setaon cari duit buat masuk kuliah. sebenernya ane dapet beasiswa di salah swtu univ negeri di sby. tp karena cm gratis biaya masuk dan gratis taon pertama, jd gak ane ambil. (campur aduk rasanya pas mutusin hal ini)
ane kerja jaga warnet sama ngelesin anak sd/smp.
setaon duit terkumpul buat masuk kuliah.
kuliah sambil kerja shift di warnet.
enaknya kalo nyari tugas gampang
pas kuliah tinggal 2 smester, ane dapet panggilan kerja di sby. senin-jumat kerja.
padahal ane kuliahnya jumat-minggu.
akhirnya jumat gak bisa masuk kuliah, ngelobi dosen mati2an.
ane gak bisa pindah kuliah di kota karena pertimbangan biaya. jadi tiap jumat sore ane balik ke kota ane kuliah yg jaraknya 3 jam dr sby. minggu sore pulang kuliah balik lg ke sby. gitu terus selama setaon.
tp alhamdulillah, ane masih jadi mahasiswa dengan ipk tertinggi sefakultas.
sekarang perusahaan tempat ane bekerja ngasih ane beasiswa s2 di salah satu univ negeri di sby.


inget gan, usaha keras tak akan mengingkari.

Quote:Original Posted By mapbasic
ane swaktu kuliah kerja fulltime gan jadi programmer di perusahaan telco , berat banget, bikin aplikasi untuk perusahaan dan juga skripsi bareng, akhirnya ane resign setelah 1 tahun kerja, ane lebih mentingin skripsi, buat yang mau kerja sambil kuliah, saran ane utamain kuliah dlu gan, meskipun janji manis atasan dikantor dan gajinya lumayan. Orang tua lebih bahagia liat kita pakai toga dan dapat ijazah daripada kerja tapi kuliah ga tamat tamat . Karena dengan adanya ijazah harapan kedepannya lebih besar dimata orang tua. Kecuali ente sanggup menjalaninya bareng . Tapi kalau skripsi udah ga dikerjain lagi dari karena pekerjaan,mending resign gan beneran,jangan sampe nyesel kuliah lama ga tamat pula karena skripsi ga selesai selesai

sumber : pengalaman pribadi


Quote:Original Posted By 747368
Ane juga ngalamin gan....
waktu itu ane lulus D3 tahun 2004, kerja di pabrik food & beverage, trus pindah pabrik ke industri manufaktur, kerja shift juga
shift pagi jam 07:00-15:00, shift sore jam 15:00-23:00, shift malam jam 23:00-07:00 (gaji ane tahun 2005 di pabrik cuma 800rb an gan...)
ane pengen banget lanjut S1, trus bilang ke ortu (bokap tenaga honorer, ibu buka warung kecil di rumah)
kata bokap "ya terserah kalo ada duitnya, bapak gak bisa biayain, krn adikmu mau lulus SMA, juga pengen kuliah"
akhirnya modal nekat gan...ane daftar program ekstensi, tes, lulus....
bayar uang pembangunan Rp. 4 juta (tahun 2005), SPP per semester Rp. !,5 juta + uang praktikum Rp.250rb per semester
tiap bulan harus ngumpulin buat SPP & praktikum 300rb gan....tapi tiap bulan ke lima udah harus bayar SPP, alhasil harus ngutang dulu ke temen yang tajir buat nombok kekurangannya,hehehehe
jarak pabrik & kampus 40 km gan...tiap hari PP naik astrea prima buutut gan...hhehehe

trus ane jarang jajan gan di kampus, krn gaji habis buat SPP, foto copy, bensin, & bantu ortu
pernah pas bulan puasa, ane gak punya uang (pas BBM naik dari 2500 jadi 4500 per liter tapi gaji gak naik), akhirnya cuma beli es coffemix gan buat batalin puasa & biar gak ngantuk (karena jam kuliah sore mpe malam), sampai ada temen yang tajir bilang "kamu kok gak makan?gak punya duit ya?udah...makan aja biar saya yg bayarin...." tp krn udah jam kuliah udah masuk lagi, ane tolak secara halus gan
alhamdulillah gan...setelah lulus ane diterima di salah satu BUMN, tapi sayang gan pas ane dalam masa OJT 1 tahun, ibu ane meninggal , ane belum sempat bikin ibu ane seneng gan

alhamdulillah juga adik ane setelah lulus kerja di oil company

buat agan2 yang punya cita-cita....semoga terlaksana gan....tetap semangat berjuang gan....jangan lupa berdoa gan....dan tetap minta restu dari orang tua

terima kasih buat temen2 ane yang sering bantu ane, semoga amalnya diterima dan dibalas dengan lebih baik


Quote:Original Posted By alvokado
Trit ente bikin ane mantep dan ga ngerasa sendirian buat ngejalanin kuliah sambil kerja gan, skrg ane juga smntara jadi buruh pabrik buat bayar kuliah ane 2 sift sm kyak ente tp skrg cm 8 jam kerja ga kaya ente, makasih gan.
Sdikit cerita org tua ane udh cerai ane tinggal ama nyokap, bokap kimpoi lagi, adik ane 2 yang ke 1 baru masuk smp, yg trakhir kelas 3 sd, ane kerja di cikarang dengan gaji umr, kontrak pertama 6 bulan gajian ke 4 ane langsung daftar kuliah di kampus swasta, masuk bln september besok, bahkan ane jgbayarin biaya sekolah adik ane yg ke 1 buat masuk smp, bokap cm ngasih buat mkan tiap bulan, nyokap ane bantu dagang sayur di pasar, kekuatan ane cuma mereka gan, ane mau mengangkat derajat keluarga ane sebisa ane. Ane ga marah ama bokap, beliau masih bertanggung jawab sama keluarga, ane cuma mau jadi anak yang berbakti sama mereka yang udh bikin ane ada sampe akhirnya kenyataan pedih ane harus survive sndiri setelah lulus smk gan. Semoga jadi motivasi buat kaskuser semua


Quote:Original Posted By iqbalkharis
Ikut berbagi pengalaman juga gan.
Ane lulus 2011 dari sekolah farmasi, lanjut kerja di apotek 24 jam dengan sistem shift, setelah setahun kerja ane memutuskan untuk kuliah. Tahun 2012 ane masuk kuliah di jurusan lain gan, tepatnya management aquatic and marine resources
Awal-awal masuk kuliah repot banget gan, ane ikut ospek universitas seminggu, dan ospek jurusan 2 minggu, ane banyak ga masuk kerja, beruntung punya bos sama partner kerja yang pengertian, ane dikasih izin. Penderitaan tidak berenti sampe disitu gan, selesai ospek ane harus menebus hutang kerja ane dengan cara kerja full 24 jam selama 5 hari, total ane kerja 16 shift nonstop (sehari 3 shift) itupun dengan dipotong gaji karena ane kerja ga full, awal-awal kerja sambil kuliah berat banget harus atur jadwal, ane kuliah reguler gan bukan kelas karyawan, jadi senin-jumat, pagi-siang di kampus. Selain itu jarak antara rumah ke tempat kerja itu jauh, 21 KM, dan jarak rumah ke kampus 8 KM, rumah ane ditengah antara kampus sama tempat kerja, kadang dari kampus langsung ke tempat kerja atau sebaliknya, total harus nempuh 29 KM
Kadang kalo ga ada dosen, ane langsung cabut ke tempat kerja bukannya nongkrong kayak temen-temen. Kalo harus ada tugas sampe malem, ane ga bisa masuk kerja, konsekuensinya nambal kerja di sabtu-minggu full 2 hari 2 malem, seninnya lanjut lagi ke kampus, sampe jarang pulang ke rumah.
Jujur berat, tapi ane pikir HIDUP ADALAH PERJUANGAN, lebih baik susah diwaktu muda dari pada sulit disaat tua
Alhamdulillah kinerja ane bagus, ditempat kerja ane dipercaya jadi penanggung jawab pembelian barang sama penanggung jawab laporan obat narkotika
IPK ane juga sementara ini 3.32 gan, ga jelek-jelek amat, sekarang lagi fokus belajar bahasa jerman, rencana ane pengen lanjut S2 ke jerman, mudah-mudahan tercapai, aamiin.

Buat TS, terimakasih udah share pengalamannya
Buat yang lagi kuliah+kerja, terus semangat !! Kerja keras saat ini pasti akan berakhir indah
Buat yang kerja terus pengen kuliah, semangat gan, tidak ada kata terlambat untuk belajar, pasti ada jalan
Buat mahasiswa, belajar yang fokus, jangan banyak nongkrong manfaatkan kesempatan kalian, karena banyak orang diluar sana yang tidak seberuntung kalian, tidak punya kesempatan untuk mengenyam pendidikan.

Itu sedikit curhatan ane gan

Quote:Original Posted By zafdan
Tritnya keren gan..

Emang sebagai anak sulung harus bisa lebih survive dan byk mengalah dari adik2nya

Ane juga hampir mirip cerita agan tp kagak kerja part time gitu..

Ane lulus SMA 2004,sempet daftar akpol tp tahap penentuan akhir kagak lulus..waktu itu lagi terbuka lowongan buat CPNS lulusan SMA,lumayan Jurusun IPS jatah 15 org

Skip cerita,saat masih dalam seleksi akpol ane coba2 daftar CPNS jg tp itu dorongan keras ortu maklum ortu b2 PNS smua..awalnya jga kagak yakin bisa lolos yg daftar 3ribuan org dikab ane apalagi disinyalir penuh dgn permainan suap-menyuap..skip 14 januari 2005 pengumuman terakhir nasib ane ikut seleksi akpol dan hasilnya gagal,bsknya 15 januari penguman CPNS udah ada dikoran dan nama ane ada diurutan 15 daftar itu..

Walaupun lulusnya ijazah SMA tp ane terus berjuang,taun 2006 ane kulh biaya sendiri..gaji awal jd PNS kagak beda ama gaji agan,ditambah bayar kridit motor jga tp ane tetep lanjut ajja yg ptg HARUS kagak minta apalagi membebani ortu..

Skrg ane udah punya jabatan dgn pangkat lumayan+rumah+mobil+motor+infes (bkn hasil korup yak ) hasil sendiri walaupun masih nyicil sebagian

Intinya kerja keras saat muda itu wajib..






mantepp gan

ane juga niatnya mau nyari sambilan, itung2 nambah duit jajaan
Quote:Original Posted By flandz
mantepp gan

ane juga niatnya mau nyari sambilan, itung2 nambah duit jajaan

yoi gan, berasa beda hasilnya klo dr perjuangan kita sendiri gan
semangat gaaan...ane doain biar cepet lulus
wow pengalaman yg sangat berharga gan... btw ane baru masuk kuliah taun ini. rencana ane juga mau kerja sambil kuliah
Wah agan hebat banget, udah kuliah ngebiayaain adik lagi
Salut dahh buat yg kuliah sambil kerja

Ane aja yg cuma kerja cape nya audzubillah
Quote:Original Posted By tastaftyan
wow pengalaman yg sangat berharga gan... btw ane baru masuk kuliah taun ini. rencana ane juga mau kerja sambil kuliah


Semangat Gan, jangan menyerah sama keadaan, kita bisa kalo berusaha
Ane juga rencana taun ini mau kuliah sambil kerja tp kt nyokap jgn takutnya ntar keteter kuliahnya
Wah semangat ente utk kuliah hebat banget gan, gak kaya anak jaman sekarang kuliah udah dibayarin ortu, tapi kuliahnya ogah"an
Ane ada rencana gitu gan, baru mulai kuliah tahun ini
Enaknya langsung dari semester 1 apa semester berapa?
salut bener deh sam TS
ane yang cuma kuliah doang dan duit minta ortu aja udah capek sampe rumah
ane perjalan dari rumah ke kampus pp sekitar 70km gan , ane juga ngambil jurusan sistem informasi
Do'akan ane ya gan semoga bisa lulus dan mendapatkan IPK yang memuaskan
Emang ga mudah kerja sambil kuliah, ane juga. Sukses buat kita semua, semoga semua makhluk berbahagia
Hebat ya agan,ane dulu kuliah cuma ngabisin duit,sama2 cape si
Quote:Original Posted By kamujahat21
Wah agan hebat banget, udah kuliah ngebiayaain adik lagi


aah gk juga kok gan, bantunya juga cuma dikit2 doang gan, btw Alhamdulillah ane jd motivasi buat adek2 ane gan
2 di bawah ane juga akhirnya bisa kuliah dgn usaha mereka sendiri
Quote:Original Posted By yips
Salut dahh buat yg kuliah sambil kerja

Ane aja yg cuma kerja cape nya audzubillah


salut n sukses juga buat ente gan, semoga kerjaannya lancar
wah sama kita gan ane jg kerja sambil kuliah, Masuk kerja jam 8 pagi pulang jam 5 sore lanjut kuliah sampai jam 9 malam
lelah uda pasti gan, tapi bangganya itu loh gan kl sanggup ngejalanin , ane sendiri selama kuliah semua uang kuliah dan keperluan nya bisa ane biayai sendiri gan, memang sih kadang rasanya mumet bener kalau di ajak teman untuk sekedar nongkrong atau jalan" selalu g bs ikutan
semangat gan mumpung masih muda hajar terus cari rejeki + cari ilmu
Quote:Original Posted By anantaalqi
Ane juga rencana taun ini mau kuliah sambil kerja tp kt nyokap jgn takutnya ntar keteter kuliahnya

kalo ente yakin, pasti bisa n pasti ada jalannya gan, tp tetep restu nyokap paling utama, klo bisa ente yakinin nyokap dengan semangat n kesungguhan ente
Quote:Original Posted By Neared
Wah semangat ente utk kuliah hebat banget gan, gak kaya anak jaman sekarang kuliah udah dibayarin ortu, tapi kuliahnya ogah"an


mungkin krn ane terdesak keadaan gan, bisa jadi klo ane di posisi ente juga bakalan gitu kali yaak hehehe
Pejwan kah
Via: Kaskus.co.id

1 komentar: