Pages


Selasa, 04 Agustus 2015

Kalo Aja Ini Diajarkan Pas Sekolah Dulu




ALHAMDULILLAH HT #6

Thanks for all, mimin, momod, dan kaskuser yang nyempatin komen, rate, sama ngasih tjendol dan abu gosoknya. .ane terharu nihh. .


Spoiler for Bukti:


Assalamualaikum dan selamat malam untuk agan-agan sekalian.
Malam ini ane mau sedikit share nih. Mudahan banyak yang baca sehingga lebih bermanfaat. . Untuk itu ane minta ratenya dong gan biar ga cepat tenggelam

Spoiler for Pembukaan:
Ane lulus kuliah tahun lalu gan. Umur ane sekarang 23. Di usia segini, buat ane pribadi (gatau kalo agan2 yang lain) ane sih gak terlalu banyak mikirin persoalan masa lalu yang udah lewat. Apalagi mengingat-ingat penyesalan yang akhirnya bikin susah move on. Hehe
Seperti kata Master Oogway di Film Kungfu Panda
Spoiler for Oogway:



Tapi gak ane pungkiri juga, untuk beberapa hal ane merasa rugi karena ga tahu lebih awal. Yang ane maksud di sini adalah tau tentang hal-hal yang berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan gan. Seperti beberapa poin yang ane post di trit ini.
Kalau aja pas dulu saat sekolah SD, SMP atau SMA, diajarkan tentang hal-hal berikut, ane yakin banyak sisi kehidupan ane bakal lebih baik dan jadi lebih syuuper. Entah guru ngasih taunya lewat analogi saat mengajar atau dibikinin kelas khusus untuk pengembangan mental karakter. Ya sayang sekali saat akhir-akhir kuliah ane baru tau.

Quote:Berikut beberapa hal yang ane maksud. Cekdemout:

Spoiler for 1:
Kaidah Pareto atau Prinsip 80/20
Spoiler for Diagram Ilustrasi:

Ini adalah cara terbaik untuk memaksimalkan waktu yang kita miliki gan. Bukan cuma waktu sih, untuk hal-hal lain seperti bisnis dan keuangan juga bisa.

Kaidah Pareto ini pada dasarnya menjelaskan bahwa 80 persen yang kita dapatkan berasal dari 20 persen apa yang kita kerjakan. Misalnya nih, kalo di analogikan toko. Dari sekian banyak barang dagangan agan, hanya 20% barang yang di jual yang memberikan 80% pemasukan buat toko. Kalo dikaitkan sama habits, dari sekian banyak habits yang agan suka lakuin, 20% habits akan berpengaruh pada 80% masa depan (Kita semua tau, kalau habits berbanding lurus dengan cerah tidaknya masa depan).

Dengan kaidah ini, kita bakal lebih mudah memanajemen waktu, terutama dalam memilih prioritas-prioritas yang kita lakukan untuk mencapai goal yang sudah kita tentukan sebelumnya. Kalo masih bingung, ilustrasi berikut mungkin bisa jadi gambaran buat agan. Klik.
Ane pertama tau Kaidah ini dari buku Maxwell, Ringkasan bukunya dapat di cek di sini.
Ini trit yang berkaitan dengan kaidah pareto. Tapi dipakai untuk masalah perencanaan keuangan sih.


Spoiler for 2:
Parkinson’s Law

Spoiler for Ilustrasi:

Ini bukan nama penyakit yang di derita Petinju Muhammad Ali ya gan. Hukum ini mungkin ada kaitannya juga dengan The power of Kepepet. Kalo di trit agan ini sih, hukum ini disebut juga hukum kontraksi.

Ane tau hukum ini ya pas ngerjain skripsi gan. Ceritanya ane dan temen ane di beri waktu seminggu untuk menyelesaikan koreksian proposal penelitian sebelum di seminarkan. Untuk ane sendiri waktu seminggu ane manfaatin baik-baik untuk nyicil. Sedangkan temen ane lebih milih nyantai main PES di laptop sambil dengerin ane yang ngomel2 takut kalo ga lulus gimana. Kata yang ane inget adalah “selow aja bro, ntar beres juga”. Ternyata memang benar beres, kami berdua bahkan selesai berbarengan dan temen ane itu cuma ngerjainnya dalam waktu satu malam. Amazing.

Parkinson’s Law bilang “work expands to fill the time available for its completion” (suatu tugas akan membengkak (dalam persepsi) untuk mengisi waktu yang tersedia untuk penyelesaiannya). Misalnya agan punya suatu pekerjaan yang memerlukan sebuah penyelesaian dalam waktu satu minggu, masalah akan kelihatan lebih sulit dan lebih besar apabila mau dikerjakan dalam waktu yang lebih cepat, misalnya satu hari.

Spoiler for grafik:

Meskipun ane selow, tenggat waktu seminggu membuat ane cemas dan ga fokus gimana kalo proposal ane gagal dan ane harus mengulang dari awal. Waktu segitu buat ane rasanya ga cukup untuk cek n ricek nambah ini itu. Plin plan takut salah. Sampai batas waktu berakhir. Beda dengan temen ane. Dengan waktu yang terbatas tersebut, dia lebih fokus terhadap apa yang dia kerjakan dan selesai dengan cepat (dan dia terlihat cuma stress cuma saat ngerjain proposal ini aja).

Kesimpulan yang ane dapatkan, kita dapat melakukan sesuatu lebih cepat dari yang kita pikirkan, asalkan kita fokus. Seperti yang dibuktikan oleh temen ane tadi. Jadi jangan tunggu sehari kalo bisa dikerjakan dalam waktu satu jam atau jangan menunggu satu minggu kalo bisa dikerjakan satu hari. Ini akan membuat pikiran lebih fokus sama tindakan dan penyelesaian.

Maksud ane di sini bukannya agar kita menunda-nunda, tetapi menjadikan pekerjaan yang ada supaya cepet diberesin tanpa nunggu jatuh tempo batas pengerjaannya. Bahkan hasilnya terkadang bisa lebih baik karena pikiran ga terkontaminasi sama pekerjaan lain yang mungkin muncul di minggu yang sama. Terlebih lagi waktu agan untuk melakukan 20% prioritas di poin pertama akan lebih panjang.

Masalahnya adalah gimana supaya ga menunda-nunda. Udah pernah denger istilah Zeigarnik effect gan? Silakan baca di sini pada poin ke delapan.


Spoiler for 3:
Yang memberi akan menerima.

Spoiler for Ilus:

Kalo dipikir secara logika ini sedikit berlawanan. Logika akan membuat kita berpikir bahwa seseorang harus melakukan sesuatu bagi kita sebelum kita memberi sesuatu untuknya. Jika kita memberi dahulu, tentu kita jadi rugi. Tapi begitulah, faktanya malah terbalik.
Sepertinya sudah menjadi hukum alam gan, mereka yang suka memberi tidak akan pernah rugi. Kalau agan ingin dapetin sesuatu, seperti uang, cinta, dan lain-lain, jangan segan-segan untuk memberi terlebih dahulu.

Misalnya yang pengen kaya, jangan takut kalau mau sedekah. Ini salah satu Buku Best Seller yang membahas kalau sedekah malah menarik rezeki (halaman 102).

Video salah satu manfaat sedekah.
Spoiler for video:


Spoiler for 4:
Jadi proaktif, jangan reaktif.

Intinya, lakukan apa yang bisa agan lakukan. Jangan menunggu yang lain. Jika semua orang reaktif (saling menunggu) maka sesuatu akan lama selesainya.
Jadilah pro aktif atau pioneer gan (untuk hal positif). Ini akan membuat diri kita merasa seperti berguna bagi orang lain dan tentunya menaikkan nilai hidup. Misalnya kisah super ini.

Video ilustrasi
Spoiler for video:


Spoiler for 5:
Kesalahan dan kegagalan itu baik

Ga ada yang mau salah dan gagal dalam hidup. Tapi semua pasti mengalaminya karena ini proses belajar dalam kehidupan. Nilai ini yang perlu ditanamkan semenjak dini gan. Biasanya kita mejadi takut salah ketika kita bertambah umur. Mungkin karena ketika kita mencoba sesuatu dan gagal, kita takut orang bakal ngetawain kita.
Spoiler for Misal:

Ini bakal membuat kita alih-alih jadi proaktif, yang ada malah jadi reaktif, menunggu orang lain aja yang ngelakuinnya. Satu hal yang perlu diingat, kesuksesan berasal dari persistensi dan biasanya ada beberapa kesalahan dan kegagalan di dalamnya. Contoh yang sering kita dengar ya waktu belajar naik sepeda kan gan. .hehe


Spoiler for 6:
Don’t blame yourself for bad choices

Spoiler for ilus:

Pernah menyalahkan diri sendiri gan? Misalnya untuk pilihan salah yang agan buat? Kayaknya hampir semua orang pernah gan. Padahal apa yang kita lakukan itu tidak menjadikan kondisi lebih baik. Maksud ane, meski kita yang membuat pilihan dan gak ada orang lain yang bisa disalahkan, bukan berarti agan harus menyalahkann diri sendiri. Kenapa begitu? Karena:

  • Setiap pilihan yang kita buat, setiap keputusan yang di ambil, berasal dari pengetahuan dan logika terbaik pas waktu itu. Bagaimanapun juga, entah apa alasannya pilihan yang kita buat itu tampak lebih baik dari yang lain.
  • Kita ga tahu apa yang bakal terjadi kalau agan membuat pilihan yang lain. Yang kita bayangkan jika memilih ini itu belum tentu benar.
  • Menyalahkan diri sendiri akan membuat agan semakin terpuruk. Ini ga membuat masalah pergi dan ga menjamin kesalahan yang sama ga bakal terulang ke depannya.


Baca trit agan ini. Yang gajadi bunuh diri ini dan kaitkan sama poin yang ane maksud


Spoiler for 7:
Cara mudah untuk dekat dengan orang baru.

Bertemu orang baru emang asik sih gan, tapi kadang juga kadang bisa bikin gugup. Tentunya kita pengen membuat first impression yang baik dan ga canggung kan. Cara paling pas untuk melakukan ini adalah menganggap hubungan baru ini seperti sudah terjalin lama. Artinya agan berpura-pura kalau agan lagi ketemu sama teman baik agan. It works gan. Gau usah takut di bilang sok asik. Simak juga di trit ane yang ini, di bagian wawanncara.
Spoiler for ilus:


Spoiler for 8:
Reticular Activating System (RAS)

Dulu ane pernah belajar tentang sistem di tubuh manusia, tapi ga ada dijelasin tentang RAS ini gan. Sayang sekali padahal ada hal penting yang kita bisa pelajari dari sistem ini. Apa sih RAS ini? Simpelnya dia yang memproses data yang di terima dan di tulis di otak apakah penting atau engga. Gimana mastikan itu penting apa engga? Yaitu berdasarkan apa yang menjadi fokus dari apa yang kita pikirkan. Semakin kita fokus pada kelemahan kita misalnya, semakin kuat data kelemahan yang melekat di pikiran agan dan kelemahan itu yang bakal ente dapat . Ente musti nonton video ini supaya lebih paham.



Spoiler for 9:
Sikap dan cara pandang itu bisa merubah hidup.

Semua pasti pernah mendengar kalo kita harus berpikiran positif. Saran yang cukup umum menurut ane. Tapi kebanyakan cuma bilang iya, bener banget, like this lalu lupa. Kenapa begitu? Karena kita ga punya alasan yang kuat untuk melakukannya dan meninggalkan kebiasaan lama kita. Misalnya dampak Porn Effect seperti di trit ane ini.

Tapi memang benar kan, sikap kita dalam menyikapi sesuatu akan berpengaruh terhadap realitas kehidupan. Ketika misalnya kita mengambil sisi lain dari suatu hal, kita pasti akan berpikir “oh iya ya, kenapa ga pernah kepikiran sebelumnya”. Kembali lagi pada poin sebelumnya, RAS membuat agan fokus terhadap satu hal dan mengabaikan hal yang lain. Silakan menyimak video berikut, di poin 2 ada di jelaskan bagaimana fokus kita mempengaruhi hidup.
Spoiler for video:


Spoiler for 10:
Syukur adalah cara sederhana untuk membuat bahagia

Dari kecil selalu di bilang supaya bersyukur terhadap apa yang kita miliki. Tapi ane akui waktu itu ane masih bingung, apa tujuan sebenarnya dari bersyukur. Apa hanya sebagai bentuk ibadah dan menerima dengan lapang dada apa yang ada di luar kuasa kita. Ternyata baru ane pahami di usia dua puluhan ini. Rasa syukur membuat kita bahagia apa adanya, bahagia yang sesungguhnya dan datang dari hati. Rasa syukur mampu membuat suasana hati tidak negatif karena fokus yang kita lihat adalah hal-hal yang positif, seperti yang ane maksud sebelumnya.

Bersyukur itu termasuk habits gan, jadi ga gampang dan perlu latihan agar dia bisa tumbuh kuat di hati agan. Apa untungnya kalo punya sifat ini? Ane rasa semua pasti sudah tahu. Udah pernah dengar kisah Nic Vujicic gan?

Ini video lain yang bisa jadi referensi

Spoiler for Video:

Subtitlenya di sini


Spoiler for 11:
Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Spoiler for ilust:

Ingin terlihat menjadi yang paling baik sepertinya sifat bawaan manusia gan. Apa ini baik? Tentu engga gan, ini akan memunculkan ego ingin membandingkan. Agan akan mencari alasan merasa lebih baik dari pada yang lain (misalnya: Gue habis liburan ke Disney Land). Tapi ini juga akan membuat agan membandingkan diri dengan orang lain yang lebih wah dari agan (misalnya: Mimin udah ke Singapura, Hongkong, Malaysia, dll). Akhirnya agan merasa kecewa dengan diri sendiri dan merasa dunia gak adil. Agan akan jadi BAPER-MAN dan kurang rasa syukur.

Cara membandingkan yang benar adalah tidak membandingkan diri dengan orang lain, tetapi dengan diri sendiri. Supaya agan bisa melihat sebesar apa usaha yang telah dilakukan, apa yang telah dicapai saat sekarang dan apa kita sudah lebih baik daripada dulu. Ini memang tidak menyenangkan tetapi dalam jangka panjang membuat batin menjadi lebih damai dan positif. Misalnya ente bergumam:

Quote:Aku kan pengen sukses, masak jam segini belum mandi
Aku kan pengen mau jadi orang yang murah hati, masak trit agan danzrray yang ini ga di cendolin. hehe

*Ps: Jugs jangan membandingkan keluarga agan dengan yang lain, tapi bandingkan lah dengan cita-cita atau harapannya


Spoiler for 12:
80-90% yang di khawatirkan tidak pernah jadi kenyataan.

Spoiler for Ilust:

Semua pernah merasakan ini gan. Ane juga. Takut ga lulus, takut acara yang ane ketuai pelaksanaannya gagal, takut alien menyerang bumi, takut di tolak calon mertua, dan lain-lain. Tapi sesungguhnya itu cuma monster di pikiran agan sendiri. Seperti sub judul yang ane tulis, kemungkinan besar tidak terjadi (80-90%). Kalo agan berpikiran, siapa tau kita dapat yang 10%, berarti pikiran agan masih cenderung fokus pada hal yang negatif. Cek artikel pendukung dari motivator ini.

Rasa khawatir itu membuang-buang waktu dan membuat kita fokus pada hal negative. Kalo kita fokus ke situ, ya kemungkinan ke khawatiran menjadi lebih besar. Pernah dengar law of attraction gan? Cek di di mari.


LANJUT DI BAWAH GAN
Spoiler for 13:
Jangan terlalu serius menanggapi suatu hal

Spoiler for Ilust:

Seperti yang ane maksud sebelumnya, hal-hal yang di khawatirkan ga pernah benar-benar menjadi kenyataan. Apa yang mungkin tampak sebagai masalah besar saat ini, mungkin 3-4 tahun lagi agan bakalan lupa.
Memakai emosi yang terlalu serius dalam menghadapi suatu hal akan membuat kita lebih menderita. Kembali lagi ke fokus yang tadi, hehe. Take it easy ya gan, move on.


Spoiler for 14:
Bawa buku catatan dan tulis

Kalo agan punya otak yang kayak di film ini, ga pake juga gapapa gan. Cukup di ingat dan beres. Tapi kalo otak agan kayak punya ane, sering banget lupa (kayak pas ngetik ini ane lupa hari ini tanggal berapa), sebaiknya tips ini mulai ditekuni.
Spoiler for ilust:

Dengan menulis, besar atau kecil ide-ide agan mungkin bisa di ingat lagi dan gak hilang selamanya. Ini juga cara terbaik supaya agan tetap ingat dan fokus apa yang menjadi keinginan agan. Pernah dengar Richard Branson? Beliau adalah founder dari Virgin Group. Simak di mari mengenai hubungan Richard dengan catatannya. Dan ini[URL="https://groups.google.com/forum/#!topic/nlp-academia/ony9n7zue-c"]tips[/URL] dari beliau.


Spoiler for 15:
Ada peluang di hampir setiap pengalaman

Spoiler for Ilust:

Pepatah pengalaman adalah guru yang paling baik memang legend gan. Tapi apa kita sadar untuk mempraktekkannya?

Di setiap pengalaman selalu ada hal-hal yang bisa kita pelajari, dan dengan pengalaman juga kita bisa tumbuh. Bahkan pengalaman negatif pun seperti kesalahan atau kegagalan kadang malah bisa membuat seseorang sukses luar biasa. Karena lewat kegagalan tersebut kita belajar sesuatu. Ada banyak sekali contoh kesuksesan tipe ini, sebut saja Abraham Lincoln, Colonel Sanders, Bill gates, Oprah dan lain-lain. Setiap kita mendapatkan pengalaman buruk, tanyalah diri sendiri:
Quote:Apa yang bisa membuat saya menjadi lebih baik dari keadaan ini? Apa yang bisa saya pelajari dari kondisi ini? Bagaimana supaya saya bisa lebih baik?
Masih kurang percaya gan? Silakan download ebook berikut dan baca di ilmu yang ke-18.


Itulah beberapa hal yang menurut ane, terlalu lambat untuk ane tahu. Kebanyakan ane baru mengetahuinya ketika kuliah. Tetapi ya ane tetap bersyukur bisa tau gan, dari pada engga coba. Hehe
Untuk itu ane share di mari, semoga banyak yang baca dan bisa membawa manfaat ke agan-agan sekalian. Ane share di sini bukan karena ane sudah master banget dalam prakteknya, tapi ya kita kan sama-sama belajar .

Kalau ada kaskuser yang berprofesi sebagai guru mampir di mari, ane harap beberapa poin tersebut bisa di ceritakan ke murid didiknya. Tentunya dengan penjelasan yang lebih simple dan mudah dimengerti, karena bahasa yang ane sajikan di sini agak amburadul, hehe

Sekian dari ane, mohon Rate dan komengnya kalo berkenan, biar trit ini makin banyak yang baca. Kalo ada yang mau nyendolin, silakan timpuk, ane ikhlasss gannn. hehe
Thanks sudah mampir. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Spoiler for Bonus:


Sumur: Blog ane


Spoiler for Tambahan kaskuser:
Quote:TAMBAHAN KASKUSER

Quote:Original Posted By Westcandle
ane punya sedikit seran untuk the power of kepepet.
caranya bukan dengan menunda2 pekerjaan kita, tapi kita tetapkan batas waktu yg lebih singkat dibanding batas waktu yg diberikan orang lain ke kita.
seumpama diberi batas waktu 7 hari untuk mengerjakan, kita buat seolah2 3 hari lagi harus dikumpulkan.
jadi power of kepepet bakalana tercipta dan kita masih punya sisa 4 hari.


Quote:Original Posted By dnuraito
hmmm update sama enaknya diajarin pas kelas berapa gan.. yg ngenes lg soal kesehatan, cuma < 15% remaja usia 15-24 tahun punya pengetahuan komprehensif ttg HIV dan AIDS.. banyak yg ga tau bahaya rokok, dsb..


Quote:Original Posted By aircraft21
ane tambahin Gan,
Be positive thinker and calm..

Kalo ada masalah jangan terlalu gegabah, marah marah dan langsung menyalahkan orang lain,
tracking dulu masalahnya apa, kenapa bisa begitu dan find out solusi nya.
Selalu berpositive thinking sama orang lain juga perlu Gan.




Quote:Trit lain ane yang menarik tapi masih sepi banget

Beberapa Trik PC/Internet yang Gak Pernah Diajarkan ke Agan Sebelumnya


Trit ane yang lain:
16 Psychology Hack, Agan yang Belum Tau Masuk] HT 1
Blow Your Mind Gan! Nyadar Ga Ente Hidup di Ruang Kayak Gini? HT2
Dah Tau Porn Effect Belum Gan? Cek Di mari HT3
[UPDATE] Psychological Hack di Kehidupan Agan (Bagian II) HT4
Ini yang Terjadi Jika Serangga Sebesar Kucing HT5
Just Funny Games Glitches! Masup Gan
Gif Kocak Gan, Masuppp | Ngakak Inside!
Mewarnai Gambar yang Anti Mainstream, Anak Siapa Sih yang Bikin Ini ??

Mantapp ane sukaa gann. Bau bau HT niih.
Menarik banget gan,rate 5 ya
semoga ya gan, bagi ratenya dong..hehe
Kesalahan dan kegagalan bukan hal yg buruk dan bukan musuh yg harus kita takuti,
justru yg menjadi musuh dan harus kita lawan itu adalah keraguan dan ketakutan yg ada di dalam diri sendiri.
Jangan pernah takut untuk berani

Dengan menulis, besar atau kecil ide-ide agan mungkin bisa di ingat lagi dan gak hilang selamanya. Setuju. Menulis itu penting karena menulis sama dengan menata gagasan. Tapi harus diimbangi juga dengan membaca.
Membaca dan menulis berlangsung bergandengan menjadi latihan awal mempersiapkan diri mengenal hidup dan kehidupan
thanks berat ya gan..
semoga bermanfaat..
thanks sudah mampir gan... semoga bermanfaat.. dong gan
nice share gan
thanks gan, udah mampir... ratenya dong...
Tapi kenyataanny tidak yo bray

smoga hate deh y gan,,
mejeng page one di thread calon Hot Thread . .
ilmu yg tidak didapatkan di sekolah, tapi lewat internet
isinya bagus gan
info yang bagus banget. semoga bisa ane implementasikan ya gan
oalahhh
Quote:Original Posted By Juuliandika
info yang bagus banget. semoga bisa ane implementasikan ya gan


Iya gan, thanks sudah mampir.. .
Bagi nya ya gan
Quote:Original Posted By cahbacem
ilmu yg tidak didapatkan di sekolah, tapi lewat internet
isinya bagus gan


Iya gan, dan ga semua orang pas internetan dapetin ini. Btw thanks sudah mampir. Bagi nya dong gan
Quote:Original Posted By sekretketsret2
mejeng page one di thread calon Hot Thread . .


Semoga bisa hate ya gan . Thanks udah mampir. nya gan kalo berkenan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar